10 Minuman Khas Australia Wajib Coba


prita  June 27, 2022  0 Comment

Minuman khas Australia menjadi salah satu kuliner yang patut untuk kamu coba saat berkunjung kesana. Australia memang terkenal dengan minuman beralkoholnya, namun kamu juga bisa menemukan deretan minuman non-alkohol yang menjadi minuman khas Negeri Kanguru tersebut. Australia memiliki ragam minuman khas yang bisa dinikmati, seperti kopi hingga koktail yang menyegarkan. Semua minuman tentu saja memiliki cita rasa yang otentik sehingga wajib untuk dicoba. Apa saja minuman khas yang bisa ditemukan di Australia? Berikut ini adalah daftarnya.

1. Flat White

Flat White
republika.co.id

Minuman khas Australia yang pertama adalah Flat White. Minuman ini sangat cocok bagi kamu pecinta kopi karena cita rasanya yang nikmat.

Flat White merupakan sejenis kopi yang merupakan perpaduan dua gelas espresso dan susu yang baru diseduh. Biasanya, campuran bahan tersebut dikukus untuk menghasilkan microfoam yang ringan dan lembut. Flat White yang sempurna harus memiliki rasa kopi yang kuat dan susu hanya menjadi pelengkap, bukan elemen yang dominan.

Gotravelly

Tanean Cafe, Cafe Milenial Dengan Suasana Pedesaan Yang Syahdu

Kekeyalan Es Siwalan Khas Gresik Bikin Ketagihan

2. Long Black

Long Black
kopidewa.com

Long Black juga menjadi salah satu minuman khas Australia yang berbau kopi. Long black merupakan variasi kopi yang sering dianggap mirip dengan caffe Americano.

Long black ini dibuat dengan menuangkan atau langsung mengekstrak espresso dalam secangkir air panas. Hasilnya, minuman tersebut penuh crema, yaitu busa kental dan lembut yang di bagian atasnya tetap utuh.

3. Ice Maple Latte

Ice Maple Latte
ottencoffee.co.id

Jika kamu ingin mencicipi kopi yang berbeda, maka minuman khas Australia ini bisa kamu coba, yaitu Ice Maple Latte. Minuman ini merupakan perpaduan kopi dan sirup maple yang kemudian diberi tambahan es krim vanila diatasnya.

Tak hanya memanjakan lidah, ternyata sirup maple yang organik memiliki kadar gula yang lebih baik untuk kesehatan. Jika kamu ingin mencicipi minuman ini, kamu tak perlu khawatir akan mengonsumsi gula berlebih karena sirup maple ini bisa menjadi pemanis alternatif.

4. Broccolatte

Broccolatte
indozone.id

Minuman khas Australia yang satu ini juga tak kalah nikmat untuk dicoba, yaitu Broccolatte. Bisa dibilang minuman ini cukup unik dan berbeda dengan minuman kopi lainnya.

Broccolatte ini merupakan minuman caffee latte yang dicampurkan dengan bubuk brokoli. Tak heran jika minuman ini disebut sebagai broccolatte. Minuman ini dibuat berawal dari seorang ilmuwan Australia yang ingin mencari solusi untuk warga Australia yang kurang nutrisi harian, sehingga dibuatlah broccolatte ini sebagai alternatif. Broccolatte ini pertama kali di uji coba di Café Commonfolk Melbourne. Meskipun awalnya diragukan, namun minuman ini berhasil mencuri perhatian warga Australia. Sekarang, minuman ini menjadi salah satu menu kopi yang paling sering dipesan di Australia.

5. Bundy ‘n’ Coke

Bundy n Coke
stylehiclub.com

Bundy ‘n’ Coke juga layak untuk masuk dalam daftar minuman khas Australia karena minuman ini cukup populer. Minuman ini pertama kali dipopulerkan oleh tentara Amerika selama perang dunia. Seiring berjalannya waktu, minuman ini kemudian menjadi minuman khas yang tak boleh dilewatkan oleh masyarakat Australia.

Bundy ‘n’ Coke ini memiliki cita rasa yang segar sehingga banyak orang yang menyukainya. Minuman ini bisa ditemukan dengan mudah di sekuruh penjuru Australia. Tak jarang, minuman ini juga dijadikan sebagai oleh-oleh khas Australia.

