20 Tempat Wisata di Adelaide Australia


prita  September 8, 2022  0 Comment

Adelaide dikenal sebagai ibu kota dari negara bagian Australia Selatan. Lokasinya cukup strategis kaarena berada di utara Semenanjung Fleurieu, di antara Pegunungan Mount Lofty dan Teluk St Vincent sehingga membuat Adelaide menjadi salah satu destinasi wisata paling favorit. Tempat wisata yang ditawarkan di kota terpadat kelima di Australia memang cukup beragam dan mampu menarik perhatian banyak wisatawan.

Adelaide memang dikenal memiliki sejarah yang panjang dan memiliki banyak daya tarik. Kota ini juga memiliki taman hijau yang terawat serta pemandangan alam seperti pegunungan dan pantai. Salah satunya adalah Kangaroo Island atau Pulau Kanguru. Nah, jika kamu berencana untuk mengunjungi Australia sebagai destinasi wisata selanjutnya, jangan lewatkan untuk menjelajah keindahan Adelaide, ya.

1. Kangaroo Island

Kangaroo Island
packist.com

Kangaroo Island atau Pulau Kanguru menjadi salah satu tempat wisata di Adelaide yang wajib untuk dikunjungi. Kanguru merupakan hewan khas Australia yang banyak ditemukan di Kangaroo Island, tak heran jika pulau ini cukup banyak menarik perhatian wisatawan dari berbagai negara.

Pulau yang berada di barat daya Adelaide ini tak hanya menjadi rumah bagi Kanguru saja, namun kamu disini juga bisa menemukan berbagai satwa unik seperti singa laut, hewan-hewan reptil dan lebah. Selain bisa melihat berbagai satwa khas Australia, pulau ini juga memiliki beberapa destinasi wisata seperti Flinder Chase National Park dan Seal Bay Conservation Park.

Gotravelly

Liburan Ala Kerajaan Di Lembah Tumpang Resort

Mutiara Terpendam Di Lombok Timur Pantai Pink Dan Tanjung Ringgit

2. Adelaide Botanic Garden

Adelaide Botanic Garden
adelaidia.history.sa.gov.au

Tempat wisata di Adelaide yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Adelaide Botanic Garden. Kebun Raya Adelaide ini memiliki luas hingga 51 hektar dan lokasinya berada di sudut timur laut Adelaide.

Telah beroperasi sejak tahun 1857, kebun raya ini menyimpan berbagai koleksi tanaman obat-obatab, flora asli Australia dan tanaman lainnya guna menjadi sarana pendidikan juga penelitian. Tak hanya itu, taman ini juga sangat cocok sebagai tempat untuk bersantai karena wisatawan yang datang bisa menghabiskan waktu sepuasnya bersama keluarga.

3. Adelaide Zoological Gardens

Adelaide Zoological Gardens
viator.com

Adelaide Zoological Gardens juga menjadi salah satu tempat wisata di Adelaide yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Destinasi wisata yang satu ini cocok dikunjungi bersama keluarga karena dapat memberikan wawasan baru pada anak-anak untuk mengenal beragam hewan.

Adelaide Zoological Gardens ini merupakan binatang tertua kedua di Australia karena dibuka pada tanggal 23 Mei 1883. Memiliki luas 8 hektar, koleksi hewan di kebun binatang ini jumlahnya mencapai ribuan yang berasal dari 300 spesies yang berbeda.

4. Barossa Valley Wineries

Barossa Valley Wineries
gq.com.au

Tempat wisata di Adelaide yang tak kalah menarik selanjutnya adalah Barossa Valley Wineries. Destinasi wisata yang satu ini cukup populer, khususnya di kalangan pecinta anggur karena merupakan kawasan perkebunan anggur tertua di Australia.

Barossa Valley Wineries ini lokasinya berada 56 kilometer timur laut dari kota Adelaide. Selain bisa menikmati indahnya pemandangan perkebunan anggur, disini kamu juga bisa mencicipi anggur, lho. Kamu bisa mengikuti tur Barossa Valley yang akan membawamu untuk mengikuti keindahan pemandangan pegunungan, sungai, lereng dan bukit.

