Jelajahi Kearifan Lokal 10 Desa Wisata Jawa Barat


prita  October 24, 2022  0 Comment

Desa wisata di Jawa Barat bisa jadi salah satu rekomendasi tempat wisata alam sekaligus edukasi yang cukup menarik untuk dikunjungi. Tak kalah dengan di luar negeri, Jawa Barat juga menawarkan deretan desa-desa yang indah. Bahkan, beberapa desa di Jawa Barat menerima penghargaan sebagai desa terbaik dari Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI.

Desa wisata menjadi salah satu upaya bagi sebuah desa untuk dapat berkembang dan memberikan dampak yang baik secara ekonomi. Nah, untuk kamu yang berencana berlibur ke Jawa Barat, berikut ini adalah daftar desa wisata yang wajib untuk kamu kunjungi.

Desa Wisata Jawa Barat:

1. Desa Wisata Saung Ciburial

Desa Wisata Saung Ciburial
travel.kompas.com

Desa Wisata Saung Ciburial menjadi salah satu desa wisata di Jawa Barat yang cukup menarik untuk dikunjungi. Desa yang berada di Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut ini memang masuk dalam 50 Desa Terbaik dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) di tahun 2021.

Dulunya desa ini merupakan desa tertinggal, kemudian sang Kepala Desa, Drs Oban Sobana yang mengembangkan desa tertinggal ini menjadi desa berkembang. Desa wisata ini meluncurkan desa wisata dengan tema Eco-Wisata dan menjadi wisata edukasi.

2. Desa Wisata Lebak Muncang

Desa Wisata Lebak Muncang
karawangpost.pikiran-rakyat.com

Desa wisata di Jawa Barat yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Desa Wisata Lebak Muncang. Desa wisata yang berada di Ciwidey, Kabupaten Bandung ini menawarkan wisata yang berbasis Edukasi Agrowisata.

Baca juga :  9 Wisata Ramah Anak di Bali, Edukatif dan Menyenangkan

Pemandangan yang ditawarkan oleh desa ini juga tak kalah menawan. Disini kamu bisa melihat pemandangan pegunungan serta perkebunan milik masyarakat yang menjadi latar desanya. Hijaunya daerah perkebunan dan persawahan di desa ini memberikan rasa yang menenangkan.

3. Desa Wisata Alamendah

Desa Wisata Alamendah
travel.kompas.com

Masih berada di Kabupaten Bandung, ada sebuah desa wisata di Jawa Barat yang tak kalah populer dan kerap menjadi tujuan wisata, yaitu Desa Wisata Alamendah. Desa wisata ini berada di Kecamatan Rancabali dan menawarkan konsep wisata berbasis agronomi.

Potensi dari desa wisata ini adalah pertanian, terutama untuk tanaman sayur dan buah. Mata pencaharian dari penduduk desanya sendiri kebanyakan adalah petani dan pedagang. Kegiatan yang bisa dilakukan disini cukup menarik, seperti petik stroberi atau kegiatan pengolahan pertanian lainnya. Tak hanya itu, ada banyak kegiatan ekonomi kerakyatan yang dapat dipelajari di desa ini. Selain itu, disini kamu juga bisa menikmati keindahan alamnya dengan cara berkemah di Bukit Keraton.

4. Desa Wisata Cibuntu

Desa Wisata Cibuntu
venuemagz.com

Desa wisata di Jawa Barat yang tak kalah seru untuk dikunjungi selanjutnya adalah Desa Wisata Cibuntu. Desa yang berada di Kecamatan Pasawahan di Kabupaten Kuningan ini dikenal sebagai sebuah desa yang indah di bawah kaki Gunung Ciremai.

Di tahun 2016, desa ini pernah mendapat gelar sebagai desa wisata terbaik urutan kelima di ASEAN dalam hal homestay. Tak hanya itu, alam di sekitar Desa Cibuntu ini sangat indah karena memiliki hamparan persawahan dan perkebunan milik warga. Tak hanya pemandangannya saja yang indah, tapi warganya juga memiliki ikatan sosial yang baik dalam menjaga kebersihan lingkungannya.

5. Desa Wisata Pasanggrahan

Desa Wisata Pasanggrahan
info.pikiran-rakyat.com

Kalau kamu main ke Purwakarta, kamu bisa menemukan salah satu desa wisata di Jawa Barat yang tak kalah indah, yaitu Desa Wisata Pasanggrahan. Desa wisata ini berada di Kampung Tajur dan menawarkan kehidupan pedesaan yang masih memegang adat istiadatnya.

