Jelajahi 21 Taman Nasional Terbaik di Australia


prita  February 28, 2022  0 Comment

Taman nasional di Australia memang menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Australia memang memiliki banyak sekali taman nasional dan masing-masing memiliki keunikannya tersendiri, khususnya dari sisi keindahan alamnya. Ada yang memiliki air terjun, formasi bebatuan yang indah hingga pantai dengan air laut berwarna biru yang jernih. Bahkan, kamu juga bisa menemukan taman nasional yang memiliki unsur budaya Aborigin yang kuat. Nah, jika kamu tertarik untuk menjelajahi keindahan taman nasional di Australia, berikut ini adalah daftarnya.

1. Taman Nasional Kakadu

Taman Nasional Kakadu
kakadutourism.com

Taman nasional di Australia yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Taman Nasional Kakadu. Taman Nasional Kakadu ini merupakan taman nasional terbesar di Australia dan juga menjadi taman nasional terbesar kedua di dunia.

Banyak sekali keindahan yang bisa dinikmati di taman nasional ini, seperti air terjun, sungai, hutan bakau, seni ukiran batu aborigin hingga berbagai satwa liar yang jarang ditemui seperti dingo, walabi dan buaya air asin.

Gotravelly

Staycation Ala Jepang Di Kontena Hotel, Vibes Nya Jepang Banget!

Historica Cafe, Cafe Industrial Minimalis Yang Pas Untuk Kamu Pecinta Work From Cafe Dan Meeting

2. Taman Nasional Purnululu

Taman Nasional Purnululu
bunglebungleguidedtours.com.au

Jika kamu berkunjung ke kawasan Australia Barat, jangan lewatkan untuk berkunjung ke salah satu taman nasional di Australia yang tak kalah cantik, yaitu Taman Nasional Purnululu. Taman nasional ini telah terdaftar dalam situs Warisan Dunia UNESCO yang menawarkan keindahannya tersendiri.

Taman nasional ini memang lokasinya cukup terisolasi di wilayah Kimberley, justru itulah keindahan taman nasional ini tetap terjaga dan jarang tersentuh manusia. Cara terbaik untuk menjelajahi taman nasional ini adalah dengan helikopter sehingga kamu bisa menikmati keindahannya dari atas. Kamu pun bisa menjelajahi taman nasional ini dengan berjalan kaki dan menyusuri ngarai dan menemukan kolam batu tersembunyi yang indah.

3. Taman Nasional Blue Mountains

Taman Nasional Blue Mountains
visitnsw.com

Taman nasional di Australia berikutnya adalah Taman Nasional Blue Mountains. Taman nasional ini juga masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO dan menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup populer.

Taman nasional ini disebut sebagai Blue Mountains karena keindahan kabut biru yang muncul di sekitar pohon eukaliptus. Disini pengunjung bisa menikmati keindahan three sisters, yaitu formasi tiga batuan setinggi 900 meter di atas Lembah Jamison. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa menemukan berbagai binatang yang hidup di alam bebas.

4. Taman Nasional Wilsons Promontory

Taman Nasional Wilsons Promontory
australiantraveller.com

Berlokasi di Victoria, Taman Nasional Wilsons Promontory ini juga sering disebut sebagai Wilsons Prom. Taman Nasional Wilsons Promontory ini dikenal cukup ramah bagi semua pengunjung karena menyediakan berbagai pilihan akomodasi bagi penyandang disabilitas, termasuk pantai yang bisa diakses dengan kursi roda. Disini kamu bisa berkemah, berenang di panyai hingga melihat satwa liar khas Australia seperti kanguru dan emus. Salah satu destinasi wisata yang menarik di taman nasional ini adalah Pantai Norman yang sangat indah.

5. Taman Nasional Grampians

Taman Nasional Grampians
theculturetrip.com

Taman nasional di Australia yang layak untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Taman Nasional Grampians. Taman nasional yang berada di Victoria ini terkenal dengan jalur pendakiannya.

Selain bisa mendaki, disini kamu juga bisa melihat berbagai keindahan alam seperti air terjun dan pemandangan gunung yang indah. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat berbagai satwa liar khas Australia yang hidup bebas disini, seperti walabi, kanguru dan emus. Taman nasional ini juga menjadi rumah bagi seni lukisan bebatuan Aborigin kuno.

