Zulfa | Traveler
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | Theme Park
24 Jan 2020


Wisata Setigi, Tawarkan Wisata Alam Diantara Tebing Bebatuan Kapur Putih Nan Artistik
Tak hanya sekedar wisata instagramable, Setigi kepanjangan dari Selo Tirto Giri yang berada di atas perbukitan ini tawarkan wisata alam berbalut kearifan lokal dengan segala filosofinya

How to Get There

Tawaran itu datang dari seorang teman touring untuk explore wisata Gresik terbaru. Maklum saja kami berdua yang suka mbolang dan sama sama asli Gresik justru belum mengunjungi sederet tempat wisata terbaru di kota kelahiran kami. Hari Minggu, ketika tidak disibukkan dengan kerjaan, kami langsung menuju kecamatan Ujung Pangkah, Gresik.

Untuk menuju kecamatan Ujung Pangkah yang berada di Utara kota Gresik kami menggunakan kendaraan Pribadi. Turun dari Tol Manyar, Gresik. Perjalanan bersambung sekitar 40 KM menuju desa Sekapuk. Alhamdulilah perjalanan lancar.

Jika menggunakan kendaraan umum. Naik bus dari terminal Bunder Gresik atau dari terminal Osowilangun Surabaya, gunakan bus menuju Tuban. Bus berhenti di jalan utama desa Sekapuk. Lanjutkan perjalanan dengan naik ojek menuju wisata Setigi.

Saran saya, kalau menuju wisata setigi sebaiknya menggunakan pribadi. Karena kendaraan umum menuju ke Sekapuk tidak terlalu banyak.




What to Do

 

Sederet wisata ditawarkan di Kota Gresik, salah satunya dan terbaru adalah wisata Setigi, Selo Tirto Giri. Wisata yang dibangun dilahan bekas tambang batu kapur putih ini merupakan hasil dari Swadaya masyarakat Sekapuk yang sadar akan kekayaan alam wisata di desa sekitar yang memiliki potensi untuk dijadikan destinasi wisata favourit di kota Gresik.

wisata setigi


Di tempat wisata Setigi ini, beberapa tempat  menarik dengan tema  berbeda  ditawarkan. Meski belum 100% selesai pembangunannya, tapi tempat permainan berlatar belakang bekas area tambang batu kapur ini cukup membuat liburan menyenangkan bersama teman dan juga keluarga.

Setelah memakirkan kendaraan, tempat pertama yang kami tuju adalah 99 tangga. Dari ketinggian tangga kita bisa melihat dengan jelas tebing tebing batu kapur sisa penambangan dengan aneka bentuk dan juga ada yang berupa ceruk ceruk menyerupai gua. Menjadi pemandangan menarik tersendiri bagaimana sisa penambangan ini secara tidak sengaja membentuk bebatuan nan artistik.

wisata setigi


Berdekatan dengan 99 tangga terdapat kolam air macur Nogo Giri Pancoran, sebuah kolam dengan dekorasi aneka topeng dan patung naga dibgaian ujungnya. Juga ada aneka dekorasi patung berukuran besar. Serta sebuah pelataran dengan sebuah Tahta Raja.

wisata setigi


Mushola bergaya Persia menjadi jujukan kami selanjutnya. Selain digunakan untuk shalat, Mushola dilengkapi dengan empat tiang berarsitektur Persia juga menjadi tempat menarik untuk berswafoto. Makin menarik lagi dengan warna putih Musholla berpadu sempurna dalam naungan langit cerah berwarna biru dengan arakan awan putih.

wisata setigi


Di wisata setigi terdapat candi Topeng nusantara. Masing masing topeng representasi dari 34 propinsi di Indonesia. Mulai dari Sabang hingga Timur Indonesia, ada semua. Berdekatan dengan Candi Topeng Nusantara terdapat panggung pertunjukkan.

wisata setigi


Yang menjadi wisata utama di Wisata Setigi adalah keberadaan danau, air terjun dan jembatan yang membentang di atas danau. Tempat ini suskes membuat para pengunjung berswafoto karena memang tempatnya instagramable banget. Berfoto disini dijamin bikin feed Instagramable mu mendapat jumlah like yang berjibun.

wisata setigi

wisata setigi



wisata setigi



Di danau yang luas kehijauan ini sejumlah permainan air ditawarkan. Ada permain bebek dan sepeda air. Juga tersedia area rumput luas yang cocok digunakan untuk piknik bersama keluarga.

Uniknya lagi, di belakang danau terdapat rumah rumah alan Irian jaya. Rumah rumah mungil ini kedepan digunakan sebagai tempat penginapan.

wisata setigi

wisata setigi


Bersebelahan dengan danau terdapat patung Semar dengan latar belakang Goa. Ceruk Goa yang nampak menua ini didalamnya dilengkapi dengan papan bertuliskan aksara Jawa dengan filosofi Hidup. Selain tulisan Jawa juga diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia dan Inggris.

wisata setigi


Kedepannya, di wisata Setigi bakalan ada wahana air, kolam renang, patung patung nan artistik dan banyak lagi permainan yang ditawarkan. Fasilitas disini juga lengkap, ada Mushola, tempat parkir kendaraan yang luas, pusat kuliner juga ada permainana motor ATV. Dan untuk bisa menikmati semua hiburan ini kita cukup merogok kocek untuk biaya masuk yakni Rp. 15.000 saja.

wisata setigi

wisata setigi



 

Tips and Trick

Tips

  •        Cuaca lumayan panas, gunakan sunscreen, topi atau payung
  •        Karena berada di are bekas pertambangan gunakan sepatu atau sandal yang nyaman
  •        Sebaiknya datang pagi karena pengunjung belum terlalu banyak dan cuaca juga tidak terlalu terik
  •        Sebaiknya datang kemari dengan menggunakan kendaraan pribadi, karena sulit menemukan kendaraan umum

 

Where to Stay
Penginapan Setigi
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY