20 Tempat Wisata di Canberra, Wisata Alam Hingga Wisata Sejarah


prita  August 30, 2022  0 Comment

Canberra dikenal sebagai ibu kota Australia yang menjadi pusat pemerintahan serta pusat ekonomi. Meskipun begitu, bukan berarti Canberra tak memiliki destinasi wisata yang menarik. Tempat wisata di Canberra ternyata cukup beragam, mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam pun ada. Tak hanya itu, Canberra juga memiliki ragam wisata budaya dan edukasi yang menawarkan pengalaman berbeda saat menjelajahinya.

Menjadi kota terbesar ke-8 di Australia, Canberra terkenal sangat kaya akan budaya dan memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Tak heran jika Canberra menjadi salah satu pilihan destinasi favorit wisatawan saat berlibur ke Negeri Kangguru ini. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke Canberra, berikut ini adalah destinasi wisata yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Australian War Memorial

Australian War Memorial
sworld.co.uk

Australian War Memorial menjadi tempat wisata di Canberra yang pertama wajib untuk kamu kunjungi. dibuka sejak tahun 1914, Australian War Memorial ini merupakan museum peringatan nasional Australia yang ditujukan untuk anggota angkatan bersenjata yang telah gugur dalam medan perang.

Di lantai atas bangunan ini kamu bisa melihat koleksi sisa-sisa dari Perang Dunia I, sementara untuk koleksi sisa-sisa Perang Dunia II berada di sisi timur. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengunjungi paviliun besar yang digunakan untuk menyimpan benda-benda perang berukuran besar, seperti bangkai M-14 dan M-21, kapal selam cebol kelas Ko-hyoteki Jepang dan masih banyak lagi lainnya.

Gotravelly

Museum Macan: Museum Yang Masuk Dalam World Greatest Place 2018

Museum Olahraga, Wisata Edukasi Seru Tentang Dunia Olahraga

2. Parliament House

Parliament House
tripadvisor.co.id

Tempat wisata di Canberra yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Parliament House. Parliament House ini merupakan tempat pertemuan dari pemerintahan parlemen dari Australia.

Parliament House ini dibangun pada tahun 1981 dan baru selesai tahun 1988. Parliament House ini terdiri dari 4.700 ruangan dengan banyak area yang terbuka untuk kunjungi wisatawan. Di ruangan utama kamu akan menemukan tangga marmer yang indah dan mengarah ke aula besar. Bangunan ini tentunya memiliki gaya arsitektur yang menarik dan indah.

3. Australian National Botanical Garden

Australian Botanical Garden
en.wikipedia.org

Jika kamu suka berwisata di alam, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Australian National Botanical Garden. Kebun botani ini dikelola oleh Departemen Lingkungan Hidup dan Energi Pemerintah Australia.

Kebun raya seluas 40 hektar ini memiliki koleksi flora asli Australia. Tak hanya digunakan untuk penelitian, kebun raya ini juga banyak dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk melakukan penjelajahan, belajar atau sekedar bersantai menikmati waktu luang bersama teman ataupun keluarga.

4. Cockington Green

Cockington Green
cockingtongreen.com.au

Tempat wisata di Canberra yang tak boleh untuk dilewatkan begitu saja adalah Cockington Green. Cockington Green merupakan sebuah taman miniatur yang keren dan berlokasi di Nicholls, Canberra.

Taman ini menawarkan nuansa alam dengan tanaman yang menyejukkan sehingga membuat suasana liburan semakin menyenangkan. Disini kamu bisa melihat deretan bunga-bunga cantik yang bermekaran. Selain bisa menikmati sejuknya taman, disini kamu juga bisa melihat ragam miniatur bangunan, rumah dan monuman yang indah dan instagramable.

5. National Zoo and Aquarium

National Zoo and Aquarium
nationalzoo.com.au

National Zoo and Aquarium juga layak untuk masuk dalam daftar tempat wisata di Canberra yang menarik untuk dikunjungi. Memiliki luas hingga 19 hektar, National Zoo and Aquarium ini berada di Yarralumla atau di ujung barat Danau Burley Griffin.

