10 Kota Tua di India Tawarkan Budaya yang Kental Dan Mempesona


prita  October 7, 2020  0 Comment

India merupakan sebuah negara yang dikenal sangat kaya akan wisata budaya dan sejarahnya. India merupakan salah satu peradaban tertua di dunia yang pernah didiami oleh beberapa dinasti dan kerajaan sepanjang sejarahnya. Hal ini tentu membuat India memiliki banyak tempat bersejarah yang menarik untuk dikunjungi, tentunya dengan arsitekturnya yang khas dan megah. Jika kamu tertarik untuk berwisata sejarah, budaya atau berwisata religi di India, kamu bisa berkunjung ke beberapa kota tua disana yang cukup menarik untuk disinggahi. Berikut adalah 10 Daftar kota tua di India yang wajib masuk dalam daftar destinasi kamu.

1. Ayodhya

ayodhya
thewire.in

Kota tua di India yang pertama adalah Ayodhya. Ayodhya dikenal sebagai salah satu kota paling kuno di India karena menjadi tempat kelahiran Lord Rama.

Ayodhya berada di tepi Sungai Sarayu dan menjadi ibukota Kerajaan Kosala kuno. Kota Ayodhya diketahui didirikan oleh Dewa Hindu Manu dan dipercaya telah berumur 9000 tahun.Ayodhya cukup menarik perhatian wisatawan tak hanya dari India, namun juga dari berbagai negara karena memiliki beberapa kuil sakral. Beberapa tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di Ayodhya ini seperti Thakur, Guptar Ghat, Gulab Bari, Kanak Bhavan dan Mausoleum Bahu Begum.

Gotravelly

Jaisalmer City Trip: Mengunjungi Patwon Ki Haveli Yang Unik Nan Menawan

Bada Bagh Jaisalmer, Indahnya Pemakaman Berbentuk Taman Besar

Explore Jaisalmer Fort, Benteng Kebanggan Jaisalmer

2. Madurai

kota tua di India
amusingplanet.com

Kota tua di India yang kedua bernama Madurai. Nama kota ini memang memiliki nama yang hampir mirip dengan salah satu pulau yang ada di Indonesia, yaitu Madura.

Madurai diketahui telah berdiri sejak 4000 tahun lalu dan menjadi salah satu kota kuno di India yang dikagumi banyak wisatawan karena keindahanya kuilnya. Kota ini memang memiliki banyak kuil dan salah satunya adalah Kuil Madurai Meenakshi Amman yang dibangun pada abad ke-7 dan sangat terkenal karena keindahan arsitekturnya. Tak hanya itu, kamu bisa berkunjung ke Gandhi Mandapan abad ke-17 yang mnawarkan banyak buku tentang Gandhi. Lalu juga ada Bukit Samanar yang berada di dekat Kuil Meenakshi dan bukit ini memiliki gua yang pernah digunakan oleh Pendeta Jain.

3. Hampi

hampi
pinatravels.org

Hampi juga menjadi salah satu kota tua di India yang tak boleh kamu lewatkan. Hampi merupakan sebuah desa kuno yang berada di India Selatan dan sangat populer dengan kuil batu serta reruntuhan kuno.

Saat ini Hampi telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO karena kekayaan peninggalan sejarah dan budayanya. Hampi dulu merupakan ibukota Kekaisaran Vijayanagara dan sangat makmur dibawah pemerintahan Krishnadevaraya. Saat itu, Hampi dikenal sebagai kota terkaya tak hanya secara nasional tapi juga secara internasional sehingga menarik pedagang dari Persia dan Portugal. Sekarang, Hampi menjadi salah satu tempat wisata yang menarik bagi wisatawan yang gemar sejarah dan arsitektur.

4. Gwalior

gwalior
trip101.com

Kota tua di India selanjutnya adalah Gwalior. Gwalior merupakan sebuah kota yang megah di pusat India, tepatnya di Provinsi Madhya Pradesh.

Gwalior dikenal sebagai tempat tinggal kerajaan, situs bersejarah dan kuil-kuil yang indah. Beberapa tempat menarik bisa kamu kunjungi disini, salah satunya adalah Benteng Gwalior. Tak Hanya itu, kamu juga bisa berkunjung ke Gujari Mahal, Kuil SA Bahu, Teli KA Mandir, Makam Muhammad Ghaus dan Tansen, Bir Singh Mahal, Padavali dan Bateshwar. Atau jika kamu penyuka satwa liar, kamu bisa berkunjung ke kawasan liar yang tak jauh dari sana, yaitu Taman Nasional Madhav.

5. Pushkar

pushkar
businesstraveller.com

Pushkar juga menjadi salah satu kota tua di India yang sangat menawan dan sayang untuk kamu lewatkan. Pushkar berada di kawasan Ajmer Rajashtan dan dikenal sebagai tempat yang paling dihormati bagi umat Hindu.

