10 Makanan Khas Palu Enak Banget + Rekomendasi Oleh Oleh


Reni  May 21, 2018  0 Comment

Makanan khas palu tentunya begitu lezat sehingga siapapun yang mencicipinya, pasti akan ketagihan.  kulinernya juga beragam ada lho mulai makanan berat yang mengeyangkan dampai jajanan ringan yang enak dicamil. Nah, apa-apa sajakah makanan khas Palu yang enak dan bisa dijadikan oleh oleh? Berikut Makanan khas palu yang rekomnded banget

1. Bawang Goreng Dari Palu

Bawang Goreng Dari Palu

vebymega.blogspot.co.id

Untuk oleh oleh khas Palu pertama adalah bawang goreng. Mengapa harus bawang goreng? Tentunya bawang goreng khas Palu ini berbeda dengan bawang goreng lainnya. perbedaannya terletak pada kerenyahannya, memiliki wangi yang begitu tajam, bahkan rasa yang dihasilkan begitu gurih yang membuat siapapun akan ketagihan ketika mencicipinya.

Untuk itu, anda bisa membawa pulang sebagai oleh oleh khas Palu dan bisa menjadi pelengkap makanan anda. Bukan hanya itu saja, ternyata bawang goreng khas Palu ini bisa anda simpan dalam jangka waktu yang lama, bahkan bisa awet sampai satu tahun lamanya.

Beberapa pemilik usaha yang terdapat di kota Palu memaparkan bahwa bawang yang dibuat menjadi bawang goreng berbahan baku dari bawang batu. Salah satu jenis bawang ini dikembangkan dengan baik pada Kabupaten Sigi dan Lembah kota Palu, sehingga tidaklah mengherankan jika kualitasnya merupakan kualitas nomor satu karena mempunyai kandungan air yang minim.

Ikan Asam Manis Khas Makassar Di Pandaan Jawa Timur

Es Pisang Ijo Alaska, Bukannya Es Pisang Ijo Asli Dari Makasar?

2. Kacang Goyang

Kacang Goyang

rivaldihamim.blogspot.co.id

Selanjutnya adalah kacang goyang. Memiliki bentuk yang hampir sama seperti kacang telur, tetapi kacang goyang ini mempunyai warna yang beraneka ragam. Anda bisa menjadikan makanan yang satu ini sebagai cemilan sepanjang perjalanan. Makanan ringan ini begitu nikmat dan enak sehingga sangat cocok untuk anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Palu.

Baca juga :  11 Makanan Khas Italia Terkenal Paling Enak

3. Labia Dange (Sagu Dange)

Labia Dange

hennipuspita-aicom.blogspot.co.id

Untuk anda yang berada di kota Palu, dan mengunjungi Jembatan Kuning, dan terus menuju ke taman ria, maka anda akan mendapatkan pemandangan khas kota Palu yang sangat indah sekaligus anda bisa menikmati makanan khas yang satu ini.

Di tempat ini, akan berjejer ibu-ibu bersama wajan dan tungku yang menjajakan kuliner khas Palu yaitu Labia dange. Tidak sampai lima menit, anda sudah dapat menikmati kelezatan dari makanan olahan dari sagu.

4. Nasi jagung

Nasi jagung

food.detik.com

Makanan yang satu ini terbuat dari bahan dasarnya adalah jagung. Jagung yang digunakan adalah jagung yang telah tua dan dikeringkan terlebih dahulu. Selanjutnya ditumbuk kasar hingga berbentuk beras jagung.

Lalu beras jagung yang telah ditumbuk dicampurkan dengan beras. Lalu direbus dan dimasak memakai kukusan dari bambu. Rasa yang dihasilkan begitu enak sehingga dapat memanjakan lidah anda untuk kembali mencicipinya.

5. Sambal Ikan Roa

Sambal Ikan Roa

mycookroom.com

Sambal yang satu ini bisa anda jadikan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. Sambal ikan roa memang sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Palu, selain harganya yang begitu murah, ternyata sambal yang satu ini begitu unik karena rasa yang dihasilkan begitu khas sehingga cukup menggoyang lidah siapa pun yang ingin mencicipinya.

Nama dari sambal ikan roa ini berasal dari jenis ikan roa yang memang banyak ditemukan pada peraiaran Sulawesi, terlebih lagi diperairan Kabupaten Poso. Wajar saja jika sambal yang satu ini diberi nama roa. Bahan utamanya sendiri adalah dari ikan roa yang telah dihaluskan terlebih dahulu.

6. Kue Paranggi

Kue Paranggi

travelingyuk.com

Kue yang satu ini juga bisa anda jadikan sebagai salah satu oleh oleh khas Palu. Membuat kue paranggi ini masih terbilang sangat sederhana, begitu pula dengan resep dalam membuat kue peranggi ini. Walaupun begitu sedarhana, tetapi ketika anda mencicipinya maka tidak kalah lezat jika dibandingkan dengan kue khas Sulawesi lainnya.

Baca juga :  10 Minuman Khas Kepulauan Riau Kesegarannya Bikin Galau!

Sehingga, tidaklah mengherankan jika nama kue peranggi begitu populer hingga banyak dikenal oleh orang-orang mulai dari domestik hingga asing. Kue paranggi ini juga memiliki sebutan lainnya yakni bolu gula merah.

Memiliki bentuk yang mirip seperti kue apem dari Jawa yang setengah lingkaran. Kue peranggi ini terbuat dari campuran gula merah, tepung terigu, soda kue, dan minyak. Rasanya dominan manis, bahkan bisa bertahan sampai tujuh hari lamanya. Sehingga cocok untuk dijadikan salah satu oleh-oleh untuk anda bawa pulang.

7. Banua Cokelat

Banua Cokelat

banuacokelat.com

Banua cokelat ini asli dibuat dari biji kakao yang diolah secara khusus. Dengan begitu menghasilkan olahan yang mempunyai karakter serta cita rasa yang sangat unik. Karena rasa yang dihasilkan agak pahit. Banyak orang yang menyukai cokelat.

Cokelat bisa diolah menjadi minuman maupun makanan yang lezat. Tetapi sangatlah disayangkan karena banyak sekali penikmat coklat yang suka dengan campuran gula dan susu. Padahal cokelat yang pahit mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh anda. karena tidak menggunakan banyak pemanis.

Walaupun lebih pahit dari cokelat biasanya, tetapi anda akan mendapatkan berbagai manfaat yang tidak terduga, diantaranya adalah :
– Tinggi akan antioksidan
– Alami Anti-Depresi

Di dalam cokelat mengandung serotonin. Bahkan kandungan di dalam cokelat bisa juga dalam merangsang produksi endorfin, sehingga dapat menciptakan perasaan kesenangan dan kebahagiaan
– Mencegah kerusakan gigi
– Cokelat bisa membuat anda terhindar dari berbagai penyakit dan berumur panjang
– Mencegah penuaan dini
– Membantu pencernaan
– Menjaga kesehatan jantung
– Menghilangkan stress
– Menjaga kesehatan otak
– Di dalam cokelat terdapat kandungan zat besi dan magnesium dalam jumlah yang tinggi

Baca juga :  10 Oleh-Oleh Khas Balikpapan Yang sayang untuk Anda lewatkan

8. Duo Sale

Duo Sale

cookpad.com

Sambal Duo Sale adalah makanan khas dari Palu yang terbuat dari ikan teri yang telah dikeringkan terlebih dahulu. Rasa yang dihasilkan begitu lezat dan pedas. Ikan yang telah dikeringkan langsung digoreng lalu dicampurkan pada sambal. Untuk membuat sambalnya menggunakan bahan dasar bawang merah, tomat, dan cabe merah. Anda dapat mengkonsumsinya bersama dengan nasi jagung.

9. Tabaro Dange

Tabaro Dange

ngetren.co.id

Atau disebut juga dengan depa. Makanan ini terbuat dari campuran kelapa parut dan sagu yang diberi isi di dalam adonannya. Makanan yang satu ini dibuat dengan cara tradisional memakai belanga dan tungku.

Belanganya sendiri terbuat dari bahan tanah liat. Biasanya, isi yang terdapat pada tabaro denge ini terdiri dari dua macam, mulai dari ikan maupun gula merah. Tabaro dange adalah sajian khas Palu yang wajib masuk ke dalam daftar makanan yang harus anda cicipi ketika hendak mengunjungi kota Palu.

10. Kerak Sagu

Kerak Sagu

satyaaji6.blogspot.co.id

Kerak sagu ini diolah hampir sama seperti kerak telor yang merupakan makanan khas dari Betawi. Tetapi, sesuai dengan namanya, maka kerak sagu khas Palu ini terbuat dari bahan utamanya adalah sagu dan dicampur dengan kelapa parut.

Selanjutnya diolah seperti kerak telor yang dituangkan ke dalam loyang panci yang telah diberi minyak terlebih dahulu. Supaya rasa yang dihasilkan lebih mantap dan nikmat, maka bisa ditambahkan dengan telur bebek atau telur ayam yang telah dikocok pada adonan kerak sagu.

Nah, untuk anda yang sangat tertarik mengunjungi kota Palu, maka jangan lupa untuk mencicipi berbagai makanan khas palu.



Leave a Reply