Menikmati Sensasi Letupan Endog Bader, Salah Satu Kuliner Khas Gresik

kuliner di gresik

Zulfa | Traveler
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | halal
14 Sep 2019


Menikmati Sensasi Letupan Endog Bader, Salah Satu Kuliner Khas Gresik
Telur ikan, mulai dari ikan kakap, tengiri, bader diolah menjadi berbagai makanan lezat dengan bumbu pedas manis hadirkan sensasi rasa pecah di mulut

 

Biasanya makanan khas Gresik identik dengan nasi krawu, pudak, otak otak bandeng dan jubung, tapi ada satu kuliner lain yang jarang orang ketahui, Endog Bader. Dalam Bahasa Indonesia berarti Telur ikan bader.

Letaknya yang berada di pesisir laut utara dan memiliki banyak area tambak, menjadikan kota Gresik dianugerahi dengan ikan yang melimpah. Ikan ikan dikirim ke berbagai kota dan juga diolah di pabrik untuk dijadikan nugget hinggafrozen food. Sedangkan untuk telur ikannya dijual dipasar, untuk diolah menjadi kuliner yang lezat dan sehat.

endog bader gresik


Penjual olahan dari telur ikan bader ini banyak dijumpai di daerah pasar Gresik. Sebenarnya penjual endog bader ini tak hanya menjual telur ikan bader saja tapi juga beberapa olahan telur dari berbagai varian ikan lainnya

Salah satu penjual endog bader yang banyak pelangganya adalah Bu Shofiyah. Jualannya berada di dalam pasar Gresik di bagian tengah. Bersebelahan dengan toko emas Himalaya. Karena jualanya cepat ludes, saya datang kemari jam 8.30 dan masih belum buka. Sementara menunggu saya sarapan dulu dengannasi Krawu Bu Milayang berada satu deret dengan endog bader.

endog bader gresik
endog bader gresik

Di bagian tengah pasar Gresik ini banyak penjual ebdog bader tapi yang saya suka punyanya mbak Shofiyah karena menghadirkan rasa pedas yang pas. Dan juga varian telur ikannya lebih banyak dibandingkan yang lainnya.

Telur ikannya juga bervariasi mulai telur ikan bader, ikan kakap, ikan tengiri, ikan mujaer, telur kepiting, telur dukang dan telur ikan gere atau belanak. Selain telur ikan, disini juga dijual usus ayam, putih telur, cecek atau kulit sapi, otak otak bandeng mini sampai dengan olahan jeroan ikan bandeng.

Aneka variasi telur ikan dimasak menjadi beberapa macam mulai ditumis, di pepes hingga dicampur dengan tepung menjadikanya camilan (gorengan) yang kaya akan protein.

Sekejap setelah membuka daganganya, telur ikan mbak Sofiyah ini langsung diserbu pembeli. Penuh. Saya membeli pepes telur ikan bader, gorengan telur ikan bader, telur ikan dukang, telur ikan tengiri dan tentu saja tumis endog bader. Jika kamu penasaran dan belum pernah mencoba sebelumnya, Mbak Sofiyah akan mempersilahkan pembeli untuk mencobanya terlebih dahulu. Enak kan?

endog bader gresik

endog bader gresik


Pepes ikan telur bader berbeda dengan pepes lain yang biasanya dikukus. Pepes telur ikan bader ini di goreng. Telur ikan bader dihancurkan kemudian dibumbui dan dimasukkan kedalam daun dibentuk seperti lontong kemudian digoreng. Teksturnya padat dengan warna orange. Warna ini dihasilkan dari kombinasi bumbu dan cabe. Rasanya super gurih dan pedas. Nggak terlalu amis. Pepes telur ikan bader ini paling enak dinikmati bersama nasi hangat.

endog bader gresik


Masih dengan nasi hangat dipiring, saya menikmati telur ikan tengiri kering. Berbeda dengan pepes ikan telur tadi. Telur ikan tengiri ini bentuknya masih utuh. Jadi terlihat bongkahan besar dengan tumpukan telur ikan kecil kecil, telur ikan tengiri ini ditumis kering. Bumbunya tidak terlalu terasa, lebih didominasi rasa gurih ikan. Rasanya sedikit manis. Ada sensai letupan telur ikan ketika menggigitnya. Endes.

endog bader gresik


Untuk tumis telur ikan bader, telurnya juga disajikan dengan utuh. Tapi bentuk telur ikan bader lebih kecil ketimbang ikan tengiri. Bentuknya nggak bulat bulat tapi lonjong. Ketika ditumis ada sebagian telur yang pecah, jadi ada bulatan bulatan kecil didalamnya. Berbeda dengan telur ikan tengiri yang kering, Tektur tumis ikan bader ini nyemek, sedikit berair. Rasa telur ikan bader ini gurih. Gurih banget. Mesti sedikit fishy tapi rasanya enak banget. Ada sensai pecah didalam mulut.

endog bader gresik


Nah, ini yang terlihat berbeda, yakni telur ikan dukang. Bulatan bulatan telur ikan nya lebih besar. Terlihat transparan. Telur ikan dukang ini terlihat sangat menggoda. Ketika digigit, tesss letupan letupan rasa telur ikan sangat terasa. Rasa gurih telur ikan terasa meledak ketika digigit. Sensasinya terasa beda banget dalam mulut. Ditambah dengan rasanya pedas. Ledakan rasanya bikin mulut nggak berhenti mengunyah.

endog bader gresik


Terakhir, gorengan ndok bader menjadi teman yang pas dengan segelas es teh. Rasanya sedikit pedas, karena dicampur dengan tepung rasa telur ikan tidak terlalu kuat tapi rasa gurihnya masih terasa enak. Bentuknya bulat bulat dan sedikit berminyak.



endog bader gresik


Nah untuk kamu yang ingin menikmati aneka caviar ala kota gresik ini harganya bervariasi, untuk pepes telur ikan dijual dengan harga Rp. 4.000/ bungkus. Untuk gorengan telur bader harga Rp. 7.000 untuk 10 buah gorengan. Dan untuk aneka tumis telur ikan, seperti telur ikan tengiri, telur ikan dukang dijual dengan timbangan. Harga ¼ Kg dijual rata rata dengan harga Rp. 60.000. kamu juga bisa membeli 1 ons saja. Tapi percaya deh, pasti kurang. Enaknya nggak ketulungan.

 

 

Opening Hours
Buka 09.00-12.00
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.