Pushkar berada di tepi Danau Sarovar dan sangat terkenal dengan Kuil Brahma, yang merupakan satu-satunya kuil Brahma di negara ini. Di tepi Danau Sarovar terdapat sebuah tempat menarik yang tak boleh kamu lewatkan yaitu Man Mahal. Tak hanya itu, di kota ini juga digelar acara tahunan yang disebut dengan Pushkar Mela yang menarik perhatian wisatawan dari berbagai negara.

6. Kollam

wisata kota tua di India
reddit.com

Kota tua di India selanjutnya adalah Kollam. Kollam juga seringkali disebut sebagai Quilon atau Desinganadu dan dikenal sebagai pusat ekspor cashew negara.

Kota Kollam menawarkan keindahan alam yang berpadu dengan sejarah yang menarik untuk diulik. Pada zaman kuno, kota ini merupakan sebuah pusat perdagangan yang terkenal, yang mana pelabuhannya sering kali dikunjungi oleh orang Persia, Arab, Tiongkok, Romawi hingga Fenisia. Tak hanya itu, penjelajah terkenal seperti Ibnu Batuta dan Marco Polo juga pernah singgah di kota ini dan menyebut Kollam sebagai kota perdagangan yang makmur.

Sekarang, Kota Kollam menjadi gerbang menuju perairan Kerala yang luar biasa. Kota ini menawarkan sejumlah atraksi wisata yang menarik bagi kamu yang pecinta alam. Misalnya dengan berkendara dengan perahu selama delapan jam dari Kollam menuju Alappuzha yang sangta menarik.

7. Vrindavan

vrindavan
gozocabs.com

Vrindavan juga menjadi salah satu kota tua di India yang cukup menarik untuk disinggahi. Kota yang berada di tepi Sungai Yamuna ini dikenal sebagai tempat yang sangat penting bagi pemuja Dewa Krishna. Hal ini dikarenakan Dewa Khrisna pernah menghabiskan masa remajanya di kota ini.

Nama Vrindava sendiri berasal dari dua suku kata, yaitu Vrinda yang berarti Basil dan Van yang berarti Hutan, hal ini mengacu pada dua hutan kecil yang berada di Seva Kunj dan Nidhivan. Kota ini memiliki banyak kuil Dewa Krishna dan Radha, beberapa kuil yang cukup populer adalah Kuil ISKCON dan Kuil Banke Bihari. Kuil tersebut berada di tengah hutan lebat dan dikeliling oleh hijaunya kota Vrindavan yang megah.

8. Vadodara

kota tua di India
mouthshut.com

Kota tua di India selanjutnya adalah Vadodara yang juga dikenal sebagai ibukota sosial Gujarat. Dulunya, Vadodara dikenal sebagai Baroda dan konon telah ada sejak 2000 tahun lalu.

Kota ini berada di tepi Sungai Vishwamitri dan saat ini menjadi rumah bagi keluarga terkenal Gaekwads. Vadodara juga memiliki sebuah sebuah perguruan tinggi terbesar yang bernama Universitas Maharaja Sayajirao Baroda.

Vadodara memiliki daya tarik utama berupa Sayaji Baug yang berada di jantung kota. Tempat wisata ini memiliki Museum Vadodara, Planetarium dan kebun binatang. Di Museum Vadodara ini kamu bisa melihat miniature Mughal, barang antik terkenal hingga seni minyak Eropa. Wisata lain yang menarik di kota ini cukup banyak, seperti Istana Makarpura, Istana Nazarbaug, Kirti Mandir, Nyay Mandir, Kuil Dakshinamurthy, Pasar Khanderao dan masih banyak lagi lainnya.

9. Varanasi

varanasi
adventurousmiriam.com

Varanasi yang juga dikenal sebagai Kota Cahaya atau Kashi ini juga dianggap sebagai salah satu kota tua di India yang suci karena telah ada sejak 3000 tahun lalu. Varanasi berada di tepi barat Sungai Gangga dan selalu menjadi destinasi wisata religi bagi peziarah di India.

Tak hanya menarik bagi wisata religi, kota ini juga cukup menarik perhatian wisatawan dari berbagai negara karena dianggap sebagai kota yang mencerminkan kemakmuran budaya juga sejarah India. Sekarang, Varanasi menjadi salah satu kota yang cukup ramai di India dengan aroma dupa yang tercium di setiap sudut jalannya.

10. Dwarka

kota tua di India
goibibo.com

Kota tua di India yang terakhir adalah Dwarka. Kota Ini berada di barat laut Gujarat. Kota Dwarka sangta cocok bagi kamu yang suka dengan wisata sejarah dan wisata religi.

Dwarka terkenal dengan situs ziarah Hindu dan yang paling populer adalah Kuil Dwarkadheesh yang juga disebut sebagai Mandir. Kuil ini berada di tepi utara Gomti Creek dan diperkirakan telah berumur 2500 tahun. Wisata terkenal lainnya di kota ini adalah Kuil Rukmini. Rukmini merupakan istri dari Dewa Krishna dan dipandang sebagai perwujudan Lakshmi, yaitu Dewi Kekayaan dan Kemegahan.



Leave a Reply