10 Menu Kepiting Enak dari Berbagai Negara Bikin Perut Bahagia


prita  March 3, 2021  0 Comment

Kamu penggemar Menu Kepiting enak? Hewan bercangkang yang satu ini memang banyak sekali penggemarnya, khususnya orang Indonesia. Bahkan di Indonesia memiliki berbagai resep dengan kepiting sebagai bahan dasarnya. Konon, kepiting ini diolah dengan cara apa pun atau dengan bumbu apa pun akan tetap terasa lezat. Tak hanya di Indonesia, ternyata kepiting juga menjadi salah satu kuliner favorit di berbagai Negara. Mereka pun menyajikan kepiting dengan resep dan caranya sendiri yang khas. Serperti apa? Berikut adalah Menu kepiting dari berbagai Negara

1. Chili Crab, Singapura

Chili Crab
qantas.com

Menu kepiting dari berbagai dunia yang patut kamu coba ini berasal dari Singapura. Dikenal dengan nama Chili Crab, sajian ini menjadi hidangan nasional Singapura, lho. Tak heran jika wisatawan yang berkunjung ke Singapura kerap menyempatkan untuk mencicipi sajian yang satu ini.

Chili Crab ini pertama kali dibuat oleh Cher Yam Tian di tahun 1956. Kemudian anaknya yang bernama Roland Lim memopulerkannya dengan menyajikannya di restoran miliknya. Bahan untuk membuat chili crab ini adalah kepiting matang, bawang putih, jahe, cabai merah, saus tomat, kecap asin , daun bawang dan daun ketumbar. Agar bumbu lebih meresap, kepiting harus dipotong-potong terlebih dahulu.

Review Kuliner

Seafood Pak Rejo : Seafood Terenak Di Surabaya Timur, Semuanya Fresh!

Nyobain Makan Seafood Kekinian Di Bah Bleng Seafood Madiun

2. Poo Cha, Thailand

Poo Cha
tasteatlas.com

Thailand juga menjadi salah satu Negara yang menyajikan menu kepiting lezat yang dikenal dengan nama Poo Cha atau Poo Ja. Poo Cha dianggap sebagai salah satu menu kepiting dari berbagai Negara yang cukup banyak penggemarnya.

Baca juga :  10 Makanan Asli Tradisional Indonesia Ini Bisa Meningkatkan Gairah lho!

Poo Cha merupakan hidangan khas Thailand yang terdiri dari kepiting isi yang digoreng. Sajian ini paling nikmat disiapkan dengan kepiting segar yang dikukus kemudian dagingnya dilepas dan dikelupas sebelum dipadukan dengan daging babi, udang, kecap, saus ikan, bawang putih dan beragam bumbu lainnya. Adonan tersebut kemudian dimasukkan dalam cangkan kepiting, kemudian digoreng atau direbus. Poo cha biasa dinikmati dengan saus disampingnya.

3. Bun Rieu Cua, Vietnam

Bun Rieu Cua
hanoikids.org

Menu kepiting dari berbagai dunia yang wajib untuk dicicipi selanjutnya adalah Bun rieu cua. Sajian asal Vietnam ini merupakan sup mi beras yang dibumbui dengan tomat, saus ikan, terasi dan kaldu daging. Untuk lauknya pun beragam, ada kepiting, tahu hingga daging babi. Tak lupa biasanya juga diberi tambahan sayuran hijau, kecambah dan daun bawang. Jenis kepiting yang digunakan untuk membuat sajian ini biasanya adalah kepiting air tawar.

4. Ginataang Alimasag, Filipina

Ginataang Alimasag
asianinspirations.com.au

Ginataang alimasag menjadi salah satu menu kepiting dari berbagai Negara yang tak boleh ketinggalan untuk dicicipi juga. Kuliner khas Filipina ini merupakan sup sayur yang terbuat dari seafood, seperti udang, kepiting atau ikan yang diolah dengan aneka rempah, santan, kacang panjang dan saus ikan.

Jenis kepiting yang digunakan untuk membuat sajian ini adalah kepiting mangrove atau kepiting lumpur dan rajungan. Ginataang alimasag cenderung memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit manis. Biasanya sajian ini dinikmati dengan nasi hangat.

5. Gejang, Korea Selatan

Gejang
bigoven.com

Menu kepiting dari berbagai dunia yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Gejang. Gejang atau Gejeot merupakan salah satu sajian khas Korea Selatan yang berupa kepiting mentah yang dimarinasi.

Gejang diolah dengan ragam bumbu tradisional khas Korea seperti ganjang atau saus yang berbahan dasar lada. Sajian khas ini secara tradisional disajikan dengan nasi sebagai pendampingnya agar terasa lebih nikmat.

