7 Soto Terkenal di Solo, Kuliner Legendaris Favorit Para Pejabat


Jehan  September 6, 2023  0 Comment

Soto Terkenal di Solo – Apakah sobat GoTravelly sedang mencari tahu di mana tempat makan soto yang terkenal dari kota Budaya satu ini? kali ini GoTravelly akan membagikan rangkuman tempat kuliner tersebut untukmu.

Soto menjadi salah satu hidangan Nusantara yang dikenal sebagai jenis makanan comfort food karena memiliki kuah dengan rasa ringan namun kaya akan rempah dan kaldunya. Oleh karena itu, sobat GoTravelly tidak perlu kaget jika jenis makanan satu ini banyak dicari oleh orang-orang saat ingin menikmati sebuah menu yang menenangkan perut.

Setiap daerah selalu memiliki ciri khas masing-masing ketika menyajikan sebuah menu, tanpa terkecuali untuk kota Solo. Jika kamu perhatikan, kota tersebut memiliki jenis soto bening yang khas dari Jawa Tengah.

Meski soto di sana cenderung bening dengan sedikit warna kuning yang dihasilkan dari kunyit, tetap saja kuah soto mereka tidak kalah enak dengan soto-soto dari daerah lainnya. Yuk, dari pada penasaran dan kelamaan, langsung saja pilih salah satu tempat makan yang telah GoTravelly rangkum untukmu dibawah ini.

Tempat Makan Soto yang Terkenal di Solo

1. Soto Triwindu

soto triwindu terkenal di solo
google.com

Soto daging yang menjadi kuliner legendaris milik Solo ini semakin terkenal karena menjadi salah satu tempat makan favorit dari Presiden Joko Widodo. Rumah makan ini serupa permata tersembunyi yang menyajikan sebuah rasa khas yang tidak pernah berubah untuk setiap pelanggannya.

Baca juga :  Mendaki 10 Gunung Api Tertinggi di Dunia Sensinya Beda!

Suasana rumah makan yang hangat ditambah dengan sapaan ramah dari para pegawai di sana akan membuatmu semakin nyaman untuk menikmati semangkuk menu soto mereka. Menu soto yang tersedia di sana, merupakan soto daging sapi dengan berbagai pilihan lauk potongan yang bisa kamu pesan sesuai dengan seleramu.

Perpaduan kuah bening khas soto Solo dari Triwindu ditambha dengan segala isiannya, seperti daging sapi, taoge, dan irisan seledri akan memberimu cita rasa yang mendalam. Rumah makan ini, bisa menjadi tempat makan dengan pilihan soto enak yang bisa kamu kunjungi saat datang ke Solo.

Lokasi Restoran

Jalan Teuku Umar, RT. 001/ RW. 001, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah, 57131, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 05:30 – 15:30 WIB.

2. Warung Soto Ayam Gading

warung soto ayam gading solo
google.com

Meski beberapa waktu yang lalu Warung Soto Ayam Gading menjadi tempat bertemunya para politikus, namun terkenalnya tempat makan yang satu ini sudah sedari dulu. Berbeda dengan tempat makan soto terkenal di Solo sebelumnya, warung makan ini menyediakan dua pilihan menu untuk soto, yakni ayam dan daging.

Selain itu, ada juga menu lainnya yang bisa menjadi alternatif untukmu seperti nasi langgi, nasi rames, nasi guded, dan masih banyak menu lainnya. Warung Soto Ayam Gading memiliki suasana yang khas dari sebuah restoran keluarga. Suasana tersebut akan membuatmu semakin nyaman saat menyantap menu pesananmu ketika di sana.

Lokasi Restoran

Jalan Brigjen Sudiarto No. 75, Joyosuran, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57156, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 06:00 – 15:00 WIB.

3. Soto Daging Sapi Pak Keman

soto daging pak keman
instagram.com

Tempat makan terkenal untuk menikmati Soto di Solo selanjutnya adalah Soto Daging Pak Keman. Rumah makan berikut ini akan menyambutmu dengan sebuah menu dengan resep otentik dan legendaris.

Baca juga :  7 Jajanan Pedas Khas Garut Dengan Rasa Meledak di Mulut

Sedikit berbeda dengan kuah khas soto Solo yang relatif bening, menu di sini, dikenal memiliki rasa kuah kaldu yang lezat dengan teksturnya yang sedikit kental dan keruh. Tentu saja cita rasa dari kuah soto mereka pun berbeda dengan soto lainnya.

