20 Wisata Alam Singapura Bikin Liburanmu Makin Seru!


prita  November 15, 2021  0 Comment

Wisata alam Singapura ternyata juga cukup menarik perhatian banyak wisatawan, khususnya wisatawan Indonesia. Singapura memang dikenal sebagai salah satu negara di Asia Tenggara yang modern dengan gedung-gedung bertingkatnya yang menawan. Namun, dibalik hiruk pikuk kota Singapura yang modern dan sibuk, ternyata terdapat deretan wisata alam yang cocok untuk bersantai sambil menikmati alam bebas. Wisata alam di Negeri Singa ini memang cukup beragam, mulai dari taman, hutan hingga pantai. Nah, untuk kamu yang sudah bosan dengan gemerlap kota Singapura dan ingin sejenak menjauh dari kebisingan kota, baiknya kamu berkunjung ke destinasi wisata alam di Singapura berikut ini.

1. Singapore Botanic Gardens

Singapore Botanic Gardens
hotels.com

Wisata alam di Singapura yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Singapore Botanic Gardens atau Kebun Botani Singapura. Singapore Botanic Gardens ini menjadi salah satu taman tertua di Singapura dan telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Taman yang dibangun pada tahun 1859 oleh komunitas Agrihortikultura ini memiliki luas hingga 60 hektar. Taman ini dulunya merupakan bekas perkebunan yang kemudian diubah menjadi taman indah dan sekarang berfungsi sebagai tempat rekreasi warga setempat, termasuk bagai wisatawan dari berbagai negara.

Gotravelly

Menjelajahi Keindahan Singapura 4 Hari 

Theme Park yang satu ini selalu menjadi tujuan utama saat berlibur ke Singapura

2. The Learning Forest

The Learning Forest
land-arch.net

Berada satu lokasi dengan Singapore Botanical Garden, kamu akan menemukan wisata alam Singapura lainnya yang Bernama The Learning Forest. The Learning Forest ini berlokasi di Tyersall Gallop Core yang merupakan bagian dari habitat hutan yang diperbesar.

Disini kamu bisa menjelajahi habitat hutan yang rimbun nan sejuk sambil berwisata edukasi. Kamu bisa berjalan melalui lahan basah hutan air tawar hingga hutan hujan dataran rendah. Disini juga terdapat pepohonan yang rimbun sehingga membuat udara sejuk. Wisatawan yang berkunjung ke Singapore Botanic Garden kebanyakan menyempatkan untuk berkunjung ke The Learning Forest ini.

3. The Southern Ridges

The Southern Ridges
lonelyplanet.com

Wisata alam Singapura yang layak untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah The Southern Ridges. The Southern Ridges ini seolah menjadi tempat sempurna bagi kamu yang ingin menyaksikan keindahan alam dan menjauh sejenak dari keramaian kota Singapura.

Menariknya, The Southern Ridges ini memiliki sebuah jembatan yang terhampar di atas hutan tropis sepanjang 10 kilometer. Tempat ini sangat sempurna bagi kamu yang menyukai hiking karena jembatan ini menghubungkan beberapa taman terbaik di Singapura.

4. Bukit Batok Nature Park

Bukit Batok Nature Park
theoccasionaltraveller.com

Bukit Batok Nature Park merupakan salah satu wisata alam Singapura yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Taman seluas 39 hektar ini berada di Bukit Batok East Avenue 2 dan dulunya merupakan sebuah lahan bekas tambang yang sekarang dijadikan sebagai taman rekreasi bagi masyarakat setempat.

Bukit Batok Nature Park ini didirikan pada tahun 1988 dan sekarang menjadi spot olahraga favorit serta tempat terbaik untuk menikmati keindahan alam Singapura. Taman ini juga sangat ramah bagi warga difabel sehingga menjadi tempat rekreasi yang sempurna bagi semua kalangan. Disini juga kamu bisa menemukan ragam flora dan fauna, pasalnya di taman ini terdapat beberapa burung endemik seperti elang berkepala abu-abu yang langka.

5. Punggol Park

Punggol Park
nparks.gov.sg

Wisata alam Singapura yang satu ini juga tak kalah menarik untuk dikunjungi karena memiliki fasilitas yang sangat lengkap untuk sarana rekreasi, seperti playground, area fitnes hingga penyewaan sepeda. Punggol Park ini memang menjadi sarana wisata bagi seluruh kalangan dan usia di Singapura.

Punggol Park memiliki Active Zone di bagian selatan dan Passive Zone pada bagian utara. Menariknya lagi, di taman ini juga terdapat area yang bisa dikunjungi bagi kamu yang tertarik untuk belajar Tai Chi bersama-sama.

6. MacRitchie Nature Park

MacRitchie Nature Park
mothership.sg

Singapura juga memiliki kawasan hutan yang cukup menarik dan menyenangkan untuk dikunjungi, khususnya bagi kamu yang sudah bosan dengan suasana kota. MacRitchie Nature Park ini bisa kamu kunjungi dengan menaiki MRT menuju Marrymount Station dan dilanjutkan dengan bus menuju Venus Drive lalu berjalan kaki sampai ke taman ini.

Disini kamu bisa menemukan sebuah jembatan sepanjang 250 meter yang menghubungkan antara Bukit Peirce dan Bukit Kalang. Dari atas jembatan ini kamu juga bisa menikmati indahnya bentang alam hutan Singapura ditemani suara kicauan burung dan gemericik air dari bendungan utama MacRitchie. Tak hanya bisa berfoto di atas jembatan, kamu pun bisa bermain di air terjun yang ada di kawasan taman ini. Tak heran jika MacRitchie Nature Park ini menjadi salah satu wisata alam Singapura yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan.

7. Sungei Buloh Nature Park

Sungei Buleh Nature Park
singapore.curiouscatnetwork.com

Kalau kamu suka dengan burung, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Sungei Buloh Nature Park. Sungei Buloh Nature Park ini merupakan salah satu wisata alam Singapura yang dikenal sempurna untuk mengamati burung karena menjadi persinggahan regional untuk burung yang bermigrasi dari Utara ke Selatan.

Taman seluas 87 hektar ini menawarkan keindahan rawa-rawa hutan bakau yang indah. Disini kamu pun bisa menjelajahi hutan bakau sambil mengamati burung yang bersembunyi di antara pepohonan bakau. Tak hanya ada burung, disini juga ada berbagai spesies kupu-kupu, mudskipper dan kadal. Kalau kamu tertarik dengan budidaya, kamu juga bisa berkunjung ke budidaya ikan dan udang yang juga ada di kawasan taman ini.

8. The Green Corridor

The Green Corridor
nomadicnotes.com

Wisata alam Singapura yang satu ini menjadi salah satu wisata di Singapura yang paling favorit dan populer karena The Green Corridor menawarkan pengalaman menyusuri jalur kereta api sepanjang 23 kolometer dari Tanjung Pagar ke Woodlands.

Tak perlu khawatir dengan kereta api yang melintas, pasalnya disini rel kereta api ini telah ditutup sejak tahun 2011. The Green Corridor ini sangat cocok bagi kamu yang suka trekking atau hiking karena menawarkan pemandangan yang dipenuhi dengan pepohonan dan rumput liar yang memenuhi rel dan pastinya menjadikan pengalaman liburan di alam yang sangat menyenangkan.

9. Bukit Timah Nature Reserve

Bukit Timah Nature Reserve
silverkris.com

Wisata alam Singapura yang wajib untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Bukit Timah Nature Reserve. Bukit Timah Nature Reserve ini seolah menjadi tempat sempurna bagi pecinta hiking.

Bukit Timah Nature Reserve ini sangat kaya akan flora dan fauna, bahkan di ruang visitor centre kamu bisa menemukan harimau terakhir yang ditemukan di tahun 1920an yang telah diawetkan. Disini kamu juga bisa melihat indahnya danau granit di Hindhede Nature Park serta mendaki puncak alam tertinggi Singapura.

10. Pulau Lazarus

Pulau Lazarus
sg.thefinder.life

Siapa bilang wisata alam Singapura hanya berupa hutan dan taman saja? Disini kamu juga bisa menemukan sebuah pantai cantik di Pulau Lazarus. Pulau Lazarus ini seolah menjadi tempat terbaik untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kota Singapura yang ramai.

Pantai di pulau ini sering disebut sebagai pantai terakhir di Singapura yang masih asri, sehingga menjadikannya menarik bagi wisatawan yang berlibur ke Singapura. Di pulau ini kamu bisa menikmati keindahan pantai dengan hamparan pasir putih yang luas serta air laut yang jernih berwarna biru kehijauan. Menariknya lagi, pulau ini sama sekali tidak ada penghuninya dan sangat menarik sebagai spot foto, apalagi saat matahari terbit dan matahari terbenam. Karena tidak ada penghuninya, jika kamu ingin kesini pastikan untuk membawa perbekalan sendiri, ya.

11. Pulau Ubin

Pulau Ubin
befreetour.com

Selain Pulau Lazarus, ada sebuah pulau lagi yang menjadi salah satu wisata alam populer Singapura, yaitu Pulau Ubin. Pulau Ubin ini berada di sebelah timur Bandara Changi, tepatnya di gugusan Kepulauan Melayu.

Pulau Ubin juga bisa menjadi destinasi terbaik bagi kamu yang ingin menjauh dari hingar bingar kota Singapura. Di pulau ini kamu bisa bersepeda berkeliling pulau sambil menikmati keindahannya. Tak perlu khawatir jika kamu tidak membawa sepeda, pasalnya disini kamu bisa menemukan tempat persewaan sepeda atau kendaraan. Disamping itu, banyak sekali hal yang bisa kamu temukan di pulau ini, seperti danau, bekas tambang granit, ragam flora dan fauna dan masih banyak lagi lainnya.

12. Pulau Coney

Pulau Coney
thehoneycombers.com

Wisata alam Singapura berikutnya juga tak kalah menawan dan sangat populer di kalangan wisatawan karena memiliki pemandangan alam yang indah, yaitu Pulau Coney. Pulau Coney ini bisa dicapai melalui Punggol Central di timur laut Singapura.

Pulau Coney ini pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 2015 dan sejak saat itu menjadi salah satu destinasi wisata akhir pekan yang populer. Wisatawan bisa berolahraga sambil menikmati pemandangan yang indah. Kamu pun bisa bersepeda berkeliling pulau dan merasakan suasana yang tenang dan asri. Pulau Coney ini juga menjadi berbagai macam habitat, seperti padang rumput, hutan bakau, hutan casuarina hingga pantai tersembunyi. Tak hanya itu, Pulau Coney ini juga menjadi rumah bagi habitat burung langka, kera dan ular.

13. Changi Beach Park

Changi Beach Park
traveltriangle.com

Changi Beach Park juga menjadi salah satu wisata alam Singapura yang cukup populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini memang menawarkan pemandangan yang indah dengan ombak yang tenang dan semilir angin sehingga sangat cocok untuk bersantai melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Pantai yang berlokasi di sebelah timur Singapura ini memiliki panjang hingga 3,3 kilometer dan terkenal dengan cerita kelamnya. Konon, banyak etnis Tionghoa yang disiksa dan dibantai di pantai ini. Bahkan, setelah mati mayat mereka dipenggal dan dikubur di bawah pasir sekitar pantai itu. Dibalik kisah mistis pantai ini, Changi Beach Park tentu menjadi tempat wisata yang tak boleh dilewatkan begitu saja saat kamu berlibur ke Singapura.

14. Pantai Palawan

Pantai Palawan
tripadvisor.com

Wisata alam Singapura yang berupa pantai lainnya adalah Pantai Palawan. Pantai Palawan ini berada di kawasan Pulau Sentosa dan menjadi destinasi wisata di Singapura yang cukup terkenal.

Pengunjung di Pantai Palawan ini kebanyakan adalah wisatawan mancanegara yang tengah berkunjung di Pulau Sentosa, pulau yang terkenal dengan Universal Studio Singapore dan Resort World Sentosa. Pantai ini memiliki daya tarik berupa gardu pandang yang dekat dengan bibir pantai dan pemandangan laut yang biru serta suasana yang tenang menjadikan pantai ini bisa membuat betah wisatawan.

15. East Coast Park

East Coast Park
thehoneycombers.com

Satu lagi taman yang juga terdapat pantai dan menjadi salah satu wisata alam Singapura yang populer, yaitu East Coast Park. East Coast Park ini berada di lahan seluas 185 hektar di pesisir pantai timur Singapura.

