Sungai Bawah Laut yang Menjadi Misteri, Berani Menyelam Kesini?


Reni  September 12, 2022  0 Comment

Hampir sepertiga bagian dari bumi adalah laut dan danau sehingga pastinya ada danau dan laut yang jarang diselami oleh manusia. Hingga hampir sebagian laut yang pernah diamati oleh seorang ahli kelautan yang melakukan penelitian di dasar laut untuk menelusuri fenomena bawah laut. Beberapa pengalamannya hingga menemukan sungai bawah laut. Percaya tidak percaya memang Mukjizat Allah nyata Adanya salah satunya adalah misteri di dalam laut yang jarang diketahui oleh manusia.

Pada umumnya Sungai itu berada di daratan dan sejajar dengan lautan namun, percayakah Anda bahwasanya terdapat salah satu fakta di dunia bahwasanya terdapat sungai bawah laut di bumi? Mungkin ini terdengar aneh, namun demikian di Al-Qur’an sebagaimana kitab bacaan umat Muslim mengatakan bahwa ada bagian dari bumi mengenai fenomena sungai di dasar laut.  

Tuhan menciptakan lautan dan daratan yang sangat luas dan tidak jarang ada beberapa wilayah yang jarang bahkan hampir tidak pernah terjamah oleh manusia. Sehingga daerah daratan dan lautan tersebut hanyalah sebatas misteri karena adanya pantangan atau bahaya yang membuat manusia tidak boleh mendatangi wilayah tersebut, alhasil hal ini membuat ketidak tahuan manusia terkait mukjizat tuhan mengenai sungai di laut.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai beberapa sungai bawah laut yang menjadi misteri karena kisahnya. Bagi Anda yang memiliki kemampuan menyelam, Tertarikkah Anda untuk menyelami sungai bawah laut? Berikut adalah beberapa daftar wilayah yang terdapat sungai di bawah laut.

Misteri Sungai Bawah Laut Mexico

Seorang peneliti kelautan bernama Jacques Yves Costeau pernah melakukan penelitian di dasar laut untuk Discovery Channel. Ia berhasil menelusuri fenomena bawah laut di Cenote Angelita, Mexico. Saat melakukan aktivitasnya Costeau dibuat takjub karena fenomena sungai bawah laut yang jarang sekali diketahui oleh manusia. Costeau menemukan air tawar di tengah-tengah air asin hal ini yang membuat Costeau menjadi penasaran dan melanjutkan penelitiannya.

Meskipun terkesan menakjubkan hal yang perlu Anda ketahui bahwasanya sungai di Mexico ini menyimpan sebuah misteri yang banyak dibicarakan dapat menimbulkan berbagai hal yang membahayakan bagi kehidupan di laut. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh ahli kelautan Mexico menyatakan bahwasanya di dasar laut tepatnya di sungai bawah laut tersebut terdapat unsur senyawa kimia yang berbahaya bagi makhluk di laut namun tidak berbahaya bagi manusia. Senyawa tersebut adalah gas sulfide H2S yang dapat membahayakan makhluk laut karena sifatnya yang asam.

Dimana apabila Gas Sulfida yang memiliki sifat asam apabila bercampur dengan air asin laut dengan air tawar danau dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan bagi makhluk di laut. Fenomena alam sungai bawah laut merupakan bagian dari vulkanologi atau bersangkutan dengan bidang studi tentang pegunungan berapi, yang membahas tentang lava, magma, hingga fenomena geologi yang berhubungan dengan laut dan gunung.

Keberadaan sungai bawah laut di Cenote Angelita, Mexico terdapat pada kedalaman 60 meter, namun demikian itu bukanlah sungai yang sesungguhnya. Pasalnya warna kecoklatan seperti air sungai tersebut merupakan lapisan Gas Hidrogen Sulfida hingga warna kecoklatan tersebut bukanlah air tawar. Gas ini biasa dihasilkan dari saluran pembuangan kotoran sehingga Apabila termakan atau hingga tercampur dengan air laut dapat berdampak bahaya bagi kehidupan laut.

Suasana di Cenote Angelita, Mexico sudah lengkap dengan disertainya banyaknya pohon di tepi danau lengkap dengan daun yang berguguran.