Di dalam National Zoo and Aquarium ini kamu bisa melihat langsung koleksi kucing terbesar di Australia, dingo, koala, kanguru, walabi rawa, cheetah, parma walabi, penguin, emu dan masih banyak lagi lainnya.

6. National Gallery of Australia

National Gallery of Australia
archello.com

Tempat wisata di Canberra berikutnya adalah National Gallery of Australia. Galery yang berada di tepi Danau Burley Griffin di Parkes Place ini dikenal sebagai galeri seni terbesar di Australia yang dibuka pada bulan Oktober 1982 oleh Ratu Elizabeth II.

Bangunan National Gallery of Australia ini terdiri dari 11 galeri utama yang dilengkapi dengan taman yang sengaja diatur berdasarkan 4 musim. Beberapa koleksi yang ada di dalam galeri seni ini meliputi kesenian Aborigin dan pribumi di Selat Torres serta karya-karya seni dari negara lain di benua Australia, Asia, Eropa, Amerika dan Pasifik.

7. National Museum of Australia

National Museum of Australia
culturalattractionsofaustralia.com

Buat kamu yang suka berwisata ke museum, maka kamu wajib untuk datang berkunjung ke National Museum of Australia. Tempat wisata di Canberra yang satu ini menyimpan lebih dari 210.000 koleksi yang mempresentasikan sejarah Australia dan warisan budaya yang menakjubkan.

Koleksi yang disimpan di museum ini mencakup agrikultur, seni, kolonial, transportasi, sains dan masih banyak lagi lainnya. Menariknya, di museum ini juga sering diadakan pameran yang menarik untuk disaksikan.

8. Questacon – National Science and Technology Centre

Questacon
travel.wego.com

Tempat wisata di Canberra yang wajib untuk kamu singgahi berikutnya adalah Questacon. Questacon ini merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Canberra yang cocok untuk belajar tentang sains dan teknologi. Tak heran jika wisata yang satu ini sering dikunjungi oleh rombongan dari sekolah.

Beberapa pertunjukan di tempat ini mencakup berbagai macam topik, seperti sains, astronomi dan zoologi. Berkunjung kesini tentu akan membuatmu mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dengan memainkan dan mengeksplorasi ilmu tersebut. Setelah lelah menjelajah, jangan lupa untuk mampir ke Questacon’s Mega Bites Café yang menyediakan tempat untuk menikmati aneka sajian dan Questacon’s Q Shop untuk membeli mainan bertema sains.

9. Danau Burley Griffin

Danau Burley Griffin
viator.com

Jika membahas tentang tempat wisata di Canberra yang menawarkan pemandangan indah, maka belum lengkap jika tidak menyebutkan Danau Burley Griffin. Danau ini merupakan danau buatan yang dirancang oleh seorang arsitek Amerika bernama Walter Burley Griffin pada tahun 1964.

Danau Burley Griffin ini lokasinya berada di tengah kota dan diapit oleh gedung-gedung penting di Australia. Di sekitar danau, kamu akan menemukan banyak sekali taman rekreasi. Beragam aktivitas bisa kamu lakukan disini, seperti olahraga dayung, memancing, bersepeda atau menyeberangi danau dengan naik Captain Cook cruise boat.

10. Danau Ginninderra

Danau Ginninderra
allhomes.com.au

Tempat wisata di Canberra berikutnya adalah Danau Ginninderra. Danau Ginninderra ini menjadi salah satu objek wisata yang populer di Canberra untuk rekreasi keluarga karena menawarkan pemandangan yang indah.

Danau ini ditumbuhi dengan tanaman asli dan pohon eksotis serta menjadi rumah bagi kehidupan liar seperti angsa hitam, moorhens, rakali dan bebek. Tak hanya sekedar bisa menikmati indahnya pemandangan, di danau ini kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan, seperti memancing, bersepeda hingga berenang.

11. Pine Island

Pine Island
trip.com

Pine Island juga menjadi salah satu tempat wisata di Canberra yang sayang sekali untuk dilewatkan. Pine Island merupakan tempat rekreasi paling populer di kalangan wisatawan dan penduduk setempat karena pemandangannya menawan.

