10 Stasiun Dengan Pemandangan Paling Indah di Indonesia


Reni  October 21, 2022  0 Comment

Melakukan perjalanan menggunakan kereta menjadi salah satu pilihan yang banyak disenangi oleh banyak orang. Dengan menggunakan kereta bisa terhindar dari macet dan mendapatkan bonus bisa menikmati keindahan sekitar selama perjalanan. Ada berbagai stasiun dengan pemandangan paling indah di Indonesia yang wajib untuk Anda ketahui.Berikut ini adalah 10 stasiun yang mempunyai pemandangan paling indah yang ada di Indonesia:

1. Stasiun Jakarta Kota

stasiun jakarta kota
pingpoint.co.id

Stasiun dengan pemandangan paling indah di Indonesia yang pertama adalah Stasiun Jakarta Kota. Stasiun ini merupakan pusat bagi orang-orang yang hendak pergi ke kota Jakarta atau bahkan melakukan perjalanan ke kota lainnya. Stasiun ini berlokasi di Jalan Lada, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

Keindahan dari stasiun ini ditonjolkan dari bangunannya yang bernuansa vintage atau khas jaman dulu. Tak heran jika stasiun ini banyak disukai oleh orang-orang yang menyukai segala sesuatu yang bernuansa vintage. Stasiun ini dirancang oleh seorang arsitektur Belanda yang bernama Frans Ghijsels. Sehingga, tak heran jika stasiun paling bagus di Jakarta ini mirip seperti bangunan yang ada di Belanda. 

Gotravelly

Warung Makan Pi’an, Tempat Makan Legendaris Wajib Coba Di Tegal!

Makan Bareng Keluarga Di Resto Itik Emas Madiun, Itiknya Beneran Juara!

2. Stasiun Bandung

stasiun bandung
bandungklik.com

Stasiun terindah di Indonesia yang kedua adalah Stasiun Bandung. Stasiun Bandung juga dikenal dengan nama Stasiun Hall. Stasiun ini merupakan stasiun yang besar karena menjadi stasiun kereta api kelas A yang ada di Bandung. Stasiun ini berlokasi di Jalan Stasiun Barat, Kecamatan Andir, Kota Bandung.

Keindahan dari stasiun ini sudah tidak perlu diragukan lagi karena menjadi ciri khas dari Kota Bandung. Bangunan stasiun ini mempunyai desain yang cantik dan menarik. Stasiun ini dibangun pada tahun 1882 yang kemudian diresmikan pada tahun 1884. Hingga saat ini, stasiun tersebut sudah beroperasi lebih dari 100 tahun. Gaya arsitektur yang diterapkan pada stasiun ini adalah art deco.

3. Stasiun Surabaya Gubeng

stasiun surabaya gubeng
heritage.kai.id

Jalur kereta api Indonesia ada banyak sekali dan salah satunya akan berhenti di Stasiun Surabaya Gubeng. Stasiun ini berlokasi di di Kelurahan Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya. Stasiun Surabaya Gubeng ini sudah ada sejak tahun 1990 dan menjadi stasiun kereta api terbesar yang ada di Surabaya.

Pada stasiun ini dibagi menjadi dua stasiun yaitu bangunan lama dan bangunan baru. Pada bangunan lama Anda bisa menjumpai bangunan dengan nuansa vintage khas Belanda. Bangunan ini sangat cocok untuk menjadi latar belakang berfoto untuk Anda yang menyukai bangunan vintage. Sedangkan, pada bangunan baru tampilannya lebih modern.

4. Stasiun Tugu Yogyakarta

stasiun tugu yogyakarta
kompas.com

Jalur kereta api paling bagus selanjutnya akan berpusat ke Stasiun Tugu Yogyakarta. Siapa yang tak mengetahui Yogyakarta? Tentunya hampir semua orang di Indonesia mengetahuinya bahkan wilayah ini sudah menjadi populer dikalangan para turis mancanegara. Di Yogyakarta juga terdapat stasiun yang bagus yaitu Stasiun Tugu Yogyakarta.

Stasiun ini sudah menjadi ikon dari Kota Yogyakarta dan menjadi stasiun terbesar yang ada disini. Selain itu, stasiun ini juga memiliki banyak sekali spot foto yang cantik. Banyak orang yang mengabadikan momen ketika sedang berada disini karena bangunannya yang sangat cantik. Selain itu, suasana khas Yogyakarta juga bisa Anda rasakan ketika sedang berada disini.

