Berburu Oleh Oleh Khas Surabaya, krupuk Ikan di Pantai Kenjeran, Surabaya

oleh oleh surabaya

Zulfa | Traveler
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
26 Aug 2019


Berburu Oleh Oleh Khas Surabaya, krupuk Ikan di Pantai Kenjeran, Surabaya
Oleh oleh khas Kenjeran ada krupuk ikan terung, tripang, tenggiri, udang, Lorjuk, layur, teri, pari krupuk ikan kakap, keripik gerinting udang, keripik layur, keripik ikan paus dan banyak lagi.

 

Sudah lama nggak makan Lontong Kupang. Saya lebih suka lontong kupang yang berada di Kawasan Kenjeran Surabaya. Di sepanjang jalan dan juga tempat wisata pantai kenjeran ini memang banyak ditemui penjual lontong kupang.

Nah, setelah mengunjungi museum kematian dan museum santet, saya menuju kawasan Kenjeran untuk menikmati lontong kupang. Memilih es degan sebagai pendamping yang pas ditengah panasnya kota Surabaya.

Dalam perjalanan pulang kembali ke Gresik. Saya mampir ke beberapa toko di sepanjang jalan Kawasan Kenjeran. Kawasan Kenjeran dikenal sebagai salah satu pantai yang banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun luar kota. Pengunjung tak hanya menikmati pemandangan laut berlatar belakang pulau Madura, tapi juga menikmati pemandangan jembatan Suramadu dan juga yang terbaru yakni jembatan Suroboyo.

jembatan suroboyo


jembatan suroboyo


Letaknya yang berada di sepanjang pesisir pantai, masyarakat Kenjeran banyak yang bekerja sebagai nelayan. Hasil tangkapan ikan laut kemudian diolah menjadi berbagai variasi olahan makanan yang dijadikan oleh oleh untuk wisatawan. Mulai dari Ikan Asin, krupuk, Ikan asap, terasi, petis, sambal dan juga dijadikan aksesoris.

Tak ayal, disepanjang kawasan mudah ditemukan pengrajin hasil olahan ikan laut yang dikeringkan di sepanjang sisi jalan. Sebagai penyuka kerupuk, memasuki toko disini seolah berada di Surga. Aneka krupuk dengan aneka rasa dan warna bikin mata saya kalap. Pingin diborong semua.

Ada krupuk ikan terung, tripang, tenggiri, udang, Lorjuk, layur, teri, pari krupuk ikan kakap, keripik gerinting udang, keripik layur, keripik ikan paus dan masih banyak yang lainnya. Tak hanya bagian daging saja yang diolah menjadi krupuk, juga bagian lambung, telur, kulit, kepala hingga otot. Semuanya disajikan dengan rasa gurih asin yang khas. Sungguh bikin kalap.

oleh oleh surabaya


Disini juga banyak dijual snack kesukaan saya, rengginang. Dan yang bikin happy lagi ada rengginang dengan rasa lorjuk. Sungguh, kalau nggak ingat langsingnya dompet, pingin rasanya aku borong semua. hehehe

Krupuk dijual dengan berbagai variasi harga mulai Rp. 10.000 hingga Rp. 80.000 untuk 1/4 kg krupuk.Tergantung jenis ikannya. Jika kamu ragu membeli karena tidak tahu rasanya, kamu bisa mencicipinya terlebih dahulu. Saran saya, kalau membeli jangan membeli yang kemasan. Beli yang kiloan saja. Selain rasanya lebih fresh dan  juga isinya lebih banyak.

kerupuk surabaya


kerupuk jembatan surabaya

oleh oleh jembatan surabaya

kerupuk jembatan surabaya


Waktu beli krupuk, saya melihat seorang ibu riwa riwi membawa krupuk untuk dikeringkan. Saya kemudian menghampirinya dan bertanya apakah saya boleh melihat proses pembuatan krupuk. Dan senengnya, beliau mengizinkan saya untuk melihat proses pembuatan krupuk dan keripik oleh oleh khas Surabaya ini.

pengolahan oleh oleh jembatan suroboyo


Dan menurut penuturan para pembuat ikan disini. Krupuk khas kenjeran ini tak hanya dijual Surabaya, krupuk dan kripik dengan rasa yang khas ini juga dikirim ke luar kota. Keren banget ya.

 

 

 

 

Opening Hours
Pagi Jam 06.00 - 09.00 Ada yang buka 24 Jam
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY