5 Minuman Khas Jogja Rasanya Segar dan Ngangenin Pastinya


sisil angelin  April 25, 2021  0 Comment

Jogja memang menjadi kota yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu libur panjang. Karena Kota Jogja ini memiliki banyak sekali destinasi wisata, budaya yang menarik untuk diketahui, dan beraneka kuliner yang ada di Kota Jogja juga menarik minat wisatawan untuk menjelajahi kota yang satu ini. Selain terkenal dengan hidangan gudeg, dan bakpianya. di Jogja ternyata memiliki beraneka minuman-minuman yang unik, dan hanya bisa kalian temukan di Kota Jogja. Jadi kalian jangan lewatkan untuk mencicipi minuman khas Jogja yang akan kita bahas ini ya guys! Nah kalian penasaran apa aja sih minuman khas Jogja? Yuk langsung aja simak artikel dibawah ini, karena GoTravelly kali ini bakal kasih tau kalian minuman khas Jogja yang unik, dan pastinya wajib kalian coba saat berada di Kota Jogja

1. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh
tuguwisata.com

Minuman khas Jogja yang akan kita bahas pertama ini adalah Wedang Uwuh. Jadi kata ‘UWUH’ sendiri dalam bahasa Jawa memiliki arti yaitu Sampah. Namun hal ini bukan karena minumannya dicampur dengan sampah, tapi karena tampilan Wedang Uwuh yang berantakan makanya diberi nama Wedang Uwuh. Namun rasa dari Wedang Uwuh memang manis, pedas, dan aroma secangkir Wedang Uwuh memang membuat pikiran rileks. Untuk kalian yang lagi kedinginan Wedang Uwuh bisa menjadi pilihan kalian untuk menghangatkan tubuh. Untuk menemukan Wedang Uwuh kalian bisa mampir ke Angkringan yang ada di Kota Jogja, dan harga dari Wedang Uwuh memang masih bersahabat dikantong. Untuk kalian yang belum paham Wedang Uwuh ini terdiri dari kayu manis, cengkeh, pala, serai, kapulaga, gula batu, dan jahe.

Review Gotravelly

Isi Perut Di Angkringan Kopi Joss Pak Tris Tugu Jogja!

Museum Ullen Sentalu

2. Bir Pletok

 Bir Pletok
kompas.com

Bir Pletok ini sebenarnya terinspirasi dari orang Belanda yang meminum bir untuk menghangatkan tubuh, dan pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubowono VII ditahun 1930. Akhirnya Sultan Hamengkubowono VII menciptakan minuman yang tidak mengandung alkohol yang terdiri dari beraneka jenis rempah yaitu kapulaga, pandan, serai, cengkeh, gula batu, jeruk nipis, dan kayu sencang. Semua bahan tersebut direbus, dan setelah direbus baru dimasukan ke botol-botol untuk didinginkan. Setelah dingin Bir Pletok yang ada dibotol itu akan dikocok sampai mengeluarkan busa, dan karena busa inilah minuman ini disebut dengan Bir Pletok.

3. Es Semlo

 Es Semlo
travelingyuk.com

Untuk kalian yang berada diluar Jawa Tengah memang Es Semlo masih asing ditelinga, dan Es Semlo ini memang masih susah untuk ditemukan di Jogja. Karena Es Semlo adalah minuman khas Kraton , dan Es Semlo ini menjadi minuman kesukaan Sultan Hamengkubuwono IX. Minuman ini adalah campuran beraneka wedang, rempah, jahe, kayu manis, gula, dan potongan buah pisang yang dicampur dengan perasan jeruk nipis. Es Semlo yang berwarna merah ini sebenarnya berasal dari kayu sencang, dan Es Semlo tidak sama sekali ditambah dengan pewarna merah. Jadi Es Semlo memang memiliki pewarna alami yang berasal dari kayu secang. Untuk rasa dari Es Semlo memang sangat menyegarkan, dan paling mantap dinikmati saat udara panas yang ada di Kota Jogja. Nah kalian penasaran sama rasa Es Semlo? Kalian bisa berburu Es Semlo dibeberapa angkringan yang ada di Jogja atau beberapa warung pinggir jalan juga ada yang menjual Es Semlo kok.

