7 Ranu Paling Indah di Lumajang Bikin Nggak Mau Pulang


prita  July 7, 2021  0 Comment

Ranu di Lumajang tak hanya Ranu Kumbolo lho, masih ada deretan ranu atau danau dengan pesona keindahan tersendiri. Lumajang adalah sebuah kota kecil di Provinsi Jawa Timur yang mungkin masih jarang dikunjungi untuk berwisata. Namun siapa sangka ternyata kota kecil ini memiliki potensi wisata yang cukup menarik untuk dijelajahi. Kota yang mendapat julukan sebagai Kota Pisang ini memang memiliki sederet wisata alam yang memukau dan menarik, salah satunya adalah ranu atau danau.

Lumajang memang memiliki sederet ranu yang memiliki pemandangan indah. Ranu di Lumajang ini lokasinya juga berada di ketinggian sehingga memiliki udara yang sejuk dan sangat bersih. Jika kamu ingin berlibur ke Lumajang, berikut 10 Ranu cantik di Lumajang

1. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo
pegipegi.com

Ranu Kumbolo menjadi ranu cantik di Lumajang pertama yang wajib untuk kamu kunjungi. Ranu yang satu ini memang tidak asing, terutama bagi kamu yang sudah pernah mendaki Gunung Semeru.

Ranu Kumbolo ini disebut sebagai surganya Gunung Semeru karena lokasinya yang berada diatas gunung dengan panorama yang luar biasa. Ranu Kumbolo sering dijuluki sebagai danau diatas gunung dengan pemandangan yang sangat indah. Danau seluas 15 hektar ini berada di jalur pendakian menuju puncak Gunung Semeru, tepatnya setelah pos 4. Biasanya kawasan danau ini digunakan pendaki sebagai tempat beristirahat sebelum menuju puncak atau setelah dari puncak.

Saat musim liburan, kawasan Ranu Kumbolo ini akan dipenuhi dengan tenda para pendaki. Biasanya para pendaki menunggu momen paling indah di danau ini, yaitu saat matahari terbit yang akan muncul di balik bukit.

Paket Wisata murah

Gunung Bromo Istana Para Dewa

Damai Nya Ranu Gumbolo

2. Ranu Pane

Ranu Pane
tempatwisata.pro

Jika Ranu Kumbolo adalah danau yang sering digunakan sebagai tempat istirahat para pendaki yang ingin menuju Gunung Semeru, maka Ranu Pane merupakan pos pertama sebelum mendaki Gunung Semeru.

Lokasi Ranu Pane ini berada dekat dengan pemukiman warga dan kawasan ini juga menjadi tempat pos pendaftaran pendaki yang ingin menuju Semeru. Danau yang berada di Desa Ranu Pane ini memang memiliki pemandangan yang sangat indah dan bisa membuat wisatawan betah berlama-lama. Pemandangan perbukitan indah yang ditanami hasil bumi masyarakat Tengger akan menyambutmu disana. Kamu juga bisa melihat aktivitas dan keseharian masyarakat suku Tengger, seperti berkebun dan memancing. Tak heran jika Ranu Pane juga masuk dalam daftar ranu cantik di Lumajang yang wajib dikunjungi.

Tak hanya pemandangannya yang indah, udara di Ranu Pane ini sangat alami dan sejuk, apalagi jika musim hujan, suhu disini mencapai minus lima derajat Celsius.

3. Ranu Regulo

Ranu Regulo
phinemo.com

Ranu cantik di Lumajang yang satu ini lokasinya berada tak jauh dari Ranu Pane, yaitu Ranu Regulo. Lokasi danau cantik ini memang terbilang agak tersembunyi di balik bukit hijau, namun tidak susah untuk ditemukan karena jaraknya hanya sekitar 2 kilometer berjalan kaki dari Ranu Pane.

Sama halnya dengan Ranu Kumbolo, Ranu Regulo terkenal dengan keindahan pemandangan matahari terbitnya yang mampu memukau para pengunjung. Danau ini berada di ketinggian 2.100 meter diatas permukaan laut yang luasnya mencapai 0,75 hektar.

Ranu Regulo juga menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan kerap dikunjungi wisatawan atau pendaki. Meskipun tak terlalu terkenal seperti Ranu Pane dan Ranu Kumbolo, namun Ranu Regulo sangat layak untuk dikunjungi. Danau ini memiliki air berwana kehijauan yang dikelilingi oleh hijaunya bukit sehingga sangat cocok untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

4. Ranu Bedali

Ranu Bedali
suara.com

Ranu Bedali juga masuk dalam daftar ranu cantik di Lumajang favorit wisatawan. Danau yang berlokasi di Desa Tegalrandu, Klakah, Lumajang ini memang sangat terkenal karena memiliki pemandangan yang indah dengan banyak spot foto yang instagramable.

Lokasi Ranu Bedali memang terbilang agak tersembunyi, untuk itu kawasan danau ini tidak terlalu ramai pengunjung dan suasananya sangat asri. Danau ini lokasinya berada di ketinggian 700 meter diatas permukaan laut dan sangat cocok untuk kamu yang suka dengan suasana alam. Udara di kawasan danau ini juga sangat sejuk karena dikelilingi oleh bukit dan pepohonan rindang. Kamu pun bisa menjelajah danau menggunakan sampan untuk bisa menikmati keindahan Ranu Bedali ini.

Menariknya lagi, di kawasan Ranu Bedali ini terdapat dua air terjun tersembunyi yang sangat alami. Selain pemandangan alam, jika beruntung kamu juga bisa bertemu langsung dengan satwa liar yang hidup dikawasan ini, seperti lutung hingga rusa.

5. Ranu Pakis

Ranu Pakis
indonesiatraveler.id

Ranu cantik di Lumajang yang tak boleh untuk dilewatkan berikutnya adalah Ranu Pakis. Ranu Pakis juga berada di kecamatan yang sama dengan Ranu Bedali, yaitu Klakah. Danau seluas 112 hektar ini juga dikelilingi oleh pegunungan yang asri sehingga menawarkan panorama yang sangat menggoda.

Menariknya, Ranu Pakis ini telah diberi sederet fasilitas yang pastinya bisa mempermudah pengunjung untuk berwisata. Tak hanya itu, kawasan danau ini juga dekat dengan pemukiman warga sekitar sehingga kamu juga bisa melihat keseharian penduduk lokal.

Salah satu fasilitas yang sering digunakan adalah area berkemah atau camping ground. Kamu bisa berkemah dengan keluarga atau teman-teman sambil menikmati Ranu Pakis yang tenang. Kamu pun bisa menikmati keindahan danau ini dari atas bukit dengan latar danau dan pemukiman penduduk sekitar. Danau ini berada di ketinggian 600 meter diatas permukaan laut dengan kedalaman 26 meter, maka tak heran udara disini cukup sejuk dan bisa membuatmu betah berlama-lama.

6. Ranu Klakah

Ranu Klakah
lumajangsatu.com

Masih di kawasan Klakah, ranu cantik di Lumajang selanjutnya dikenal dengan nama Ranu Klakah. Danau ini membentuk segitiga emas dengan Ranu Pakis dan Ranu Bedali yang mana lokasi ketiganya berdekatan dan masih dalam satu kawasan.

Ranu Klakah ini terbentuk dari letusan Gunung Lemongan. Sama halnya dengan kedua ranu lainnya, Ranu Klakah ini juga memiliki pemandangan yang luar biasa karena menghadap langsung ke Gunung Lemongan. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa mencoba berbagai wahana, seperti becak air dan perahu motor.

7. Ranu Darungan

Ranu Darungan
bukanayamjago.blogspot.com

Ranu Darungan juga menjadi salah satu ranu cantik di Lumajang yang keindahannya masih jarang tereksplor. Danau cantik ini lokasinya berada di Kecamatan Pronojiwo dan memiliki pemandangan yang sangat indah.

Ranu Darungan ini memiliki keunikan tersendiri karena adanya Pohon Rekisi yang mengelilinginya sehingga membuatnya rindah. Tak heran jika masyarakat setempat menyebutnya dengan nama Linggo Rekisi. Konon, danau ini merupakan tempat bersejarah yang sudah digunakan sejak zaman Belanda. Hal ini terbukti dengan adanya bangunan yang berfungsi untuk melestarikan anggrek langka. Pengunjung disarankan untuk datang saat musim kemarau karena pemandangan yang ditawarkan sangat indah.

Demikianlah 7 ranu cantik di Lumajang yang bisa kamu kunjungi menikmati keindahan alam. Beragam aktivitas seru juga bisa kamu lakukan di 7 ranu terindah di Lumajang tersebut. Untuk itu segera agendakan perjalanan kamu ke Lumajang ya.



Leave a Reply