20 Wisata di Frankfurt Jerman Yang kaya Akan Sejarah


prita  May 8, 2022  0 Comment

Frankfurt merupakan sebuah kota di Jerman yang menjadi pintu gerbang menuju Benua Eropa. Kota ini sangat kaya akan sejarah dan menawarkan perpaduan antara masa lalu dan masa kini. Untuk itu, wisata di Frankfurt Jerman tentu cukup beragam dan mampu menarik perhatian banyak wisatawan dari berbagai negara. Pasalnya, di kota ini kamu bisa menemukan ragam wisata sejarah, alam hingga wisata kekinian yang cukup menarik. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk berlibur ke Kota Frankfurt, jangan lewatkan untuk mengunjungi wisata berikut ini ya.

1. The Romerberg

The Romerberg
flickr.com

Destinasi wisata di Frankfurt Jerman yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah The Romerberg. The Romberg ini merupakan sebuah alun-alun yang menawarkan pemandangan ala kota tua yang indah.

Disini kamu bisa menemukan berbagai bangunan tua dengan desain yang indah serta sebuah Air Mancur Keadilan di tengahnya. Bisa dibilang, The Romerberg ini menjadi salah satu zona tersibuk di Frankfurt yang memiliki komplek 11 bangunan tua artistik yang dibangun pada abad ke-15 hingga abad ke-18.

Gotravelly

Alinea 1.0 Kediri : Cafe Hits Dengan Konsep Insdustrial Jujukan Milenials

Menyusuri Taman Ngronggo Kediri, Hijaunya Taman Di Tengah Perkotaan

2. The Palm Garden

The Palm Garden
palmengarten.de

Jika kamu suka pergi ke taman, maka wisata di Frankfurt Jerman yang satu ini tak boleh untuk dilewatkan begitu saja. The Palm Garden merupakan sebuah taman botani terbesar di Jerman yang luasnya mencapai 54 hektar.

Kebun Botani ini menjadi rumah bagi ragam spesies tanaman sehingga sangat cocok bagi kamu yang suka dengan tanaman. Disini kamu juga akan menemukan tanaman luar ruangan dan rumah kaca yang terdiri dari spesies tanaman tropis dan subtropis. Tak hanya itu, The Parlm Garden ini juga memiliki fasilitas rekreasi, seperti tempat piknik untuk keluarga dan area bermain untuk anak-anak.

3. Senckenberg Natural History Museum

Senckenberg Natural History Museum
hisour.com

Wisata di Frankfurt Jerman tak boleh untuk dilewatkan berikutnya adalah Senckenberg Natural History Museum. Museum ini menampilkan ragam koleksi sejarah alam Eropa dan menjadi museum terbesar kedua di Jerman.

Disini kamu bisa melihat pemaran dinosaurus raksasa yang menakjubkan. Selain itu, kamu juga bisa melihat boneka burung terbesar yang menjadi salah satu koleksi yang cukup populer. Museum ini juga menjelaskan tentang keterkaitannya dengan evolusi organisme dan keanekaragaman hayati Bumi.

4. Hauptwache

Hauptwache
frankfurt-tourismus.de

Hauptwache juga menjadi salah satu destinasi wisata di Frankfurt Jerman yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Nama Hauptwache sendiri memiliki arti Penjaga Utama dan tempat ini terkenal dengan bangunan tua bersejarah serta struktur modernnya.

Tempat ini menjadi salah satu area pejalan kaki yang cukup sibuk di Frankfurt dan menjadi alun-alun yang cukup terkenal. Salah satu atraksi yang paling banyak mencuri perhatian disini adalah Baroque Guard House.

5. St. Bartholomew’s Cathedral

St Bartholomew's Cathedral
usefultravelarticles.com

Wisata di Frankfurt Jerman berikutnya adalah St Bartholomew’s Cathedral. Katedral ini merupakan Gereja Katolik Roma yang tingginya mencapai 95 meter.

Katedral ini terkenal dengan arsitekturnya yang menakjubkan karena dibangun dengan menggunakan batu pasir merah bergaya Gotik. St Bartholomew’s Cathedral ini telah ada di antara abad ke-13 hingga ke-15 dan menjadi salah satu gereja yang ditetapkan sebagai Katedral Kekaisaran. Disini kamu juga bisa melihat relik terpentingnya yang juga menjadi kebanggannya, yaitu kopiah St Bartholomew.

6. St. Paul Church

St Paul Church
en.wikipedia.org

Selain St Bartholomew’s Cathedral, ada sebuah gereja lagi yang juga menjadi salah satu tujuan wisata di Frankfurt Jerman, yaitu St Paul Church. Gereja ini juga menjadi situs parlemen demokratis pertama di Jerman yang diadakan pada tahun 1848.

Sekarang, gereja ini digunakan sebagai tempat untuk menghelat berbagai acara, seperti upacara pemberian Goethe Prize yang bergengsi. Saat memasuki gereja ini, kamu bisa menyaksikan bagaimana kedua negara mengambil langkah pertama menjadi satu demokrasi. Saat kamu berjalan ke aula utama, kamu akan terpesona dengan keindahannya sembari membayangkan bagaimana politisi Jerman berdebat di tempat ini selama 150 tahun terakhir.

7. Zoo Frankfurt

Zoo Frankfurt
oldener-engel-heppenheim.de

Destinasi wisata di Frankfurt Jerman selanjutnya adalah Zoo Frankfurt atau Kebun Binatang Frankfurt. Kebun binatang ini menjadi yang tertua di Jerman karena telah ada sejak tahun 1858.

Kebun Binatang Frankfurt ini menjadi rumah bagi sekitar 4.500 hewan dengan 450 spesies yang beragam. Untuk itulah, tempat ini sangat ideal bagi kamu yang suka mengamati tingkah laku binatang atau ingin mengajak anak untuk memperkenalkan dengan ragam satwa. Salah satu atraksi utama di kebun binatang ini adalah Rumah Grzimek dimana kamu bisa melihat ragam fauna Madagaskar yang menghibur.

8. Main Tower

Main Tower
hines.com

Kalau kamu gemar menyusuri indahnya perkotaan yang modern, maka wisata di Frankfurt Jerman yang satu ini tak boleh dilewatkan, yaitu Main Tower. Main Tower ini merupakan salah satu tempat paling populer untuk dikunjungi di Frankfurt karena dari sini kamu bisa menikmati pemandangan kota dari ketinggian.

Kamu bisa menuju ke observatorium atapnya yang berada di lantai 56 yang tingginya mencapai 665522 kaki. Main Tower ini menjadi salah satu bangunan tertinggi di Eropa yang cukup populer di kalangan wisatawan. Gedung ini juga menjadi tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam di cakrawala.

9. Museum District

Museum District
thrillophilia.com

Berada di tepi sungai, Museum District ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di Frankfurt Jerman yang cukup menarik untuk dikunjungi. Museum ini menjadi tempat terbaik untuk menemukan galeri seni yang memamerkan berbagai bentuk seni rupa, mulai dari patung antik hingga film yang seru.

Setiap tahunnya, museum ini menyelenggarakan dua acara budaya, yaitu festival Night of Museum dan Museum Rivernank. Tak hanya menawarkan budaya dan pengalaman yang unik sepanjang tahun, Museum District ini juga menjadi salah satu tujuan wisata edukasi yang populer di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara.

10. Stadel Museum

Stadel Museum
staedelmuseum.de

Tempat wisata di Frankfurt Jerman yang tak kalah seru untuk dikunjungi adalah Stadel Museum. Didirikan pada tahun 1815, Stadel Museum ini menjadi salah satu museum tertua di Jerman yang memamerkan survei virtual seni Eropa dari awal abad ke-14 sampai sekarang.

Beberapa fitur yang paling banyak disorot oleh pengunjung antara lain karya seni dari Renaissance, Baroque hingga periode Modern awal. Disini kamu juga bisa menemukan ragam karya seni pelukis terkenal seperti Pablo Picasso, Lucas Cranach, Claude Monet hingga Sandro Botticelli. Tak hanya lukisan, museum ini juga menyimpan ragam koleksi yang kaya dan lengkap, seperti patung, gambar, foto dan cetakan yang jumlahnya mencapai ratusan ribu.

