Inilah 9 Oleh-Oleh Khas Makassar Paling Dicari Wisatawan


Dila  May 18, 2018  0 Comment

Apa saja oleh-oleh khas Makassar yanng paling dicaari wisatawan atau pelancong yang berlibur ke sana. Bukan hanya wisatawan lokal dan domestik saja, tetapi hingga mancanegara. Tentu saja mereka menginginkan oleh-oleh tersebut untuk dibeli dan dijadikan kenang-kenangan karena sudah pernah berkunjung sekaligus berlibur ke Kota Makassar. Mungkin oleh-oleh tersebut berwujud kuliner, seperti makanan atau minuman. Pasalnya, tiap kota atau daerah dipastikan mempunyai kuliner ciri khasnya masing-masing yang jua bisa dijadikan daya tarik berkunjung wisatawan. Kuliner tersebut hanya ada di kota yang bersangkutan dan tidak dijual di kota lain. Ternyata, bukan hanya produk kuliner saja yang bisa dijadikan oleh-oleh saat berlibur ke daerah tertentu. Begitu juga saat Anda berlibur ke Kota Makassar yang pastia da oleh-oleh khasnya dari sana yang bisa Anda bawa pulang. Lalu, apa saja oleh oleh khas Makassar yang banyak dicari oleh wisatawan?

1. Otak-otak Ikan Tenggiri

Otak-otak Ikan Tenggiri

detik.com

Mungkin Anda sudah pernah mencicipi atau bahkan membuatnya sendiri di rumah. Namun, otak-otak ikan tenggiri khas Kota Makassar mempunyai citarasa yang berbeda. Tentu saja akan memanjakan lidah Anda saat mencicipinya. Kelezatan ikan tenggiri yang sudah diberi bumbu beraroma rempah-rempah khas Indonesia Timur. Lalu, dibalut dengan daun pisang agar aroma otak-otak di dalamnya semakin wangi. Setelah itu, barulah dibakar di atas bara hingga matang. Anda bisa menemukan dan membeli kuliner yang satu ini di sepanjang Pantai Losari. Anda bisa mencicipi di tempat dan jangan lupa membawanya pulang untuk oleh-oleh.

Baca juga :  9 Cafe Hits di Makassar Tempat Nongkrong Anak Milenial

Kenikmatan Coto Makassar Kuliner Yang Sudah Mendunia

Ikan Asam Manis Khas Makassar Di Pandaan Jawa Timur

2. Kain Tenun Khas Bugis

Kain Tenun Khas Bugis

wajotourism.com

Sudah disinggung di awal tulisan ini bahwa oleh oleh khas Makassar bukan hanya berwujud kuliner saja, tetapi bisa dalam wujud lainnya. Inilah buktinya, kain tenun khas Bugis yang mempunyai warna, corak, dan motif yang sangat bagus. Bukan hanya itu saja, tetapi bahan kain yang dipakai juga berkuaitas. Mulai dari kain katun yang bisa menyerap keringat dan halus di kulit, hingga kain sutra yang harganya mahal. Anda pun bisa memilihnya sendiri kualitas dan harga dari kain tenun khas Bugis tersebut. Disesuaikan saja dengan budget atau anggaran keuangan yang Anda miliki. Selanjutnya, kain tenun tersebut bisa dijadikan sarung untuk beribadah, dijadikan bahan pakaian, atau yang lainnya.

3. Bannang-bannang

Bannang-bannang

plus.google.com

Sebuah oleh-oleh khas Makassar yang bernama aneh dan unik. Bannang-bannang dapat diartikan dalam Bahasa Indonesia, yaitu benang-benang. Hal itu dikarenakan bentuk atau wujud dari makanan ini seperti benang kusut yang dijadikan satu. Bentuknya bulat memanjang dan berwarna emas kecokelatan karena sudah digoreng. Bagaimana dengan rasanya? Rasanya manis legit dan sangat cocok dijadikan kudapan atau cemilan menemani minuman teh atau kopi hangat. Namun jika menemani minuman dingin, juga cocok bagi Anda yang menyukainya. Lagipula, harganya cukup terjangkau sehingga silakan untuk membelinya sebagai oleh-oleh dari Makassar.

4. Baruasa

Baruasa

masakankhas.com

Satu lagi oleh-oleh khas Makassar yang bernama unik. Seunik rasanya saat dicicipi karena mampu menggoyang lidah tiap orang yang mencicipi makanan tersebut. Baruasa adalah sejenis makanan kecil yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut kering, dan telur. Semua adonan tersebut diaduk hingga rata, lalu dipanasi hingga matang dalam cetakan berbentuk bulat-bulat. Makanan ini merupakan jajanan tradisional di Kota Makassar. Oleh karenanya, anda bisa menemukannya di pasar tradisional dan silakan untuk membelinya sebagai oleh oleh khas Makassar.

Baca juga :  10 Makanan Khas Makassar Enak Banget Wajib Coba Es Pisang Ijonya

5. Kacang Sembunyi

Kacang Sembunyi

hesti-myworkofart.blogspot.com

Dibaca atau didengar saja sudah lucu namanya. Namun, itulah salah satu nama oleh-oleh khas Makassar yang rasanya lezat, rasanya cenderung gurih seperti kacang-kacang pada umumnya. Namun, tetap saja berbeda dan hal tersebut yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk membelinya. Biasanya, Kacang Sembunyi dijual sudah dalam kemasan plastik dan bisa segera Anda cicipi. Daripada bengong tidak melakukan apa-apa saat perjalanan pulang dari berlibur dari Makassar. Lebih baik Anda memakan kacang sembunyi tersebut yang sangat cocok dibuat cemilan. Silakan anda membelinya beberapa plastik karena harganya cukup terjangkau di kantong. Anda bisa membelinya di sekitar objek wisata di sana atau langsung menuju toko menjual oleh oleh khas Makassar.

6. Kopi Toraja

Kopi Toraja

kopitoraja.weebly.com

Anda yang mengaku sebagai penikmat dan pecinta minuman kopi sejati tidak boleh melewatkannya. Wujudnya adalah kopi hitam yang termasuk dalam jenis Arabica dan Robusta. Rasa kopinya berbeda dan sangat khas, sehingga lidah anda bisa mengenalinya sebagai kopi dari Makassar. Sudah pasti rasanya berbeda dari kopi-kopi lainnya di banyak daerah. Tidak ada salahnya Anda membeli Kopi Toraja ini untuk dijadikan oleh oleh khas Makassar. Anda bisa menyimpannya di rumah dan sewaktu-waktu bisa dibuat menjadi minuman kopi hangat yang nikmat. Anda juga bisa memberikannya kepada orang tercinta dan terdekat terutama mereka yang menyukai minuman kopi. Pasalnya, tidak semua orang menyukai minuman kopi sehingga Anda harus mengenal orangnya terlebih dulu.

7. Sirup DHT

toko Oleh-oleh terdekat

Tribunnews.com

Apa itu Sirup DHT? Sejenis sirup yang terbuat dari olahan pisang Ambon. Mungkin rasanya seperti sirup Campolay, tetapi tetap ada cita ras khas yang membedakannya. Sirup tersebut bisa Anda jadikan minuman hangat atau dingin. Selain itu, sirp DHT juga bisa dituangkaan pada roti atau makanan kecil sebagai topingnya. Dijamin, rasanya semakin enak dan lezat. Anda bisa membeli sirup DHT tersebut dalam kemasan botol dengan harga cukup terjangkau. Sekali lagi, sirup DHT hanya diproduksi dan dijual di Kota Makassar saja, sehingga sangat direkomendasikan untuk Anda beli sebagai oleh-oleh saat pulang dari sana.

Baca juga :  7 Rekomendasi Sop Konro Enak di Makassar, Satu Mana Cukup!

8. Kerajinan Tangan Toraja

Kerajinan Tangan Toraja

simondaijon.blogspot.co.id

Beragam kerajinan tangan suku Toraja bisa Anda pilih dan beli untuk dijadikan oleh oleh khas Makassar. Bentuknya kecil tetapi sangat lucu dan menarik. Kerajinan tangan tersebut bisa Anda koleksi dan menjadi penghias ruang tamu, ruang keluarga, atau kamar tidur. Biasanya, kerajinan tangan tersebut terbuat dari kayu. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan terbuat dari bahan lain, seperti keramik, plakat, logam, atau yang lainnya. Meskipun terbuat dari bahan yang berbeda, tetapi desain dan modelnya sama, yaitu ciri khas Toraja dan pernak-perniknya. Misalnya, pakaian adatnya, rumah adatnya, dan lain sebagainya. Silakan Anda pilih sendiri mana yang paling unik, menarik, serta lucu untuk dibeli dan dijadikan oleh-oleh.

9. Kerupuk Jintan

Kerupuk Jintan

cookpad.com

Jangan melupakan kuliner yang satu ini untuk dibeli saat Anda mengunjungi Kota Makassar. Pasalnya, hanya di Makassar kerupuk semacam ini diproduksi dan dijual. Sebenarnya, kerupuk ini lebih mirip kue kering yang berbentuk bulat kecil-kecil. Akan tetapi, tekstur rasanya renyah seperti saat memakan kerupuk, sehingga orang-orang Makassar lebih familiar menyebutnya Kerupuk Jintan. Itulah beberapa oleh oleh khas Makassar yang dapat diinformasikan di sini. Anda yang akan berlibur ke Makassar, jangan lupa membeli semuanya untuk dijadikan oleh-oleh khas Makassar sekaligus kenangan yang tak terlupakan.



Leave a Reply