10 Bakso Legendaris di Bogor, Semangkok Mana cukup!


Altesa  September 3, 2022  0 Comment

Bakso merupakan salah satu makanan favorit masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari anak – anak hingga orang dewasa. Olahan daging satu ini merupakan jajanan yang sangat populer di Indonesia, bahkan sudah ada berbagai varian bakso yang dikembangkan. Saat ini banyak sekali olahan bakso yang di kreasikan oleh para pengusaha bakso mulai dari bakso mercon, bakso beranak, hingga bakso seafood. Bakso sendiri paling enak di santap di suasana hujan ataupun pada suhu dingin. Kuah bakso yang hangat akan membantu menghangatkan badan sekaligus mengisi perut. Salah satu kota yang cocok untuk menikmati sajian bakso adalah Kota Bogor. Bogor adalah salah satu kota di Jawa Barat yang terkenal dengan nama Kota Hujan. Bogor dikenal dengan Kota Hujan, karena memiliki curah hujan yang cukup tinggi, sehingga kota di Jawa Barat satu ini sering bercuaca hujan. Bogor juga memiliki berbagai warung bakso legendaris di Bogor.

Bakso legendaris di Bogor memiliki keunikaan rasa dan sajian yang membuat nya digemari oleh masyarakat bogor sendiri ataupun wisatawan yang singgah sejenak di Kota Bogor. Kali ini gotravelly akan memberikan kamu beberapa daftar bakso legendaris di Bogor yang bisa membantu kamu untuk menentukan warung bakso mana yang harus kamu kunjungi saat berada di Bogor. Berikur adalah 10 bakso legendaris di Bogor ;

1. Bakso Urat BOBOHO

Bakso Urat BOBOHO
qraved.com

Pecinta bakso urat merapat. Rekomendasi bakso legendaris di Bogor satu ini memiliki menu bakso urat sebagai menu andalan mereka. Bakso Boboho berlokasi di Jalan Bangbarung Raya No. 51, Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Bakso urat Boboho berukuran cukup besar dengan tekstur kenyal dan lembut. Warung bakso ini buka setiap hari dari jam 10.00 pagi hingga 9.30 malam. Selain menu baksonya yang menggugah selera kamu bisa juga memesan mie ayam yamin, yang juga lezat dari bakso urat boboho, apalagi dengan menu perpaduan mie ayam yamin bakso, kamu bisa menkmai 2 jenis menu dala satu mangkok. Satu porsi bakso urat disini mulai harga Rp. 17.000 hingga Mie yamin Baso seharga Rp. 19.000. Selain menu makanannya yang lezat, di warung bakso boboho juga menyediakan beranekaragam jenis minuman mulai dari es the hingga aneka jus, dan es campur.

Gotravelly

Nikmatnya Bakso Solo Kepanjen, Wajib Cobain Kalo Ke Malang

Menyantap Lezatnya Bakso Pajero: Bakso Sumsum Jogja Yang Viral

2. Baso Seuseupan

Bakso terdekat yang enak
food.detik.com

Satu lagi nih bakso legendaris di Bogor yang berlokasi di Jalan Bangbarung selain bakso urat boboho, tepatnya di Jalan Bangbarung Raya No. 9, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Saking legendarisnya baso seuseupan sudah memiliki 4 cabang yang ramai dikunjungi orang – orang bogor maupun luar bogor. Baso seuseupan sendiri memiliki menu bakso telur yang favorit di warung ini. Bakso telur di baso seuseupan menggunakan telur puyuh sebagai isian baksonya. Baso seuseupan memiliki kuah gurih yang disajikan dengan lemak garing sebagai peengkap rasa gurih dari kuah bakso. Bakso seuseupan buka setiap hari dari pukul 10.00 pagi hingga 9.00 malam, khusus di hari jumat bakso ini buka dari jam 1.00 siang hingga 9.00 malam. Menu yang di tawarkan di baso seusupan sendiri sangat beranekaragam mulai dari signature menunya yaitu baso, adajuga mie ayam, mie yamin, nasi goreng, bihun goreng, hingga mie hot plate. Karena menu nya yang beranekaragam membuat warung makan ini sangat cocok untuk dikunjungi beramai – ramai sehingga setiap orang bisa memilih menu keinginan nya sendiri. Harga dari warung baso seuseupan sendiri mulai dari Rp. 14.000 hingga 22.000, wah masih cukup murah untuk ukuran warung makan dengan menu yang beranekaragam. Untuk menu minumannya sendiri juga memiliki beranekaragam pilihan mulai dari escampur, aneka jus, hingga es kelapa alpukat.

