Yuk Jelajah 8 Piramida Terbesar di Dunia


prita  October 14, 2022  0 Comment

Piramida terbesar di dunia ternyata cukup menarik untuk dikunjungi. Jika berbicara tentang piramida, pastinya selalu identik dengan Mesir dan padang pasirnya. Namun, ternyata piramida tak hanya bisa kamu temukan di Mesir saja,  lho.

Piramida modern dan kuno bisa kamu temukan dalam berbagai bentuk dan ukuran. Untuk menentukan piramida mana yang paling besar, biasanya dibandingkan dengan ketinggiannya, tapi ada juga yang membandingkan dari segi volume-nya. Nah, untuk kamu yang belum tahu piramida apa saja yang terbesar di dunia ini, berikut adalah daftarnya.

1. Piramida Khufu

Piramida Khufu
versesofuniverse.blogspot.com

Piramida terbesar di dunia yang pertama adalah Piramida Khufu atau yang juga dikenal sebagai The Great Pyramid of Khufu. Berada di Kota Kairo, Mesir, piramida ini menjadi salah satu yang tertua dan satu-satunya dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno.

Lebih dari 2 juta blok batu digunakan untuk membangun piramida ini selama periode 20 tahun yang berakhir sekitar 2560 SM. Piramida Khufu ini memiliki panjang 230 meter dan tinggi 139 meter.

Gotravelly

Lezatnya Soto Selingkuh, Kuliner Khas Sumenep Yang Unik Dan Patut Dicoba

Serunya Mencoba Sensasi Seluncuran Di Lawu Green Forest

2. Piramida Khafre

Piramida Khafre
republika.co.id

Masih di Mesir, selain ada Piramida Khufu, ada juga Piramida Khafre yang masuk dalam daftar piramida terbesar di dunia yang wajib untuk kamu kunjungi. Piramida Khafre ini merupakan piramida terbesar kedua di Giza setelah Piramida Khufu yang diabngun oleh ayah Khafre, Khufu.

Piramida ini tampaknya sedikit lebih besar dibandingkan dengan Piramida Khufu karena dibangun dibangun pada ketinggian sehingga terlihat lebih tinggi. Piramida Khafre ini memiliki panjang dasar 215,5 meter dan awalnya naik ke ketinggian 143,5 meter, namun sekarang 12 meter lebih pendek. Piramida Khafre ini memiliki ciri khas berupa lapisan paling atasnya merupakan batu halus yang menjadi satu-satunya batu selubung yang tersisa di Piramida Giza.

3. Piramida Cholula

Piramida Cholula
cntraveler.com

Menempati posisi ketiga ada Piramida Cholula di Meksiko yang menjadi piramida terbesar di dunia. Piramida ini tampaknya merupakan bukit alami yang dipuncaknya terdapat gereja Katolik. Gereja ini adalah Iglesia de Nuestra Senora de los Remedios yang dibangun oleh Spanyol pada tahun 1594.

Menurut Guinness Book of Records, kuil ini sebenarnya merupakan sebuah piramida terbesar yang dibangun di dunia ini dengan total volume diperkirakan lebih dari 4,45 juta meter persegi. Volume ini didasarkan pada ukuran 450 kali 450 meter dan tinggi 66 meter.

Komplek ini terdiri dari beberapa struktur yang dibangun di atas satu sama lain, mulai dari abad ke-3 SM hingga abad ke-9 Masehi. Dasar piramida ini sendiri hanya 295 kali 270 meter yang memberikan volume jauh lebih kecil. Untuk itulah, Piramida Cholulu ini masih menempati sebagai posisi ketiga dalam daftar piramida terbesar yang pernah dibangun di dunia ini.

4. Piramida Merah

Piramid Terbesar di Dunia
planegypttours.com

Piramida terbesar di dunia yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Piramida Merah atau Red Pyramid. Dibangun oleh Firaun Sneferu, Piramida Merah ini merupakan hasil dari upaya pertama untuk membangun piramida.

Piramida Merah ini berukuran 220 meter dengan tinggi 104 meter, yang awalnya piramida ini menjadi piramida terbesar di Mesir hingga pembangunan Piramida Giza. Piramida Merah ini memiliki keistimewaannya tersendiri, yaitu asanya akses interior yang relatif tidak teratur dan pengunjung yang tidak terlalu banyak sehingga tidak ada kerumunan.

5. Piramida Bent

Piramida Bent
egypttoursportal.com

Piramida Bent atau Piramida Bengkok ini juga menjadi salah satu piramida terbesar di dunia yang cukup menarik perhatian wisatawan untuk datang. Berlokasi di Dahsur, Piramida Bent ini adalah piramida kedua yang dibangun oleh Firaun Sneferu.

Piramida Bent ini sempat tutup sejak tahun 1965 dan baru dibuka kembali untuk umum tahun 2019 lalu. Piramida ini terbilang cukup unik jika dibandingkan dengan piramida lainnya, pasalnya piramida ini memiliki bentuk bengkok yang unik. Berusia lebih dari 4.000 tahun, para arkeolog telah mencatat bahwa arsitekturnya merupakan transisi antara pirami Djoser yang dibangun antara 2667 SM – 2648 SM dan Piramida Meidum, yang juga berasal dari tahun 2.600 SM.

Bagian bawah piramida ini masih ditutupi dengan batu kapu aslinya. Sisi-sisinya membentuk sudut 54 derajat, tetapi kemudian berangsur menjadi 43 derajat mendekati puncak, sehingga tampak bengkok. Sama halnya dengan piramida lainnya di Dashur, Piramida Bent ini juga terdaftar sebagai situs Warisan Dunia UNESCO.

6. Piramida Luxor

Piramida Luxor
en.wikipedia.org

Piramida terbesar di dunia yang satu ini memang agak berbeda dengan lainnya, pasalnya Piramida Luxor ini merupakan piramida modern yang berupa sebuah hotel yang terletak di Las Vegas.

Dibuka pada tahun 1993, Hotel Luxor ini memiliki 2.526 kamar tamu, area kasino yang besar dan tempat hiburan di lantai 2. Hotel berbentuk piramida ini memiliki panjang dasar mencapai 183 meter dan tinggi 110 meter. Ukuran tersebut memang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan bangunan inspirasinya, yaitu Piramida Giza yang ada di Mesir.

7. Piramida Matahari

Piramida Matahari
britannica.com

Pyramid of the Sun atau Piramida Matahari ini merupakan salah satu piramida terbesar di dunia yang berada di Meksiko. Piramida Matahari ini menjadi bangunan terbesar di Teotihuacan dan salah satu piramida terbesar di Mesoamerika.

Nama ini berasal dari Suku Aztec, yang saat itu mengunjungi Kota Teotihuacan setelah berabad-abad ditinggalkan. Piramida Matahari ini dibangun dalam dua fase. Pada tahap konstruksi pertama sekitar 100 M membawa piramida ke hampir seperti yang terlihat saat ini. Tahap kedua konstruksi menghasilkan ukuran yang telah selesai yaitu 225 meter dengan tinggi 75 meter.

8. La Danta El Mirador

La Danta El Mirador
yucatanmagazine.com

Piramida terbesar di dunia yang terakhir adalah La Danta El Mirador yang berada di Guatemala. El Mirador merupakan kota Maya besar yang berkembang sekitar abad ke-6 SM.

Pembangunan piramida ini sempat terhenti beberapa abad, konstruksi lebih lanjut dilakukan hingga kota tersebut ditinggalkan di akhir abad ke-9. Reruntuhan ditemukan kembali pada tahun 1926 namun masih menerima sedikit perhatian karena lokasinya yang berada jauh dalam hutan di Guatemala utara. Sekarang, situs ini sebagian besar masih tetap ditutupi oleh hutan tropis dan dua struktur terbesar di El Mirador, komplek El Tigre dan Komplek La Danta memberikan kesan dua bukit besar jika dilihat dari kejauhan.

Komplek La Danta terdiri dari sejumlah platform, dimana platform terendah berukuran 590 meter dengan tinggi 7 meter dan mendukung serangkaian bangunan. Menurut beberapa sumber, komplek La Danta ini memiliki total volume 2.800.000 meter kubik yang akan menjadikannya salah satu struktur terbesar.

Itulah tadi daftar piramida terbesar di dunia yang cukup menarik untuk dijelajahi. Memang sih tidak semua bisa dikunjungi, namun setidaknya kamu bisa tahu bahwa tak hanya Mesir yang memiliki piramida paling besar di dunia, tapi ada juga negara lain yang memiliki piramida dengan ukuran yang besar.



Leave a Reply