20 Danau Terindah di Australia Pesonanya Bikin Bahagia Jiwa Raga!


prita  December 1, 2021  0 Comment

Danau terindah di Australia memang tak terhitung jumlahnya. Negeri Kanguru ini memang dianugerahi dengan ragam danau indah sebagai salah satu wisata alamnya. Ragam danau di Australia ini memang memiliki ciri khasnya masing-masing dan pastinya menawarkan keindahan yang bisa membuat siapapun terpana. Nah, jika kamu berencana untuk berkunjung ke Australia, jangan lupa untuk mengunjungi deretan danau cantik berikut ini ya.

1. Danau McKenzie, Queensland

Danau McKenzie
rove.me

Danau terindah di Australia yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Danau McKenzie. Danau cantik ini berada di Pulau Fraser, Queensland dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Great Sandy yang sangat indah.

Lake McKenzie ini dikelilingi oleh pasir putih yang indah sehingga menjadikannya daya tarik tersendiri. Danau ini memang menjadi salah satu tempat wisata yang cukup populer di Queensland karena area di sekitar danau telah dilengkapi dengan berbagai objek wisata, seperti area berkemah dan area untuk piknik.

Gotravelly

Wisata Setigi, Tawarkan Wisata Alam Diantara Tebing Bebatuan Kapur Putih Nan Artistik

Danau Angsa Pakuwon City : Spot Foto Romantis Untuk Kamu Yang Hobi Fotografi

2. Danau Eacham, Queensland

Danau Eacham
bluesummithideaway.com.au

Danau Eacham menjadi danau terindah di Australia selanjutnya yang patut untuk kamu kunjungi. Danau cantik ini juga berada di Queensland dan juga menjadi salah satu tempat wisata populer disana.

Danau Eacham ini terbentuk dari aktivitas vulkanik di masa lalu dan telah masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Pemandangan yang ditawarkan sangat menawan karena danau ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Danau Kawah. Kamu bisa menikmati indahnya pemandangan danau biru yang menawan dengan hijaunya hutan yang mengelilinginya. Berbagai aktivitas pun bisa kamu lakukan disini, seperti berenang dan bermain perahu dayung. Tak hanya itu, danau ini juga sangat cocok untuk kamu yang suka mengamati burung.

3. Danau Cootharaba, Queensland

Danau Cootharaba
austraflora.com

Masih di kawasan Queensland, ada sebuah danau lagi yang layak masuk dalam daftar danau terindah di Australia yang patut untuk kamu kunjungi, yaitu Lake Cootharaba. Danau Cootharaba ini merupakan bagian dari Taman Nasional Great Sandy.

Danau Cootharaba ini memiliki ukuran yang cukup besar, yaitu panjang yang mencapai 10 kilometer, meskipun begitu danau ini tidak terlalu dalam karena rata-rata kedalamannya hanya sekitar 1,5 meter. Menariknya, Danau Cootharaba ini terhubung langsung dengan Sungai Noosa yang nantinya mengarah ke Samudera Pasifik. Danau ini juga tak kalah populer di kalangan wisatawan dan banyak wisatawan yang memilih untuk berenang disana.

4. Danau Eildon, Victoria

Danau Eildon
lakeeildon.com

Danau Eildon juga layak untuk masuk dalam daftar danau terindah di Australia. Danau cantik ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer karena bisa ditempuh dalam satu hari perjalanan dari Melbourne.

Danau Eildon ini memiliki ukuran yang sangat besar dengan pemandangan yang sangat indah. Saking luasnya, pengunjung pun bisa menikmati danau ini dengan melakukan berbagai aktivitas seru untuk bersenang-senang, seperti wakeboarding, ski air, bermain kayak, berenang hingga naik perahu.

5. Danau St Clair, Tasmania

Danau St Clair
parks.tas.gov.au

Danau terindah di Australia yang layak untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Danau St Clair. Danau St Clair ini juga menjadi salah satu danau terdalam di Australia karena memiliki kedalaman hingga 200 meter.