5. River Torrens

River Torrens
adelaidecitytour.com.au

River Torrens atau Sungai Torrens merupakan salah satu sungai paling menakjubkan di Adelaide yang mengalir sepanjang 85 kilometer dan sumbernya berasal dari Bukit Adelaide yang berada di dekat Mounth Plesant.

Sungai Torrens menjadi salah satu tempat wisata di Adelaide yang wajib untuk kamu kunjungi. sungai ini melintasi dataran Adelaide dan melewati pusat kota kemudian memasuki Teluk St Vincent. Di sekitar sungai ini kamu bisa menikmati pemandangan sambil bersantai bersama keluarga.

6. Gorge Wildlife Park

Gorge Wildlife Park
holidayswithkids.com.au

Tempat wisata di Adelaide selanjutnya adalah Gorge Wildlife Park. Sesuai dengan namanya, wisata yang satu ini menjadi tempat terbaik untuk melihat berbagai macam hewan liar di lahan seluas 6 hektar.

Berlokasi di Cuddle Wildlife Park, Adelaide Hills, taman hewan ini sudah buka sejak tahun 1965. Kebun binatang ini adalah milik pribadi dan masih dikelola oleh keluarga yang sama hingga saat ini. Banyak sekali koleksi hewan eksotis yang bisa kamu temukan disini, termasuk burung-burung dan hewan-hewan reptil. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa melihat hewan khas Australia, seperti Koala, Tasmanian Devil dan hewan lainnya.

7. Elder Park

Elder Park
mapio.net

Elder Park atau Taman Elder merupakan sebuah taman publik yang terbuka di Kota Adelaide. Berlokasi di sisi selatan Sungai Torrens, taman ini menjadi salah satu tempat wisata di Adelaide yang menarik untuk dikunjungi.

Taman ini diberi nama Elder setelah Keluarga Elder sebagai pemukim awal dan mengembangkan perusahaan Elder Smith. Elder Park ini resmi dibuka pada tahun 1882 dan sampai saat ini masih banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara. Taman ini juga sering digunakan sebagai tempat pertunjukan musik, lho.

8. Himeji Park

Himeji Park
adelaidereview.com.au

Tempat wisata di Adelaide yang tak kalah menawan berikutnya adalah Himeji Park atau Taman Himeji. Taman ini merupakan sebuah hadiah yang diberikan oleh Sister City Adelaide, yaitu Kota Himeji yang berada di Jepang.

Taman ini memang menawarkan pemandangan yang sangat indah dan dirancang dalam dua gaya Jepang, yaitu Senzui dan Kare Senzui dengan fitur-fitur yang dirancang untuk mengingat keindahan alam. Beberapa hal menarik bisa kamu temukan di taman ini, seperti taman batu zen, ikan koi, danau, lentera Okunoin dan shishi-odoshi. Untuk kamu yang ingin piknik sambil menikmati suasa alam Jepang, kamu wajib untuk datang ke Himeji Park ini.

9. Lake Bumbunga

Lake Bumbunga
kidsinadelaide.com.au

Lake Bumbunga atau Danau Bumbunga juga menjadi salah satu tempat wisata di Adelaide yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Danau Bumbunga ini merupakan danau garam yang lokasinya berada sekitar 2 jam perjalanan dari Adelaide.

Danau ini telah menjadi pertambangan garam sejak tahun 1881 dan menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Pemandangan yang ditawarkan pun cukup unik, yaitu adanya perubahan warna yang menjadi merah muda atau tergantung pada salinitas air sepanjang tahun.

10. The Garden of Unearthly Delights

The Garden of Unearthly Delights
adelady.com.au

Tempat wisata di Adelaide yang satu ini juga wajib untuk kamu kunjungi, yaitu The Garden of Unearthly Delights. Tempat ini merupakan sebuah taman outdoor yang menarik untuk dikunjungi karena disini kamu bisa menemukan berbagai festival terkenal dengan suasana outdoor dengan lampu warna warni yang indah.