5. Stasiun Tawang Semarang

stasiun semarang tawang
nasional.okezone.com

Pemandangan kereta api dan stasiun terbagus juga bisa Anda rasakan ketika sedang berada di Stasiun Tawang Semarang. Stasiun ini juga dirancang oleh arsitektur asal Belanda yaitu Sloth Blauwboer dan kemudian diresmikan pada tahun 1914. Bangunan khas Belanda ini lah yang menjadi ciri khas dari stasiun tersebut.

Anda bisa mengabadikan momen dengan latar belakang stasiun ini dan bisa mendapatkan hasil foto yang cantik. Selain itu, stasiun ini juga unik sekali karena ketika kereta datang maka speaker di stasiun akan menyambut Anda dengan lagu Gambang khas dari Semarang. Pengalaman yang tidak akan bisa dilupakan ketika sedang berkunjung kesini.

6. Stasiun Bogor

stasiun bogor
heritage.kai.id

Stasiun terindah selanjutnya adalah Stasiun Bogor. Stasiun ini berada di pusat Kota Bogor dan menjadi stasiun terbesar dan paling akhir jika Anda ingin mengunjungi Bogor. Stasiun ini dulunya bernama Stasiun Buitenzorg dan merupakan stasiun kereta api terbesar dengan kelas A. Jika Anda ingin menikmati bangunan stasiun yang indah maka jangan sampai melewati mengunjunginya.

Bangunan dari stasiun ini sangat indah karena sangat kental dengan nuansa khas dari bangunan yang ada di Eropa. Ketika Anda memasuki stasiun ini maka sangat kental sekali nuansa seperti sedang berada di Belanda. Bangunan yang dibangun pada jaman dahulu ini dipertahankan dengan baik dan fasilitas disini juga sangat lengkap.

7. Stasiun Malang

stasiun malang
regional.kompas.com

Stasiun yang mempunyai pemandangan paling indah selanjutnya adalah Stasiun Malang. Stasiun ini dibagi menjadi dua stasiun, yaitu Kota Baru dan Kota Lama. Namun, biasanya yang menjadi tujuan utama dari para penumpang adalah Stasiun Kota Baru. Stasiun ini berlokasi di Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Bangunan dari stasiun ini sebelumnya nampak lawas namun kini sudah di renovasi menjadi lebih modern lengkap dengan fasilitasnya yang terbaik. Area didalam stasiun ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai latar belakang berfoto karena mempunyai banyak sekali spot foto menarik untuk mengabadikan momen. Anda bisa mendapatkan hasil foto yang menarik ketika sedang berada di stasiun ini.

8. Stasiun Solo Balapan

stasiun solo balapan
heritage.kai.id

Stasiun Solo Balapan menjadi salah satu stasiun yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Stasiun ini berlokasi di Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Pada stasiun ini menggunakan kata “Balapan” yang merupakan nama kampung di sebelah stasiun tersebut. Stasiun Solo Balapan juga menjadi salah satu ikon dari Kota Surakarta.

Bangunan dari stasiun ini sangat khas dan membuat siapapun betah berlama-lama disini untuk menikmati keindahannya. Tak heran jika ada beberapa musisi yang menjadikan Stasiun Solo Balapan ini menjadi sebuah lagu.

9. Stasiun Medan

stasiun medan
traveloka.com

Di Medan juga terdapat stasiun paling indah yaitu Stasiun Medan. Stasiun ini berlokasi d Gang Buntu, Medan Timur, Kota Medan. Stasiun ini juga menjadi stasiun kereta api terbesar dengan tipe A. Stasiun ini sudah dibuka sejak tahun 1886.

Stasiun ini sudah mengalami renovasi beberapa kali dan peningkatan fasilitas. Ada dua sisi pemandangan yang bisa Anda nikmati yaitu sisa bangunan lama khas Belanda dan tampilan stasiun baru yang lebih modern. Bangunan yang modern ini juga menjadi jalur untuk kereta api bandara.

10. Stasiun Cirebon

stasiun cirebon
keretaapikita.com

Stasiun terakhir dengan pemandangan indah yang terakhir adalah Stasiun Cirebon. Stasiun ini juga menjadi stasiun besar yang ada di Cirebon. Stasiun ini berlokasi di Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Anda bisa menikmati keindahan dari bangunan ini yang sangat menarik. Sehingga, tak heran jika stasiun ini masuk kedalam stasiun dengan pemandangan paling indah di Indonesia.



Leave a Reply