Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

Berjuluk Serambi Madinah Berikut 10 Tempat Wisata di Gorontalo


prita  May 21, 2020  0 Comment

Jika Aceh mendapat julukan sebagai Serambi Mekah, maka Gorontalo mendapat julukan sebagai Serambi Madinah. Gorontalo merupakan sebuah provinsi yang dulunya menjadi bagian dari provinsi Sulawesi Utara, kemudian di tahun 2006 menjadi provinsi sendiri. Belakangan ini Gorontalo memang menjadi perbincangan di kalangan wisatawan karena memiliki banyak tempat wisata yang indah dan jarang terjamah. Nah, berikut ini adalah 10 tempat wisata di Gorontalo yang indah dan wajib Anda kunjungi saat berlibur kesana.

1. Pulo Cinta

pulo cinta
booking.com

Tempat wisata di Gorontalo yang pertama dan paling wajib Anda kunjungi adalah Pulo Cinta. Wisata ini memang sudah cukup terkenal tak hanya di kalangan wisatawan lokal, tapi uga wisatawan internasional. Pulau ini ukurannya sangat kecil dan bentuknya menyerupai dengan hati, itulah kenapa pulau ini diberi nama Pulo Cinta.

Berada di Teluk Tomini, Pulo Cinta merupakan pulau yang memiliki hamparan pasir putih yang luas. Disini terdapat sebuah eco-resort yang menawarkan sensasi menginap di tepi pantai. Pemandangan di resort ini memang mengingatkan kita dengan pemandangan resort mewah yang ada di Maldives.

2. Taman Laut Olele

Tempat Wisata di Gorontalo
genpi.id

Taman Laut Olele menjadi salah satu tempat wisata di Gorontalo yang tak boleh Anda lewatkan, apalagi jika Anda penyuka diving dan snorkelling. Taman Laut Olele ini berlokasi di Pantai Olele yang indah dan berair jernih.

Karena air lautnya yang jernih, maka banyak sekali bisa ditemukan spot penyelaman di Taman Laut Olele ini. Salah satu spot yang menjadi daya tarik disini adalah adanya coral endemic yang berbentuk mirip lukisan Salvador Dali, lalu coral ini diberi nama Salvador Dali coral.

3. Pantai Botubarani

Tempat Wisata di Gorontalo
lazone.id

Masih seputar destinasi wisata bahari, Gorontalo juga memiliki sebuah pantai yang unik bernama Pantai Botubarani. Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di Gorontalo yang banyak menyedot perhatian wisatawan.

Dengan berkunjung ke Pantai Botubarani, Anda tak hanya bisa bersantai di tepian pantai, tapi Anda juga bisa berkenal dengan hiu paus yang sering menyambangi perairan Gorontalo ini. Wisata ini memang cukup menantang dimana Anda bisa berinteraksi secara langsung dengan mamalia yang sangat besar ini. Anda bisa menyelam bersama hewan ini namun tentu saja harus dengan izin dari pengelola terlebih dahulu.

4. Danau Limboto

Tempat Wisata di Gorontalo
pegipegi.com

Tak hanya laut, Gorontalo juga dianugerahi wisata danau yang tak kalah indah untuk dikunjungi bernama Danau Limboto. Danau Limboto ini dikenal sebagai salah satu danau terbesar di pulau Sulawesi yang juga menjadi tempat wisata di Gorontalo yang wajib untuk disinggahi.

Danau Limboto merupakan muara dari lima sungai yang ada di Gorontalo. Anda bisa menikmati keindahan danau ini sambil mengamati kehidupan nelayan yang sibuk melakukan tugasnya. Anda pun juga bisa mencicipi langsung hasil tangkapan dari nelayan disni. Di sekitar danau ini bisa Anda temukan banyak sajian kuliner khas Gorontalo yang unik dan tidak bisa Anda temukan di tempat lain.

5. Desa Torosiaje

Tempat Wisata di Gorontalo
wartanews.id

Tempat wisata di Gorontalo yang satu ini adalah sebuah desa wisata yang didiami oleh Suku Bajo. Desa Torosiaje berlokasi di Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato. Untuk menuju ke desa ini, Anda harus berkendara dengan mobil selama 7 jam dari pusat kota Gorontalo.

