Tongseng Kambing Pak Agus, Makanan Enak di Area Masjid!

tongseng kambing pak agus

kartikaputri | Sightseeing
Jakarta Pusat, Dki Jakarta, Indonesia | halal
12 Mar 2019


Tongseng Kambing Pak Agus, Makanan Enak di Area Masjid!
tongseng kambing pak agus yang lezat...

Halo guys balik lagi sama gue nih, tentunya gue bakalan explore makanan di Ibu Kota lagi yang pastinya enak dan bikin kalian ngiler. Yang akan gue review kali ini adalah makanan dengan berbahan dasar kambing. Hayo hayoo yang suka kambing mana nih suaranya?! Mungkin beberapa dari kalian ada yang nggak doyan kambing karena kesan pertama waktu nyobain bau amis kambing ya. Kalau disini bedaa banget kalian yang nggak suka kambing bisa-bisa langsung jatuh cinta hahaha.

tongseng kambing pak agus
Tempat makan yang aku kunjungi adalah Tongseng Kambing Pak Agus yang lokasinya berada di halaman Masjid Agung Sunda Kelapa. Nah disana banyak makanan enak lain tapi yang paling aku suka ya Tongseng Kambing Pak Agus. Jadi gampang banget kok carinya kalian tinggal masuk aja di bagian yang diberi tenda-tenda cari aja tulisannya. Untuk kalian yang mau makan ditempat tenang aja disini disediakan banyak meja dan kursi dan juga ada banyak penjual minuman, jadi oke banget dah.
Kalau dari tulisan di gerobaknya sih “Pak Agus Asli Solo” mungkin memang Pak Agus ini dulunya orang Solo yang sekarang buka jualan disni kali ya? Selain tongseng disini juga sedia sate kambing yang nggak kalah enak. Dua menu tersebut wajib banget dibeli kalau makan disni. Yap, kemarin gue beli satu porsi tongseng dan satu porsi sate kambing. Karena kami hanya makan berdua jadi takut kalau mesen banyak-banyak takut kolestrol haha.

tongseng kambing pak agus
Kebetulan banget pas aku kesana penjualnya sedang memasak tongengnya. Karena biasanya tongseng ini dibuat sekali masak di wajan yang cukup besar gitu kalau habis baru deh masak lagi. Jadi pertama di wajan yang terpisah daging kambing yang sudah dipotong dadu dari sate itu dimasak menggunakan rempah-rempah sampai matang seperti ditumis gitu sambil diberi kecap manis dan irisan tomat biar seger katanya. Setelah daging matang barulah dimasukan ke wajan yang lebih besar yang sudah berisi kuah tongseng berwarna kuning kemerahan yang terbuat dari santan dan campuran rempah lain pastinya.


Kalau sudah di wajan besar itu barulah daging kambing tadi dimasak sebantar saja sampai kuahnya mendidih. Dan jangan lupa khasnya tongseng adalah irisan kol segar diatasnya. Nah kalau udah begini perut makin keroncongan deh.

tongseng kambing pak agus
Satu porsi tongseng ini disajikan di dalam mangkok, yang bikin seneg nih mereka nggak pelit ngasihnya, bener-bener semangkok full dan dagingnya berlimpah ruah deh. Nasinya diberikan terpisah di piring dan diberi taburan bawang goreng biar makin gurih. Kalau sate kambingnya potongannya juga besar-besar dan kecapnya yang hitam bikin menggugah selera pastinya. Satenya juga diberi irisan kol dan tomat segar diatasnya.

tongseng kambing pak agus
Kuah tongseng ini meskpun menggunakan santan tapi nggak kental banget kok guys jadi cenderung light dan yang pasti nggak bikin eneg. Dagingnya empuk dan lembut bangett favorite aku dah pokoknya sampai gabisa jelasin lagii. Dagingnya diberikan campur jadi ada bagian hati, lemak, dan dagingnya, sedeeepp. Nah kalau satenya juga nggak kalah juara nih, empuk dan yang pasti juga nggak amis sama sekali. Bumbunya meresap sampai kedalam daging, ahhh surgaaa.

tongseng kambing pak agus

tongseng kambing pak agus
Nah setelah makan yang berlemak gitu palin enak minum yang seger-seger. Disebelah Tongseng Kambing Pak Agus ini ada penjual es kelapa muda yang enak juga, jadi cocok banget dijadikan minuman setelah makan tongseng ini.
Untuk harga makanan di Tongseng Kambing Pak Agus ini murah kok guysss per orang under 50k saja. Udah enak murah lagii. Jadi buat kalian yang lagi di daerah Masjid Agung Sunda Kelapa ini bisa banget nyobain makan di Tongseng Kambing Pak Agus!

Opening Hours
10:00 - 17:00
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.