Kunjungi 10 Museum Sejarah Terbaik di Australia


Altesa  September 13, 2022  0 Comment

Australia merupakan salah satu negara yang memimpin wilayah yang sangat luas yaitu satu benua. Australia juga memiliki kondisi geografis yang beranekaragam sehingga banyak sekali menyimpan anekargam flora dan fauna di Australia. Flora dan fauna yang beranekaram membuat Australia menjadi jujugan turis lokal maupun luar negeri untuk mengunjungu negara satu ini. Selain memiliki flora dan fauna yang memikat hati banyak sekali jenis destinasi liburan yang bisa kamu lakukan di Australia selain melihat hewan endemic dan berjalan – jalan di taman botanica yaitu antara lain menaiki river cruise, mengunjungi tempat – tempat perbelanjaan di Australia, dan mengunjungi beberapa museum sejarah terbaik di Australia.

Museum merupakan salah satu tempat wisata yang tidak hanya menyenangkan namun juga bisa memberikan edukasi kepada pengunjung. Dengan mengunjungi museum pengunjung akan mengetahui bagaimana sejarah dari negara tersebut, hingga koleksi – koleksi benda bersejarah lainnya yang menyimpan berbagai sejarah yang menarik untuk diketahui. Mengetahui sejarah akan membuat manusia peradaban saat ini dan masa depan bisa belajar dari sejarah – sejarah kehidupan yang ada pada zaman waktu sebelumnya. Mengetahui sejarah suatu negara juga membantu masyarakatnya untuk terus mengingat perjuangan panjang nenek moyangnya dalam mempertahankan negaranya sehingga akan  menimbulkan rasa cinta tanah air serta toleransi yang tinggi antar sesame umat manusia. Kali ini gotravelly akan meberikan kamu beberapa rekomendasi museum terbaik di Australia yang wajib jadi jujugan kamu saat berlibur di Australia. Berikut adalah 10 museum sejarah terbaik di Australia ;

1. Australian War Memorial

Australian War Memorial
awm.gov.au

Australian War Memorial merupakan museum sejarah terbaik di Australia yang terkenal. Australian War Memorial sendiri merupakan tugu peringatan perang Australia yang terdiri dari kuil – kuil, museum, dan data pegarsipan sejarah yang luas. Tugu peringatan sendiri dibuat untuk memperingati pengorbanan orang – orang Australia yang tewas dalam perang atau dalam pelayanan operasional kepada negaranya yaitu Australia. Australian War Memorial dibuat untuk mengingat dan memberikan pemahaman tentang bagaimana kehidupan masyarakat pada masa perang saat itu. Australian War Memorial berlokasi di Treloar Cresent Campbell Act 2612 Australia. Untuk kamu yang ingin mengunjungi Australian War Memorial kamu bisa bekunjung setiap hari kecuali hari libur besar natal mulai pukul 10.00 hingga 17.00. Australian War Memorial didirikan sekitar tahun 1980 oleh Australian War Memorial ACT. Untuk bisa mengunjungi museum ini kamu dapat memesan tiket secara online melalui website mereka yaitu www.awm.gov.au . Museum ini memiliki berbagai koleksi yang bisa kamu lihat dan pelajari antara lain adalah koleksi memorial, terdapat beberapa koleksi item yang berguna untuk segala penelitian yang disimpan rapih di museum ini. Catatan – catatan tentang operasi militer yang melibatkan orang – orang Australia ada di museum ini.

Gotravelly

Alun Alun Surabaya, Destinasi Wisata Taman Dan Seni Yang Indah Di Tengah Kota

Wisata Sejarah Di Keraton Sumenep, Satu-Satunya Keraton Di Jawa Timur

2. Museum and Art Gallery of The Northern Territory

Museum and Art Gallery of The Northern Territory
netsaustralia.org.au

Museum and Art Gallery of The Northern Territory merupakan salah satu museum terbaik di Australia. Museum and Art Gallery of The Northern Territory juga biasa disebut dengan MAGNT merupakan rumah dari koleksi berbagai budaya dan ilimiah pameran yang sudah terkenal secara internasional. Museum and Art Gallery of The Northern Territory sendiri merupakan Lembaga budaya yang mengelola situs situs bersejarah di Australia. Museum and Art Gallery of The Northern Territory berlokasi di 19 Conacher Street, The Gardens NT 0820, Australia. Museum and Art Gallery of The Northern Territory buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 16.00. Museumutama ini berlokasi di pinggiran Darwin di Fannie Bay. Setiap tahun Museum and Art Gallery of The Northern Territory menghadirkan berbagai pameran yang dikembangkan di Australia. Museum and Art Gallery of The Northern Territory juga merupakan rumah dari serangkaian penghargaan seniman Australia yaitu the annual Telstra National Aboriginal and Torres Strait Islander Art Award. Museum ini berisi budaya Asia Tenggara dan Pasifik, sejarah ilmu alam, sejarah maritim, budaya Australia dan berbagai seni kontemporer. Bangunan museum baru yang berada di pinggiran teluk Fannie selesai dibangun dan dibuka pada tanggal 10 septe,ber 1981 oleh Gubernur Jendral Australia saat itu yaitu Sir Zelman Cowen.

3. Sovereign Hill

Sovereign Hill
velvetescape.com

Sovereign Hill merupakan museum terbaik di Australia yang merupakan museum hidup dengan menyuguhkan kisah Ballarat sebagai kota yang sangat populer akan kota demam emas. Emas ditemukan di sini pada tahun 1852 yang memicu demam emas alluvial  terbesar yang pernah dikenali oleh dunia. Ballarat sendiri berkembang menjadi pemukiman kota provinsi yang indah dan dibangun dengan kekayaan daerahnya dari emas. Sovereign Hill berlokasi di Bradshaw St, Golden Point VIC 3350, Australia. Sovereign Hill buka setiap hari kecuali hari senin dari pukul 10.00 hingga 17.00. Sovereign Hill dibuka pada 29 november tahun 1970. Sovereign Hill sendiri dibangun dari misi beberapa kelompok masyarakat yang berusaha untuk melestarikan era warisan goldrush yang semarak dengan kisahnya dan dampaknya terhadap bangsa Australia. Sovereign Hill sendiri saat ini sudah menjadi salag satu ikon wisata Australia yang juga memenangkan penghargaan pariwisata utama. Sovereign Hill sendiri setiap tahunnya dikunjungi oleh lebih dari 450.00 pengunjung baik dari warga lokal Australia maupun turis internasional. Terdapat lebih dari ratusan staf yang bekerja untuk membuat kehidupan di Sovereign Hill pada masa jayanya terlihat hidup. Sovereign Hill benar – benar berusaha dengan baik untuk memperlihatkan bagaimana kehidupan masyarakat pada masa itu.

4. Museum Penjara Fremantle

Museum Penjara Fremantle
travel.detik.com

Museum Penjara Fremantle merupakan salah satu museum terbaik di Australia yang menjadi tempat wisata warisan Australia Barat. Museum Penjara Fremantle pada tahun 2010 menjadi bangunan pertama di Australia Barat yang masuk dalam salah satu daftar warisan dunia sebagai situs narapidana Australia. Disini kamu bisa melakukan jelajah dengan pemandu yang berpengalaman dengan tur mengelilingi situs bersejarah ini. Pengunjung bisa turun kebawah penjara untuk menjelajahi labirin terowongan sepanjang satu km dengan berjalan kaki maupun dengan perahu dalam Tunnels Tour. Jika kamu menginginkan tour yang lebih ekstream kamu bisa memilih Torchlight Tour untuk menyelami sisi tergelap penjara di malam hari. Museum Penjara Fremantle berlokasi di 1 The Terrace, Fremantle, Western Australia, 6160. Museum Penjara Fremantle buka dari pukul 9.00 hingga 17.00. Penjara Fremantle dibangun pada abad ke 19 dan difungsikan sebagai penjara hingga tahun 1991. Penjara ini dibangun antara tahun 1852 hingga tahun 1859. Pembangunan penjara ini memanfaatkan tenaga narapidana yang didatangkan dari pelabuhan Fremantle. Penjara Fremantle merupakan salah satu penjara terua yang ada di Australia, menjadi bangunan penjara tertua membuat penjara ini memiliki berbagai cerita menarik didalamnya mulai dari cerita – cerita pelarian narapidana, penyiksaan narapidana, hingga kisah horror yang menyelimuti penjara ini. Tak heran banyak sekali turis yang tertarik untuk ke museum unik satu ini.

