20 Wisata di Berlin Mulai Istana Megah Hingga Wisata Alam Indah


prita  November 13, 2021  0 Comment

Wisata di Berlin memang mampu membius siapapun saat berkunjung kesana. Berlin tidak hanya dikenal sebagai ibu kota Jerman, namun juga sebuah kota metropolitan di jantung Benua Eropa. Berlin juga menjadi pusat kegiatan politik Uni Eropa, ekonomi, budaya, pendidikan, politik dan sains. Terlebih lagi, Berlin juga dianugerahi dengan banyak sekali wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam hingga wisata kuliner. Jika kamu akan berkunjung ke Berlin, pastikan kamu untuk berkunjung ke deretan wisata berikut ini.

1. The Berlin Wall

The Berlin Wall
lonelyplanet.com

Destinasi wisata di Berlin yang pertama kali wajib untuk kamu kunjungi adalah The Berlin Wall atau Tembok Berlin. Tembok Berlin ini merupakan sebuah tembok pembok pembatas yang memisahkan Berlin Barat dan Berlin Timur yang dibangun oleh Republik Demokratik Jerman.

Tembok ini memiliki ketinggian hingga 3,6 meter dan runtuh karena Demilition. Runtuhnya tembok ini pada tanggal 9 November 1989 menandakan jika Jerman Barat dan Jerman Timur telah bersatu.

Gotravelly

Berfoto Di Spot-Spot Instagramable, Yang Ada Di Candi Cetho

Bvgil Gelato And Friends, Cafe Gelato Nikmat Dengan Ragam Pilihan Rasa

2. Brandenburg Gate

Brandenburg Gate
booking.com

Brandenburg Gate atau Gerbang Brandenburg merupakan salah satu tempat wisata populer di Berlin yang menarik untuk dikunjungi. Brandenburg Gate ini tak hanya menjadi destinasi wisata, namun juga menjadi ikon utama di Kota Berlin.

Gerbang ini berlokasi di Antara Pariser dan Platz des 18. Brandenburg ini cukup bersejarah karena mempresentasikan simbol kemenangan Jerman yang kemudian menjadi ikon penting di kota ini. Pada bagian bangunan gerbang terdapat ikon kereta di bagian atasnya. Dulunya kereta tersebut sempat diboyong ke Perancis pada pemerintahan Napoleon Bonaparte, namun kereta tersebut dibawa kembali ke Jerman setelah Perancis kalah dalam peperangan melawan Jerman.

3. Reichstag

Reichstag
medium.com

Reichstag merupakan gedung parlemen Jerman yang lokasinya berada di pusat kota Berlin. Gedung ini memang cukup bersejarah dan menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Berlin.

Gedung parlemen ini selesai dibangun pada tahun 1894 yang mana dana pembangunanya didapat dari kemenangan Jerman melawan Perancis. Reichstag ini merupakan bangunan tua megah bergaya Renaisans yang dirancang oleh Paul Wallot atas persetujuan parlemen Jerman dan sekarang wisatawan sering berkunjung kesini untuk berfoto di depan gedungnya.

4. Berliner Dom

Berliner Dom
pixabay.com

Destinasi wisata populer di Berlin selanjutnya adalah Berliner Dom atau yang sering juga disebut dengan Katedral Berlin. Berliner Dom ini merupakan nama pendek untuk Gereja Paroki Agung yang berada di Berlin.

Katedral ini memiliki tinggi hingga 98 meter dan pertama kali dibuka pada tahun 1905. Gereja ini memang memiliki gaya bangunan Renaisans kuno yang klasik dan indah. Saat perang dunia terjadi, katedral ini sempat mengalami kerusakan parah. Namun, di tahun 1993 katedral ini kembali direnovasi hingga saat ini menjadi salah satu bangunan bersejarah paling ikonik di kota Berlin. Wisatawan yang berlibur ke Berlin biasanya menghabiskan waktu untuk mengagumi keindahan bangunan gereja ini dan mengabadikan momen di depannya.

5. Fernsehturm

Fernsehturm
parkinn-berlin.de

Fernsehturm adalah sebuah menara televisi Berlin yang ikonik dan cukup menarik untuk dijadikan sebagai destinasi wisata di Berlin. Menara setinggi 368 meter ini pertama kali dibuka pada tahun 1970 dan menjadi struktur freestanding tertinggi ketiga di Eropa. Menara ini awalnya dibangun untuk menandai kehebatan komunisme dan menjadikannya sebagai simbol penyatuan kembali kota pada tahun 1980an.

6. Charlottenburg Palace

Charlottenburg Palace
private-guide-berlin.com

Wisata di Berlin yang satu ini juga tak kalah populer dan menjadi salah satu spot foto menarik, yaitu Charlottenburg Palace. Bangunan istana ini sangatlah indah dan mewah yang mana melambangkan kemegahan Kerajaan Prusia di jaman dahulu.

Saat pertama kali dibangun, Charlottenburg Palace ini hanyalah sebuah taman istana yang kecil. Seiring berjalannya waktu, tempat ini terus dibangun hingga sekarang luasnya mencapai 505 meter persegi dan menjadi istana terbesar di Jerman.

Istana ini dibangun pada abad ke-17 dan perluasannya baru selesai di abad ke-18. Istana ini memiliki dekorasi yang indah dengan gaya bangunan Baroque dan Renaisans klasik. Pada halaman belakang istana kamu bisa menemukan taman besar yang dikelilingi hutan, pavilion, teater, mausoleum dan koridor-koridor cantik.

7. Gendarmenmarkt

Gendarmenmarkt
h-hotels.com

Gendarmenmarkt dalah salah satu alun-alun terbesar di Berlin yang juga menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Berlin. Alun-alun ini didominasi oleh tiga bangunan bersejarah di Berlin, yaitu Konzerthaus, Katedral Prancis dan Katedral Jerman.

Alun-alun yang telah ada sejak abad ke-17 ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyelenggarakan berbagai acara, seperti konser klasik di tangga teater Konzerthaus saat musim panas dan alun-alun ini akan berubah menjadi Pasar Natal saat bulan Desember.

8. Tiergarten

Tiergarten
exploringworld.com

Jika kamu suka menikmati suasana taman yang indah dan tenang, kamu wajib berkunjung ke Tiergarten ini. Tiergarten ini merupakan sebuah taman kota yang cukup terkenal di Berlin.

Taman seluas 210 hektar ini memang sangat populer dan dikenal sebagai salah satu taman kota terbesar di Jerman. Di Tiergarten ini kamu bisa piknik dengan tenang sambil menikmati indahnya pemandangan taman. Tak hanya itu, ragam kegiatan lainnya juga bisa kamu lakukan disini, seperti bersepeda, jogging, bermain sepak bola dan lainnya.

9. Mauerpark Berlin

Mauerpark
tagesspiegel.de

Selain Tiergarten, ada taman kota lainnya di Berlin yang menjadi salah satu destinasi wisata di Berlin, yaitu Mauerpark. Mauerpark ini menjadi tujuan sempurna bagi kamu yang ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda.

Disini kamu akan menemukan banyak orang yang sedang berjalan-jalan dan berkaraoke selama hari Minggu. Disini wisatawan bisa menemukan pasar loak, kedai makanan yang enak dan tempat untuk bernyanyi juga menari bersama.

10. Holocaust Memorial

Holocaust Memorial
dw.com

Holocaust Memorial atau yang juga dikenal sebagai Memorial to the Murdered Jews of Europe, merupakan sebuah monumen yang dibangun oleh pemerintah Jerman untuk kaum Yahudi Eropa yang dibantai oleh sadisnya tentara Nazi di masa lampau.

Monumen ini dibangun di atas lahan seluas 19.000 meter persegi. Disini kamu bisa melihat deretan nisan abu-abu berjumlah 2.771 yang berbaris lurus sejajar namun tak ada satupun dari batu-batu nisan tersebut yang memiliki tinggi sama. Holocaust Memorial ini dibangun oleh arsitek asal New York yang bernama Peter Eisenman dan pertama kali dibuka pada tahun 2005.

11. Pergamon Museum

Pergamon Museum
cntraveler.com

Jika kamu menyukai museum, tentu kamu akan menemukan banyak sekali museum di Berlin yang tak hanya bisa menambah wawasan namun juga memiliki bangunan yang indah, salah satunya adalah Pergamon Museum.

Museum Pergamon ini memang terkenal unik dan sedikit nyentrik karena berbentuk sebuah gua yang isinya merupakan koleksi barang-barang yang konon merupakan harta Aladin dari zaman kuno saat Eropa sedang dalam masa penjelajahan ke wilayah Asia.

Di dalam museum ini kamu bisa menemukan banyak baran artistic dari Roma, Yunani, Babilonia dan Timur Tengah yang sangat indah. Kamu juga bisa menemukan patung-patung dan koleksi monument yang ada disini, yang mana adalah hasil dari pencarian para arkeolog Jerman pada abad ke-20 sehingga kamu bisa merasakan nuansa klasik dan modern dalam waktu yang bersamaan. Tak hanya itu, berkunjung kesini juga bisa menambah ilmu pengetahuan kamu akan sejarah. Tak heran jika Pergamon Museum ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Berlin.

12. Jewish Museum

Jewish Museum
youtube.com

Destinasi wisata di Berlin selanjutnya juga masih berupa museum yang cukup menarik untuk kamu kunjungi, yaitu Jewish Museum atau Museum Yahudi. Museum ini merupakan salah satu Museum Yahudi terbesar di Eropa yang cukup menarik perhatian wisatawan dari berbagai Negara.

Berkunjung ke museum ini kamu bisa mengetahui lebih dalam seputar serba-serbi sejarah Yahudi di Jerman. Museum ini tentu sangat cocok dengan kamu yang suka sejarah, apalagi jika kamu tahu sejarah tentang Nazi dan kesadisannya terhadap pemeluk Yahudi di Jerman pada masa lampau.

Banyak sekali hal yang akan membuat pengunjung terkejut bahkan emosi jugaakan naik turun saat melihat koleksi museum ini dan menyaksikan langsung perjalanan sejarah Yahudi di Jerman selama kurun waktu 2.000 tahun.

13. DDR Museum

DDR Museum
inexhibit.com

DDR Museum juga menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Berlin yang sayang sekali untuk dilewatkan. Museum yang baru dibuka pada tahun 2006 ini menawarkan tampilan kehidupan di Berlin Timur di bawah kekuasaan komunis.

Museum ini menampilkan pameran interaktif langsung yang terkat dengan bidang kehidupan seperti pengawasan, privasi kehidupan sehari-hari serta replika blok menara. Hal menarik lainnya di museum ini adalah adanya replika sel penjara, ruang interogasi dan bioskop. Tak hanya itu, kamu juga bisa mencoba simulator Trabant yang akan memberikan pengalaman mengemudi di sepanjang Tembok Berlin dengan kendaraan klasik Jerman Timur.

14. German Historical Museum

German Historical Museum
ifcurious.com

Tempat wisata di Berlin yang patut untuk kamu singgahi selanjutnya adalah German Historical Museum. Museum ini didirikan untuk memperingati ulang tahun kota Berlin ke 750 tahun pada tahun 1987.

Museum Sejarah Jerman ini wajib untuk dikunjungi bagi kamu, khususnya kamu yang tertarik dengan sejarah kota Berlin yang sangat kaya. Museum ini dipenuhi dengan tampilan artefak menarik yang berkaitan dengan berbagai periode dan kejadian penting, seperti jatuhnya Tembok Berlin. Tak hanya itu, museum ini juga memiliki bioskop dan perpustakaan penelitian yang terbuka untuk umum. Tak perlu khawatir jika kamu tak bisa berbahasa Jerman karena di museum ini telah tersedia tur dengan pemandu yang bisa berbahasa Inggris. Setelah puas berkeliling museum, kamu bisa singgah untuk beristirahat di café yang ada di museum.

15. German Museum of Technology

German Museum of Technology
erco.com

Bila kamu penyuka teknologi, rasanya museum yang satu ini wajib untuk masuk dalam salah satu destinasi wisata di Berlin yang wajib untuk kamu kunjungi. Museum yang didirikan pada tahun 1983 ini menampilkan tentang perkembangan industri dan teknologi Jerman.

Banyak hal menyenangkan untuk dilihat di museum ini, termasuk tampilan terkait dengan Revolusi Industri bahkan kamu bisa mendapatkan pengalaman langsung di bengkel yang direkonstruksi serta melihat kendaraan yang berevolusi dari masa ke masa.

Di museum ini kamu bisa melihat banyak kendaraan dan pesawat yang dipamerkan, termasuk sejumlah mesin uap yang berasal dari tahun 1843. Hal menarik lainnya di museum ini adalah kamu bisa menaiki kereta vintage yang berasal dari tahun 1930-an dari museum ke depot lokomotif di akhir pekan.

16. Museum Island

Museum Island
afar.com

Tempat wisata di Berlin yang wajib untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Museum Island atau yang dikenal dengan Museumsinsel. Museum Island ini merupakan sebuah wilayah di bagian utara Sungai Spress yang memiliki 5 museum.

Sejarah berdirinya museum-museum di kawasan ini berkat saran seorang arkeolog bernama Aloys Hirt yang kemudian di tahun 1822 rancangan museum tersebut mulai dibangun oleh Schinkle. Raja Frederick William IV dari Prusia kemudian mendedikasikan kawasan ini sebagai pusat seni dan ilmu yang kemudian saat ini dikelola oleh Yayasan Warisan Budaya Prusia.

17. Berlin-Dahlem Botanical Garden and Botanical Museum

Berlin-Dahlem Botanical Garden and Botanical Museum
gardenvisit.com

Tempat wisata di Berlin yang satu ini juga cukup menarik untuk dikunjungi karena memiliki keindahannya tersendiri, yaitu Berlin-Dahlem Botanical Garden dan Botanical Museum.

Awalnya tempat ini merupakan dapur dan kebun herbal Istana Kerajaan yang dibangun pada tahun 1679. Taman ini menempati area seluas 126 hektar dan menjadi salah satu kebun raya terbesar di dunia. Kebun Raya ini juga menjadi rumah bagi lebih dari 20.000 spesies tanaman yang tak hanya flora khas Eropa namun juga flora yang tumbuh di lingkungan tropis dan Subtropis di Great Tropical House.

Disini kamu juga bisa menemukan kebun tanaman obat dan kolam besar yang membentuk pusat biotope untuk tanaman laut dan rawa. Jangan lupakan juga untuk berkunjung ke Botanical Museum yang luar biasa dengan herbariumnya yang menampilkan lebih dari dua juta tanaman dan perpustakaan yang luas. Jika kamu berkunjung saat Natal, kamu bisa menyaksikan acara tahunan Botanical Night, yaitu sebuah atraksi yang dianggap paling romantis di Berlin.

18. Zoologischer Garten Berlin

Zoological Garten
commons.wikimedia.org

Zoologischer Garten atau yang juga dikenal sebagai Berlin Zoological Garden merupakan sebuah kebun binatang terbesar dan tertua di Jerman dengan jumlah spesies terbanyak di dunia. Kebun binatang yang buka pada tahun 1844 ini memiliki luas 35 hektar dengan 1.380 spesies yang berbeda dan lebih dari 20.200 koleksi binatang.

Banyak sekali satwa yang bisa kamu temukan di kebun binatang ini, seperti Polar Bear, Panda, Pengun, ragam burung dan masih banyak lagi lainnya. Tak hanya itu, di Zoologischer Garten Berlin ini kamu juga bisa melihat aquarium yang dibuat pada tahun 1913. Aquarium ini mengoleksi berbagai macam jenis ikan dan kehidupan akuatik. Bahkan, disini kamu juga bisa menemukan berbagai jenis reptile, invertebrate dan amfibi.

19. Spree River

Spree River
getyourguide.com

Spree River merupakan sebuah sungai terkenal yang melewati Negara bagian Saxony, Brendenburg dan Berlin di Jerman. Tak hanya melewati Jerman, Sungai Spree ini juga melewati kawasan Usti nad Labem di Republik Ceko.

Sungai Spree memiliki panjang sekitar 400 kilometer dan wisatawan bisa berjalan-jalan di sekitar sungai ini karena pemandangannya yang indah. Bahkan, tersedia beberapa perahu melihat pemandangan sungai yang indah ini. Tak heran jika Spree River ini menjadi salah satu wisata di Berlin yang menarik untuk dikunjungi.

20. Grunewald Forest

Wisata di Berlin
afar.com

Wisata di Berlin yang terakhir adalah Grunewald Forest. Grunewald Forest adalah salah satu hutan di Jerman yang lokasinya berada di sisi barat Berlin.

Destinasi wisata seluas 3.000 hektar ini merupakan area hijau terluas di Berlin yang memiliki suasana tenang dan sejuk. Grunewald Forest ini bisa menjadi destinasi yang cocok untuk kamu yang ingin menikmati indahnya pemandangan dengan suasana yang tenang.



Leave a Reply