13 Oleh-Oleh Khas Makassar Murah Berkualitas Rekomended


Reni  April 24, 2018  0 Comment

Makassar itu tidak hanya terkenal dengan hamparan pemandangan alamnya yang sangat indah, serta tidak hanya gugusan pulau-pulaunya yang sangat luar biasa indah, namun juga terkenal dengan produk oleh-olehnya yang khas dan dangat beraneka macam jenisnya.

Oleh-oleh khas dari makassar itu bisa berupa makanan olahan lokal, hingga juga berupa produk sovenir dalam bentuk kerajinan tangan yang sangat khas dari Makassar.

Apabila anda adalah jenis orang yang sangat gemar pada produk souvenir kerajinan tangan, maka anda patut mencoba untuk membeli produk songkok To Bone, yang arinya adalah songkok orang Bone. Songkok yang sangat khas dari Bugis ini juga sering disebut dengan sebutan songkok recca.

Harganyapun juga sangat bervariasi, dimulai dari harga Rp. 80 ribu hingga bisa sampai harga puluhan juta rupiah. Songkok khas ini yang harganya bisa mencapai puluhan jutaan itu biasanya memang terbuat dari logam emas yang sudah dilebur menjadi rajutan benang emas, dan akhirnya juga dijadikan hiasan untuk bisa mempercantik songkok yang sangat khas dari Bugis itu.

Nah, dengan membawa oleh-oleh dari Makassar ini tentunya akan menjadi kenangan tersendiri untuk anda sekalian. Apalagi jika anda adalah orang yang berasal dari luar Makassar, maka oleh-oleh dari wilayah ini akan menjadi oleh-oleh yang sangat berharga. Makassar, juga telah menjadi daerah yang juga menyimpan beragam ragam olahan produk cinderamata yang sangat menarik lainnya.

Ada juga produk kerajinan kain tenun, ada juga kerajinan miniatur kapal penisi dari katu, ada juga produk olahan herbal minyak tawon, hingga kerajinan khas dari tanah Toraja yang juga b bisa masuk ke dalam daftar oleh-oleh khas Makassar yang sangat wajib untuk anda bawa pulang sebagai oleh oleh khas Makassar. Masih banyak juga beragam macam jenis oleh-oleh khas yang bisa anda bawa pulang dari tanah Makassar, berikut di bawah ini adalah penjelasannya :

1. Makanan Mantao Pare

Makanan Mantao Pare

BeeExpress tokopedia

Mantao pare ini adalah makanan yang mirip dengan makanan bakso, namun dia mempunyai rasa yang gurih dengan dominasi rasa manis. Mantao pare ini bisa kita disajikan dengan tanpa isi, tetapi ada juga yang sengaja mengkreasikannya dengan isian daging ikan yang sudah digiling halus.

Baca juga :  10 Food Vlogger Indonesia yang Selalu Bikin Ngiler

Review kuliner

5 Destinasi Wisata Keren Akhir Tahun Di Kota Makassar

Kenikmatan Coto Makassar Kuliner Yang Sudah Mendunia

2. Olahan Sirup dari Buah Markisa

Olahan Sirup dari Buah Markisa

markisamedan.com

Oleh-oleh ini memang ada kemiripan dengan oleh-oleh khas kota Medan, karena masyarakat dari kota Makassar juga punya produk olahan sirup buah markisa serta sirup terong Belanda yang rasanya sangatlah khas dan berkarakter.

Anda kami sarankan untuk memilih produk sirop yang memang dibuat secara manual, sehingga siropnya akan mempunyai rasa yang jauh lebih nikmat dan legit daripada produk sirop buatan pabrik.

3. Kopi khas dari Toraja

Kopi khas dari Toraja

anakkepo.com

Oleh-oleh khas yang satu ini memang wajib diingat dan tidaklah boleh sampai ketinggalan. Tiga buah jenis kopi khas Toraja yang memang paling kami rekomendasikan adalah kopi arabica, kopi robusta, dan kopi dari campuran kedua jenis kopi tersebut.

4. Makanan Kacang Disko

Makanan Kacang Disko

saya-online.blogspot.co.id

Memang sungguh unik nama dari makanan ringan yang satu ini, karena memang ada campuran rasa manis serta gurih yang berpadu di dalam adonan balutan tepung itu, sehingga menimbulkan sensasi meledak pada saat dikunyah dalam mulut kita. Karena itulah namanya kacang disko, karena rasanya memang sangat ramai dan meriah.

5. Kue Bannang-Bannang

Kue Bannang-Bannang

travelingyuk.com

Cocok dengan namanya, makanan yang satu ini memang memiliki rasa yang legit dan manis. Kue ini berbentuk layaknya benang yang sudah dilipat-lipat. Kue yang satu ini biasanya akan banyak disajikan pada saat berlangsung sebuah pesta pernikahan di wilayah Makassar.

6. Minuman Sirop DHT

Minuman Sirop DHT

yuli bukalapak

Sirop yang satu ini memiliki warna yang merah merona, dan merupakan jajanan minuman khas dari Makassar yang seringkali menjadi pelengkap pada saat menikmati atau dihidangkan dengan semangkuk es pisang ijo. Sirup DHT ini punya rasa yang mirip rasa pisang ambon, dan seringkali dikemas di dalam sebuah botol plastik yang memiliki warna hijau.

Baca juga :  10 Makanan Unik di Asia Tenggara Ada Bayi Buaya hingga Sup Penis

7. Kue Dangke

Kue Dangke

goodnewsfromindonesia.id

Kue yang satu ini diolah dari olahan susu kerbau yang memang sudah difermentasi. Makanan yang satu ini hanya akan anda temui di daerah Enrekang, di mana memang terkenal sebagai daerah khas penghasil susu kerbau. Kue Dangke ini akan kian lezat jika kita sajikan dengan sepiring nasi hangat dan berteman semangkuk sambal pedas khas Makassar.

8. Kue Baruasa khas Makassar

Kue Baruasa khas Makassar

andietafoodjourney.wordpress.com

Jenis kue enak yang satu ini yang dibuat dari campuran bahan tepung beras, kemudian ada kelapa parut yang sudah kering, kemudian ada beberapa butir telur, dan merupakan makanan oleh-oleh khas yang sangat murah meriah harganya, dan bisa anda temukan dengan mudah di setiap sudut-sudut pasar tradisional kota Makassar.

9. Kue kurma khas Makassar

Kue kurma khas Makassar

tanyawisata.com

Janganlah anda bayangkan kue ini terbuat dari buah kurma. Bahan dasar dari kue yang satu ini adalah tepung terigu, kemudian ada mentega, ada telur, serta tepung maizena. Dengan adanya balutan karamel yang sengaja dibuat meleleh di atasnya itu akan membuatnya nampak seperti buah kurma yang berwarna cokelat. Kue legit yang satu ini juga biasanya ditaburi serbuk kasar kacang tanah atau buah kenari yang sudah dihaluskan.

10. Kue Kacang Sembunyi

Kue Kacang Sembunyi

resepmasakanfacebook.blogspot.co.id

Kue Kacang sembunyi ini juga menjadi incaran oleh-oleh khas dari kota Makassar. Camilan yang satu ini dibuat dari bahan kacang tanah yang bagian luarnya sengaja dibalut dengan lapisan tepung terigu yang dibentuk mirip dengan kue molen berukuran mini. Camilan nikmat yang satu ini terkenal punya cita rasa yang sangat gurih dan sangat renyah sebagai teman minum teh di sore hari yang jingga.

Baca juga :  7 Minuman Khas Malang Enak Dinikmati Baik Siang Maupun Malam

11. Olahan Kerupuk Jintan

Olahan Kerupuk Jintan

dapurummahat.blogspot.co.id

Produk Kerupuk jintan ini terbuat dari campuran bahan baku tepung terigu, kemudian ada margarine, ada soda kue, dan ada beberapa butir telur. Jika orang belum ahli di dalam membuat kue yang satu ini, maka rasanya akan sedikit aneh, dan juga bertekstur keras pada saat digigit.

Namun jika pembuatannya mem dan ahli, maka rasanya akan nikmat dan sangat cocok untuk dimakan berteman secangkir kopi. Teksturnya dari kerupuk ini memang sedikit agak keras, namun sangat renyah serta memiliki cita rasa yang sangat gurih an nikmat menggugah selera.

12. Kerajinan tangan khas tanah Toraja

Kerajinan tangan khas tanah Toraja

me-and-mitra.blogspot.co.id

Kota Makassar ini juga terkenal dengan adanya banyak orang lokal yang menjual beragam macam kerajinan tangan khas dari tanah toraja. Dimulai dari hiasan dinding dari ukiran kayu, kemudian ada juga lukisan bernuansa tiraja, adan juga gantungan kunci khas toraja, ada juga baju khas dari tanah toraja, hingga juga ada berbagai mainan kayu khas toraja.

13. Makanan Makassar khas Otak-otak

Makanan Makassar khas Otak-otak

lifestyle.okezone.com

Kendati Makassar bukanlah satu-satunya wilayah yang punya produk olahan kuliner otak-otak, namun jenis makanan ini memang telah menjadi makanan khas yang sangat nikmat dan berkarakter. Karena otak-otak khas Makassar ini sengaja dimasak dengan cara yang sangat berbeda.

Apabila otak-otak dari daerah lain itu melalui proses masak dengan pembakaran, maka makanan otak-otak dari Makasar ini hanya direbus, kemudian akan dibungkus dengan sehelai daun pisang yang masih muda.



Leave a Reply