10 Roti Khas Jerman Gurihnya beda, Kamu Sudah Coba?


prita  July 20, 2021  0 Comment

Roti Khas Jerman biasanya disajikan dengan menaruh olesan mentega diatasnya lalu diberi topping keju, daging ham hingga sosis.Sudah bukan rahasia lagi jika masyarakat Jerman sangat menyukai roti. Orang Jerman memang menikmati roti kapan saja, mulai dari sebagai menu sarapan, camilan hingga sebagai menu makan malam. Tapi, tahukan kamu jika di Jerman ternyata terdapat berbagai macam jenis roti yang nikmat? Nah, jika kamu berkunjung ke Jerman, berikut ini adalah 10 roti di Jerman yang wajib untuk kamu coba.

1. Pretzel

Pretzel
cuisinart.com

Roti di Jerman pertama yang wajib untuk kamu coba adalah Pretzel atau Brezel. Pretzel ini memang dikenal sebagai roti paling terkenal di Jerman dan roti ini bisa ditemukan dengan mudah di seluruh Jerman.

Pretzel memiliki kerak cokelat yang sedikit keras namun lembut dan kenyal di bagian dalamnya. Beberapa varian pretzel ini bisa kamu temukan di Jerman, ada pretzel yang ditaburi dengan garam atau biji wijen dan ada juga pretzel yang ditaburi mentega. Bentuk dari pretzel ini pun bervariasi dan berbeda-beda di setiap wilayah di Jerman.

Gotravelly

Nongkrong Di Eggstop, Tempat Makan Punya Crazy Rich Surabaya. Terlalu Mahal?

Lezatnya Bakso Nuklir, Salah Satu Bakso Legendaris Jombang!

2. Bayerische Breze

Bayerische Breze
speechfoodie.com

Selain pretzel, Bayerische Breze juga menjadi salah satu roti di Jerman yang cukup populer. Bayerische Breze merupakan pretzel tradisional Bavaria yang bentuknya melambangkan dua lengan yang dilipat untuk berdoa.

Bayerische Breze ini tersedia dalam berbagai versi dan ukuran, biasanya menggunakan taburan garam kasar diatasnya. Pretzel khas Bavaria ini memiliki kerak yang lebih tipis, berwarna cokelat gelap, berkilau dan memiliki permukaan retak setelah dipanggang.  Pretzel ini lebih tebal dan tidak diiris memanjang di tengah. Bayerische Breze ini sangat nikmat jika dinikmati dengan mentega atau keju.

3. Dresdner Stollen

Dresdner Stollen
id.wikipedia.org

Roti di Jerman yang wajib kamu coba saat berkunjung kesana selanjutnya adalah Dresdner Stollen. Dresdner Stollen merupakan roti buah khas Jerman yang aromatik dan identik dengan perayaan Natal.

Dresdner Stollen ini terbuat dari adonan ragi, mentega yang diberi bumbu, kulit lemon, almond manis dan pahit. Roti ini memiliki bentuk yang cukup besar dan saat dipanggang, roti diberi mentega dan gula bubuk sehingga rasa yang dihasilkan semakin nikmat.

4. Pumpernickel

Pumpernickel
biggerbolderbaking.com

Kalau kamu adalah penggemar roti gandum, maka roti di Jerman yang satu ini juga wajib untuk kamu cicipi. Pumpernickel merupakan roti gandum hitam yang memiliki rasa sedikit manis. Roti ini terbuat dari starter sourdough dan gandum hitam dengan buah gandum utuh sebagai bahan utamanya.

Penamaan Pumpernickel ini jika diartikan secara harfiah adalah ‘Kentut Iblis’. Memang nama dari roti ini cukup unik, bahkan terbilang aneh, namun rasa dari roti ini tak perlu diragukan lagi. Pumpernickel khas Jerman sama sekali tidak menggunakan pewarna namun menggunakan Maillard untuk memberikan warna cokelat yang pekat dan rasa serta aroma manis yang sangat nikmat.

5. Westfälischer Pumpernickel

Westfälischer Pumpernickel
deutsche-delikatessen.de

Westfälischer Pumpernickel pertama kali hadir pada tahun 1450 sebagai roti hitam Westphalia. Sama halnya dengan Pumpernickel, roti ini juga menjadi roti tradisional Jerman yang dibuat dengan gandum hitam kasar atau kombinasi tepung gandum hitam dan kernel Gndum utuh. Roti ini juga bisa diberi dirup malt atau sedikit gula.

Westfälischer Pumpernickel menjadi salah satu roti di Jerman yang cukup banyak penggemarnya. Roti ini memang memiliki aroma yang nikmat dan tidak memiliki kerak. Proses pembuatan roti ini dengan menempatkan adonan dalam wajan tertutup dan dipanggang perlahan dalam suhu rendah. Oven berisi uap dan diproses dalam kurun waktu 16 hingga 24 jam hingga berwana cokelat tua atau hampir hitam.

6. Vollkornbrot

Vollkornbrot
permaculture.co.uk

Roti di Jerman yang tak kalah populer selanjutnya adalah Vollkornbrot. Roti ini merupakan roti tradisional yang menjadi favorit masyarakat Jerman, khususnya mereka yang sadar akan kesehatan.

Vollkornbrot ini sebenarnya adalah roti yang terbuat dari gandum utuh yang kemudian diberi cokelat agar terasa lebih nikmat. Menariknya, pembuatan roti ini pun harus diatur undang-undangnya yaitu setidaknya roti memiliki kandungan tepung gandum utuh sebanyak 90%. Roti cokelat ini terkadang juga diber biji poppy, labu atau wijen.

7. Schneckenkuchen

Schneckenkuchen
chefkoch.de

Schneckenkuchen merupakan salah satu roti di Jerman yang sangat nikmat dan cukup populer. Roti ini merupakan jenis roti manis yang jika diterjemahkan namanya memiliki arti Kue Siput.

Schneckenkuchen terbentuk dari gulungan yang ditempatkan dengan rapi dalam wajan dan bentuk tersebut mengingatkan pada cangkang siput. Pangkal roti ini terbuat dari adonan yang mirip brioche yang dibentuk menjadi gulungan. Setiap gulungan biasanya terdiri dari berbagai isian seperti mentega kayu manis, buah, pudding, biji poppy dan kismis. Saat di panggang pun roti berkaca-kaca atau dibersihkan dengan gula bubuk sehingga memiliki rasa manis yang tidak berlebihan.

8. Brötchen

Brötchen
cookpad.com

Roti di Jerman yang satu ini juga tak kalah populer dengan roti lainnya. Brötchen atau yang juga dikenal sebagai wecke atau semmel ini memiliki tekstur seperti croissant khas Perancis namun memiliki bentuk yang berbeda.

Brötchen sangat mudah ditemui di toko roti dan supermarket di seluruh Jerman karena popularitasnya yang menempati urutan kedua setelah pretzel. Roti ini biasa disajikan polos atau ditaburi dengan biji poppy, wijen atau biji labu, kadang juga ditaburi dengan kacang-kacangan. Brötchen sering juga digunakan sebagai bahan untuk membuat bratwurst atau hotdog khas Jerman. Roti ini sangat cocok dinikmati sebagai menu sarapan atau menu makan siang.

9. Milchbrötchen

Milchbrötchen
rezepte.genius.tv

Milchbrötchen menjadi roti di Jerman selanjutnya yang cukup populer dan menjadi favorit banyak orang, khususnya anak-anak. Roti berwarna putih ini memiliki tekstur yang sangat lembut karena berasal dari susu yang ditambahkan dalam adonan sebelum di panggang.

Milchbrötchen juga memiliki banyak varian yang pastinya sangat menarik untuk dicoba. Ada yang dilengkapi dengan cokelat, kacang-kacangan hingga kismis. Roti khas Jerman ini tentu mengandung karbohidrat yang sangat tinggi sehingga sangat cocok dinikmati sebagai pengganti nasi.

10. Hörnchen

Roti Khas Jerman
marions-kochbuch.de

Roti di Jerman yang terakhir wajib untuk kamu coba adalah Hörnchen. Hörnchen ini juga dikenal sebagai croissant di Perancis dan memiliki bentuk yang sama persis. Hörnchen sendiri memiliki arti tanduk kecil yang mana memang sesuai dengan bentuk dari roti ini.

Hörnchen ini biasanya dipanggang dengan menggunakan beragam isian, seperti mentega, krim atau cokelat. Banyak orang yang menambahkan lapisan mentega, cokelat atau selai saat menikmatinya. Hörnchen ini sangat cocok sebagai menu sarapan dan sebagai camilan saat sore hari.

Demikianlah 10 daftar roti di Jerman yang memiliki rasa khas dan nikmat. Jika kamu sedang mengagendakan perjalanan ke Jerman, sempatkan untuk mencicipinya. Selamat mencoba.



Leave a Reply