Pine Island seolah menjadi tempat terbaik untuk bersantai di sepanjang Sungai Murrumbidge saat musim panas. Disini kamu bisa berjalan-jalan sambil menikmati indahnya pemandangan dari Sungai Murrumbidge.

12. Namadgi National Park

Namadgi National Park
makemytrip.com

Tempat wisata di Canberra yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Namadgi National Park. Berlokasi sekitar 40 kilometer di selatan Canberra, taman nasional ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan untuk menyatu dengan alam.

Disini kamu akan menemukan fauna khas Australia yang unik, seperti kehidupan burung yang berwarna-warni. Tak hanya itu, di taman nasional ini kamu juga akan menikmati indahnya pegunungan granit yang terjal serta habitat yang bervariasi dari pedang rumput Alpen hingga hutan yang rimbun.

Istimewanya, Taman Nasional Namadgi ini telah terdaftar dalam Daftar Warisan Nasional Australia sebagai salah satu dari sebelas kawasan lindung yang membentuk Taman dan Cagar Nasional Pegunungan Australia. Tentu saja, taman nasional ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan bisa membuat liburanmu semakin menyenangkan.

13. Mount Ainslie

Mount Ainslie
the-riotact.com

Berlokasi di timur laut pusat Canberra, tepatnya di kawasan Canberra Nature Park, Mount Ainslie ini menawarkan pemandangan yang tak kalah menakjubkan. Tak heran jika Mount Ainslie ini juga masuk dalam daftar tempat wisata di Canberra yang menakjubkan.

Untuk menuju ke puncak gunung ini kamu bisa menggunakan kereta api atau dengan mendaki di jalan setapak yang terpelihara dengan baik dan infomatif di belakang Australian War Memorial. Dari puncak gunung ini kamu bisa menikmati pemandangan Canberra dari ketinggian serta Black Mountain yang menawan.

14. Jerrabomberra Wetlands

Jerrabomberra Wetlands
en.wikipedia.org

Tempat wisata di Canberra yang tak kalah seru untuk dikunjungi berikutnya adalah Jerrabomberra Wetlands atau yang juga dikenal sebagai Jerra Wetlands. Jerra Wetlands ini berada tepat di jantung kota Canberra dan menjadi destinasi rekreasi yang paling populer untuk sekedar bersantai di Capital Hill.

Jerra Wetlands ini menjadi tempat terbaik untuk melihat secara langsung kehidupan burung, termasuk spesies yang bermigrasi dari jauh hingga Jepang, juga tanaman hijau yang subur dan bunga-bunga yang indah. Selain itu, disini juga sering diadakan acara-acara menarik, termasuk acara budaya asli Australia. Jerra Wetlands ini seolah menjadi tempat sempurna untuk kamu yang menyukai kegiatan di alam bebas.

15. Canberra Centre

Canberra Centre
canberracentre.qicre.com

Kalau kamu suka berbelanja, maka tempat wisata di Canberra yang satu ini wajib untuk masuk dalam daftar rencana perjalanan kamu. Canberra Centre ini merupakan pusat perbelanjaan yang paling terkenal di Canberra.

Selain itu, Canberra Centre ini juga menjadi tujuan wisatawan untuk berbelanja berbagai kebutuhan, seperti kosmetik, fashion hingga lifestyle, pasalnya disini kamu akan menemukan banyak sekali store barang branded. Tak hanya bisa berbelanja, disini kamu juga bisa menikmati makanan di café dan restoran yang ada di sekitar kawasan pusat perbelanjaan ini.

16. Majura Park Shopping Centre

Majura Shopping Centre
canberraairport.com.au

Tempat wisata di Canberra selanjutnya juga masih seputar tempat belanja. Selain Canberra Centre, disini kamu juga bisa berkunjung ke Majura Park Shopping Centre yang tak kalah populer.