Tak hanya dikenal sebagai danau terdalam, danau ini juga menawarkan pemandangan yang indah dan menawan. Danau St Clair ini berlokasi di Tasmania, dekat dengan Cradle Mountain. Kawasan danau ini memang sering dikunjungi oleh pelancong untuk dijelajah. Kamu pun bisa melakukan berbagai aktivitas yang seru di sekitar danau, salah satunya adalah hiking.

6. Danau Pedder, Tasmania

Danau Pedder
lakepedder.org

Danau Pedder ini dianggap sebagai danau air tawar terbesar di Australia yang lokasinya berada di barat daya Tasmania. Danau Pedder ini memang menjadi permata di tengah padang pasir dengan teluk berpasir putih dan perairan biru jernih.

Keindahan danau ini tentu tak pernah gagal untuk menyenangkan setiap pengunjungnya. Danau Pedder ini dulunya merupakan danau danau outwash glasial yang menawarkan pemandangan menawan dari Frankland Range. Selain itu, danau ini dibentuk oleh pembenahan Sungai Serpentine dan Hucn tahun 1972 oleh Hydro Electric Commission of Tasmania untuk keperluan pembangkit listrik tenaga air. Danau Pedder ini memiliki luas permukaan hingga 242 kilometer persegi sehingga membuatnya menjadi danau terbesar kedua di Tasmania.

7. Danau Dove, Tasmania

Danau Dove
thelongwaysbetter.blogspot.com

Berada satu kawasan dengan Danau St Clair, ada sebuah danau lagi yang juga layak masuk dalam daftar danau terindah di Australia yaitu Danau Dove. Danau Dove ini juga berada di kawasan Cradle Mountain dan cukup menarik perhatian banyak wisatawan.

Danau Dove menawarkan keindahan panorama berupa pegunungan dan perbukitan hijau yang mengelilinginya. Kamu pun bisa menyusuri keindahan jalur wisata yang ada di sekitar danau ini sembari menikmati keindahan pemandangannya. Kamu pun bisa melakukan trekking di kawasan danau ini.

8. Fern Pool, Australia Barat

Fern Pool
pinterest.com.au

Danau terindah di Australia yang tak boleh untuk dilewatkan berikutnya adalah Fern Pool. Fern Pool merupakan sebuah danau cantik yang tersembunyi di Taman Nasional Karijini.

Taman nasional ini memang menjadi surga bagi perenang yang menyukai kolam alami. Fern Pool ini memiliki air terjun alami yang membuat pemandangannya semakin indah. Danau ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan wisata alam yang tidak terlalu ramai karena lokasinya yang terpencil. Kamu pun bisa tinggal lebih lama di kawasan danau ini dengan menginap di Karijini Eco Retreat atau kamu yang suka petualangan bisa membangun tenda dan menikmati sensasi berkemah di bawah bintang-bintang.

9. Spa Pool, Australia Barat

Spa Pool
amazingplacesonearth.com

Masih nerada di lokasi yang sama dengan Fern Pool, ada sebuah danau yang juga layak masuk dalam daftar danau terindah di Australia, yaitu Spa Pool. Sesuai dengan namanya, Spa Pool sangat cocok untuk bersantai di danau alami yang menawarkan pemandangan indah.

Spa Pool ini dikelilingi dengan dinding kolam berwarna karat yang sering memanas akibat matahari. Dinding tersebut mampu menghantarkan panas pada air danau hingga lebih dari 30 derajat Celsius. Lokasinya danau ini juga cukup terpencil sehingga kamu perlu membawa perbekalan sendiri, namun suasana dan pemandangan yang ditawarkan tentu akan membuat liburanmu terasa menyenangkan.

10. Danau Hillier, Australia Barat

Danau Hillier
travellingmoods.com

Danau terindah di Australia yang tak kalah populer berikutnya adalah Danau Hillier. Danau Hillier ini cukup unik karena memiliki air berwarna pink yang cantik, tak heran jika danau ini juga dikenal sebagai Danau Pink.

Perairan danau ini berwarna pink karena memiliki tingkat pertumbuhan bakteri dan alga yang berbeda dengan danau lainnya. Meskipun berwarna pink, air danau ini terasa asin. Danau Hillier ini berlokasi di pantai selatan Australia Barat, tepatnya di Recherge Archipelago. Selain terkenal karena warna pink-nya. Danau ini juga dikelilingi oleh tanaman eukaliptus dan pasir putih.

