5 Minuman Khas Solo Penyegar Pikiran Dengan Rasa Legit Yang Pas


sisil angelin  October 5, 2021  0 Comment

ika membahas Jawa tengah memang tidak pernah ada habis-habisnya termasuk membahan kulinernya khususnya minuman khas Solo, dan kali ini kita bakalan bahas Kota Solo yang menjadi tujuan destinasi wisatawan saat berlibur di Jawa tengah. Kota Solo selain memiliki banyak sekali destinasi wisata, budaya, dan ternyata di kota Solo juga memiliki beraneka kuliner yang menarik untuk dicoba. namun kali ini kita bakalan bahas minuman khas Kota Solo yang wajib banget kalian cicipi saat berada di kota Solo, untuk kalian yang berada diluar Kota Solo tentunya tidak tau apa saja sih minuman khas Kota Solo yang wajib banget kalian coba saat berada disana. tapi kali ini kalian tidak perlu khawatir karena Gotravelly bakalan kasih tahu kalian minuman khas kota Solo yang otentik dan wajib kalian coba saat berkunjung ke kota Solo. dari pada penasaran yuk simak artikel berikut!

1. Es Gempol Pleret

es gempol pleret Minuman khas Solo
es gempol pleret

Minuman khas kota Solo yang ada di urutan pertama ini memang sangat populer di kota Solo, dan jadi minuman kesukaan orang Solo. Jadi Es Gempol Pleret ini sekilas mirip dengan ronde namun berbeda dengan air yang digunakan untuk Es Gempol Pleret yang teediri dari santan, dan bentuk adonan yang mirip dengan ronde ini dibagian dalamnya tidak memiliki gula merah ataupun kacang tanah. Jadi adonan yang putih ini terdiri dari adonan tepung beras yang dikukus hingga matang, setelah matang adonan bulat ini akan diguyur dengan santan yang memiliki rasa gurih, manis, dan Es batu. Es Gempol Pleret sangat nikmat jika dinikmati saat udara panas, dan Es Gempol Pleret bisa memperbaiki mood kalian yang lagi kepanasan. nah untuk menemukan Es Gempol Pleret kalian bisa ke pasar tradisional, atau street food yang ada di kota Solo. untuk harga Es Gempol Pleret biasanya dibanderol seharga Rp.7.000, gimana guys Es Gempol Pleret murah sekali bukan? dari pada penasaran sama rasanya yang manis, dan gurih… yuk buruan berburu Es Gempol Pleret kota Solo.

Review wisata dan kuliner

Uniccrab: Good Food Meets Good Friends

Sekar Kedaton: Makan Mewah Ala Keraton Khas Yogyakarta

2. Es Kapal

Es Kapal
inibaru.id

Es Kapal memang menjadi salah satu kuliner legendaris di kota Solo, dan menjadi minuman khas kota Solo yang wajib banget dicicipi saat berada di kota Solo. nah untuk Es Kapal sendiri terdiri dari kelapa serut, santan, serta roti yang akan ditaruh di gelas menyerupai seperti moncongnya kapal! makanya diberi nama es kapal. untuk mempercantik Es Kapal biasanya diberi susu kental manis rasa coklat. menemukan minuman tradisional ini memang sangat mudah di kota Solo, kalian bisa membeli Es Kapal di pinggir jalan, dan pasar tradisional yang ada di kota Solo. nah untuk rasa memang tidak perlu diragukan Es Kapal recommended banget untuk kalian coba! Jadi rasanya manis, gurih, dan segar menjado perpaduan yang sempurna! apalagi dinikmati saat udara panas. Minuman khas Solo ini sudah dikenal sejak tahun 1957, dan sampai saat ini masih menjadi minuman kesukaan orang Solo.