Baca juga :  8 Pantai di Bojonegoro yang Dekat dan Hits 

Kehidupan masyarakatnya sangat kental akan tradisoinal dengan hunian yang masih menggunakan desain panggung. Masyarakat disini masih menggunakan peralatan tradisional dalam kehidupan sehari-harinya, sehingga menjadikannya daya tarik tersendiri. Masyarakat setempat pun masih sangat gotong royong dalam kehidupan sehari-harinya. Begitu juga anak-anak yang masih memainkan permainan tradisional. Disini kamu bisa menginap di homestay dengan biaya sekitar Rp 250.000 per malamnya.

6. Desa Wisata Kampung Adat Cireundeu

Desa Wisata Kampung Adat Cireundeu
fokusjabar.id

Desa wisata di Jawa Barat yang satu ini juga tak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Desa Wisata Kampung Adat Cireundeu. Berlokasi di daerah Leuwigajah, Cimahi Selatan, desa ini memiliki potensi alam yang indah, seperti adanya Hutan Larangan dan Hutan Tutupan.

Bagi masyarakat setempat, keberadaan kedua hutan tersebut dianggap sakral sehingga tak bisa sembaran orang bisa masuk ke dalam hutannya, apalagi Hutan Larangan. Hutan Larangan ini merupakan hutan yang berfungsi untuk menjaga ketersediaan air atau sumber air dan biasanya masyarakat menyebutnya sebagai gentong bumi. Sementara Hutan Tutupan merupakan hutan yang dapat digunakan untuk keperluan reboisasi.

Desa Wisata Kampung Adat Cireundeu ini memiliki pesona yang menitikberatkan pada penjagaan alam. Sedangkan suasana desanya tidak seperti suasana desa tradisional.

7. Desa Wisata Cisande

Desa Wisata Jawa Barat
travel.kompas.com

Berencana untuk berlibur ke Sukabumi, maka kamu wajib berkunjung ke Desa Wisata Cisande. Berlokasi di Kecamatan Citantayan, desa wisata di Jawa Barat ini merupakan salah stau desa yang masuk dalam desa terbaik versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021.

Desa Wisata Cisande ini merupakan desa wisata yang berbasis pada edukasi peternakan. Menariknya, edukasi peternakan yang ditawarkan di desa ini adalah budidaya ikan dan ikan lele. Selain itu, desa wisata ini juga memiliki wisata yang berbasis agrowisata.

Baca juga :  Pagung Agro Wisata Kediri : Harga Tiket, Lokasi, dan Daya Tarik!

8. Desa Wisata Selasari

Desa Wisata Selasari
langit7.id

Desa wisata di Jawa Barat yang tak kalah menarik untuk dikunjungi berikutnya adalah Desa Wisata Selasari. Desa Wisata Selasari ini berada di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Dengan meimiliki luas hingga 1.935 hektar dan diperkirakan sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang.

Baca Juga :

9 Tempat Wisata di Pangandaran Paling Rekomended

Desa ini memiliki sungai yang bisa digunakan untuk kegiatan wisata, seperti arung jeram, water tubing atau body rafting. Selain itu, desa ini juga memiliki situs-situs budaya yang juga menjadi daya tariknya.

9. Desa Wisata Gegesik Kulon

Desa Wisata Gegesik Kulon
pasjabar.com

Cirebon ternyata juga memiliki salah satu desa wisata di Jawa Barat yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Desa Wisata Gegesik Kulon. Berlokasi di Kecamatan Gegesik, desa ini pernah masuk dalam Desa Wisata terbaik versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021.

Baca Juga :

Mengenal Suku Karen Di Desa Wisata Baan Tong Luang Chiang Mai

Potensi yang dimiliki oleh Desa Wisata Gegesik Kulon ini adalah pada kebudayaan lokal serta kuliner yang dimilikinya. Desa ini juga mendapat gelar sebagai desa terbaik karena kebudayaan mereka hidup pada generasi mudanya. Banyak anak sekolah yang masih menyukai kebudayaan yang menjadi tradisi mereka, yaitu tari topeng.

10. Desa Wisata Wangunharja

Desa Wisata Wangunharja
tozsugianto.com

Desa wisata di Jawa Barat yang terakhir adalah Desa Wisata Wangunharja. Berlokasi di Kecamatan Jalan Cagak, kabupaten Subang, desa wisata ini masih kental dengan adat istiadat serta budayanya.

Baca juga :

Toron Samalem, Wisata Instagenic Tempat Pertapaan Potre Koneng

Di desa ini ada satu kegiatan yang biasa dilakukan setiap tahunnya, yaitu pesta rakyat yang bernama Ruatan Bumi. Acara ini merupakan ungkapan syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang didapatkan. Tak hanya itu, di desa ini juga terdapat beberapa situs bersejarah yang dilindungi berupa makam-makam dari orang-orang yang dihormati.



Leave a Reply