4. Rujak Es Krim

rujak es krim jogya
bisnisukm.com

Rujak Es Krim ini memang paling rekommended untuk dinikamti saat udara yang panas di Kota Jogja, dan Rujak Es Krim menjadi salah satu minuman khas Kota Jogja yang hits banget dikota ini. Rujak Es Krim ini memang terbilang unik, dan sangat segar. Karena Rujak Es Krim terdiri dari beraneka jenis buah yaitu buah mangga, buah kedondong, buahpepaya muda, buah bengkuang, buah nanas, dan semua buah-buahan yang sudah dipotong itu akan disiram dengan gula jawa yang memiliki rasa pedas atau sering disebut dengan bumbu rujak. setelah buah-buah itu diguyur dengan bumbu rujak biasanya penjual akan menambahkan es krim, untuk membuat rasa dari Rujak Es Krim ini manis, dan menyegarkan. Untuk menemukan Rujak Es Krim enak di Kota Jogja sangat mudah kalian bisa mampir ke Rujak Es Krim Pak Nardi Pakualaman, Rujak Es Krim Pak Paino, Rujak Es Krim Pak Sony, Rujak Es Krim Pak Yanto Pakualaman, atau Rujak Es Krim Yu Sin. Gimana kalian penasaran ya sama rasa Rujak Es Krim? Nah dari pada penasaran yuk langsung aja cicipi Rujak Es Krim di Kota Jogja!

5. Kopi Joss

kopi jos
magazine.job-like.com

Kopi Joss memang menjadi minuman khas Jogja yang hits banget, unik, dan Kopi Joss memang selalu diburu pencinta kopi saat berada di Jogja. Karena penyajian Kopi Joss yang unik ini lah membuatnya selalu menjadi minuman khas Jogja yang wajib dicoba. Jadi Kopi Joss ini terdiri dari biji kopi yang digiling dengan cara tradisional. Yaitu dengan cara di tubuk, dan disangrai. Dengan cara pembuatan kopi Tradisional ini, dikeranakan untuk menambah aroma kopi yang lebih harum, dan pekat. Selanjutnya kopi yang sudah halus tersebut akan diberi air panas sekali, dan setelah itu kopi akan diaduk lalu secangkir Kopi Jos itu akan dicemplungi arang yang sudah panas. Namun arang yang digunakan untuk campuran Kopi Joss ini sudah dibersihkan dari abunya guys! Jadi aman untuk dikosumsi. Kopi Joss yang ditambah arang ini memang terbilang unik, berbeda, dan aroma dari Kopi Joss memang sangat harum berbeda dari kopi biasa yang tidak dicampur dengan arang. Makanya tak heran jika Kopi Joss membuat pencinta kopi jatuh hati, dan Kopi Joss ini memang memiliki rasa yang unik. membuat pengalaman mengopi kalian lebih berkesan, dan berbeda karena penyajian kopinya yang unik. Untuk menemukan Kopi Joss kalian bisa mampir ke angkringan-angkringan yang ada di Jogja guys. Hampir semua angkringan di Jogja menjual Kopi Joss loh! Nah nunggu apalagi yuk masukin Kopi Joss kedalam list kuliner Jogja yang wajib kalian kunjungi saat liburan ke Jogja.

Itulah 5 Minuman khas Jogja yang bisa kalian cicipi saat berlibur ke Jogja. Menurut kalian 5 Minuman khas Jogja yang ada diatas menarik apa tidak? Untuk kalian yang sudah mencobanya, menurut kalian minuman khas Jogja yang mana yang rekommended, dan wajib dicoba? Kalian bisa jawab dikolom komentar yang ada dibawah ya guys! Semoga info 5 Minuman khas Jogja yang ada diatas bermanfaat untuk kalian yang lagi cari kuliner unik, menarik, lezat, dan minuman unik di Jogja. Selamat mencoba!



Leave a Reply