3. Wedang Asle

Wedang Asle
helmavania.wordpress.com

mungkin untuk minuman yang ada diurutan ketiga ini memang tidak asing lagi bagi kalian yang tinggal di Indonesia, karena minuman yang satu ini memang bisa kalian temukan di berbagai daerah yang ada di Indonesia, namun tentunya di setiap daerah menyajikan wedang asle yang berbeda-beda. nah kali ini kita bakalan bahas wedang asle yang ada di kota Solo. jadi Wedang Asle terdiri dari ketan, agar-agar, santan, roti tawar, gula, dan Wedang Asle disajikan panas-panas. Wedang Asle recommended banget untuk kalian yang lagi cari minuman panas di saat udara dingin di kota Solo, Wedang Asle bisa menjadi pilihan. untuk harga Wedang Asle biasanya dijual sekitar Rp. 6.000 saja. untuk menemukan wedang asle kalian bisa menemukannya di pinggir jalan kota Solo, dan tak jarang banyak sekali penjual gerobak yang menjual wedang asle berkeliling. Jadi saat kalian berada di kota Solo wajib banget cobain wedang asle, karena rasanya mantap!

4. Es Dawet Telasih

Es Dawet Telasih
pegipegi.com

Dari tampilannya saja Es Dawet Telasih begitu menyegarkan, dan menggoda! makanya tak heran jika Es Dawet Telasih jadi minuman andalan orang Solo, dan banyak sekali penjual Es Dawet Telasih. es dawet yang satu ini berbeda dari es dawet lainnya yang ada di Indonesia. Jadi Es Dawet Telasih terdiri dari ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, biji telasih, cairan gula, santan, dan es batu serut yang melimpah. untuk rasa memang tidak perlu diragukan lagi Es Dawet Telasih sangat manis, gurih, dan menyegarkan! Es Dawet Telasih bisa kalian temukan di pasar tradisional, penjual pinggir jalan, bahkan kedai ataupun Cafe juga menawarkan Es Dawet Telasih loh! untuk harga Es Dawet Telasih biasanya dijual Rp.9.000 saja. gimana Es Dawet Telasih menarik bukan untuk dicoba? daripada kelamaan yuk buruan berburu Es Dawet Telasih yang segar! dijamin kulineran kali ini berkesan, dan pastinya bikin kalian puas!

5. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh
njogja.co.id

Minuman khas Jawa Tengah yang akan kita bahas terakhir ini adalah Wedang Uwuh. Jadi kata ‘UWUH’ sendiri dalam bahasa Jawa memiliki arti yaitu Sampah. Namun hal ini bukan karena minumannya dicampur dengan sampah, tapi karena tampilan Wedang Uwuh yang berantakan makanya diberi nama Wedang Uwuh. Namun rasa dari Wedang Uwuh memang manis, pedas, dan aroma secangkir Wedang Uwuh memang membuat pikiran rileks. Untuk kalian yang lagi kedinginan Wedang Uwuh bisa menjadi pilihan kalian untuk menghangatkan tubuh. Untuk menemukan Wedang Uwuh kalian bisa mampir ke angkringan yang ada di Kota Solo, dan harga dari Wedang Uwuh memang masih bersahabat dikantong yaitu hanya dengan Rp. 5.000 saja kalian bisa menikmati Wedang Uwuh. Untuk kalian yang belum paham Wedang Uwuh ini terdiri dari kayu manis, cengkeh, pala, serai, kapulaga, gula batu, dan jahe. Selai bisa menghangatkan tubuh Wedang Uwuh juga kaya akan manfaat yaitu bisa untuk menurunkan kolestrol, meredakan pegal linu, meningkatkan kekebalan tubuh, dan bisa meringankan masuk angin. Wedang Uwuh pokoknya wajib banget kalian coba saat berada di Kota Solo.

Itulah 5 minuman khas Kota Solo yang wajib banget kalian coba, dan cicipi saat berada di Kota Solo. Gimana guys 5 minuman khas Kota Solo yang ada diatas yang mana yang ingin kalian coba? apakah wedang uwuh yang menghagatkan tubuh, atau es kapal yang menyegarkan? Nah untuk kamu yang sudah pernah cobain 5 minuman khas Kota Solo bisa jelasin dikolom komentar gimana rasanya, harganya, atau tempat yang rekommended untuk menikmati 5 minuman khas Solo yang ada diatas. Selamat mencoba!



Leave a Reply