3. Bakso Kikil Pak Jaka

Bakso Legendaris di Bogor
sentul.city

Pecinta bakso kikil pasti akan menyukai bakso legendaris di Bogor satu ini. Bakso kikil Pak Jaka berlokasi di Jalan Suryakencana Nomor 285, Babakan Pasar, Bogor Tengah, Kota Bogor. Bakso ini wajib untuk dikunjungi saat kamu berada di Kota Bogor, berbeda dari bakso biasanya, bakso kikil ini memiliki bentuk bakso kecil dengan tekstur lembut dan empuk. Sajian bakso satu ini dilengkapi dengan kuah berwarna agak kekuningan dan toping kikil sapi yang empuk serta gurih. Saat berkunjung kesini kamu harus siap untuk makan tanpa meja ya, karena tempat bakso kikil ini hanya berupa gerobak bakso dan beberapa kursi plastik sebagai tempat duduk pelanggan, tempatnya sendiri cukup terbatas. Namun, meskipun memiliki tempat yang sangat sederhana bakso kikil satu ini ramai dikunjungi masyarakat bogor karena rasanya yang lezat dan nikmat. Menu yang ditawarkan di bakso kikil ini juga cukup unik, jika biasanya bakso dilengkapi dengan mie bihun namun di bakso kikil Pak Jaka kamu bisa memilih menu bakso dengan kwetiaw, untuk kamu yang belum pernah mencoba bagaimana rasa bakso yang dipadukan dnegan kwetiaw, kamu bisa mencoba mengunjungi bakso kikil ini. Harga dari menu makanan bakso kikil Pak Jakadi banderol mulai dari Rp. 18.000 untuk satu porsi baksonya. Untuk minumannya sendiri bakso kikil satu ini hanya menyediakan minuman kemasan seperti aqua dan the botol yang dijual seharga Rp. 5000. Warung Bakso ini buka setiap hari mulai jam 10.00 pagi hingga 9.00 Malam.

4. Bakso Gulung Bragi

Bakso Gulung Bragi
liputan6.com

Bakso gulung bragi merupakan salah satu olahan bakso yang unik dan jarang di temui. Bakso gulung ini termasuk dalam salah satu bakso legendaris di Bogor yang sayang jika dilewatkan. Bakso ini berlokasi di Jalan Palayu Raya, Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Bakso gulung sendiri adalah bakso yang berbentuk panjang sekitar 5 cm dan dibalut dengan kembang tahu yang gurih dan lezat. Wah dari bentuk nya yang unik saja pasti sudah menarik untuk dicoba. Warung baso ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga 9.00 malam. Menu dari bakso gulung sendiri cukup unik dan beranekaragam yaitu terdapat jenis bakso gulung daging, bakso gulung urat, bakso gulung telor, hingga bakso otak – otak. Selain menu makanan bakso gulung ada juga bakso berbentuk bulat dan mie ayam yang layak untuk di coba. Harga makanan dari warung ini mulai dari Rp. 9000 hingga Rp. 24.000 saja. Untuk minuman nya sendiri terdapat menu es the, es jeruk, dan aneka jus lainnya. Harga minumannya sendiri dari harga Rp. 2000 hingga Rp. 8000 untuk aneka pilihan jus.