Jika sobat Gotravelly tertarik untuk menikmati kuliner soto di Pak Keman, cobalah untuk melengkapi pesananmu dengan berbagai macam sate-sate pelengkap yang tersedia di sana. Ada berbagai macam tambahan jeroan untuk kamu yang menyukainya.

Lokasi Restoran

Jalan Yudhistira No. 3, Serengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57155, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 10:30 – 15:00 WIB.

4. Soto Kirana

soto kirana enak terkenal di solo
instagram.com

Tempat berikut ini bisa menjadi alternatif untuk sobat kuliner GoTravelly yang ingin menikmati semangkuk porsi soto terkenal di Solo. Soto Kirana telah berdiri sejak tahun 1980an dan menjadi salah satu tempat kuliner legendaris.

Ada pilihan menu soto daging dan ayam yang tersedia di rumah makan tersebut. Suasana tempat makan yang nyaman dengan jarak yang cukup luas antar meja akan memberimu keleluasaan untuk menikmati makanan.

Lokasi Restoran

Jalan Moh. Yamin No. 68, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57152, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 06:00 – 15:00 WIB.

5. Soto Seger Mbok Giyem Nusukan

soto seger mbok giyem nusukan
google.com

Tentu saja soto seger dari Mbok Giyem Nusukan berikut ini harus menjadi varian makanan khas yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Tempat makan soto terkenal di Solo ini menawarkan kuliner dengan tampilan sederhana, namun rasanya memikat.

Kuah bening dengan rasa gurih yang ada di sini akan membuat indera perasamu terpuaskan di setiap suapan. Tempat makan ini juga menyediakan berbagai macam sate-satean yang biasa menjadi pelengkap saat menikmati semangkuk soto, seperti telor puyuh, usus, babat, paru, dan lain-lain.

Baca juga :  Susuri Keindahan 10 Sungai Terpanjang di Indonesia

Lokasi Restoran

Jalan Kapten Piere Tendean, Nusukan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57135, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 06:00 – 16:00 WIB.

6. Soto Sapi Asli Trisakti

soto sapi asli trisakti solo
google.com

Berikutnya adalah tempat makan soto terkenal di Solo yang memiliki satu menu spesial soto daging. Sesuai dengan namanya, soto Trisakti ini menggunakan bahan dari daging sapi asli yang dimasak dengan matang sempurna.

Tekstur daging yang empuk dan lembut, ditambah dengan kuah kaya dengan rasa kaldu daging akan membuatmu terlena dan bahagia saat menikmatinya. Soto sapi Asli Trisakti sangat nikmat untuk kamu nikmati setiap saat, karena kuahnya yang ringan akan membuat perutmu tenang dan nyaman. Gimana nih, apakah sobat GoTravelly tertarik mencoba menu soto sapi di sini?

Lokasi Restoran

Jalan Kalilarangan No. 61, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57152, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 05:30 – 14:00 WIB.

7. Warung Soto Ayam Gading Wetan

warung soto ayam gading wetan
google.com

Rekomendasi tempat kuliner soto terkenal selanjutnya adalah Warung Soto Ayam Gading Wetan. Memiliki nama serupa dengan rekomendasi soto yang sudah GoTravelly sebutkan di atas, tempat makan ini tidak kalah enaknya.

Suana khas warung yang nyaman akan kamu temui saat datang ke rumah makan tersebut. Setiap meja tersedia berbagai macam gorengan dan sate-satean yang bisa kamu pilih untuk menikmati menu pesananmu.

Tidak hanya terkenal dengan sotonya saja, warung tersebut juga memiliki menu lain, seperti nasi pecel, nasi rames, dan nasi sambal goreng, dan masih ada lagi menu lainnya yang lezat dan nikmat. Tertarik untuk memesan menu yang mana nih, sobat GoTravelly?

Lokasi Restoran

Jalan Veteran No. 49, Joyosuran, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57116, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 06:00 – 15:30 WIB.

source: https://www.youtube.com/@riasukmawijaya

Sobat GoTravelly itulah rangkuman tempat makan soto terkenal yang ada di Solo. Jadi, kamu tim makan soto dengan kuah dipisah atau dicampur sekaligus nih? Apapun selera makananmu, jangan lupa bagikan bersama GoTravelly ya!



Leave a Reply