Tertawan lekuk Keindahan 10 Wisata Alam di Pasuruan


Fida  April 16, 2021  0 Comment

Pasuruan menjadi salah satu daerah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena dikenal memiliki banyak tempat wisata. Ada cukup banyak tempat wisata alam di Pasuruan yang menawarkan pemandangan indah serta panorama luar biasa.Mengunjungi tempat wisata alam menjadi hal seru yang bisa Anda coba untuk menghabiskan waktu liburan.

Berikut Tempat wisata alam di Pasuruan

1. Air Terjun Gumandar

air terjun gumandar
gotravelly.com

Tempat wisata alam di Pasuruan yang sayang untuk Anda lewatkan adalah Air Terjun Gumandar. Air terjun yang satu ini berlokasi di Jalan Raya Ledug, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya panorama khas Air Terjun Gumandar.

Air yang mengalir di air terjun ini sangat jernih dan cukup deras. Air Terjun Gumandar tidak memiliki sungai sebagai sumber untuk mengaliri air yang jatuh dari tebing, air tersebut berasal dari resapan air yang masuk ke tanah. Pengunjung juga dimanjakan dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti tempat parkir, mushola, tempat istirahat, dan juga toilet.

Review wisata

Air Terjun Coban Cemoro Gading Yang Jarang Terjamah Dan Alami

Seven Summit Pegunungan Nongkojajar Pasuruan

2. Air Terjun Coban Baung

 Air Terjun Coban Baung
nativeindonesia.com

Air Terjun Coban Baung menjadi salah satu tempat wisata alam di Pasuruan yang sayang untuk Anda lewatkan. Wisata air terjun yang satu ini berlokasi di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya air terjun dengan ketinggian mencapai 100 meter.

Tidak hanya dikenal memiliki aliran yang jernih dan deras, air terjun yang satu ini juga menawarkan keindahan di sekelilingnya. Pemandangan yang masih sangat asri dan alami bisa Anda nikmati saat berada di Air Terjun Coban Baung. Lokasinya yang berada di tengah area sawah atau kebun juga menjadikan suasana semakin sejuk dan tenang.

3. Hutan Mangrove Nguling

Hutan Mangrove Nguling
pasuruankab.go.id

Ada cukup banyak tempat wisata alam di Pasuruan yang bisa Anda datangi, salah satunya adalah Hutan Mangrove Nguling. Lokasi dari Hutan Mangrove Nguling berada di daerah Penunggul, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan. Anda dapat mengunjungi hutan mangrove yang satu ini bersama teman maupun keluarga.

Seperti hutan mangrove lainnya, Hutan Mangrove Nguling juga kerap dikunjungi sebagai sarana edukasi bagi anak-anak. Hutan mangrove yang satu ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Beberapa pengunjung mancanegara berasal dari Malaysia, Jepang, Thailand, hingga Australia.

4. Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati
seringjalan.com

Berencana untuk mengunjungi salah satu tempat wisata alam di Pasuruan? Danau Ranu Grati bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda datangi. Danau yang satu ini berlokasi di kawasan Sumberdawesari, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Dari pusat Kota Pasuruan, membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit perjalanan untuk tiba di Danau Ranu Grati.

Tidak hanya bisa menikmati luasnya danau, pengunjung juga dimanjakan dengan latar pegunungan Tengger yang indah. Saat terbaik untuk mengunjungi wisata alam Danau Ranu Grati adalah saat sore hari karena pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan matahari terbenam.

5. Pantai Karang Hitam

 Pantai Karang Hitam
kumparan.com

Salah satu tempat wisata alam di Pasuruan yang sayang untuk Anda lewatkan adalah Pantai Karang Hitam. Sesuai dengan namanya, pantai yang satu ini memiliki karang berwarna hitam dengan jumlah yang banyak. Saat menjelang matahari terbenam adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Karang Hitam.

Pantai yang satu ini sangat indah dan bisa Anda datangi saat berada di Pasuruan, hanya saja kurang sentuhan maksimal sehingga Pantai Karang Hitam belum memiliki fasilitas yang lengkap. Pengunjung juga bisa menikmati banyaknya perahu berwarna-warni yang sedang berlayar saat berada di pantai indah yang satu ini.

6. Bukit Flora

Bukit Flora
ihategreenjello.com

Saat ingin mengunjungi tempat wisata edukasi sekaligus wisata alam di Pasuruan, Anda bisa datang ke Bukit Flora. Bukit Flora merupakan salah satu tempat wisata alam yang beralamat di Jalan Raya Tutur, Krajan Satu, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Anda akan dimanjakan dengan tanaman dan pepohonan yang sangat bervariasi dan juga banyak jumlahnya.

Bukit Flora sangat direkomendasikan untuk didatangi khususnya bagi Anda pecinta tanaman atau bunga. Banyaknya bunga cantik yang bermekaran tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Anda juga bisa mencoba fasilitas seperti flying fox serta outbound saat berada ditempat wisata alam yang satu ini.

7. Taman Pekuncen

 Taman Pekuncen
javatravel.net

Salah satu tempat wisata alam di Pasuruan yang bisa Anda datangi adalah Taman Pekuncen. Taman yang satu ini berlokasi di Jalan Dokter Wahidin Sudiro Husodo, Pekuncen, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. Teman yang satu ini selalu ramai pengunjung saat akhir pekan atau liburan tiba.

Ada berbagai fasilitas yang ditawarkan seperti arena bermain anak sehingga menawarkan suasana yang tenang dan santai. Pengunjung juga akan merasakan sensasi sejuk karena ada banyak sekali tanaman dan berbagai jenis bunga di taman yang satu ini.

8. Kebun Raya Purwodadi

 Kebun Raya Purwodadi
nativeindonesia.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan Kebun Raya Purwodadi yang merupakan salah satu tempat wisata alam di Pasuruan. Kebun Raya Purwodadi bisa Anda datangi di Jalan Raya Surabaya Malang KM 65, Sembung Lor, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan. Tempat wisata alam yang telah didirikan sejak tahun 1941 ini masih ramai didatangi pengunjung hingga saat ini.

Karena keindahannya, Kebun Raya Purwodadi kerap dipilih sebagai tempat melakukan foto shoot, foto prewed, dan lain-lain. Bagi pecinta tanaman anggrek, Anda akan dimanjakan dengan lebih dari 2000 bunga anggrek yang terdiri dari 319 jenis. Seru sekali bukan?

9. Bromo Forest Area

 Bromo Forest Area
nativeindonesia.com

Bromo Forest Area menjadi salah satu tempat wisata alam di Pasuruan yang sayang untuk Anda lewatkan. Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang satu ini memang berada di lereng gunung Bromo. Indahnya pemandangan yang ditawarkan sangat memanjakan mata.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat berada di Bromo Forest Area antaranya Anda bisa mencoba air bike, sky bike, dan lain-lain. Bagi Anda pecinta foto instagramable, mengunjungi Bromo Forest Area bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini di daerah Baledono, Tosari, Kabupaten Pasuruan.

10. The Pines Taman Dayu

The Pines Taman Dayu
jember-berbagi.blogspot.com

Datang ke rumah pohon atau rumah kayu memang menjadi hal seru yang bisa Anda lakukan. Salah satu tempat wisata alam di Pasuruan menawarkan konsep rumah kayu dengan pemandangan indah dan menyatu dengan alam.

The Pines Taman Dayu menawarkan rumah pohon dengan ketinggian 3 m di atas pohon pinus. Pengunjung bisa menyewa untuk menginap di dalam rumah pohon tersebut. Ada berbagai tipe kamar yang memiliki luas hingga fasilitas berbeda yang bisa Anda pilih. Anda dapat mengunjungi The Pines Taman Dayu di daerah Bulukandang, Kecamatan Pandaan, Pasuruan.



Leave a Reply