11. Hutt Lagoon, Australia Barat

Hutt Lagoon
twitter.com

Hutt Lagoon menjadi salah satu danau terindah di Australia yang menawarkan pemandangan menakjubkan. Danau yang berlokasi di Coral Coast Australia Barat ini memiliki air berwarna merah muda yang cantik layaknya milkshake.

Menariknya, air di Hutt Lagoon ini warna pink-nya akan berubah-ubah sesuai dengan pencahayaan matahari saat itu. Tak hanya itu, air danau ini adalah air asin layaknya air laut. Pengunjung tidak bisa berenang di danau ini, namun kamu bisa berjalan-jalan di tepian danaunya yang menawarkan pemandangan tak kalah indah.

12. Danau Navarino, Australia Barat

Danau Navarino
forum.dji.com

Danau terindah di Australia yang cukup menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Danau Navarino. Danau Navarino ini memang banyak diremehkan oleh masyarakat setempat, namun keindahannya mampu membuat banyak orang terkagum-kagum.

Danau Navarino ini memiliki area ski air dan wakeboard khusus dengan bagian lain yang disediakan memang untuk olahraga air. Istimewanya, Danau Navarino ini dikelilingi oleh hutan yang indah nan sejuk, kamu bisa menikmati keindahannya dengan berjalan kaki atau bersepeda di sekitar garis danau yang unik. Danau ini berada tak jauh dari Perth dan kamu bisa berkemah di sekitar danau ini.

13. Danau Argyle, Australia Barat

Danau Argyle
britannica.com

Australia Barat nampaknya menjadi salah satu kawasan yang memiliki cukup banyak danau terindah di Australia. Salah satu danau yang layak untuk kamu kunjungi adalah Danau Argyle.

Danau Argyle ini berada dekat dengan perbatasan Northen Territory, tepatnya di sebuah kawasan bernama Kimberley. Danau Argyle ini tak hanya menawarkan pemandangan yang indah, namun juga menjadi tempat yang pas untuk rekreasi karena danau ini menawarkan sejumlah aktivitas yang seru, seperti ski air dan naik perahu. Kalau kamu suka memancing, tentu kamu tak boleh melewatkan kegiatan memancing di danau ini. Kamu bisa berlayar hingga ke tengah danau dan menangkan ikan di titik-titik yang telah direkomendasikan.

14. Danau Alexandrina, Australia Selatan

Danau Alexandrina
trekearth.com

Danau terindah di Australia yang sayang untuk dilewatkan adalah Danau Alexandrina. Danau Alexandrina ini memang cukup terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Australia Selatan.

Danau Alexandrina ini tak hanya menawarkan pengalaman wisata alam, namun juga wisata sejarah. Nama Alexandrina yang diambil untuk danau ini merupakan nama dari Puteri Inggris dan Irlandia yang merupakan penerus Raja William IV. Secara geografis, danau ini berasal dari Sungai Murray yang juga merupakan sungai utama di Australia. Danau ini menjadi daya tarik yang unik karena juga berhubungan langsung dengan lautan. Pemandangan yang ditawarkan pun tentu sangat cantik dengan pegunungan megah di sekelilingnya.

15. Danau Blue, Australia Selatan

Danau Blue
pinterest.com

Masih di Australia Selatan, ada sebuah danau yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi berikutnya, yaitu Danau Blue. Danau Blue ini lokasinya berada di kawasan Gunung Gambier.

Sesuai dengan namanya, danau ini memiliki perairan berwarna biru yang indah dan menyejukkan mata. Meskipun begitu, jika kamu berkunjung ke danau ini saat musim gugur atau saat musim dingin, air di danau ini tak lagi berwarna biru melainkan warna abu-abu. Danau Blue ini terbentuk akibat aktivitas vulkanik di masa lalu. Danau ini memiliki panjang hingga 1.087 meter dan lebar hingga 657 meter. Danau ini juga menjadi sumber air bagi kehidupan di sekitarnya. Keindahan Danau Blue ini tak perlu diragukan lagi, pasalnya danau ini sudah menjadi tempat wisata yang cukup sering dikunjungi oleh wisatawan dan layak untuk masuk dalam daftar danau terindah di Australia.