6. Illusion Shaker

Illusion Shaker
tennislifemag.com

Minuman khas Australia selanjutnya dikenal dengan nama Illusion Shaker. Minuman ini merupakan minuman kebanggaan masyarakat Australia yang telah ada sejak tahun 1980.

Illusion Shaker ini memiliki cita rasa yang manis seperti vodka, bahkan banyak yang mengatakan jika minuman ini memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dengan minuman lainnya. Tak heran jika masyarakat Australia menyukainya. Illusion Shaker ini mudah ditemukan di seluruh Australia. Mulai dari di supermarket, retail, klub malam hingga tempat lainnya.

7. Pale Ale Coopers

Pale Ale Cooper
belgianbeerfactory.com

Jika kamu penyuka bir, maka Pale Ale Coopers ini menjadi salah satu minuman khas Australia yang wajib untuk kamu coba. Minuman ini memiliki kandungan alkohol yang cukup tinggi sehingga bisa menyebabkan kehilangan kesadaran.

Meskipun minuman ini mengandung alkohol, namun Pale Ale Coopers ini menjadi salah satu minuman tradisional Australia yang sudah ada sejak zaman dulu. Minuman ini biasanya dinikmati untuk menghangatkan tubuh di musim dingin. Sayangnya, minuman ini seakrang cukup sulit ditemukan karena sudah banyak minuman beralkohol lainnya yang dijual dengan harga lebih murah dan pembuatan yang mudah.

Namun, jika kamu masih ingin tetap mendapatkan minuman ini, kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk membelinya karena minuman ini cukup langka. Pale Ale Coopers bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Australia juga, lho.

8. Lemon Barley Water

Lemon Barley Water
ubuy.co.id

Minuman khas Australia yang wajib untuk kamu cicipi selanjutnya adalah Lemon Barley Water. Minuman ini adalah minuman non-alkohol penghilang dahaga yang juga baik untuk kesehatan.

Lemon Barley Water ini sangat menyegarkan karena dibuat dari rebusan jelai atau terkadang kulit lemon hingga matang. Cairan tersebut kemudian diayak dan dan dipadukan dengan perasan lemon dan madu atau gula. Campuran tersebut kemudian dibiarkan dingin lalu disajikan bersama es atau irisan lemon.

9. Japanese Slipper

Japanese Slipper
tipsybartender.com

Meskipun minuman ini bernama Japanese Slipper, namun sebenarnya minuman ini adalah minuman khas Australia yang cukup populer.

Japanese Slipper ini merupakan minuman sejenis koktail yang terbuat dari kombinasi midori liqueur, cointreau dan jus lemon dengan perbandingan yang sama. Cara memebuatnya, semua bahan harus dikocok dengan es, lalu disaring ke dalam gelas koktail dengan satu buah ceri maraschino di bagian bawah. Koktail yang menyegarkan ini biasanya dihiasi dengan irisan buah melon.

10. Lemon, Lime and Bitters

Lemon Lime Bitter
taste.com.au

Minuman khas Australia yang terakhir adalah Lemon, Lime and Bitters. Sama dengan Japanese Slipper, minuman ini merupakan sejenis koktail namun bahan yang digunakan berbeda.

Lemon, Lime and Bitters ini dibuat dari kombinasi limun, jus jeruk nipis dan pahit angostura. Dalam pembuatannya, semua bahan harus diganbungkan dalam kendi kemudian dituangkan dalam gelas berisikan es yang dihias dengan irisan lemon atau jeruk nipis. Ada cara lain untuk membuat minuman ini, adalah dengan melapisi gelas dengan angostura di bagian dalam hingga gelas sepenuhnya dilapisi dengan pahit aromatik.

Demikian daftar minuman khas Australia yang wajib untuk kamu coba saat sedang berkunjung kesana. Beberapa diantaranya memang masih jarang diketahui oleh masyarakat luar, namun saat berkunjung kesana kamu bisa mendapati minuman khas yang unik. Untuk kamu yang Muslim, pastikan terlebih dahulu minuman tersebut tidak mengandung alkohol ya karena beberapa minuman khas Negeri Kanguru ini memang mengandung alkohol. Dari kesekian minuman dengan rasa nikmat ini, minuman mana yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply