7 Air Terjun di Pasaman Barat Dengan Debit Air Yang Deras


Fida  July 28, 2021  0 Comment

Pasaman Barat merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang dikenal memiliki banyak destinasi wisata. Tidak jarang Pasaman Barat didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah untuk menikmati keindahan alamnya. Salah satu tempat wisata alam yang cukup populer adalah air terjun. Pengunjung dapat menikmati banyaknya wisata air terjun dengan keindahan alam yang menakjubkan. Beberapa air terjun juga tampak masih sangat alami dan belum banyak dijamah manusia. Berikut daftar Air terjun di Pasaman Barat

1. Air Terjun Lenggo Geni

Air Terjun Lenggo Geni
google.com

Salah satu air terjun di Pasaman Barat yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Lenggo Geni. Air terjun yang satu ini berlokasi di wilayah Gunung Talamau dan tidak jauh dari Simpang Empat.

Untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan, pengunjung harus berjalan kaki melewati rute pendakian Gunung Talamau. Meskipun sangat melelahkan dan membutuhkan tenaga ekstra untuk tiba di lokasi air terjun, tetapi pengunjung akan dimanjakan dengan keindahannya dan rasa lelah akan terbayar saat tiba di lokasi. Air Terjun Lenggo Geni memiliki ketinggian mencapai 20 meter. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan adanya kolam alami yang dapat digunakan untuk berenang maupun berendam. Tidak hanya air terjun yang indah dengan alirannya yang deras dan jernih, pengunjung juga akan dimanjakan dengan tebing dan pepohonan di sekelilingnya yang tidak kalah menarik. Saat ingin mengunjungi salah satu air terjun di Pasaman Barat, Air Terjun Lenggo Geni menjadi pilihan tepat untuk Anda datangi.

Gotravelly

Menapaki Indahnya Coban Rondo, Air Terjun Legendaris Dengan Pemandangan Asri

Menengok Keindahan Air Terjun Kapas Biru Lumajang

2. Air Terjun Simpang Kanan

Air Terjun Simpang Kanan
sumbar.antaranews.com

Saat ingin mengunjungi salah satu air terjun di Pasaman Barat, Air Terjun Simpang Kanan dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda datangi. Air terjun yang satu ini berlokasi di kawasan Tamiang Ampalu, Kecamatan Koto Balingka, Pasaman Barat.

Air Terjun Simpang Kanan menawarkan suasana yang masih sangat alami dengan aliran air yang deras dan jernih. Pengunjung akan dimanjakan dengan bebatuan dan juga kolam di bawah air terjun yang sangat indah saat dinikmati. Bagi Anda pecinta foto, tidak ada salahnya untuk menyempatkan berfoto dengan air terjun dan bebatuan yang ada. Air Terjun Simpang Kanan juga menawarkan tebing dan pepohonan di sekelilingnya yang sangat menakjubkan. Ketinggian air terjun yang mencapai 20 meter juga tampak mengagumkan. Tidak jarang air terjun ini didatangi oleh pengunjung dengan menggunakan sepeda. Tempat ini tentu cocok sebagai pilihan untuk beristirahat setelah lelah bersepeda.

3. Air Terjun Sampuran Betung

wisato.id

Ada cukup banyak pilihan wisata air terjun di Pasaman Barat, salah satunya adalah air terjun Sampuran Betung. Air terjun yang lalu ini berlokasi di Desa Sampuran, Kecamatan Sungai Aur, Pasaman Barat. Dari pusat kecamatan Sungai Aur, pengunjung dapat menempuh perjalanan dengan waktu sekitar 40 menit.

Jika dilihat sekilas, air terjun yang satu ini mirip dengan wisata Sumber Maron di Malang. Pengunjung dapat bebas bermain air hingga berenang di kawasan air terjun. Aliran air yang jernih dan bersih juga sangat memanjakan siapa pun yang menikmatinya. Saat berkunjung ke Pasaman Barat, tidak ada salahnya untuk mampir ke salah satu tempat wisata alam air terjun hits yang satu ini.

4. Air Terjun Kemuning

Air Terjun Kemuning
google.com

Saat bencana berlibur ke Pasaman Barat, tidak ada salahnya untuk mengagendakan mampir ke tempat wisata. Air Terjun Kemuning menjadi salah satu air terjun di Pasaman Barat yang cukup populer dan banyak didatangi oleh pengunjung dari berbagai daerah. Air terjun yang satu ini berlokasi di daerah Parit, Kecamatan Koto Balingka, Pasaman Barat.

Pengunjung akan dimanjakan dengan aliran air terjun yang tidak terlalu tinggi. Suasana yang asri dan nyaman menjadikan siapapun betah dan enggan pulang. Air terjun yang satu ini juga menawarkan kolam yang tenang yang dapat dimanfaatkan untuk berendam hingga berenang. Untuk menuju ke Air Terjun Kemuning, pengunjung akan melewati jalan dengan medan yang cukup mudah dilalui. Saat tiba di lokasi air terjun, indahnya pemandangan tebing dan pepohonan yang ditawarkan sangat menakjubkan dan memanjakan mata.

5. Air Terjun Situak Si Pagogo

Air Terjun Situak Si Pagogo
marimembaca.com

Di antara banyaknya pilihan wisata air terjun di Pasaman Barat, Anda dapat mengunjungi Air Terjun Situak Si Pagogo. Warga setempat menyebut wisata ini dengan sebutan Sampuran Situal Lotok Si Pagogo. Lokasi dari air terjun yang satu ini berada di Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Pasaman Barat. Anda dapat menempuh perjalanan dengan waktu 30 menit dari Pasar Ujung Gading dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Air terjun yang satu ini dikenal menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa. Aliran air terjun yang deras dan jernih juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tempat ini cocok didatangi bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri karena pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya tebing dan pepohonan di sekelilingnya. Warna air yang kebiruan juga menjadikan air terjun ini sangat indah dan sayang untuk Anda lewatkan.

6. Air Terjun Siburai Burai Padang

air terjun burai padang
klikpositif.com

Saat ingin mengunjungi salah satu wisata air terjun di Pasaman Barat, Air Terjun Siburai Burai Padang dapat menjadi tujuan yang tepat untuk Anda datangi. Air terjun yang satu ini berlokasi di Kecamatan Kinali pasaman Barat. Adanya hutan di kawasan air terjun tentu menjadikan suasana semakin asri dan alami.

Akses jalan menuju lokasi Air Terjun Siburai Burai Padang cukup sulit dilalui. Pengunjung harus menyiapkan tenaga extra serta kondisi fisik yang prima untuk tiba di lokasi air terjun. Tetapi hal itu tentu tidak menghalangi niat pengunjung untuk datang dan menikmati indahnya air terjun yang satu ini. Saat berkunjung ke Pasaman Barat, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke Air Terjun Siburai Burai Padang.

7. Air Terjun Sarasah

Air Terjun di Pasaman Barat
travel.detik.com

Air Terjun Sarasah menjadi salah satu pilihan wisata air terjun di Pasaman Barat yang sayang untuk dilewatkan. Air terjun yang satu ini bisa Anda datangi di daerah Kanagarian Kajai, Kecamatan Talamau. Lokasi dari Air Terjun Sarasah berada di 3 km dari jalan raya. Pengunjung harus berjalan kaki untuk tiba di lokasi air terjun.

Air Terjun Sarasah menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa dengan aliran air yang deras dan jernih. Meskipun melewati jalanan yang cukup terjal sebelum tiba di air terjun, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk menikmati indahnya Air Terjun Sarasah. Tempat ini tentu cocok didatangi bagi Anda yang suka berpetualang.



Leave a Reply