5. Royal Flying Doctor Service Darwin Tourist Facility

Royal Flying Doctor Service Darwin Tourist Facility
jetstar.com

Royal Flying Doctor Service Darwin Tourist Facility atau biasa disebut RFDS Darwin merupakan salah satu museum terbaik di Australia yang menawarkan kisah ikonik heroic tentang kelahiran pertumbuhan RFDS. Di Royal Flying Doctor Service Darwin Tourist Facility kamu bisa belajar tentang sejarah aktifitas pilot, insinyur, dokter dan perawatan RFDS, serta pengalaman pasien yang di rawat setiap hari. Royal Flying Doctor Service Darwin Tourist Facility didirikan oleh pendeta John Flynn, yang memulai operasi medis aero di Northern Territory pada tahun 1939. Royal Flying Doctor Service Darwin Tourist Facility berlokasi di 45 Stokes Hill Rd, Darwin City NT 0800, Australia. Untuk bisa mengunjungi Royal Flying Doctor Service Darwin Tourist Facility bisa dikunjungi setiap hari dari pukul 9.00 hingga 17.00. Beberapa koleksi yang ada di Royal Flying Doctor Service Darwin Tourist Facility adalah hologram ukuran hidup John Flynn, Pendiri layanan dokter terbang, menceritakan lisah tentang terbentuk serta perkembangan RFDS itu sendiri. Terdapat audio headset uang bisa kamu dengarkan dengan berbagai bahasa diantaranya adalah bahasa Jepang, Jerman, Prancis, dan Cina.

6. National Anzac Center

National Anzac Center
tripadvisor.com

National Anzac Center merupakan salah satu museum terbaik di Australia yang di dedikasikan untuk menghormati legenda Anzac. Anzac sendiri merupakan singkatan dari Australia and New Zealand Army Corps yang merupakan tantara gabungan antara Australia dan Selandia Baru. Anzac sendiri untuk memperingati semua warga asutralia dan Selandia Baru yang telah gugur bertugas dalam peperangan konflik pada tahun 1914. National Anzac Center berlokasi di 67 Forts Rd, Mount Clarence WA 6331, Australia. National Anzac Center buka setiap hari dari pukul 9.00 hingga 16.00. National Anzac Center museum yang terkemuka terletak di dalam Albany Heritage Park. National Anzac Center menawarkan pengunjung untuk menilik ulang bagaimana pengalaman Anzac pada saat peristiwa perang terjadi. Di National Anzac Center pengunjung akan diberikan tour perjalanan mulai dari perang dunia pertama terdiri dari perekrutan anggota, pelatihan dan embarkasi, hingga keterlibatan mereka dalam konflik di Smudera Hindia sebelum kedatangan di Mesir. Terdapat berbagai cerita operasi -operasi khusu pada masa itu yang kaya akan cerita sejarah yang layak untuk diketahui. Pengunjung bisa menikmati kisah – kisah ini melalui berbagai fasilitas yang tersedia disana mulai dari tampilan multimedia interaktif, hingga menyaksikan video mengenai kisah mereka yang heroik.

7. Flagstaff Hill Maritime Village

Flagstaff Hill Maritime Village
tripadvisor.com

Flagstaff Hill Maritime Village merupakan museum terbaik di Australia yang menyimpan kisah desa maritim di Australia yang menghadap ke Lady Bay yang Indah. Flagstaff Hill Maritime Village merupakan museum yang selainmenyimpan koleksi namun juga menampilkan secara nyata bagaimana kehidupan desa maritim dan pelabuhan pada abad ke 19. Flagstaff Hill Maritime Village kamu bisa melihat beberapa staf dan bangunan yang menggambarkan secara nyata masa – masa kehidupan desa tersebut pada abad 19. Beberapa koleksi yang ada pada museum ini juga layak untuk menjadi perhatian pengunjung. Koleksi yang terkenal adalah koleksi kapal karam maritim terbesar di Victoria. Flagstaff Hill Maritime Village berlokasi di 89 Merri St, Warmbool VIC 3280, Australia. Flagstaff Hill Maritime Village buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 17.00. Tpur yang menarik di area Flagstaff Hill Maritime Village adalah semua anak akan menerima sekantong camilan untuk hewan ternak yang akan mereka temui saat menjelajahi desa ini. Anak – anak tidak akan melihat bebrappa bangkai kapal, dan video cerita sejarah tentang des aini, namun juga bisa bermain dengan beberapa hewan ternak yang ada di desa. Kompleks Flagstaff Hill Maritime Village juga mencangkup dua mercusuar bersejarah yang didirikan pada tahun 1858 dan 1887. Melihat banyaknya aktifitas yang bisa dilakukan di Flagstaff Hill Maritime Village sangat sayang untuk melawatkan destinasi ini jika kamu berada di Australia.