Baca juga :  7 Rekomendasi Tempat Makan Sop Sumsum Enak di Jakarta

6. Crab Masala, India

Crab Masala
recipesaresimple.com

Bila kamu pecinta pedas, menu kepiting dari berbagai Negara yang satu ini wajib untuk dicoba. Crab Masala ini merupakan sajian khas India yang menggunakan bubuk rempah bernama Masala. Masala memang umum dipakai di kawasan India, Sri Lanka, Bangladesh, Nepal, Pakistan dan Afghanistan.

Crab Masala ini memiliki campuran rempah-rempah yang beraroma. Rasa pun pedas dan berpadu dengan daging kepiting yang manis. Bahan-bahan yang digunakan juga cukup sederhana, yaitu kepiting, bawang putih, bawang merah, cabai, minyak sayur dan santan. Sajian ini juga membutuhkan sederet rempah seperti jintan hitam, lada hitam, jahe, ketumbar, biji adas, daun ketumbar dan kunyit. Crab Masala ini biasa disajikan dengan nasi atau roti pipih.

7. Bisque, Perancis

Bisque
noseychef.com

Menu kepiting dari berbagai Negara yang lezat selanjutnya adalah Bisque. Bisque merupakan sup lembut asal Perancis yang kuah kaldunya terbuat dari cangkang lobster atau kepiting yang didihkan agar terasa gurih.

Untuk membuat sup ini bahan-bahannya pun cukup mudah, yaitu bawang putih, bawang merah, wortel, adas, daun salam, pure tomat, lada hitam, garam, minyak zaitun, air perasan lemon dan daging kepiting. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur degan kuah kaldu yang terbuat dari cangkang kepiting atau lobster. Sajikan sup ini dengan daging kepiting, krim dan adas sebagai hiasannya.

8. Crab Rangoon, Amerika Serikat

Crab Rangoon
delish.com

Crab Rangoon juga menjadi salah satu Menu Kepiting enak di Dunia yang cukup populer dan banyak penggemarnya. Crab Rangoon merupakan sajian Amerika-Tiongkok yang terdiri dari pangsit goreng yang berisikan daging kepiting, bawang putih, daun bawang dan krim keju.

Sajian ini konon pertama kali disajikan di sebuah bar di kawasan Oakland atau San Fransisco. Namun, ada juga yang mengklaim jika kuliner ini ditemukan pertama kali di kawasan Missouri. Terlepas dari sejarahnya, sekarang Crab Rangoon ini menjadi salah satu kudapan favorit yang biasa disajikan sebagai menu pembuka di restoran bergaya Tiongkok di Amerika. Biasanya, Crab Rangoon disajikan dengan aneka saus seperti mustard, kecap atau saus prem.

Baca juga :  Sajikan Ikan Segar, Cobain 7 Tempat Makan Seafood Enak di Lampung

9. Tenshindon, Jepang

Tenshindon
scmp.com

Menu Kepiting enak di Dunia yang satu ini dikenal dengan nama Tenshindon. Sajian ini merupakan makanan khas Jepang sederhana yang menggabungkan telur dadar dan nasi daging kepiting.

Sajian yang termasuk donburi ini dibuat dengan menggunakan beberapa bahan. Pada bagian tengah dari Tenshindon ini diberi telur dadar yang menggunakan daging kepiting, bawang negi Jepang, jamur, kacang polong dan irisan jahe.

Makanan ini biasa disajikan dalam mangkok dimana nasi diteruh terlebih dahulu kemudian telur dadarnya diletakkan diatasnya. Sebagai tambahan, biasanya diberi saus kental yang dituang diatas telurnya.

10. Chinese Mitten Crab, Tiongkok

Chinese Mitten Crab
pinterest.co.uk

Chinese Mitten Crab menjadi salah satu Menu Kepiting enak di Dunia yang terakhir untuk dicoba. Chinese Mitten Crab merupakan jenis kepiting yang memiliki bulu pada cakarnya. Kepiting jenis ini terkenal sangat lezat dan dagingnya sangat besar.

Chinese Mitten Crab ini memiliki daging yang tegas, namun lembut dan halus. Biasanya kepiting ini diolah dengan cara dikukus secara utuh tanpa bumbu, meskipun begitu dagingnya terasa lebih manis dibandingkan dengan daging kepiting pada umumnya. Di Tiongkok, kepiting ini biasanya dikonsumsi dengan dicelupkan dalam campuran cuka beras dan kecap, kemudian diatas diberi irisan jahe.

Demikianlah 10 menu kepiting dari berbagai Negara yang patut untuk dicoba. Jika kamu masih belum bisa berkunjung ke negaranya langsung, kamu masih tetap bisa mencicipinya dirumah dengan cara membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba.



Leave a Reply