Intip 6 Sajian Khas Nasi Kuning Dari Berbagai Daerah


prita  October 30, 2021  0 Comment

Nasi kuning dari berbagai daerah merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang tampilannya berwarna kuning cerah sehingga terlihat menggoda untuk dimakan. Nasi kuning ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan santan dan aneka bumbu rempah khas Indonesia, seperti jahe, kunyit, lengkuas, daun salam, daun pandan, sereh dan lainnya.

Nasi Kuning ini biasanya identik dengan perayaan khusus, seperti Hari Kemerdekaan, tasyakuran hingga acara ulang tahun. Namun, di beberapa daerah di Indonesia menjadikan nasi kuning sebagai menu untuk sarapan pagi. Selama ini mungkin kamu hanya tahu satu jenis nasi kuning saja, padahal di Indonesia terdapat berbagai jenis nasi kuning yang cukup nikmat dan wajib untuk dicoba. Berikut ini adalah daftar nasi kuning dari berbagai daerah

1. Nasi Kuning Solo

Nasi Kuning Solo
idntimes.com

Nasi kuning dari berbagai daerah Indonesia yang pertama wajib untuk kamu coba adalah Nasi Kuning Solo. Nasi Kuning Solo ini memang sangat populer di Pulau Jawa dan banyak ditemukan hampir di seluruh daerah.

Proses memasak nasi kuning ini pun tak jauh berbeda dengan nasi kuning pada umumnya, yaitu menggunakan santan serta aneka rempah sehingga cita rasanya gurih, teksturnya pulen dan aromanya wangi. Nasi Kuning Solo ini biasa disajikan dengan lauk opor ayam, bakmi goreng, tempe kering, telur dan perkedel. Biasanya, nasi kuning Solo ini dijajakan saat pagi hari karena sangat nikmat untuk dijadikan sebagai menu sarapan.

Nasi Kuning Solo ini sangat populer dan harganya juga sangat terjangkau dengan pilihan lauk yang sangat lengkap. Tak hanya nikmat sebagai menu sarapan, nasi kuning Solo juga sering disajikan saat ada hajatan atau acara syukuran di berbagai daerah di Pulau Jawa.

Gotravelly

Warung Nasi Kuning LILY Murah Meriah Porsi Personal Berkualitas Tinggi

Nasi Biryani Medan Selera, Nggak Ada Tandingannya!

2. Nasi Kuning Sunda

Nasi Kuning Sunda
masakapahariini.com

Nasi Kuning Sunda juga menjadi salah satu nasi kuning dari berbagai daerah di Indonesia yang wajib untuk dijajal. Nasi kuning Sunda ini juga biasa disajikan sebagai menu sarapan dan dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Sama halnya dengan nasi kuning pada umumnya, Nasi Kuning Sunda ini nasinya juga diolah dengan menggunakan santan juga bumbu rempah sehingga aromanya sangat nikmat dan rasanya sangat gurih. Untuk lauknya, nasi kuning Sunda ini berisikan irisan telur dadar, orek tempe dan telur balado. Tak hanya itu, biasanya nasi kuning ini dilengkapi dengan nasi kuning juga gorengan hangat sehingga cita rasanya semakin diminati.

Salah satu rekomendasi untuk menikmati nasi kuning Sunda ini ada di Nasi Kuning Pak Endi yang berlokasi di Jalan Pasirkoja No 114.

3. Nasi Kuning Makassar

Nasi Kuning Makassar
ksmtour.com

Berlibur ke Makassar kamu tidak hanya akan disuguhi dengan kuliner Coto Makassar saja, lho. Nasi kuning dari berbagai daerah di Indonesia selanjutnya juga bisa kamu temukan di kota Makassar.

Salah satu tempat untuk menikmati nasi kuning di Makassar adalah Nasi Kuning Riburane yang lokasinya berada di Jalan Riburane, Pattunuang, Makassar. Warung nasi kuning ini terbilang cukup legendaris karena telah berdiri sejak tahu 1980 dengan menu nasi kuning yang unik. Nasi kuning disini disajikan dengan ragam lauk yang lezat, seperti telur pindang, sayur labu siam, sayur nangka, kentang kering, paru goreng dan abon.

Selain kedai Nasi Kuning Riburane, kamu juga bisa berkunjung ke Nasi Kuning Ny Liem yang berlokasi di Jalan Lamadukeleng dan Jalan Herstasning Raya No 52, Makassar. Disini kamu bisa memesan nasi kuning dengan lauk ayam rempah khas Ambon, cakalang dan paru goreng. Untuk harga yang dipatok pun cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 27.000 per porsinya.

4. Nasi Kuning Banjar

Nasi Kuning Banjar
cookpad.com

Nasi kuning dari berbagai daerah di Indonesia yang layak untuk kamu coba berikutnya adalah Nasi Kuning Banjar. Nasi Kuning Banjar ini menjadi menu sarapan Suku Banjar yang sampai saat ini masih banyak digemari.

Sama halnya dengan nasi kuning dari daerah lainnya di Indonesia, nasi kuning Banjar ini disajikan dengan cara yang cukup sederhana karena hanya diberi tambahan lauk berbumbu merah. Lauk tersebut bisa berupa ayam, ikan atau telur rebus. Selain lauk bumbu merah, nasi kuning ini juga diberi tambahan lauk lainnya, seperti kering talas atau ubi sehingga terdapat campuran lauk dengan tekstur renyah juga garing.

Nasi kuning ini memiliki tekstur yang pulen dengan cita rasa yang gurih karena biasanya masyarakat Banjar membuatnya dengan mencampurkan nasi, santan dengan berbagai bumbu rempah khas dan yang membuatnya terasa semakin nikmat adalah penggunaan daun pandan.

Salah satu penjual nasi kuning khas Banjar yang cukup populer dan legendaris adalah Nasi Kuning Hj Bandar Asiah yang berlokasi di Kabupaten Tanah Laut, Pelaihari, Kalimantan Selatan. Kedai nasi kuning ini telah berdiri sejak tahun 1972 dan sampai saat ini masih banyak penggemarnya.

5. Nasi Kuning Gorontalo

Nasi Kuning Gorontalo
lifestyle.okezone.com

Nasi kuning Gorontalo juga menjadi salah satu jenis nasi kuning dari berbagai daerah di Indonesia yang layak untuk kamu coba. Nasi kuning khas Gorontalo ini memiliki ciri khas warna kuning yang lebih terang serta aroma rempah yang lebih menggoda.

Biasanya nasi kuning Gorontalo ini disajikan menggunakan piring yang dibuat dari anyaman lidi. Untuk isian lauknya pun tak kalah beragam dengan nasi kuning dari berbagai daerah lainnya, meskipun cukup berbeda. Nasi Kuning Gorontalo ini biasanya disajikan dengan lauk berupa ayam suwir, telur rebus dan semangkok sup berisikan soun.

Tak hanya itu guys, nasi kuning ini juga disajikan dengan abon tuna berwarna kecokelatan yang disuwir halur dan kering kemudian diberi taburan irisan telur dadar dan bawang merah goreng. Jika kamu ingin mencicipi salah satu tempat enak untuk menikmati nasi kuning di Gorontalo, kamu bisa berkunjung ke Rumah Makan Sabar Menanti (Hola) yang legendaris karena telah berjualan nasi kuning gorontalo sejak tahun 1953.

6. Nasi Kuning Manado

Nasi Kuning Manado
ksmtour.com

Nasi kuning dari berbagai daerah di Indonesia yang terakhir adalah Nasi Kuning Manado. Nasi kuning khas Manado ini juga menjadi salah satu nasi kuning lezat yang paling populer dan banyak digemari.

Menariknya, nasi kuning Manado ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu dengan menggunakan ikan cakalang sebagai lauk pelengkapnya. Biasanya di Manado nasi kuning ini dijadikan sebagai menu makan pagi yang dilengkapi dengan sambal yang pedas.

Nasi kuning ini diolah dengan berbagai bumbu rempah, seperti daun pandan, kunyit, daun jeruk dan serai. Nasi kuning Manado ini juga diolah dengan santan sehingga terasa gurih dan sedap. Sebagai lauk pelengkap memang menggunakan abon ikan cakalang, namun nasi kuning Manado ini juga biasa ditambahi dengan kering talas atau ubi yang dikenal dengan nama bete, semur daging, telur rebus, bihun dan taburan bawang merah goreng.

Tak hanya rasa dan lauknya yang terasa istimewa, namun kemasan nasi kuning Manado ini juga cukup menarik. Nasi kuning Manado ini dibungkus dengan menggunakan daun woka atau daun lontar sehingga membuat aromanya terasa semakin harum.



Leave a Reply