Disini kamu bisa sekedar berjalan-jalan, bersepeda hingga berolahraga. Kamu bisa jogging di jalur sepanjang 15 kilometer dengan pemandangan pantai yang indah. Tak hanya itu, disini juga terdapat area bowling, tenis, lapangan voli dan Tai Chi Corner. Kamu juga bisa melakukan berbagai olahraga air disini tanpa harus membawa peralatan sendiri. Puas berjalan-jalan, singgahlah sejenak di restoran, café dan bar yang banyak ditemukan di sekitar taman ini.

16. Fort Canning Park

Fort Canning Park
colourbox.com

Jika berbicara soal wisata alam Singapura, maka kamu tak boleh melewatkan Fort Canning Park ini. Fort Canning Park ini merupakan sebuah ruang terbuka hijau yang berada di jantung kota Singapura yang juga menjadi landmark bersejarah di Singapura.

Taman ini seolah menjadi tempat pelarian sempurna dari riuhnya kota yang sibuk. Disini kamu akan menemukan jalan setapak dan tanaman eksotis dengan udara yang sejuk. Tak hanya itu, di taman ini kamu juga akan menemukan terowongan Perang Dunia II bawah tanah yang menarik dan pastinya instagramable.

17. Tampines Eco Green

Tampines Eco Green
hypeandstuff.com

Wisata alam Singapura yang satu ini terbilang cukup tersembunyi dan tak banyak wisatawan yang tahu, sehingga jarang dikunjungi. Berlokasi di Tampines Pusat, taman ini hanya dikenal oleh penduduk setempat.

Taman ini dikenal sangat ramah lingkungan dan menawarkan tempat perlindungan untuk flora dan fauna serta menjadi salah satu tempat untuk berwisata alam. Disini kamu bisa berjalan-jalan atau bersepeda sambil menikmati udaranya yang sejuk dan mendengarkan suara kicauan burung.

18. Bedok Reservoir Park

Bedok Reservoir Park
justrunlah.com

Masih di kawasan Tampines, kamu akan menemukan salah satu wisata alam Singapura yang tak kalah indah bernama Bedok Reservoir Park. Taman ini menjadi tempat yang sempurna untuk kamu melakukan olahraga mingguan atau hanya sekedar bersantai dari rutinitas sehari-hari.

Disini kamu akan menemukan jalur kerikil sepanjang 4,3 kilometer yang bisa dilintasi dengan sepeda. Kamu juga bisa bermain kayak atau wakeboard di waduk ini sambil menikmati hijaunya alam di sekelilingnya.

19. Jurong Central Park

Jurong Central Park
nparks.gov.sg

Jurong Central Park adalah salah satu destinasi wisata alam Singapura yang banyak digemari oleh pengunjung. Disini kamu tak hanya bisa menikmati indahnya alam dan menikmati suasana yang tenang, kamu juga bisa mencoba berbagai permainan seru semasa kecil yang pastinya akan membuat memori masa kecilmu terpanggil.

Ragam permainan masa kecil yang bisa kamu temukan disini antara lain ular tangga dan ludo. Permainan-permainan ini tentu akan membuatmu betah berlama-lama berada disini, apalagi pemandangan alam di sekitarnya yang indah.

20. Chinese and Japanese Gardens

Wisata Alam Singapura
thesmartlocal.com

Wisata alam Singapura yang terakhir adalah Chinese and Japanese Gardens. Taman yang berada di luar Yuan Ching Road ini berada tepat di sebelah Jurong Bird Park dan cukup populer di kalangan wisatawan.

Chinese Garden ini berada di sebuah pulau yang berada di tengah Danau Jurong dan memiliki tampilan bergaya Kekaisaran Tiongkok yang klasik. Kamu bisa berjalan-jalan di sekelilingnya sambil merasakan suasana Tiongkok yang kental.

Sementara Japanese Garden berada di seberang Double Beauty Bridge yang memiliki gaya lebih minimalis. Disini kamu akan menemukan taman yang tenang dengan jembatan zig-zag, jalur berbatu hingga rumah tradisional ala Jepang yang indah.



Leave a Reply