11. Goethe House and Museum

Goethe House and Museum
dw.com

Dibangun pada abad ke-18, rumah ini berdiri di sebagai tempat kelahiran salah satu litterateur besar Jerman, yaitu Johann Wolfgang Goethe. Sempat hancur pada Perang Dunia II, bangunan ini telah dipulihkan semirip mungkin dengan bangunan aslinya dengan menampilkan interior, lukisan dan perabotan asli milik Goethe.

Disini kamu bisa mengikuti tur jalan kaki melintasi bangunan tiga lantai dengan bagian asli dan yang direproduksi. Disini kamu juga bisa mendapatkan wawasan tentang gaya hidup bangsawan pada masanya.

12. German Film Museum

German Film Museum
atelier-brueckner.com

Destinasi wisata di Frankfurt Jerman selanjutnya adalah German Film Museum. Museum ini memamerkan ragam karya film bioskop sejak puluhan tahun lalu dan menjadi rumah bagi banyak artefak serta pajangan interaktif.

German Film Museum ini memiliki arsitektur yang eye-catching bergaya Wilhelminian. Saat berkunjung kesini, kamu bisa melihat bagaimana keseluruhan proses syuting film hingga menonton pertunjukan langsung yang tayang pada hari-hari tertentuk. German Film Museum ini seolah menjadi tempat terbaik untuk kamu yang tertarik dengan pembuatan film atau sinematrografi.

13. Museum of Modern Art

Museum of Modern Art
whichmuseum.com

Museum of Modern Art menjadi salah satu wisata di Frankfurt Jerman yang wajib dikunjungi, khususnya bagi kamu pecinta seni. Di museum ini kamu bisa melihat ragam pameran karya seni Eropa dan Amerika yang komprehensif oleh seniman terkemuka, seperti Roy Litchtenstein.

Museum yang didirikan pada tahun 1981 di pusat kota Frankfurt ini menawarkan 4.500 koleksi karya seni dari tahun 1960 hingga saat ini. Kamu bisa melihat banyak sekali karya seni yang mengesankan. Setelah pusa menjelajah, sempatkan untuk menikmati secangkir kopi di restoran yang ada di dalam area museum.

14. Kleinmarkthalle

Kleinmarkthalle
faz.net

Destinasi wisata di Frankfurt Jerman selanjutnya sangat cocok untuk kamu yang suka kuliner atau ingin berbelanja layaknya masyarakat Jerman, yaitu Kleinmarkthalle. Pasar ini menempati sebuah aula tua yang telah ada sejak tahun 1954 dengan luas 1500 meter persegi.

Pasar ini memiliki sekitar 150 kios yang menjual beberapa makanan terbaik Jerman. Disini kamu bisa mencoba Frankfurt Green Sauce yang terkenal, yaitu bumbu tradisional yang terbuat dari tujuh bumbu, telur dan krim asam. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa menikmati ragam kuliner lokal, seperti keju, kue kering dan sosis.

15. Zeil Shopping Center

Zeil Shopping Center
fuksas.com

Kalau kamu suka belanja, Zeil Shopping Center ini menjadi salah satu destinasi wisata di Frankfurt Jerman yang tak boleh untuk dilewatkan. Kawasan ini sebenarnya merupakan tempat atau zona para pejalan kaki yang ramai dan sangat digemari oleh wisatawan yang gemar berbelanja.

Untuk kamu yang suka berbelanja, kamu bisa berkunjung ke The Fifth Avenue Jerman. Disini kamu akan menemukan banyak butik mewah dan pusat perbelanjaan 10 lantai kelas internasional bernama Zeil Galerie. Di butik ini kamu bisa berbelanja ragam barang dari brand terkenal. Kamu bisa memilih untuk berbelanja di butik mewah, departmen store skala internasional atau berbelanja di toko eksklusif.

16. The Old Opera House

The Old Opera House
frankfurt-tourismus.de

Wisata di Frankfurt Jerman berikutnya adalah The Old Opera House atau yang juga dikenal sebagai Alte Opera. Gedung ini dikenal karena memiliki arsitektur yang unik dan cantik.

The Olf Opera House ini menjadi tempat untuk diselenggarakannya berbagai acara konser, bahkan setidaknya 300 jenis konser telah diselenggarakan di gedung ini. Wisatawan bisa menjelajahi fasilitas yang ada, seperti The Great Hall yang mampu menampung sekitar 2.450 pengunjung dan banyak digunakan untuk pertunjukan akustik dan Mozart Hall yang bisa menampung hingga lebih dari 700 orang.

The Old Opera House ini juga cukup bersejarah karena didirikan pada tahun 1981 dan pernah mengalami kehancuran parah akibat perang. Bangunan gedung ini juga telah dilengkapi dengan eksterior yang menawan dan terlihat dari pintu masuk hall yang telah dikembalikan untuk mencerminkan desain Renaissance arsitekasli Richard Lucae. Sekarang, The Old Opera House ini dikenal sebagai gedung untuk menggelar konser megah dan pusat kongres.

17. Eschenheim Tower

Wisata Frankfurt jerman
amusingplanet.com

Eschenheim Tower atau yang juga dikenal dengan Eschenheimer Turm ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di Frankfurt Jerman yang cukup menarik untuk dikunjungi. Menara yang dibangun pada awal tahun 1400-an ini menjadi salah satu peninggalan terbaik Jerman setelah tembok kota tua Frankfurt.

Menara setinggi 47 meter ini masih mengesankan dengan dimensinya dan mendominasi distrik Gerbang Eschenheimer. Sekarang, menara ini memiliki kave dan ruang pertemuan yang bisa digunakan oleh masyarakat. Menariknya lagi, ada Bursa Efek terdekat yang dibangun pada tahun 1879 dan menjadi yang terbesar di Jerman.

18. Jewish Museum Frankfurt

Jewish Museum Frankfurt
juedischesmuseum.de

Wisata di Frankfurt Jerman yang satu ini juga tak kalah populer di kalangan wisatawan, yaitu Jewish Museum Frankfurt. Museum yang dibuka pada tahun 1988 saat peringatan 50 tahun Kristallnacht ini menjadi salah satu tempat paling penting bagi orang Yahudi Jerman.

Museum ini menampilkan koleksi utama di Istana Rothchild yang fokus lebih dari 900 tahun sejarah kehidupan dan budaya Yahudi di Frankfurt. Sorotan lainnya di museum ini adalah pameran yang berkaitan dengan Anne Frank di Frank Family Center serta adanya perpustakaan penelitian yang canggih.

Kamu juga bisa berkunjung ke Museum Judengasse dimana ada artefak dan pemran menarik berkaitan dari periode ini serta adanya sekilas pandangan tentang budaya Yahudi selama periode sejarah Eropa.

19. Eiserner Steg

Eiserner Steg
frankfurt.citysam.de

Eiserner Steg tak hanya menjadi salah satu tempat paling ikonik untuk dikunjungi, namun juga menjadi salah satu wisata di Frankfurt Jerman yang cukup menarik untuk dijelajahi. Eiserner Steg merupakan jembatan yang terbuat dari besi dan beton yang menawarkan pemandangan kota Frankfurt yang indah.

Jembatan yang bergaya Neo-Gothic dan dibangun pada tahun 1869 ini menghubungkan kota Frankfurt dan Romerberg dengan Sachsenhausen yang berada di sepanjang tepi selatan Sungai Main. Fitur mencolok dari jembatan ini adalah adanya gembok yang melekat pada rel besi jembatan yang bertuliskan nama para pasangan terukir diatasnya. Kamu pun juga bisa meletakkan gembok dengan nama kamu dan pasangan kamu di jembatan yang indah ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi Eiserner Steg ini adalah saat malam hari karena jembatan akan diterangi lampu-lampu yang indah.

20. Mainkai

Wisata di Frankfurt
commons.wikimedia.org

Destinasi wisata di Frankfurt Jerman yang terakhir adalah Mainkai. Berada di pinggiran kota, Mainkai menjadi salah satu tempat wisata yang cukup populer dengan pemandangan sungai. Kawasan pejalan kaki disini sangat terawat dengan baik sehingga wisatawan yang datang gamar menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan.

Kawasan Mainkai ini juga menawarkan banyak restoran, café dan toko yang bisa kamu kunjungi untuk sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan kota. Mainkai ini menjadi tujuan favorit bagi anak muda untuk nongkrong, jalan-jalan atau sedekar berfoto selfie.

Itulah tadi 20 destinasi wisata di Frankfurt Jerman yang wajib untuk kamu kunjungi. Wisata mana yang paling ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply