7 Tempat Wisata di Selangor Lengkap, Wisata Religi hingga Tempat Bersejarah


Fida  November 12, 2022  0 Comment

Salah satu negara bagian di Malaysia yang dikenal menyimpan banyak pilihan destinasi wisata adalah Selangor. Terdapat beragam tempat wisata di Selangor yang unik dan menarik untuk kamu datangi. Tidak hanya tempat wisata alam, kamu juga dapat mengunjungi tempat wisata religi hingga tempat-tempat bersejarah, lo!

Tidak perlu bingung menentukan tujuan wisata di Selangor, berikut daftar beberapa pilihan tempat yang menarik untuk kamu kunjungi!

1. Batu Caves

batu caves
gotravelly.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan wisata Batu Caves bukan? Batu Caves merupakan salah satu destinasi wisata di Selangor yang cukup populer. Wisata yang satu ini tidak hanya banyak dikunjungi oleh masyarakat lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara. 

Batu Caves merupakan tempat wisata religi yang didesain sedemikian rupa sehingga menawarkan banyak spot foto instagramable. Di Batu Caves, kamu juga akan menjumpai banyaknya goa dan juga patung patung. Bangunan paling populer di Batu Caves adalah bangunan patung Dewa Muragan yang berwarna emas dan memiliki ketinggian mencapai 42 meter. 

Tidak hanya itu, Batu Caves juga sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang hobi berfoto. Salah satu spot favorit pengunjung adalah susunan anak tangga berwarna warni. Pengunjung dapat berfoto sekaligus menaiki anak tangga hingga ke puncak. Dari puncak, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan pusat kota dari ketinggian. Menarik sekali bukan? 

Gotravelly

Batu Caves: Wajib Mampir Juga Kalau Ke Malaysia

Trip Dadakan: Dataran Merdeka, Masjid Jamek, River Of Life

2. Museum Cokelat

museum cokelat
selangor,.travel

Museum Cokelat menjadi salah satu dari banyaknya daftar wisata di Selangor yang bisa kamu datangi. Sesuai dengan namanya, destinasi wisata yang satu ini dapat dikunjungi sebagai sarana rekreasi sekaligus edukasi. Hal itu dikarenakan Museum Cokelat menawarkan berbagai informasi serta kegiatan seru yang dapat dilakukan oleh pengunjung. 

Di Museum Cokelat, pengunjung juga akan dimanjakan dengan adanya beberapa bagian seperti Journey of Chocolate yang menyajikan informasi tentang asal usul cokelat. Selain itu, terdapat area lain yakni Chocolate Galleria yang menawararkan ratusan merk cokelat. Menarik sekali bukan? 

Museum yang satu ini juga dinobatkan sebagai museum cokelat paling interaktif di Asia Tenggara. Saat berkunjung ke Selangor, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk datang ke museum ini bersama teman maupun keluarga. Karena termasuk wisata edukasi, tidak heran jika Museum Cokelat juga kerap dikunjungi sebagai tujuan bagi para pelajar. Lokasi tepat Museum Cokelat berada di Jalan Teknologi 3/5 Selangor Science Park 1, Kota Damansara, Petaling Jaya, Selangor. 

3. Shah Alam National Botanical Park

shah alam national botanical park
visitselangor.com

Shah Alam National Botanical Park atau yang dikenal dengan sebutan Taman Botani Nasional Shah Alam merupakan salah satu tempat wisata di Selangor yang dapat kamu kunjungi. Tempat wisata yang satu ini telah dibuka untuk umum sejak tahun 1986. Dengan luas mencapai 1.295 hektar, wisata ini meliputi kawasan hutan hujan tropis dan tanaman pertanian. Dulunya, Shah Alam National Botanical Park dikenal dengan sebutan Taman Pertanian Seri Cahaya Alam.

Terdapat beberapa tanaman yang disuguhkan bagi pengunjung diantaranya kopi, pohon karet, kelapa sawit, dan masih banyak lagi. Pengunjung tentu tidak perlu khawatir karena dapat memilih untuk menyusuri area wisata dengan menggunakan sepeda atau bus. Asik sekali bukan? 