Asal-Usul Sungai Bawah Laut Mexico

Sejak lama teori ini menjadi perdebatan para ilmuan mengenai kelautan, bagaimana tidak pasalnya air asin dengan air tawar yang tidak menyatu adalah suatu hal yang mustahil. Namun demikian pada fakta di lapangan sungai di Mexico ini sama sekali tidak menyatu dengan air laut. Beberapa ilmuan ada yang mengatakan bahwasanya fenomena ini bernama Halocline. Keadaan ini yang menyebabkan area vertikal yang letaknya berada di bawah laut air laut yang memiliki kadar garam berubah dengan cepat seiring perubahan kedalamannya.

Apabila diperhatikan dengan seksama fenomena ini terdapat sebuah dinding pemisah antara air asin dan air tawar. Hal ini berubah karena perubahan kadar garam yang berpengaruh terhadap kepadatan air. Sehingga apabila diamati dengan jeli air asin dan air tawar jika bertemu maka akan muncul semacam garis pembatas di antara keduanya.

Fakta Menarik Sungai Bawah Laut Mexico

Salah satu fenomena yang membuat gempar dunia penelitian kelautan adalah fenomena sungai bawah laut di Cenote Angelita, Mexico. Bagaimana tidak secara teori air garam dengan air tawar harusnya bisa melebur menjadi satu, namun fenomena di Mexico tidak seperti itu. Hal inilah merupakan salah satu mukjizat tuhan yang sulit untuk dimengerti secara akal manusia. Namun hal ini nyata terjadi di kehidupan nyata.

Tahukah Anda selain fakta bahwasanya di Mexico terdapat sungai di bawah laut ada beberapa fakta menarik yang membuat banyak ilmuwan beradu pendapatnya. berikut adalah beberapa fakta menarik mengenai fenomena sungai bawah laut di Cenote Angelita, Mexico.

1. Asal Mula fenomena sungai bawah laut di Cenote Angelita, Mexico.

Asal Mula fenomena sungai bawah laut di Cenote Angelita, Mexico
mybestplace.com

Kondisi air sungai yang berada di dasar laut bukanlah seutuhnya air tawar pada umumnya. Hal ini karena peristiwa mengenai terbentuknya sungai di bawah laut dan teori ilmu kegunungan berapi. Banyak ilmuwan yang beranggapan bahwasanya sungai di dasar laut tersebut akibat suatu kejadian yang melibatkan gunung dan ilmu geografi mengenai pergeseran lempeng bumi yang menyebabkan fenomena sungai dalam laut di Cenote Angelita, Mexico.

2. Terdapat pepohonan besar

Terdapat pepohonan besar
mymodernmet.com

Seperti yang telah dilakukan pengamatan oleh Jacques Yves Costeau dalam videonya mengatakan bahwa di sekitar sungai tersebut terdapat pepohonan besar lengkap dengan daun yang berguguran. Itu artinya pada beberapa abad silam wilayah tersebut merupakan wilayah dataran yang saat ini menjadi wilayah perairan karena meluapnya air laut.

Gotravelly

Wisata Air Gronjong Wariti, Wisata Viral Dengan 37 Wahana!

Wisata Air Rintisan Toyo Bening

3. Terdapat Senyawa Kimia yang Berbahaya

Sungai Bawah Laut
wkyc.com

Berdasarkan pengamatan para ahli mengenai penelitian yang dilakukan oleh Jacques Yves Costeau menyatakan bawah fenomena di Cenote Angelita, Mexico merupakan fenomena mengenai gunung berapi. Hal ini yang menyebabkan senyawa kimia H2S (Gas Hidrogen Sulfida) berbahaya bagi kehidupan air laut, namun tidak bagi kehidupan manusia.

4. Keberadaan sungai bawah laut di Cenote Angelita, Mexico.

Keberadaan sungai bawah laut di Cenote Angelita, Mexico
paseotours.com

Keberadaan sungai  di Cenote Angelita, Mexico berada di tengah hutan sehingga tidak heran apabila ditemukan pohon besar di kedalaman 60 m laut Mexico. Melalui keberadaan 60 m dari permukaan laut tentunya tekanan air di bawah laut cukup tinggi sehingga berbahaya bagi pengunjung yang belum memiliki pengalaman menyelam yang tinggi.

Tidak hanya itu, karena keberadaanya yang cukup dalam membuat tempat ini cenderung gelap Hal ini tentunya membahayakan bagi manusia yang tidak memiliki pengalaman menyelam yang profesional. Karena dikhawatirkan dapat terseret arus air laut dan hilang.

Demikianlah informasi mengenai fenomena di Cenote Angelita, Mexico, dan beberapa fakta yang menarik. Masihkah Anda tertarik untuk mendalami lauta Mexico untuk melihat sungai di dalam laut?



Leave a Reply