Nggak Hanya Satu, Nih 7 Pantai Karangbolong Di Indonesia


Reni  September 12, 2022  0 Comment

Wisata di pantai menjadi pilihan favorit banyak orang. Di pantai, Anda dapat menikmati pemandangan laut yang indah, menikmati sepoi angin pantai, bermain pasir, berenang dan bahkan menyelam untuk nikmati pemandangan bawah air. Namun, jika datang ke pantai yang itu – itu saja pasti membosankan. Sebagai solusi, mengapa tidak coba datang ke pantai karangbolong dengan pemandangan unik?

Apa yang Dimaksud dengan Pantai Karangbolong?

Di Indonesia, istilah karang bolong adalah istilah untuk pantai yang memiliki batu karang besar yang berlubang akibat erosi ombak laut dan angin pantai. Adanya karang berlubang ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Di Indonesia, jumlah pantai karang bolong ada cukup banyak. Beberapa ada di pantai terpencil yang sulit dicapai dengan transportasi normal. Namun, pilihan pantai dengan karang bolong yang mudah di akses juga cukup banyak tersedia. Ingin tahu rekomendasi pantai – pantainya? Mari bahas bersama pada artikel ini!

Rekomendasi 7 Pantai Karangbolong di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi

Pada bagian ini, mari melihat pantai – pantai menarik di Indonesia yang memiliki karang bolong. Berikut adalah rekomendasinya:

1. Pantai Karangbolong Anyer

Pantai Karangbolong Anyer
nativeindonesia.com

Pantai yang terletak pada Serang, Banten ini merupakan pantai yang terkenal dengan tampilan karang berlubangnya. Bisa dibilang, pantai ini adalah yang pertama menjadi terkenal karena susunan karang unik layaknya gapura.

Pantai ini sebenarnya dibagi menjadi dua bagian. Pertama adalah bagian pantai pasir dan di bagian lainnya adalah tebing karang dengan bentuk unik. Tebing karang yang terkikis oleh erosi ombak membentuk lubang dengan tampilan unik. Banyak wisatawan rela melewati tangga – tangga dan medan khusus untuk dapat sudut foto menarik dari karang berlubang tersebut.

Baca juga :  7 Destinasi Wisata Anak di Sentul, Cocok Untuk Liburan Sekolah

Pantai Karang Bolong Anyer juga tergolong tempat wisata yang paling dikembangkan. Anda dapat temukan gardu pandang di pinggir tebing untuk nikmati pemandangan laut dari tempat tinggi. Di sini juga tersedia tempat pemancingan dengan memanfaatkan posisi karang yang menjorok ke laut.

2. Pantai Karang Bolong Kebumen

Pantai Karang Bolong Kebumen
nativeindonesia.com

Pantai yang terletak di Kebumen ini menawarkan tampilan pantai batu karang dengan ombak yang berdebur tinggi. Karang yang ada di sini banyak yang membentuk gua – gua di sepanjang pantai. Di dalam gua, terdapat pasir putih yang tentunya memberi sentuhan pemandangan tersendiri.

Pantai dengan pemandangan unik ini sering menjadi target para fotografer. Tampilan gua pasir di pinggir pantai pasti unik untuk tampilan landscape alam.  Gua ini juga dipenuhi tanaman yang tumbuh di atas karang. Jadi tidak aneh jika banyak akar – akar bergantungan di dalam gua. Kondisi ini sangat cocok untuk mengambil gambar horor dengan aura misterius.

Gotravelly

Pantai Kuta, Destinasi Pantai Legendaris Yang Populer Di Bali

Weekend Di Pulo Cinta Eco Resort, Gorontalo

3. Pantai Karangbolong Cilacap

Pantai Karangbolong Cilacap
ayocilacap.com

Berbeda dari rekomendasi pantai karang bolong lain pada list ini, pantai yang ada di Cilacap ini memiliki lubang karang buatan manusia. Pantai ini merupakan bekas benteng di era Belanda. Benteng yang dibangun ini merupakan bagian dari karang yang dipahat dan dipindahkan menjadi tembok benteng.

Pantai Karangbolong Cilacap memiliki tampilan pasir putih yang dikelilingi hutan. Dalam hutan inilah benteng Belanda dapat Anda temui. Untuk Anda yang suka berpetualang dan wisata historis, pantai ini wajib dikunjungi.

Tembok benteng ini dilubangi untuk membuat gapura khusus untuk keluar masuk benteng. Kekuatan benteng jadi lebih kuat karena menggunakan batu alam yang tidak mudah runtuh. Hal ini sudah terbukti jika melihat bangunan benteng yang masih dapat diamati hingga saat ini.

Baca juga :  9 Wisata Alam Magelang Indah dan Jarang Diketahui Para Wisatawan

4. Pantai Watu Bolong Gunung Kidul

Pantai Watu Bolong Gunung Kidul
ihategreenjello.com

Yogyakarta juga memiliki pantai dengan karang bolong bernama Pantai Watu Bolong di Gunung Kidul. Pantai karang ini terdiri dari banyak karang – karang besar di sepanjang garis pantainya. Hal yang unik dari pantai ini adalah karang besar yang menjorok ke arah laut.

Karang besar tersebut tampil layaknya pulau yang mengambang di atas terjangan ombak. Di atas karang ini terdapat gugusan tanah dan tanaman sehingga benar – benar tampak seperti pulau terpisah dari karang – karang di sekitarnya.

Saat pantai mengalami pasang surut, area di bawah karang tersebut tampak berlubang dengan gua – gua. Hal inilah yang membuat pantai ini dinamai Watu Bolong atau dalam bahasa Indonesia batu berlubang.

5. Pantai Bwanna Sumba

Pantai Bwanna Sumba
ksmtour.com

Pantai Bwanna adalah pantai pasir putih dengan susunan karang besar. Karang dengan ukuran besar ini memiliki tampilan mirip tebing yang ditembus bor besar. Tebing karang yang menjadi pembatas antara dua bagian pantai ini, tampak seperti gerbang akibat lubang tersebut.

Anda dapat melihat kemegahan tebing besar yang berlubang serta karang – karang yang tergerus erosi di sini. Lubang pada karang juga banyak menimbulkan gua – gua di pinggir tebing pantai ini. Ada bisa ambil gambar dari dalam gua untuk foto – foto laut. Tampilan ini sering dicari untuk fotografi alam yang indah.

6. Pantai Uug Nusa Penida

Pantai Uug Nusa Penida
water-sport-bali.com

Pantai ini terkenal karena tampilannya yang unik. Pantai dengan nama lain Broken Beach ini, memiliki topografi karang yang tidak beraturan seperti diterjang bencana alam hingga rusak. Batuannya tampak seperti balok tapi terbentuk secara alami. Selain itu, ada lubang besar pada pulau karang yang memisahkan batasan pantai dengan area teluk.

Baca juga :  Menikmati Beningnya Perairan 7 Pantai di Bangka Belitung

Pantai ini sering ramai didatangi sebagai tempat foto – foto estetik social media. Sebagai pilihan tempat wisata, pantai ini tergolong tersembunyi. Dibandingkan spot wisata lain di Bali lain, pantai ini lebih sepi. Namun, hal ini adalah kelebihan tersendiri bagi Anda yang ingin bebas menikmati pantainya!

7. Pantai Batu Bolong Lombok

Pantai Batu Bolong Lombok
datulomboktour.com

Lombok memiliki pantai karang bolong yang bernama Pantai Batu Bolong. Pantai ini memiliki nama yang menggambarkan kondisi karang yang berlubang karena erosi ombak laut. Batu yang berlubang bukan satu bongkahan raksasa, tapi beberapa karang ukuran besar yang tersebar di sepanjang pantai. Gugusan karang ini menjadikan pantai memiliki tampilan yang unik.

Berbeda dengan pantai – pantai lain di list ini, Pantai Batu Bolong memiliki fungsi sebagai tempat ibadah bagi pemeluk agama Hindu. Pada gugusan karang yang besar, Anda dapat melihat Pura dan anak tangga batu berjajar di situ.

Anda bisa memanjat dan berjalan dari satu batu karang ke karang lain untuk kunjungi tiap bangunan Pura-nya. Paduan bentuk alam karang dan bangunan ibadah ini menjadi daya tarik utama Pantai Batu Bolong Lombok.

Ayo Wisata Ke Berbagai Pantai Karangbolong di Indonesia!

Sekarang Anda tahu beberapa rekomendasi pantai karang bolong di Indonesia. Jika ingin berkunjung, segera rencanakan liburan Anda mulai dari sekarang. Banyak persiapan khusus harus dilakukan agar liburan puas dan menyenangkan.

Banyak pantai di Indonesia lain yang tentunya menawarkan keunikan tersendiri untuk liburan. Karena itu, selalu cari sensasi liburan baru dan jangan takut berpetualang. Semoga bahasan di atas dapat membuka pengetahuan Anda seputar pilihan pantai menarik di Indonesia. Terima kasih sudah baca artikel ini!



Leave a Reply