Destinasi wisata yang satu ini juga cukup populer di kalangan wisatawan asal Indonesia karena menjadi salah satu lokasi syuting film “My Stupid Boss”. Jika penasaran dan ingin mengunjunginya, kamu dapat datang langsung ke Seksyen 8, Shah Alam, Selangor. 

4. Bukit Melawati

bukit melawati
visitselangor.com

Tidak hanya dapat berkunjung ke tempat wisata religi dan wisata edukasi, kamu juga dapat datang ke salah satu tempat wisata bersejarah saat berada di Selangor. Bukit Melawati dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Selangor yang direkomendasikan untuk kamu datangi. 

Di kawasan bukit ini terdapat benteng yang konon telah dibangun sejak akhir abad ke-18. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menjumpai benda bersejarah lainnya seperti meriam, sumur beracun, hingga rumah jaman kolonial. 

Dari Bukit Melawati, pengunjung juga dapat melihat langsung adanya kapal kapal yang melewati Selat Malaka. Tidak hanya itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan adanya museum, makam kerajaan, rumah lampu, pohon angsana berusia 200 tahun, hingga adanya monyet. Bagi kamu pecinta tempat wisata bersejarah, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan datang dan berkunjung ke Bukit melawati saat berada di Selangor. 

5. Sky Mirror

sky mirror
traveloka.com

Pernah mendengar sebutan destinasi wisata Sky Mirror? Sky Mirror merupakan salah satu wisata di Selangor yang dikenal unik dan menarik untuk dikunjungi. Sesuai dengan namanya, disini pengunjung dapat berfoto dengan tema yang unik yakni adanya pantulan langit dan sekitarnya.

Bayangan atau efek cermin yang dapat kamu lihat di Sky Mirror ini berasal dari perairan. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh pasang surut air laut sehingga kamu hanya akan mendapatkan efek cermin yang sempurna di saat saat tertentu, tepatnya saat 3 hari sebelum bulan baru, 5 hari setelah bulan baru, dan juga saat bulan purnama. Pastikan kamu datang di saat yang tepat, ya! 

Jika ingin mengunjungi Sky Mirror, kamu dapat datang langsung ke kawasan Desa Jeram, Selangor. Jangan lewatkan untuk menghabiskan waktu berlibur dengan menikmati uniknya Sky Mirror saat berkunjung ke Selangor. 

6. Firefly Park

firefly park
clubmed.com.sg

Ada cukup banyak pilihan tempat wisata di Selangor yang menarik untuk kamu kunjungi, salah satunya adalah Firefly Park atau Taman Kunang Kunang. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang memiliki hobi berpetualang. Tidak hanya dapat bersantai, pengunjung juga dapat mencoba sensasi menaiki sampan dan menyusuri Sungai Selangor. 

Sesuai dengan sebutannya, taman ini dihuni oleh banyak kunang kunang yang berterbangan bebas di malam hari. Tidak hanya dapat menikmati keindahannya, pengunjung juga diperbolehkan untuk mengabadikan momen dengan berfoto. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah dilarang memotret kunang kunang dengan menggunakan flash karena hal tersebut dapat mengganggu kunang kunang. Destinasi wisata unik yang satu ini dapat kamu datangi di Jalan Rawang, Kampung Kuantan, Selangor. 

7. I-City

i city
visitselangor.com

Satu lagi rekomendasi wisata di Selangor yang sayang untuk kamu lewatkan yakni I-City. Destinasi wisata yang satu ini merupakan theme park yang cukup populer dan dikenal menakjubkan. 

Terdapat beberapa pilihan area yang dapat dinikmati oleh pengunjung, salah satunya adalah area Snowalk. Snowalk merupakan area bertema salju dengan suhu di bawah derajat celcius. Asik sekali bukan? Selain itu, I-City juga memiliki beberapa area lainnya seperti Space Mission hingga museum lilin yang disebut Red Carpet. Bagi yang ingin menguji nyali, tidak ada salahnya jika kamu menyusuri kawasan rumah hantu di I-City. Cukup menantang bukan? I-City menjadi salah satu tujuan wisata yang tepat untuk kamu kunjungi bersama keluarga. 



Leave a Reply