10 Kuliner Legendaris di Solo, Enak Tenan Lho


Fida  December 23, 2021  0 Comment

Solo dikenal sebagai salah satu daerah yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Tidak hanya populer dengan banyaknya tempat wisata, solo juga memiliki berbagai kuliner khas yang menarik untuk kamu coba. Di Solo, terdapat beberapa kuliner legendaris yang telah ada sejak puluhan tahun lalu. Saat berkesempatan untuk datang ke Solo, berikut daftar 10 rekomendasi kuliner legendaris yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Serabi Notosuman Ny. Lidia

serabi notosuman ny lidia
djawanews.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan salah satu kuliner legendaris di Solo yakni serabi Notosuman. Serabi Notosuman dikenal sangat khas dan tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal Solo, tetapi juga banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke di Solo.

Salah satu serabi yang populer adalah Serabi Notosuman Ny. Lidia. Kuliner yang satu ini sudah dirintis sejak tahun 1923. Serabi Notosuman dibuat dengan menggunakan berbagai bahan seperti tepung beras, santan, pandan, dan juga gula. Teksturnya yang lembut serta cita rasanya yang khas menjadikan makanan ini sayang untuk kamu lewatkan saat berkunjung ke Solo.

Gotravelly

Ayam Bakar Wong Solo: Ayam Bakar Legendaris Khas Jawa Tengah

Sekar Kedaton: Makan Mewah Ala Keraton Khas Yogyakarta

2. Timlo Sastro

timlo sastro
surakarta.go.id

Timlo Sastro juga dikenal sebagai salah satu kuliner legendaris di Solo yang sayang untuk tidak kamu coba. Kuliner yang satu ini dikenal sangat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1952. Meskipun telah berdiri sejak puluhan tahun lalu, tetapi warung timlo yang satu ini masih ramai hingga saat ini.

Timlo merupakan sup yang terdiri dari berbagai isian diantaranya irisan dadar gulung dan sosis solo, telur pindang, ayam goreng suwir, ati ampela ayam dan juga mihun. Kamu dapat menikmati lezatnya kuliner yang satu ini di Pasar Gede Solo. Tidak hanya dikenal dengan cita rasanya yang lezat, adanya tambahan kuah hangat yang kaya akan rempah juga menjadi daya tarik tersendiri. Makanan yang satu ini biasa dijual dengan harga sekitar Rp 18.000,- hingga Rp 20.000,- per porsi.

3. Tengkleng Klewer Bu Edi

tengkleng klewer bu edi
tribunnews.com

Rekomendasi kuliner legendaris di Solo berikutnya adalah Tengkleng Klewer Bu Edi. Berapa dari kamu yang kerap datang ke Solo sudah tidak asing dengan kuliner yang satu ini. Warung tengkleng klewer Bu Edi dikenal legendaris karena sudah ada sejak tahun 1971.

Ciri khas dari warung tengkleng yang satu ini adalah menyajikan makanannya menggunakan pincukan. Hal itu menjadi ciri khas dan telah dilakukan sejak awal berdirinya Tengkleng Klewer Bu Edi. Jika dilihat sekilas, makanan yang satu ini memiliki tampilan yang mirip dengan gulai tetapi tidak mengandung santan. Cita rasanya yang khas serta tekstur daging yang empuk menjadikan tengkleng sayang untuk kamu lewatkan saat datang ke Solo. Tengkleng Klewer Bu Edi bisa kamu kunjungi di Pasar Klewer Solo.

4. Es Kapal Baron

es kapal baron
tribunsolowiki.tribunnews.com

Tidak hanya berupa makanan, salah satu rekomendasi kuliner legendaris di Solo yang bisa kamu coba adalah Es Kapal Baron. Es Kapal merupakan kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1972. Minuman yang satu ini dibuat dengan beberapa bahan seperti santan serta campuran rasa coklat dan tidak lupa di tambahkan dengan es serut.

Penyajiannya yang klasik dan menarik menjadikan yang satu ini masih tetap eksis hingga saat ini. Minuman disajikan dengan cara dituangkan dalam gelas dan diberi tambahan roti tawar di atasnya. Untuk menikmatinya, roti tawar terlebih dahulu dicelup ke dalam es kapal. Menarik sekali bukan?

5. Selat Viens

selat viens
mnews.co.id

Pernah mendengar sebutan kuliner selat? Selat merupakan salah satu kuliner legendaris di Solo yang cukup populer dan banyak diburu oleh wisatawan. Makanan yang satu ini memiliki berbagai isian diantaranya kentang goreng, daging cacah, sayuran, telur rebus, serta siraman kuah yang khas. Kuah yang gurih dan manis menjadikan kuliner ini semakin lezat untuk dinikmati.

Tidak hanya menawarkan selat Solo, Selat Viens juga menawarkan berbagai menu lainnya seperti sup matahari, sup manten, nasi timlo, sup galantin, dan masih banyak lagi. Saat berkunjung ke Solo, tidak ada salahnya untuk mencoba datang ke Selat Viens yang berlokasi di Jalan Hasanudin nomor 99, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

6. Ayam Kampung Goreng Mbah Karto

ayam goreng kampung mbah karto
food.detik.com

Salah satu rekomendasi kuliner legendaris di Solo yang menarik untuk kamu coba adalah Ayam Kampung Goreng Mbah Karto. Tempat makan yang satu ini dikenal legendaris karena sudah ada sejak tahun 1969. Kamu dapat mengunjungi Ayam Kampung Goreng Mbah Karto yang berlokasi di Jalan Jaksa Agung Raya Suprapto nomor 8, Jombor, Bendosari, Kabupaten Sukoharjo.

Warung yang satu ini sudah cukup populer dan dikenal salah satunya karena menggunakan 100% ayam kampung muda sebagai bahan utama pembuatan menunya. Kamu dapat mencoba lezatnya menu ayam goreng kampung yang disajikan bersama dengan satu porsi nasi hangat. Adanya tambahan lalapan serta sambal yang khas menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Sudah tidak perlu diragukan lagi karena warung yang satu ini juga dikenal sebagai langganan Presiden Jokowi.

7. Selat Solo Mbak Lies

selat solo mbak lies
travel.tribunnews.com

Diantara banyaknya pilihan kuliner legendaris di Solo, salah satu yang menarik untuk kamu coba adalah Selat Solo Mbak Lies. Kuliner yang satu ini sudah cukup populer dan telah berdiri sejak 1987. Kamu dapat mengunjungi Selat Solo Mbak Lies yang berlokasi di Jalan Veteran Gang 2 Nomor 42, Serengan, Kota Surakarta.

Selat solo dikenal sebagai hidangan tradisional yang mendapat pengaruh dari Eropa. Makanan ini memiliki beberapa isian dan menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Itu yang lain yang ditawarkan di antaranya kentang, buncis, tomat, dan juga selada. Sebelum disajikan, isian tersebut terlebih dahulu disiram menggunakan kuah khas yang terbuat dari campuran kecap manis, kecap inggris, cuka, bawang putih, merica, air, dan juga pala. Jika dilihat dari tampilannya, tampak sangat menggugah selera bukan?

8. Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno

gudeg ceker margoyudan bu kasno
cnnindonesia.com

Tidak hanya dikenal di kawasan Yogyakarta, gudeg juga dapat kamu jumpai di daerah Solo. Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno dikenal sebagai salah satu kuliner legendaris di Solo yang menarik untuk kamu coba. Kuliner yang satu ini memiliki jam buka mulai pukul 1 dini hari hingga pukul 7 pagi. Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno kerap dipilih sebagai tujuan bagi yang suka lapar tengah malam.

Karena dikenal sangat legendaris, warung gudeg yang satu ini selalu ramai pembeli setiap harinya. Tidak hanya banyak disukai oleh masyarakat sekitar,
Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno juga memiliki banyak pelanggan dari berbagai daerah. Cita rasanya yang khas menjadikan gudeg ini dikenal berbeda dengan gudeg lainnya.

9. Wedang Dongo Pak Untung

wedang dongo pak untung
foursquare.com

Wedang Dongo Pak Untung juga dikenal sebagai salah satu rekomendasi kuliner legendaris di Solo yang sayang untuk kamu lewatkan. Kuliner yang satu ini sudah ada sejak tahun 1955. Wedang dongo memiliki tampilan serta cita rasa yang tidak jauh berbeda dengan wedang ronde. Yang membedakan adalah kuah wedang dongo berwarna lebih coklat. Selain itu, wedang dongo juga memiliki cita rasa jahe yang lebih kuat jika dibandingkan dengan wedang ronde. Kamu dapat mencoba datang ke Wedang Dongo Pak Untung yang berlokasi di Jalan RE Martadinata nomor 118, Sudiroprajan, Jebres, Kota Surakarta.

10. Es Krim Tentrem

Kuliner Legendaris di Solo
solo.tribunnews.com

Salah satu kuliner legendaris di Solo yang cukup populer adalah Es Krim Tentrem. Kedai es krim yang satu ini telah ada sejak tahun 1952, jika dikenal legendaris dan memiliki banyak pelanggan. Pengunjung akan dimanjakan dengan setidaknya 21 menu es krim. Tekstur es krim yang lembut serta tampilannya yang menggugah selera menjadikan siapapun tertarik untuk mencobanya.

Es Krim Tentrem menawarkan harga mulai dari Rp 15.000,- per porsi. Kamu dapat mencoba lezatnya kuliner legendaris yang satu ini di Jalan Brigjen Slamet Riyadi Nomor 132, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta.



Leave a Reply