16. Danau Eyre, Australia Selatan

Danau Eyre
saecotours.com.au

Danau terindah di Australia berikutnya adalah Danay Eyre. Danau Eyre ini juga menjadi salah satu danau yang cukup populer di Australia juga menjadi salah satu danau terbesar di negara tersebut.

Danau Eyre ini masuk dalam kawasan Lake Eyre National Park dan memiliki keunikan tersendiri, yaitu level air danau yang berubah-ubah sesuai dengan musim. Danau ini bisa menjadi basah ataupun kering. Saat kering, danau ini akan menjadi sebuah dataran garam yang cantik. Tak hanya itu, Danau Eyre ini terdiri dari dua danau yang keduanya dihubungkan oleh sebuah kanal yang panjangnya mencapai 144 kilometer. Wilayah sekitar danau ini sering disebut sebagai titik paling kering dan paling rendah di Australia.

17. Danau MacDonnell, Australia Selatan

Danau MacDonnell
diadona.id

Danau MacDonnell juga layak untuk masuk dalam daftar danau terindah di Australia yang wajib untuk dikunjungi karena sangat unik dan indah. Danau MacDonnell ini merupakan sebuah danau dengan perairan berwarna merah muda yang berlokasi di Semenanjung Eyre, Australia Selatan.

Menariknya, ada sebuah jalan yang membelah Danau MacDonnell ini menjadi dua dimana di satu sisi danau dengan air berwarna teal dan di sisi lain air danaunya berwarna merah muda. Jika dilihat dari ketinggian, danau ini menyerupai kulit semangka. Tak heran jika danau ini mendapat julukan sebagai Watermelon Avenue oleh mereka yang melakukan perjalanan panjang kesini. Kamu yang ingin menginap di kawasan Danau MacDonnell ini juga bisa menemukan beberapa hotel atau taman karavan jika kamu sedang melakukan campervan.

18. Jim Jim Falls Pool, Nothern Territory

Jim Jim Falls Pool
fineartamerica.com

Danau terindah di Australia berikutnya adalah Jim Jim Falls Pool. Danau ini bisa kamu temukan di kawasan Taman Nasional Kakadu yang terkenal dengan pemandangannya yang indah.

Danau ini sangat cocok bagi kamu yang ingin berlibur di kolam alami dengan pemandangan spektakuler. Jim Jim Falls Pool ini memang sangat istimewa, pasalnya jika kamu berkunjung saat musim hujan, akan ada air terjun raksasa yang jatuh dari ketinggian 150 meter menuju kolam. Namun, jika kamu berkunjung saat musim kemarau, air terjun tersebut mengerut ke sungai kecil kemudian menciptakan kolam yang tenang sehingga aman untuk berenang.

19. Danau Jindabyne, New South Wales

Danau Jindabyne
australiantraveller.com

Danau Jindabyne juga merupakan salah satu danau terindah di Australia yang menawarkan pemandangan spektakuler. Danau yang masuk dalam kawasan New South Wales ini memang telah lama dikenal sebagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Di Waste Point Danau Jindabyne ini terdapat fondasi pondok nelayan yang paling terkenal di Australia, yaitu The Creel. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan situs utama di danau ini yaitu Pulau Gereja dimana di pulau ini ada sebuah Gereja Roma St Columbia yang dibangun sekitar tahun 1929.

20. Danau Albina, New South Wales

Danau Terindah di Australia
in.pinterest.com

Danau terindah di Australia yang terakhir adalah Danau Albina. Danau Albina ini merupakan sebuah danau glasial yang berada di wilayah pegunungan bersalju di New South Wales.

Danau Albina ini berada di kawasan Taman Nasional Kosciuszko dan Cagar Alam Pegunungan Alpen Australia. Danau ini memiliki luas hingga 6.600 meter persegi dengan panjang sekitar 500 meter dan lebar 50 meter. Danau ini berada di jurang dengan Gunung Townsend di sisi barat dan Gunung Lee serta Gunung Northcote di timur. Danau Albina ini mengalir ke utara menuju Sungai Geehi melalui ngarai Lady Northcote.



Leave a Reply