Majura Park Shopping Centre ini merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang dibuka pada tahun 2012 dan berlokasi di wilayah Majura. Disini kamu akan menemukan banyak sekali toko dengan berbagai merk fashion terkenal, seperti Woolworths, Big W dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, disini kamu juga akan menemukan taman bermain untuk anak-anak yang dikenal dengan nama Lollypops Playlands.

17. Truffle Farm

Truffle Farm
concreteplayground.com

Berlokasi di pinggiran Canberra, kamu akan menemukan surga burung hantu di Truffle Farm. Truffle Farm ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Canberra yang layak untuk kamu kunjungi karena cukup menarik dan unik.

Kawasan pertanian ini dilengkapi dengan restoran yang menyajikan makanan nikmat dan dibuat oleh koki bintang lima. Selain bisa menjajal makanan enak di pertanian ini, disini kamu juga bisa menikmati pemandangan indah dengan hutan oak dan Lembah Majura yang sangat indah. Jika kamu berkunjung di bulan Juni hingga Agustus, kamu bisa mengikuti perburuan Truffle, lho.

18. Australian Institute of Sport

Australian Institute of Sport
canberratimes.com.au

Tempat wisata di Canberra selanjutnya adalah Australian Institute of Sport. Sudah bukan rahasia lagi jika Australia adalah negara yang gemar olahraga dan jika kamu ingin mengenal serta belajar tentang bagian intrinsik dari budaya Australia ini, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Australian Institute of Sport.

Kawasan olahraga utama ini merupakan salah satu tempat wisata favorit di Canberra dengan pengunjung internasional dan domestik yang jumlahnya semakin meningkat setiap tahunnya. Kamu bisa mengikuti tur selama 90 menit untuk melihat tentang olahraga Australia di masa lalu, sekarang dan masa depan. Saat berkunjung kesini, jangan lupa untuk menjajal pameran olahraga interaktif yang canggih, yaitu Sportex yang sangat menyenangkan.

19. Telstra Tower

Tempat Wisata di Canberra
dronestagr.am

Telstra Tower atau yang juga sering dikenal dengan Black Mountain Tower merupakan sebuah menara telekomunikasi yang berada di atas puncak Black Mountain, Canberra. Menara ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Canberra yang layak untuk masuk dalam rencana perjalanan kamu.

Menara ini memiliki ketinggian sekitar 192,2 meter atau 640 kaki di atas puncak gunung tentu sangatlah istimewa. Hal ini menjadikan Telstra Tower ini memiliki pemandangan kota secara 360 derajat yang sangat indah. Di menara ini terdapat 3 lantai untuk bisnis, penjualan dan fasilitas komunikasi radio. Selain itu, disini kamu bisa berkunjung ke dek observasi yang menawarkan pemandangan menawan.

20. Canberra Glassworks

Canberra Glassworks
canberraglassworks.com

Tempat wisata di Canberra yang terakhir adalah Canberra Glassworks. Glassworks ini merupakan sebuah studio dan galery yang didedikasikan untuk seni pembuat kaca.

Sebagai satu-satunya pusat budaya Australia yang didedikasikan khusus untuk seni kaca modern, Canberra Glassworks ini merupakan pusat bagi para seniman kaca, pecinta seni dan pengunjung yang ingin membeli souvenir khusus untuk oleh oleh. Selain itu, disini kamu juga bisa mengikuti lokakarya untuk belajar membuat gelas bersama seniman kaca profesinal. Ditambah lagi, kamu juga bisa mengikuti tur yang akan mengajakmu menikmati keindahan seni kaca sehingga kamu bisa belajar secara mendalam tentang makna karya, kisah para seniman kaca hingga inspirasi kreatif luar biasa dalam membuat kerajinan kaca.

Nah, itulah tadi daftar tempat wisata di Canberra yang wajib untuk kamu kunjungi. meskipun Canberra dikenal sebagai salah satu kota metropolis, bukan berarti kota ini membosankan untuk dikunjungi. Sebaliknya, kamu akan menemukan banyak sekali tempat indah yang akan menawarkan pengalaman berbeda saat berlibur disana. Selamat berlibur.



Leave a Reply