Wisata Religi Mengunjungi 10 Candi Budha Terbesar di Indonesia


Fida  November 1, 2020  0 Comment

Indonesia dikenal menjadi negara yang kaya akan tempat wisata serta budaya. Ada banyak sekali tempat wisata alam maupun wisata bersejarah di Indonesia. Candi menjadi salah satu tempat wisata yang bisa Anda datangi. Ada cukup banyak candi yang dibangun dengan megah serta memiliki ciri khas masing-masing. Berikut 10 Candi Budha terbesar di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi

1. Kompleks Percandian Batujaya

Kompleks Percandian Batujaya
batiqa.com

Kompleks percandian Batujaya masuk ke dalam salah satu candi Buddha terbesar di Indonesia. Lokasi dari Kompleks percandian ini berada di Kecamatan Batujaya dan Kecamatan Pakisjaya, kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Sesuai dengan namanya, batu ini merupakan kompleks atau gabungan dari beberapa titik candi.

Kompleks Percandian Batujaya masih sangat dijaga dan dirawat hingga saat ini. Meskipun beberapa bagian sudah tidak utuh lagi, namun pengelola candi tetap membiarkannya alami sama seperti saat pertama menemukannya. Saat berada di Karawang, anda bisa mencoba datang dan menyusuri kawasan Kompleks Percandian Batujaya.

Gotravelly

Wat Koh Wanararm: Kuil Budha Langkawi Yang Wajib Dikunjungi

Menjelajahi Kuil Wat Rong Khun / White Temple. Beneran Serem?

Indahnya Blue Temple Chiang Rai – Wat Rong Seur Ten

2. Candi Mendut

Candi Mendut
alodiatour.com

Beberapa dari anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan Candi Mendut. Wisata bersejarah yang satu ini merupakan salah satu dari sekian banyak candi Buddha terbesar di Indonesia. Candi yang satu ini memiliki bentuk yang sangat elegan dan unik. Dengan adanya berbagai hiasan seperti ukiran makhluk-makhluk kahyangan berupa bidadara dan bidadari, serta 2 ekor kera dan seekor garuda tentu menambah cantiknya candi yang satu ini.

Candi Mendut didirikan pada masa raja Indra dari Dinasti Syailendra. Lokasinya berada di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Anda bisa menemukan Candi Mendut tidak jauh dari lokasi Candi Borobudur. Karena cukup dikenal dan memiliki bentuk bangunan yang khas, tidak sedikit wisatawan yang datang untuk berkunjung ke Candi Mendut di Magelang ini.

3. Candi Ngawen

Candi Ngawen
reviensmedia.com

Saat berbicara tentang candi Budha terbesar di Indonesia, Candi Ngawen menjadi salah satu yang bisa anda datangi. Situs bersejarah yang satu ini terdiri dari 5 buah candi kecil yang dua diantaranya memiliki bentuk berbeda. Beberapa relief yang ada pada sisi Candi juga masih terlihat sangat jelas diantaranya relief Kinnara, Kinnari, dan kalamakara.

Lokasi Candi Ngawen tidak jauh dari Candi Mendut yakni beralamat di Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Candi yang satu ini diperkirakan telah dibangun pada abad ke-8 oleh wangsa Syailendra di zaman kerajaan Mataram Kuno. Saat berada di Magelang, tidak ada salahnya untuk berwisata sejarah ke kawasan Candi Ngawen.

4. Candi Brahu

Candi Brahu
sejarahmajapaitlengkap.blogspot.com

Saat ingin mendatangi salah satu candi Budha terbesar di Indonesia, datang ke Candi Brahu yang berada di Trowulan Mojokerto. Candi yang dibangun dengan gaya dan kultur kuda Buddha ini diperkirakan telah berdiri sejak abad 15 Masehi. Menurut beberapa sumber, pemberian nama Candi Brahu berasal dari kata Wanaru atau Warahu.

Lokasi Candi Brahu merupakan tempat pembakaran jenazah raja raja Brawijaya pada zaman dahulu. Namun dalam beberapa penelitian, tidak ada yang bisa menemukan bekas abu mayat dalam bilik candi. Candi brahu sempat melakukan pemugaran pada tahun 1990 hingga 1995. Candi yang satu ini menjadi salah satu tempat bersejarah di Mojokerto yang sayang untuk dilewatkan.