5. Big Bakso Family atau Bakso Beranak

Big Bakso Family atau Bakso Beranak
bogor.ayoindonesia.com

Big bakso family atau juga biasa dikenal dengan bakso beranak merupakan salah satu warung bakso beranak populer dan merupakan bakso legendaris di Bogor yang wajib untuk kamu kunjungi. Big bakso family atau bakso beranak satu ini berlokasi di Jalan Raya Kertamaya Nomor 8, Kertamaya, Bogor Selatan, Kota Bogor. Seperti bakso beranak pada umunya bakso beranak memiliki bentuk bakso yang besar yang berisi berbagai isian bakso kecil di dalamnya. Terdapat menu bakso super big bakso family yang merupakan bakso berana super yang berukuran cukup besar dengan isian bakso kecil yang banyak. Untuk menu signature super big bakso family sendiri di bandrol dengan harga Rp. 100.000. Namun, jika kamu ingin memakan bakso beranak biasa yang standart menu bakso beranak biasa disini dibanderol dengan harga cukup Rp. 20.000 saja. Selain bakso beranak disini juga terdapat menu bakso biasa dan mie ayam yang bisa kamu cicipi. Harga makanan disini di banderol mulai dari Rp. 5000 hingga Rp. 100.000. Sementara untuk menu minumannya sendiri terdapat beberapa pilihan menu minuman kemasan dan air mineral, yang dijual dengan harga Rp. 5000 saja.

6. Bakso PMI

Bakso PMI
travel.kompas.com

Bakso PMI merupakan bakso populer dan bakso legendaris di Bogor.saking populer dan enaknya bakso ini disebut – sebut merupakan bakso terenak di Kota Bogor lho.  Bakso legendaris di Bogor satu ini berlokasi di Ruko Villa Indah Pajajaran, Jalan Pandu Raya Nomor 150, Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Salah satu bakso yang menarik dan wajib dicoba adalah bakso besar dengan isian daging cincangnya yang lezat. Bakso PMI ini memiliki jenis kuah yang bening namun gurih dan enak, untuk bakso nya sendiri memiliki tekstur yang empuk dan cukup lembut. Menu makanan dari warung bakso satu ini adalah bakso campur, bakso kecil, bakso besar 2, mie ayam, hingga mie ayam bakso. Harga menu makanannya sendiri mulai dari Rp. 19.000 hingga Rp. 33.000. Untuk pilihan isian bakso seperti mie kamu bisa memilih berbagai pilihan mie mlai dari bihun hingga kwetiaw. Untuk menu minuman di warung ini terdapat aneka pilihan minuman botol dan beberapa pilihan es teh dan es jeruk, mulai dari Rp. 1000 hingga Rp,8.000 saja. Warung bakso PMI buka setiap hari dari pukul 11.00 siang hingga 9.30 malam.

7. Bakso Titoti Wonogiri

Bakso Titoti Wonogiri
bogor.tribunnews.com

Bakso titoti wonogiri merupakan salah satu bakso legendaris di Bogor yang cukup terkenal dan ramai dikunjungi. Bakso titoti sendiri berlokasi di Jalan Siliwangi Nomor 10, Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Bakso ini awalnya cukup terkenal di daerah Jakarta namun, saat ini Bakso titoti sudah memiliki banyak cabang, salah satunya di Bogor. Bakso ini memiliki ciri khas bakso yang memiliki kuah bening kaldu dari simsim sapi yang nikmat dan lezat. Bakso titoti sendiri memiliki beberapa jenis bakso mulai dari bakso kecil, bakso besar, bakso telur, dan bakso urat. Selain menu makanan lain seperti mie ayamn, sok kaki daging sapi, ayam goreng kremes, dan siomay. Untuk Harga makanannya sendiri di jual mulai dari Rp. 13.000 hingga Rp. 27.000 saja. Untuk pilihan minumannya sendiri terdapat minuman kemasan botol hingga es campur yang menggugah selera. Warung bakso ini buka setiap hari mulai pukul 9.00 pagi hingga 9.30 malam, khusus untuk hari jumat bakso titoti buka dari jam 12.30 siang hingga 9.30 malam.

8. Bakso Jaja

Bakso Jaja
travel.kompas.com

Bakso Jaja merupakan bakso legendaris di Bogor sejak tahun 1980. Baksi ini memiliki ciri khas disajikan dengan mie kering yang dipisah dengan baksonya. Jika biasanya kebanyakan bakso disajikan dengan toping mie didalam kuah bakso, berbeda dengan bakso jaja yang disajikan dipisah dari bakso dan kuahnya. Menu bakso dengan mie kering merupakan menu favorit yang biasa dipesan jika orang mengunjungi kedai bakso satu ini. Bakso jaja berlokasi di Jalan Sholeh Iskandar, Kedungbadak, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor. Awalnya dalam proses pembuatan memasak bakso warung bakso jaja menggunakan arang untuk memasak bakso namun, pada tahun 2013 arang terpaksa diganti dengan kompor karena alasan sumberdaya yang sulit untuk dicari. Karena beralih dari menggunakan arang menjadi kompor beberapa pelanggan lama bakso jaja banyak yang menyadari perbedaan rasa kuah bakso jaja. Bakso Pak Jaja buka setiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga 7 malam, untuk hari jumat bakso pak jaja buka dari pukul 1.00 hingga 5.30 sore saja.

9. Bakso Baset

Bakso Baset
m.tribunnews.com

Bakso baset merupakan bakso legendaris di Bogor yang berlokasi di Blog Pasama, Jalan Tentara Pelajar Nomor 55, Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Dari namanya saja sudah pasti menu favorit nya adalah baset atau bakso setannya yang berukuran tidak biasa dengan kuah berlemak serta kaya rempah – rempahnya. Menu yang ditawarkan juga beranekaragam ada bakso baset, bakso rudal, mie ayam ceker, hingga mie ayam bakso. Warung bakso baset ini sudah ada sejak tahu 1978, awalnya bakso ini merupakan bakso pikul yang dirintas oleh sang ayah dari pemilik saat ini. Harga dari makanan disini juga cukup terjangkau yaitu Rp. 10.000 hingga Rp. 25.000 . Warung bakso baset buka dari jam 9.00 pagi hingga 9.00 malam. Warung bakso satu ini cukup sederhana namun dalam 1 hari warung bakso ini bisa menghabiskan sekitar 15 sampai 16 kg daging. Bakso – bakso di warung ini sendiri selalu fresh karena pemilik mengaku tidak pernah menyimpan stok bakso di lemari pendinginnya.

10. Bakso Pa’de Jangkung Sancang Bogor

 Bakso Pa’de Jangkung Sancang Bogor
garnesia.com

Bakso Pa’de Jangkung merupakan bakso legendaris di Bogor yang sudah buka sejak tahun 1969. Bakso ini berlokasi di Jalan Sancang Dalam No. 7F, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Bakso ini sudah nemili 3 cabang di Kota bogor saking populer dan ramainya penikmat bakso ini. Tempat dari warung bakso ini lebih modern dan dihiasi beberapa pernak Pernik pajangan, yang jarang ada di beberapa warung bakso. Menu di warung bakso satu ini tidak hanya menawarkan bakso namun juga mie yamin, soto jangkung, hingga tambahan toping bakso seperti paru. Harga makanan di warung bakso ini dijual mulai dari harga Rp. 14.000 hingga Rp. 21.000 saja. Untuk minuman nya terdapat beberapa jenis minuman the botol, es teg, dan aneka jus, serta es krim yang bisa kamu pilih. Harga minumannya sendiri mulai dari Rp. 3500 hingga Rp. 15.000 , Bakso satu ini buka setiap hari mulai jam 10.00 pagi hingga 10.00 malam, khusu hari jumat kedai ini buka dari jam 1.00 siang hingga jam 10.00 malam. 

Nah itu tadi beberapa bakso legendaris di Bogor yang bisa kamu cicipi saat berkunjung ke Kota Bogor. Dari 8 bakso dalam daftar diatas beberapa memiliki ciri khasnya masing – masing mulai dari bakso urat, kikil , beranak, hingga bakso berbentuk unik seperti bakso gulung. Jadi, bakso mana nih yang akan kamu pilih untik di coba atau kamu sudah memiliki bakso favorit lain di Bogor, yuk komen dibawah ya



Leave a Reply