8. The Great Aussie Beer Shed & Heritage Farm Museum

The Great Aussie Beer Shed & Heritage Farm Museum
tripadvisor.co.uk

Untuk kamu yang mencari museum terbaik di Australia yang unik dan menawarkan pengalaman yang berbeda, mungkin The Great Aussie Beer Shed & Heritage               Farm Museum bisa menjadi pilihan yang cocok untuk kamu. The Great Aussie Beer Shed & Heritage     Farm Museum dibuka pada tahun 2003 dan merupakan museum yang berisi pernak – pernik barang Australia termasuk dengan alat – alat pembuatan beer. The Great Aussie Beer Shed & Heritage              Farm Museum berlokasi di 377 Mary Ann Rd,Echuca VIC 3564, Australia. The Great Aussie Beer Shed & Heritage Farm Museum hanya buka hari sabtu dan minggu mulai pukul 9.30 hingga 17.00. The Great Aussie Beer Shed & Heritage     Farm Museum menyimpan berbagai macam produk ikonik Australia, seperti mesin tua, mesin cuci, bebragai koleksi coca cola, bahkan beberapa part dari WW1 canin. The Great Aussie Beer Shed & Heritage               Farm Museum dimiliki oleh Neil Thomas yang telah mengumpulkan semua koleksi barang yang ada di museum ini selama lebih dari 45 tahun. seluruh koleksi Neil Thomas bisa kamu lihat dan nikmati di museum The Great Aussie Beer Shed & Heritage              Farm Museum yang menghibur dan juga kaya akan cerita sejarahnya.

9. Don River Railway

Don River Railway
viator.com

Don River Railway merupakan salah satu museum terbaik di Australia yang menawarkan pengalaman kereta bersejarah yang menyenangkan. Don River Railway merupakan perjalanan dengan menggunakan kereta api selama kurang lebih 30 menit untuk mengunjungi tempat – tempat bersejarah seperti Melrose Line, dengan melihat pemandangan kota Don yang menyimpan nilai sejarah. Selain itu, perjalanan kereta api juga akan menyusuri jalur rel di tepi timur Sunga Don kearah Pantai Coles. Don River Railway berlokasi di Forth Rd, Don TAS 7310, Australia. Don River Railway buka setiap hari kamis – minggu, mulai pukul 9.00 hingga 16.00. untuk bisa membeli tiket kereta kamu bisa memesan di website mereka donriverrailway.com.au .

10. Port Arthur Historic Site

Port Arthur Historic Site
viator.com

Port Arthur Historic Site merupakan salah satu situs bersejarah dan museum terbaik di Australia yang menyimpak banyak sekali kisah. Memiliki sejarah yang panjang pengunjung dapat mengetahui dan belajar tentang kisah evolusi Port Arthur dari pemukiman narapidana yang ditakuti hingga menjadi situs bersejarah yang menajadi warisan dunia. Port Arthur Historic Site berlokasi di Historic Site, Visitor Centre, Port Arthur TAS 7182, Australia. Port Arthur Historic Site buka setiap hari dari pukul 9.00 hingga 17.00. Port Arthur Historic Site menyimpan berbagai bangunan landmark yang menyimpan akan berbagai sejarah yang menarik untuk dijelajahi.

Nah itulah dia beberapa museum terbaik di Australia yang menarik untuk diketahui. Jika kamu berkunjung di Australia pastikan untuk mengunjungi salah satu museum yang menjaid ikon dari Australia itu sendiri. Tak lengkap rasanya jika mengunjungi suatu negara tapi tidak belajar dan mengetahui beberapa sejarah penting dan budaya di negara tersebut.  



Leave a Reply