Meskipun jarak desa ini terbilang cukup jauh dari pusat kota Gorontalo, namun desa ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang berasal dari Kota Gorontalo, bahkan dari luar Gorontalo. Desa ini tak hanya menawarkan keindahan lautnya yang luar biasa, namun juga menawarkan pengalaman berwisata budaya yang tak kalah seru.

6. Benteng Otanaha

Tempat Wisata di Gorontalo
pesona.travel

Jika Anda ingin berwisata sejarah di Gorontalo, maka tak ada salahnya untuk mampir ke Benteng Otanaha. Benteng Otahana adalah saksi perjalanan kerjaan Gorontalo dalam menahan serangan musuh. Meskipun sekarang hanya menyisakan dinding besarnya saja, namun banteng ini masih terlihat kokoh.

Tak hanya itu, benteng ini juga menawarkan keindahan Gorontalo dari ketingigian karena lokasi benteng ini berada diatas bukit. Untuk menuju keatasnya, Anda harus mendaki sekitar 351 anak tangga dengan kemiringan 60 derajat. Agak melelahkan memang, namun setelah sampai di puncak Anda akan disuguhi pemandangan Gorontalo secara keseluruhan, seperti Teluk Tomini dan Danau Limboto yang sangat indah.

7. Pulau Diyonumo

Tempat Wisata di Gorontalo
satyawinnie.com

Tempat wisata di Gorontalo yang satu ini juga wajib masuk dalam bucket list Anda pasalnya menawarkan keindahan yang luar biasa. Pulau Diyonumo adalah sebuah pulau kecil tak berpenghuni. Untuk menuju kesini, dibutuhkan waktu kurang lebih 3,5 jam perjalanan dari pusat kota Gorontalo.

Hal yang bisa Anda lakukan di pulau ini antara lain berkemah, memancing atau bermain di pantai. Namun, salah satu yang menjadi daya tarik di pulau ini adalah adanya sebuah bukit kecil yang bisa Anda daki. Disini Anda akan dimanjakan dengan hamparan padang rumput dan pemandangan yang luar biasa indah.

8. Masjid Walima Emas

Tempat Wisata di Gorontalo
bintalahe.blogspot.com

Tempat wisata di Gorontalo selanjutnya adalah wisata religi umat Muslim yaitu Masjid Walima Emas. Masjid ini berada di Desa Religius Bubohu, Bonggo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo.

Masjid ini memang cukup unik karena letak bangunannya yang strategis yaitu berada di pinggiran tebing Teluk Tomini sehingga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Tak hanya itu, Masjid yang diresmikan pada tanggal 12 bulan 12 tahun 2012 pukul 12 lebih 12 ini memiliki kubah berbentuk walima yang warnanya kuning keemasan. Untuk itulah masjid ini diberi nama Masjid Walima Emas.

9. Desa Wisata Religi Bongo

Tempat Wisata di Gorontalo
situsbudaya.id

Setelah berkunjung ke Masjid Walima Emas, taka da salahnya untuk singgah sejenak di Desa Wisata Religi Bongo yang berada di Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo atau tak jauh dari masjib tersebut.

Tempat wisata di Gorontalo ini sangat kental dengan budaya masyarakat sekitar yang tentunya bertema religius. Mulai dari objek wisata pesantren alam hingga kolam dengan Asmaul Husna bisa Anda kunjungi disini. Berbagai fasilitas pendukung pun juga bisa Anda temukan disini, mulai dari tempat parkir, mushola, tempat makan hingga kamar mandi.

Karena budaya masyarakat sekitar yang sangat kental dengan agama Islam, tentunya Anda akan merasa nyaman dan tenang saat menghabiskan waktu disini. Terlebih lagi udara disini sangat sejuk dan asri.

10. Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Tempat Wisata di Gorontalo
jalanwisata.id

Tempat wisata di Gorontalo yang terakhir ada Air Terjun Hiyaliyo Da’a. Air terjun yang berlokasi di Desa Didingga, Kecamatan Biawu, Kabupaten Gorontalo Utara ini memang masih belum banyak terjamah oleh pengunjung sehingga kondisinya sangat bersih dan alamnya terjaga.

Untuk menuju ke air terjun ini memang dibutuhkan usaha yang cukup besar karena Anda harus berjalan kaki menyusuri hutan lindung selama 20 hingga 30 menit. Namun, setibanya disana keindahan air terjun ini tentu mampu menghilangkan lelah Anda selama perjalanan.



Leave a Reply