Disini kamu juga akan menemukan beberapa bar, berbagai macam makanan, kios pasar dan berbagai tontonan yang menarik. Di tahun 2017, lebih dari 750.000 orang memasuki pintu gerbang taman ini. Ragam pertunjukan pun pernah digelar disini, seperti teater, sirkus, tari, komedi, hiburan keluarga, musik, komedi dan masih banyak lagi lainnya.

11. Migration Museum

Migration Museum
southaustralia.com

Jika kamu suka dengan wisata sejarah, maka Migration Museum atau Museum Migrasi ini bisa menjadi salah satu tempat wisata di Adelaide yang wajib untuk kamu kunjungi. Migration Museum ini merupakan salah satu museum sejarah sosial yang berada di Australia Selatan dan menjadi salah satu dari tiga museum yang dijalankan oleh History Trust of South Australia.

 Sesuai dengan namanya, museum ini berkaitan dengan sejarah imigrasi pemukiman di Australia. Selanjutnya, museum ini didirikan atas inisiatif dari pemerintah pada tahun 1983 dan kemudian dibuka pada tahun 1986. Museum ini dibangun dengan tujuan untuk mempromosikan keragaman budaya dan multikulturalisme dalam berbagai aspek.

12. South Australian Museum

South Australia Museum
adelaidefringe.com.au

Tempat wisata di Australia yang wajib untuk dikunjungi berikutnya adalah South Australia Museum. Museum ini merupakan sebuah wisata sejarah yang juga berfungsi sebagai lembaga penelitian di Adelaide yang telah berdiri sejak tahun 1856.

South Australian Museum ini menempati kompleks bangunan di North Terrace, yaitu kawasan budaya Adelaide Parklands. Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi benda-benda purba, seperti berbagai macam fosil, galeri kehidupan Suku Aborigin, koleksi berbagai mineral dan meteorit, koleksi megafauna hingga perpustakaan museum yang menyimpan banyak informasi penting tentang sejarah Australia Selatan. South Australian Museum ini sangat cocok untuk kamu yang suka berwisata sejarah.

13. Rundle Mall Plaza

Rundle Mall Plaza
rundlemall.com

Kalau tempat wisata di Adelaide yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka berbelanja, yaitu Rundle Mall Plaza. Pusat perbelanjaan ini cukup sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh.

Disini kamu bisa membeli berbagai macam barang, seperti makanan-makanan lezat, buku-buku yang menarik hingga souvenir untuk oleh-oleh. Tak hanya bisa berbalnja, di kawasan mall ini ada sebuah bangunan unik seperti bola raksasa. Banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai spot berfoto karena sangat estetik.

14. Adelaide Central Market

Adelaide Central Market
tripadvisor.co.id

Tempat wisata di Adelaide berikutnya juga masih berupa wisata belanja, yaitu Adelaide Central Market. Adelaide Central Market ini merupakan pusat makanan Adelaide dimana kamu akan menemukan sekitar 80 kios di dalam satu gedung yang menawarkan berbagai macam bahan makanan,

Central Market ini dikenal sebagai salah satu pasar produk segar terbesar di Australia dengan berbagai macam produk, seperti buah dan sayuran, keju gourmet hingga permen. Tak hanya itu, disini kamu juga akan menemukan toko kue dan café yang menawarkan berbagai men lezat.

15. Carrick Hill

Carrick Hill
carrickhill.sa.gov.au

Carrick Hill juga layak untuk masuk dalam daftar tempat wisata di Adelaide yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Carrick Hill merupakan sebuah properti bersejarah yang menakjubkan di kaki Bukit Adelaide.

Selesai dibuat pada tahun 1939, tempat ini dibuat dalam gaya Inggris dan sangat terpelihara dengan baik sampai saat ini, termasuk seluruh lahannya dan sebagian besar konten aslinya. Sang pemilik properti telah menwariskannya kepada negara setelah kematian pasangannya, yang merupakan seorang seniman dengan berbagai karya seni yang menarik.

16. Victoria Square

Victoria Square
gpsmycity.com

Tempat wisata di Adelaide yang satu ini juga tak kalah populer, yaitu Victoria Square. Victoria Square ini juga sering disebut sebagai Tarntanyangga atau Tarndanyangga.

Victoria Square ini merupakan sebuah lapangan publik yang berada di pusat kota Adelaide. Nama Victoria Square ini diberikan saat acara Street Naming Committee di tanggal 23 Mei 1837. Lapangan ini akan dipadai pengunjung saat Natal tiba, pasalnya disini kamu akan menemukan pohon Natal setinggi 24,5 meter di bagian utara alun-alun. Tak hanya itu, tempat ini juga terdapat air mancur dengan pencahayaan yang sangat cantik.

17. Marina Pier

Marina Pier
glamadelaide.com.au

Kalau kamu suka dengan wisata laut, maka Marina Pier ini cocok untuk dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Adelaide yang wajib untuk dikunjungi. Marina Pier merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi bersama keluarga.

Tempat ini menawarkan banyak sekali keseruan yang didapatkan, terutama untuk anak-anak. Di Marina Pier ini kamu bisa merasakan berenang dengan lumba-luma melalui Temptation Dolphin Swim. Untuk anak-anak berusia 9 tahun keatas bisa berenang dan bermain-main secara langsung dengan mamalia yang satu ini. Tak perlu khawatir karena disini sudah disediakan pakaian renang khusus untuk wisatawan yang tidak bisa berenang sehingga bisa mengapung di atas air. Namun, jika kamu mengajak anak-anak yang usianya di bawah 9 tahun ke bawah, kamu bisa mengajaknya untuk menikmati atraksi lumba-lumba dari atas speedboat.

18. Semaphore Beach

wisata di Adelaide Australia
thrillophilia.com

Tempat wisata di Adelaide yang wajib untuk kamu singgahi selanjutnya adalah Pantai Semaphore. Pantai ini memang sangat menarik karena merupakan salah satu pantai terbaik di Adelaide.

Pantai Semaphore ini memang cukup aman untuk bermain air, baik bagi dewasa maupun anak-anak. Tak hanya bisa bermain air, disini wisatawan juga bisa bebas beraktivitas di lapangan yang luas.

Daya tarik di pantai ini adalah Adelaide International Kite Festival, yaiti festival layang-layang yang dilangsungkan pada bulan Maret atau April, saat festival berlangsung, kamu akan melihat berbagai ukuran dan warna layang-layang yang diterbangkan di area pantai ini saat siang hari. Sementara di malam hari, kamu bisa menonton pertunjukan kembang api. Tak hanya ada festival layang-layang, di pantai ini kamu juga bisa menghadiri Semaphore Summer Carnival yang diadakan setiap 11 Desember hingga 31 Januari.

19. Cobbler Creek

Cobbler Creek
en.wikipedia.org

Jika kamu ingin banyak menghabiskan waktu di alam, maka Cobbler Creek ini bisa jadi salah satu tempat wisata di Adelaide yang cocok untuk kamu kunjungi. Cobbler Creek merupakan sebuah taman seluas 256 hektar di pinggiran utara Adelaide.

Taman ini merupakan sebuah oasis alam Australia yang juga menjadi tempat pelestarian hutan serta padang rumput. Tempat ini sangat populer untuk bersepeda gunung karena memiliki jalur bersepeda sepanjang 17 kilometer yang bisa digunakan bersama, baik itu untuk pesepeda maupun pejalan kaki. Cobbler Creek ini juga sangat kaya akan flora dan fauza serta terkenal karena kehidupan burungnya, termasuk beberapa spesies yang terancam punah.

20. Cleland Conservation Park

Cleland Conservation Park
expedia.co.id

Tempat wisata di Adelaide yang terakhir adalah Cleland Conservation Park. Berjarak sekitar 20 menit berkendara dari pusat kota, taman konservasi ini mencakup Gunung Lofty yang indah, tempat yang bagus untuk menikmati pemandangan kota serta taman margasatwa yang populer dimana kamu bisa melihat dari dekat Emus, Koala dan hewan asli Australia lainnya.

Selain bisa bertemu dengan berbagai hewan asli Australia, disini kamu juga bisa menikmati keindahan alamnya, seperti First Falls, yaitu sebuah air terjun yang indah. Cleland Conservation Park ini juga kaya akan beragam flora dan fauna yang indah dan jarang ditemukan di tempat lainnya.



Leave a Reply