Air Terjun Coban Cemoro Gading Yang Jarang Terjamah Dan Alami

Air terjun Coban Cemoro Gading

fandyachmad | Tourist
Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia | Waterfall
27 Oct 2020


Air Terjun Coban Cemoro Gading Yang Jarang Terjamah Dan Alami
Nongkojajar selain terkenal dengan sebutan kota Apel Nongkojajar juga menyimpan banayk sekali surga tersembunyi yang jarang di ketahui dan salah satunya berada di Ngadirejo yaitu coban cemoro gading

How to Get There

Coban Cemoro Gading adalah sebuah air terjun yang masih tergolong asri , alami dan tergolong belum terlalu terjamah ni guys dengan karakteristik bebatuan yang melatar belakangi tempat ini.

Lalu bagaimana cara untuk menuju ke air tejrun coban cemoro gading ini ???

Karena berada di lereng pegunungan Tengger atau lebih tepatnya di bawah gunung Bromo , air terjun cemoro gading ini berada pada lembah yang lumayan terjal ni guys serta akses jalannya yang tergolong susah pula. Untuk menuju ke sana Anda tinggal menuju ke pusat Nongkojajar atau pasar nongkojajar lalu anda tinggal mengikuti arah menuju ke bromo saja ni guys jalurnya , dan dari pusat pasar nongkojajar masih harus di tempuh selama 11 km untuk menuju ke desa Ngadirejo ni guys. Sebelum memasuki awal desa ngadirejo terdapat tikungan tajam di kanan jalan dan di tikungan tersebut terdapat jalur kecil yang terdapat tempat sesajen orang hindu , nah disitulah jalan untuk menuju ke air terjun coban cemoro gading ni guys. Karena bukan tempat wisata jadi anda tak akan menemukan satupun papan petunjuk untuk menuju kesana , jika anda kebingungan dan tak pahan arah tanyalah pada warga setempat agar tidak tersesat saat mencarinya. Nah setelah anda memasuki jalan kecil tadi atau biasanya di gunakan sebagai jalan warga setempat untuk menuju ke ladang mereka , dari situ lurus saja sekitar 300 meter dan motor tak bisa parkir hingga ke dasar sungai jadi kita bisa menitipkan motor di ladang warga setempat , atau jika ingin amannya anda bisa menitipkan kendaraan anda di perkampungan terdekat di sekitar balai desa ngadirejo bi guys yang terdekat. Nah setelah itu anad tinggal tracking kurang lebih 15 menit untuk sampai di dsasar sungai ni guys melalui ladang kentang warga. Karena konstrksi tanah yang gembur jika musim kemarau jalan bisa sangat berdebu dan apabila musim penghujan jalur bisa snagat licin dan becek ni guys , so kita harus selalu waspada dan hati-hati saat melangkah ni guys.

What to Do

Lalu apa saja yang bisa kita lakukan disini ????

Setelah tracking yang lumayan menguras tenaga tadi untuk menuju ke bawah , akhirnya kita tiba di dasar sungai dimana kita akan di sambut oleh aliran sungai yang sangat jernih dengan dinding bebatuan yang sangat megah di kanan kiri kita. Dan tak lama juga setelah kurang lebih 50 meter dari awal kita turun tadi akhirnya kita sampai di air terjun cemoro gading ini guys. Dan disini kita di sambut oleh aliran air terjun yang sangat indah dan megah serta pastinya meyejukkan kita ni guys. Bebatuan besar yang menghiasai sekiat air terjun membuat kesan eksotis dan berbeda terdapat di coban cemoro gading ini guys. Di bawah aliran air terjun tak terdapat kolam yang pada umumnya namun hanya bebatuan besar karena airnya jatuh langsung mengenai batu di bawahnya ni guys. Air nya sangat jernih dan dingin rasa lelah setelah tracking tadi seolah terbayar lunas saat sampai di air terjun cemoro gading ini guys. Di sini terdapat lahan yang cukup luas dan bisa kita gunakan untuk beristirahat sejenak sambil memandangi air tejrun yang sangat eksotis ini di depan kita. Selain itu mengabadikan moment dengan kamera andalan kita adalah kegiatan wajib yang harus kita lakukan ni guys , karena indah serta uniknya air tejrun akan membuat hasil jepretan foto kita sangat indah dan menawan ni guys. Selain berfoto disini kita juga bermain air di aliran bawahnya yang sangat dangkal karena disini juga terdapat beberapa titik sumber mata air di sekitar air terjun dan bisa kita gunakan untuk membasuh wajah ataupun badan untuk menghilangkan penat , letih serta lelah saat menuju keisni ni guys. Air tejun cemoro gading ini tergolong sangat alami dan jarang di kunjungi oleh wisatawan ni guys sehingga saat berkunjung kesini suasana alamai serta tenang serta sepinya suasana berasa milik pribadi ni guys.

Air terjun Coban Cemoro GadingAir terjun Coban Cemoro Gadingwisata di pasuruan



Wisata alam di pasuruan



Tips and Trick

                                                           

                   Tips dan trik saat berkunjung ke air tejrun cemoro gading :

1.      Bawa makanan dan minuman sendiri karena tak ada penjual makanan ya guys

2.       Pakai sepatu atau sandal yang nyaman untuk tracking

3.      Datang di pagi hari karena jika siang tempat ini bisa berkabut

4.      Segera pergi dari air terjun jika hujan turun karena bisa terjadi banjir

5.      Tanya warga lokal jika tak tahu arah menuju kesini

6.      Bawa orang lokal jika ragu ni guys untuk guide kita

7.      Jaga sikap dan omomngan mengingat tempat yang masih sangat alami

8.      Jaga tempat ini agar selalu alami akan keberadaannya dengan tidak mengotori atau merusaknya

 

    

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.