6. Taman Nasional Great Otway

Taman Nasional Great Otway
hemamaps.com

Taman Nasional Great Otway juga layak untuk masuk dalam daftar taman nasional terindah di Australia. Berbeda dengan taman nasional lainnya, Taman Nasional Great Otway ini memiliki banyak tumbuhan lebat layaknya hutan di Indonesia.

Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan disini, seperti berkemah hingga melihat beragam serangga dan cacing langka yang bercahaya. Disini kamu juga bisa menikmati keindahan air terjun seperti Kalimna Falls, Triplet Falls dan Hopetoun Falls. Tak hanya keindahan alam, disini kamu juga bisa menyusuri Great Ocean Road yang dibangun oleh para tentara saat Perang Dunia I.

7. Taman Nasional Port Campbell

Taman Nasional Port Campbell
visitvictoria.com

Taman nasional di Australia yang menawarkan keindahan selanjutnya adalah Taman Nasional Port Campbell. Taman nasional ini mungkin masih terdengar agak asing, namun sangat terkenal dengan atraksi binatangnya dan perjalanan pantai Great Ocean Road serta tumpukan batu lepas.

Taman Nasional Port Campbell ini mencakup semua kawasan pesisir di Victoria barat daya sehingga kamu bisa menemukan [antai yang indah. Taman nasional ini juga menampilkan London Arch yang hingga tahun 1990 terhubung ke daratan. Loch Ard Gorge ini memiliki tebing yang mengesankan dan cocok untuk latar berfoto.

8. Taman Nasional Nambung

Taman Nasional Nambung
parks.dpaw.wa.gov.au

Taman Nasional Nambung juga masuk dalam daftar taman nasional paling indah di Australia. Taman nasional ini bisa ditempuh dalam perjalanan sehari dari Perth.

Taman Nasional Nambung ini terkenal karena Gurun Pinnacles yang indah. Disini kamu bisa melihat lautan batu kapur yang terkikir dan menjorok dari pasir. Sementara di bagian pesisir kamu bisa menemukan pantai berpasir putih yang indah, bahkan jika beruntung kamu bisa melihat lumba-lumba atau singa laut yang berenang di sekitarnya. Waktu terbaik untuk berkunjung kesini adalah saat matahari terbenam.

9. Taman Nasional Karijini

Taman Nasional Karijini
karijiniecoretreat.com.au

Taman nasional di Australia berikutnya adalah Taman Nasional Karijini yang sangat luas. Taman nasional ini memiliki pegunungan berbatu, ngarao, dataran tinggi dan segala macam makhluk yang disebut rumah medan kasar.

Disini kamu bisa hiking menuju Weano dan Dales Gorges serta mengunjungi kolam batu alami di bawah Portescue Falls yang indah. Taman nasional ini memang memiliki arti penting bagi orang-orang Banyjima, Kurrama dan Innawonga yang terbukti dengan rumah tradisionalnya.

10. Taman Nasional Daintree

Taman Nasional Daintree
roadaffair.com

Taman Nasional Daintree merupakan salah satu taman nasional di Australia yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Taman nasional ini menjadi rumah bagi beberapa hutan hujan tertua di dunia yang juga menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1988.

Pengunjung yang datang kesini memilih untuk memulai eksplorasi hutan hujan di Mossman Gorge, rumah bagi kolam batu tempat dimana kamu bisa berenang dengan aman. Kamu juga bisa menyusuri Sungai Daintree untuk menemukan buaya lokal. Selain buaya, disini kamu juga bisa menemukan satwa liar lainnya seperti Kasuari, burung langka yang tidak bisa terbang dam dikatakan cukup berbahaya.

11. Taman Nasional Cradle Mountain-Lake St Clair

Taman Nasional Cradle Mountain
lonelyplanet.com

Taman nasional di Australia yang sayang sekali untuk dilewatkan berikutnya adalah Taman Nasional Cradle Mountain-Lake St Clair. Berlokasi di Tasmania, taman nasional ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dan bisa membuat siapapun kagum.