5. Candi Sewu

Candi Sewu
alodiatour.com

Candi Sewu menjadi salah satu candi Buddha terbesar di Indonesia. Lokasi candi yang satu ini masih berada di dalam Kompleks Candi Prambanan. Candi Sewu diperkirakan telah dibangun sejak zaman kerajaan Mataram Kuno yakni tahun 746 hingga 748.

6. Candi Borobudur

Candi Borobudur
id.wikipedia.org

Ketika Anda bingung untuk mencari tempat wisata yang indah dan bersejarah di Indonesia, Candi Borobudur dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Candi yang satu ini termasuk candi budha terbesar di Indonesia atau bahkan dunia, tak heran jika candi ini memiliki peminat yang sangat besar mulai dari lokal hingga mancanegara. Lokasinya pun cukup strategis, tepatnya di Magelang, Jawa Tengah.

Candi Borobudur sudah berdiri sangat lama, yakni berdiri pada tahun 800 Masehi. Candi yang satu ini menjadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Ketika Anda sedang berada di Jawa Tengah, kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi candi budha terbesar di Indonesia yang satu ini.

7. Candi Muara Takus

candi muara takus
batiqa.com

Indonesia memiliki beragam tempat wisata bersejarah, salah satunya adalah Candi Muara Takus. Candi yang satu ini merupakan candi budha terbesar di Indonesia yang terletak di Riau. Tepatnya berada di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru, Riau. Saat Anda berada di Riau, kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi bangunan Candi Muara Takus yang indah ini.

Bentuk bangunan Candi Muara Takus terlihat sangat indah dan rapi. Candi ini terbuat dari batu sungai, batu pasir dan batu bata. Pembangunan candi ini dipercaya ada pada masa Kerajaan Sriwijaya. Ukuran tembok yang mengelilimgi juga cukup besar yakni 74 × 74 meter. Selain itu, ada juga tembok tanah dengan ukuran 1,5 × 1,5 kilometer. Tak heran jika banyak wisatawan yang tertarik untuk mendatangi candi budha yang satu ini.

8. Candi Plaosan

candi plaosan
travel.detik.com

Selain Candi Prambanan, Jawa Tengah juga memiliki keindahan pesona candi Plaosan. Candi Plaosan memiliki pesona keindahan yang luar biasa. Candi yang satu ini terbagi menjadi dua yakni Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul, meskipun begitu bentuk antara Candi Plaosan Lor dan Kidul sangat mirip, tak jarang orang menyebutnya Candi Kembar.

Lokasi Candi Kembar cukup mudah dijangkau yakni berada di Dusun Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.  Sangat disayangkan jika Anda berlibur ke Jawa Tengah tanpa melihat indahnya salah satu candi budha terbesar di Indonesia ini.

9. Candi Lumbung

Candi Lumbung
nativeindonesia.com

Saat Anda bingung untuk mencari tempat wisata bersejarah yang indah di Indonesia, Candi Lumbung menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Candi yang satu ini memiliki lokasi yang sangat strategis yakni di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Tepatnya di kompleks percandian budha di dalam kompleks Taman Wisata Candi Prambanan.

Candi Lumbung memiliki pesona keindahan yang luar biasa dengan keindahan arsitekturnya. Tak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara tertarik untuk mengunjungi salah satu candi budha terbesar di Indonesia yang satu ini. Sangat kurang lengkap rasanya jika berlibur ke Klaten tanpa melihat pesona indahnya Candi Lumbung.

10. Candi Jago

Candi Jago
pegipegi.com

Indonesia memiliki banyak sekali candi budha. Salah satu candi budha terbesar di Indonesia adalah Candi Jago. Candi yang satu ini memiliki pesona keindahan yang sangat memukau. Lokasi candi ini cukup mudah dijumpai, yakni di Dusun Jago, Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Candi Jago berdiri pada abad ke-13 pada masa Kerajaan Singhasari. Arsitektur candi yang satu ini sangat indah dengan disusun punden berundak. Keindahan reliefnya akan membuat Anda tertarik. Tak heran jika banyak wisatawan berkunjung ke candi budha yang satu ini



Leave a Reply