Sehat Dengan Rasa lokal, Cobain 10 salad Khas Indonesia


sisil angelin  October 14, 2020  0 Comment

Salad disetiap negara tentunya berbeda-beda dan salah satu yang kali ini GoTravelly bahas adalah salad khas dari Indonesia. Salad sendiri selain menu untuk vegan ternyata baik sekali untuk kalian yang lagi diet loh. Karena Salad memiliki calori yang rendah, dan kaya akan serat cocok banget untuk kamu yang lagi diet. Nah mau tau apa saja sih salad khas Indonesia yang bisa kamu jadikan menu vegan atau diet. Kalian bisa simak artikel berikut! Kita akan bahas Salad Khas Indonesia yang pas banget untuk menu makan pagi, siang, ataupun malam

1. Urap-urap – Jawa Timur

Urap-urap
tokomesinkelapa.com

Kalo kamu orang Jawa Timur, atau tinggal di Pulau Jawa tentunya sudah tidak asing dengan Urap-urap. Karena Urap-urap ini sangat mudah ditemukan dibeberapa warung, depot, bahkan ada di Restoran loh. Untuk kamu yang belum pernah cobain Urap-urap ini terdiri dari sayuran yang direbus. Sayuran yang biasanya digunakan di Urap-urap ada kacang panjang, kangkung, cambah, dan masih banyak sayur-sayuran yang biasanya dijadikan Urap-urap. Nah sayur yang sudah direbus itu akan dicampur dengan parutan kelapa yang sudah dibumbui kencur, kunyit, bawang merah, bawang purih, cabai, dan terasi.

Urap-urap bisa kalian makan langsung tanpa menggunakan nasi. Tetapi kebanyakan orang Indonesia memakan Urap-urap dengan nasi, ayam, tahu dan tempe. Untuk rasa dari Urap-urap ini gurih, asin, manis, dan sedikit pedas.

Gotravelly

Kaya Serat, Asyiknya Ngunyah Salad Sayur Sehat Dan Segar

Selain Curry, Sashimi Adalah Kuliner Wajib Saat Di Jepang. Seperti Apa Rasanya?

2. Karedok – Sunda

Karedok
sumber.com

Mungkin kalian yang berada diluar pulau Jawa tentu masih asing dengan Karedok. Karena Karedok ini adalah makanan Khas Jawa Barat yaitu lebih tepatnya di Sunda. Karedok ini terdiri dari sayuran seperti kol, cambah, timun, dan kacang panjang. Jadi sayuran itu akan diguyur dengan sambal kacang yang memiliki rasa pedas. Karedok ini biasanya dimakan bersama dengan Lontong atau nasi. Tapi untuk kamu yang diet bisa langsung makan Karedok tanpa menggunkan karbo. Karedok ini sangat khas banget bumbu kacangnya yang menambah cita rasa gurih, dan sayuran yang fresh dalam 1 porsi Karedok ini memang perpaduan yang sempurna.

3. Lotek – Yogyakarta

Lotek
tabloidbintang.com

Kamu lagi liburan di Jogja dan bingung cari kuliner vegan apa yang bisa kalian makan. Nah Lotek bisa jadi pilihan yang pas untuk menu makan kamu di Jogja. Lotek ini terdiri dari sayuran seperti kol, kacang panjang, kangkung, dan cambah. Sekilas Lotek ini mirip dengan Gado-gado yang membuatnya berbeda adalah bumbunya yang cendrung manis, dan sedangkan gado-gado biasanya cendrung ke asin serta pedas. Masyarakat Jogja biasanya memakan Lotek dengan bakwan, nasi, atau lontong. Tapi untuk kamu yang pengen makan Lotek aja bisa pesan langsung ya ke penjualnya.

4. Gado-gado – Jakarta

gado-gado
idntimes.com

Gado-gado merupakan makanan khas Jakarta yang terkenal banget di Indonesia, dan bisa kalian temukan dibeberapa pulau yang ada di Indonesia. Karena Gado-gado ini menjadi makanan kesukaan orang Indonesia. Gado-gado sendiri terdiri dari sayuran kubis, selada, kacang panjang, timun, kentang, tahu, tempe, cambah, tomat, dan saus kacang yang akan diguyur tepat diatas Gado-gado. Untuk rasanya gurih, asin, dan jika kalian suka pedas maka bisa menambahkan sambal kedalam saus Gado-gado. Salad khas Indonesia yang satu ini cocok banget untuk diet, dan kalian yang vegan.

5. Trancam – Yogyakarta

Trancam
pegipegi.com

Trancam memang sekilas mirip sekali dengan urap-urap yang ada di Jawa Timur. Yang membuat Trancam ini berbeda dari urap-urap adalah sayurnya yang tidak di kukus atau rebus. sayur Trancam ini biasanya menggunakan sayur metah yang akan dicampur dengan parutan kelapa yang sudah dibumbui dan dikukus. Untuk sayuran yang digunakan di Trancam ini ada kemangi, cambah, kenikir, dan timun. Trancam ini memang sangat segar, dan sehat. Orang Jogja biasanya memakan Trancam langsung, dan ada juga yang menggunakan nasi.

6. Pecel – Jawa Timur

Pecel
travel.kompas.com

Untuk menemukan pecel di Pulau Jawa memang sangat mudah, dan terutama dikawasan Jawa Timur. Pecel ini juga masuk kedalam daftar salad khas Indonesia, karena pecel ini terdiri dari sayuran kacang panjang, kol, kangkung, tahu, tempe, cambah, dan sayuran ini biasnaya akan diguyur dengan bumbu pecel (bumbu kacang). Untuk rasa Pecel ini tidak perlu diragukan, karena rasanya itu enak banget ada gurih, segar, dan pedas dari bumbu kacangnya ini memang paling makyus! Nah biasanya masyarakat Jawa Timur memeakan pecel ini menggunakan nasi, lauk, dan peyek. Jika berada di Jawa Timur kalian ingin cobain pecel kalian bisa ke Surabaya, Ponorogo, Blitar, Madiun, atau Kediri. Karena daerah itu terkenal banget sajian pecelnya enak-enak.

7. Asinan – Bogor

Asinan
dapurkobe.co.id

Saat melihat tampilan 1 porsi Asinan Bogor ini biasanya kita bisa membayangkan rasanya pedas, dan segar kayak nya. Nah Asinan Bogor ini memang memiliki rasa yang kecut, asin, pedas, dan gurih. Asinan Bogor ini biasanya menggunakan bahan sayur atau buah, dan bahan itu akan dicampur dengan cuka serta air garam yang menambah kesegaran Asinan Bogor. Uniknya Asinan Bogor ini dihidangkan bersama dengan kerupuk. Jadi kalian bisa merasakan rasa segar dari kuah, crucy dari sayuran serta kerupuk yang ada didalam 1 buah Asinan Bogor.

8. Semanggi – Surabaya

Semanggi
uc.ac.id

Semanggi ini merupakan makanan kebanggaan orang Surabaya, dan makanan tempo dulu yang jadi kesukaan orang Surabaya. Semanggi ini memang kini sudah sulit ditemukan di Surabaya, namun jika kalian ingin makan Semanggi maka bisa mencarinya di pasar yang ada di Kota Surabaya. Semanggi ini terdiri dari daun semanggi, touge, petis, ubi tumbuk, gula jawa, dan sau kacang yang ada pada Semanggi ini menambahkan cita rasa gurih pada 1 buah sajian Semanggi. Semanggi ini cocok banget untuk kamu yang vegan, dan diet. karena Semanggi ini kaya akan serat, dan baik untuk tubuh.

9. Plecing Kangkung – Bali

Plecing Kangkung
langsungenak.com

Kamu berada di Bali atau di Lombok maka sangat mudah untuk menemukan Plecing Kangkung yang lezat. Plecing Kangkung ini adalah sayur yang direbus lalu diberi sambal yang pedas, dan diguyur dengan kacang goreng untuk menambah cita rasa gurih dari Plecing Kangkung. Plecing Kangkung inin biasanya menjadi pelengkap makan nasi, dan lauk. Makanya jangan heran jika dibeberapa depot yang ada di Bali banyak sekali seafood, atau menu makanan lokal yang menawarkan Plecing Kangkung.

10. Rujak Cingur – Jawa Timur

 Rujak Cingur
doyanresep.com

Jawa Timur memang kaya akan kulinernya yang lezat, dan salah satunya adalah Rujak Cingur yang menjadi kuliner terkenal di Indonesia. Rujak Cingur ini terdiri dari sayuran dan buah-buahan seperti mangga muda(pencit), nanas, dan bengkuang. Sayuran dan buah-buahan itu akan diguur dengan bumbu kacang serta petis yang kental. Untuk rasa tidak perlu diragukan lagi karena Rujak Cingur ini sangat lezat, gurih, dan bumbunya mantep!



Leave a Reply