Kamu bisa menjelajahi taman ini dengan trekking dimulai dari Dove Lake yang indah dan menawarkan pemandangan gunung. Jalur lain juga bisa kamu lalui, yaitu jalur Cradle Summit yang menantang dan bisa membawa kamu ke puncak. Tempat lain di taman nasional ini yang bisa kamu jelajahi adalah Pencil Pine Falls dan kesempatan untuk melihat wombat di Enchanted Walk.

12. Taman Nasional Great Sandy

Taman Nasional Great Sandy
noosa.com

Kamu yang menyukai pantai maka kamu wajib berkunjung ke Taman Nasional Great Sandy. Taman Nasional ini mencakup pantai Queensland dan Pulau Fraser sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingin berwisata pantai.

Taman nasional ini memang menawarkan deretan pantai dengan bukit pasir besar. Namun, di bagian lain taman, kamu bisa berkunjung ke Pulau Fraser yang tak kalah indah. Pulau Fraser adalah pulau pasir terbesar di dunia yang juga menjadi satu-satunya tempat di dunia yang terdapat hutan hujan di atas pasir. Meskipun sebuah pulau, disini kamu bisa menemukan hutan hujan, hutan bakau, tebing dan rawa-rawa.

13. Taman Nasional Kosciuszko

Taman Nasional Kosciuszko
rdariverina.org.au

Taman nasional di Australia yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Taman Nasional Kosciuszko. Di taman nasional ini kamu bisa menemukan Gunung Kosciuszko yang menjadi puncak tertinggi di Australia dengan ketinggian 2.228 meter di atas permukaan laut dan memiliki pegunungan bersalju.

Kamu bisa mendaki gunung ini dan dalam jalur pendakiannya terdapat resor ski Thredbo. Selain mendaki, kamu juga bisa bersepeda sejauh Rawson Pass yang jaraknya hanya 1,4 kilometer. Waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini adalah saat musim semi atau musim panas karena cuaca bermekaran dan cuacanya cerah.

14. Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta

Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta
grantourismotravels.com

Bisa dibilang jika Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta ini merupakan salah satu taman nasional di Australia yang cukup terkenal. Taman nasional ini menjadi rumah bagi monolit batu yang cukup terkenal di dunia, yaitu Uluru.

Uluru menjadi salah satu landmark yang lebih dikenal di Australia yang juga telah masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Kawasan taman nasional ini juga menjadi rumah bagi Kata Tjuta, yaitu sekelompok formasi batuan berkubah. Kata Tjuta dan Uluru menjadi situs asli yang suci sehingga untuk menghormati, pengunjung dilarang untuk mendaki Uluru. Uluru ini memiliki warna merah batu yang mana waktu terbaik untuk menikmatinya adalah saat matahari terbenam sehingga menciptakan efek yang menkajubkan.

15. Taman Nasional Freycinet

Taman Nasional Freycinet
discovertasmania.com.au

Taman nasional di Australia yang cukup menarik untuk kamu jelajahi berikutnya adalah Taman Nasional Freycinet. Taman nasional ini dikenal sebagai salah satu tempat paling indah di Tasmania dan menjadi tempat sempurna untuk berlibur saat mengunjungi pulau selatan.

Berada di pantai timur negara bagian, Taman Nasional ini memiliki semenanjung yang indah dan menjadi rumah bagi pegunungan dan pantai. Salah satu tempat menarik yang wajib untuk kamu singgahi adalah Wineglass Bay yang menawarkan keindahan pantai berpasir putih. Selain Wineglass Bay, kamu juga bisa mengunjungi Sleepy Bay dan Honeymoon Bay.

16. Taman Nasional Springbrook

Taman Nasional Springbrook
australiangeographic.com.au

Taman Nasional Springbrook juga menjadi salah satu taman nasional terbaik di Australia yang berada di pedalaman Gold Coast. Taman nasional ini memiliki hutan hujan purba yang indah dan masih dilindungi.

Taman Nasional Springbrook ini juga masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO karena memiliki hutan hujan tertua di dunia, yaitu Hutan Hujan Gondwana. Hutan hujan ini telah ada sebelum perpecahan superbenua. Pengunjung yang datang kesini bisa menikmati banyak hal, seperti Twin Falls dan Rainbow Falls serta gua di Natural Bridge.

17. Taman Nasional Flinders Ranges

Taman Nasional Flinders
australiangeographic.com.au

Jika kamu ingin menikmati pedalaman Australia, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Taman Nasional Flinders Ranges. Taman nasional ini memang menawarkan keindahan pegunungan yang menarik dengan warisan Aborigin yang masih kental.

Kamu bisa berkunjung ke Wilpena Pound, yang dikenal sebagai Ikara untuk masyarakat Aborigin setempat, yaitu sebuah cekungan alam yang indah berbentuk amfiteater dan merupakan puncak taman. Di tepi tenggara Wilpena Pound ada Karkaroo Rock dimana kamu bisa melihat lukisan dan gambar batu kuno yang original.

18. Taman Nasional Litchfield

Taman Nasional Litchfield
qantas.com

Taman nasional di Australia berikutnya adalah Taman Nasional Litchfield. Taman nasional ini berada tak jauh dari Kota Darwin di Northern Territory dan dikenal memiliki kolam alami serta air terjunnya yang indah.

Kamu bisa berenang di kolam alami yang terpencil dengan air terjun indah diatasnya. Ada beberapa air terjun yang bisa kamu kunjungi disini seperti Florence Falls dan Tjaetaba Falls. Taman nasional ini sangat sempurna untuk dijadikan sebagai jalur trekking karena menawarkan pemandangan hutan yang masih alami dengan udara yang sejuk.

19. Taman Nasional Royal

Taman Nasional Royal
pinterest.com

Berlokasi di selatan Sydney, kamu bisa menemukan salah satu taman nasional terindah di Australia bernama Taman Nasional Royal. Taman nasional ini membentang dari tebing pantai dan memberikan kebebasan bagi kamu untuk menjelajahi semua keindahannya.

Kamu bisa berkunjung ke pantai-pantai tersembunyi dan tempat-tempat tepi laut yang cantik. Kamu bisa memulai perjalanan dari Coast Track dan akan melihat tempat-tempat tenang seperti Garie Beach dan Marley Beadh serta salah satu landmark mengesankan, yaitu Wedding Cake Rock. Selain pantai, di kawasan Taman Nasional Royal ini kamu juga akan menemukan Air Terjun Uloola dan Kolam Karloo. Bahkan, disini kamu bisa menemukan seni cadas Aborigin kuno yang terukir di Jibbon Head.

20. Taman Nasional Pulau Moreton

Taman Nasional Pulau Moreton
australia.com

Taman nasional di Australia yang tak kalah menakjubkan berikutnya adalah Taman Nasional Pulau Moreton. Taman nasional ini seolah menjadi sebuah taman bermain yang besar bagi mereka yang suka bermain di alam bebas,

Berlokasi di lepas pantai Brisbane, taman nasional ini hampir mencakup keseluruhan pulau sehingga menawarkan ragam aktivitas seru baik di darat maupun di air. Disini kamu akan menemukan pantai berpasir putih yang indah dengan air laut yang jernih sehingga cocok untuk bermain kayak dan paddle boarding. Bahkan, jika beruntung kamu bisa melihat lumba-lumba liar di beberapa bagian. Sementara untuk kegiatan seru di darat yang bisa kamu lakukan adalah menyewa sepeda untuk berkeliling ke bukit pasir besar di pulau ini untuk melakukan sandboarding.

21. Taman Nasional Kalbarri

Taman Nasional Kalbarri
parks.dpaw.wa.gov.au

Taman Nasional Kalbarri menjadi taman nasional terakhir di Australia yang sayang sekali untuk dilewatkan. Taman nasional ini memang menawarkan pemandangan yang menawan karena lokasinya berada jauh di pedalaman.

Daya tarik utama di Taman Nasional Kalbarri ini adalah Sungai Murchison yang luas dengan formasi batuan yang ditemukan di dalamnya. Kamu bisa melalui jalur seperti The Loop yang membentang sejauh 8 kilometer dengan pemandangan yang menawan, seperti Nature’s Window.

Demikianlah daftar taman nasional di Australia yang menawarkan pemandangan indah dan wajib untuk kamu jelajahi saat berkunjung kesana. Selamat berlibur.



Leave a Reply