10 Makanan Khas Dumai Mulai Dari Jajanan Hingga Makanan Berat


sisil angelin  October 9, 2021  0 Comment

Makanan khas Dumai Indonesia ini lengkap banget mulai jajanan hingga kuah segar yang menyehatkan. Memang terkenal sekali dengan destinasi wisata alamnya yang indah, budaya, adat, dan kulinernya yang beragam memang menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk menjelajahi beberapa daerah yang ada di Indonesia. Namun saat berkunjung kebeberapa daerah ini tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi, dan membawa buah tangan untuk teman, keluarga, atau orang tersayang. Kali ini GoTravelly bakalan bahas salah satu kuliner yang berada di Kota yang memiliki julukan Kota Minyak siapa lagi kalo bukan Kota Dumai yang menjadi Ibu Kota Provinsi Riau. Jadi Kota Dumai ini memiliki ikon yang istimewa yaitu memiliki kekayaan alam yang berlimpah, dan tak heran jika Kota Dumai juga disebut sebagai Kota Industri. Nah untuk kalian yang baru saja mampir ke Kota Dumai pastinya masih belum tau dong apasaja kuliner khas Dumai? Nah dari pada penasaran langsung aja yuk simak artikel GoTravelly kali ini yang bakalan bahas beberapa kuliner khas Kota Dumai yang wajib kalian cicipi, ataupun dibawa pulang untuk buah tangan.

1. Gulai Udang

Gulai Udang
asianfoodnetwork.com

Makanan Khas yang akan kita bahas pertama ini memang sangat populer di Kota Dumai, dan menjadi salah satu kuliner khas Dumia yang wajib dicoba. Jadi Udang yang fresh akan dimasak dengan bumbu gulai asam kuning, dan kuah dari gulai udang ini memang cuukup kental dibandingkan gulai pada umumnya. Untuk rasa memang tidak perlu diragukan lagi Gulai Udang ini manis, asin, pedas, dan gurih memang menjadi perpaduan yang sangat sempurna. Apalagi dimakan bersama dengan nasi hangat. Selain bisa kalian jadikan lauk untuk kuliner dikota Dumai Gulai Udang ini juga bisa kalian beli untuk oleh-oleh khas Dumai loh!

Paket wisata murah

LaFest, Destinasi Wisata & Kuliner Hits Ala Luar Negeri

Lezatnya Tahu Tek Barokah Di Keputih Dan Tidak Pernah Sepi Dengan Pengunjung

2. Gulai Asam Kuning

Gulai Asam Kuning
yummy.co.id

Makanan Khas Dumai Selain Gulai Udang kalian juga wajib banget nih cobain Gulai Asam Kuning yang menggunakan ikan patin, dan akan dimasak dengan bumbu Gulai Asam Kuning. Sehingga saat matang kalian bisa merasakan betapa manis, asin, pedas, asam, dan gurih menjadi satu. Gulai Asam Kuning ini tidak perlu diragukan lagi untuk soal rasa, karena kaya akan rempah, dan cocok banget untuk kalian yang suka dengan ikan patin. Gulai Asam Kuning sangat lezat dimakan dengan nasi hangat, dan Gulai Asam Kuning ini juga bisa kalian beli untuk buah tangan keluarga tercinta. Karena Gulai Asam Kuning ini menjadi salah satu hidangan khas Dumai, jadi untuk menemukan hidangan ini sangatlah mudah, dan harganya pun murah-meriah gak pikin kantong jebol.

3. Asam Pedas Patin

Asam Pedas Patin
suara.com

Memang ikan patin menjadi salah satu ikan kesukaan masyarakat Kota Dumai, makanya tak heran jika banyak sekali beraneka olahan patin di kota Dumai, dan salah satunya adalah Asam Pedas Patin. Jadi untuk rasa dari Asam Pedas patin ini memang mendominasi rasa pedas, dan rasa asam. namun bumbu yang berlimpah ini memang membuat ikan patin ini terasa sangat lezat, dan sangat nikmat dimakan dengan nasi putih. Jaid untuk kalian yang berkunjung ke Kota Dumai wajib banget nih cicipi segarnya rasa Asam Pedas Patin.

4. Bubur Lambok

 Bubur Lambok
resepbunda.com

Sekilas memang bubur lambok ini mirip dengan bubur manado. Namun Bubur Lambok ini memiliki keunikan tersendiri yaitu Bubur Lambok terbuar dari beras yang dicampur dengan daun pakis, rempah-rempah, dan teksturnya memang sangat kental sehingga Bubur Lambok ini cukup mengenyangkan saat dijadikan menu makan siang. Nah untuk kalian yang penasaran dengan rasa Bubur Lambok ini wajib banget nih menjelajahi kuliner-kuliner yang ada di Kota Dumai.

5. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo
cookandrecipe.com

Bolu Kemojo ini cocok banget untuk kalian yang ingin mencicipi beraneka camilan khas Dumai, dan Bolu Kemojo ini menjadi salah satu kue tradisional yang biasanya wajib ada saat acara besar di Kota Dumai. Bolu Kemojo ini biasanya sebelum acara akan dibuat bersama-sama, dan hal ini tentunya agar hubungan antara keluarga semakin dekat, dan warnanya yang hijau ini terbuat dari bahan alami yaitu daun suji. Selain warnanya yang cantik Bolu Kemojo ini juga memiliki bentuk yang cantik, dan aromana yang harum ini bikin siapa aja ketagihan untuk memakannya.

6. Dodol Nenas

Dodol Nenas
YoutubeMamaCiMemasak.com

Disetiap daerah memang memiliki dodol khas, dan salah satunya adalah dodol nenas asal Kota Dumai ini. Jadi rasanya itu manis, pedas, dan teksturnya yang kenyal ini bikin siapa aja ketagihan dengan Dodol Nenas. Ohya Dodol Nenas ini menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli saat berada di Kota Dumai, dan untuk menemukan Dodol Nenas ini cukup mudah. kalian bisa mampir kepusat oleh-oleh atau rumah industri yang ada di Kota Dumai, dan harganya pun murah-meriah sehingga cocok dijadikan oleh-oleh. Untuk bahan yang digunakan mengolah Dodol Nenas ini terdiri dari buah nanas, santan, tepung ketan, gula pasir, dan akan diolah sedemekian rupa sehingga jadilah 1 Dodol Nenas yang kenyal.

7. Lempuk Durian

Lempuk Durian
makananoleholeh.com

Untuk kalian pencinta durian wajib banget cobain Lempuk Durian yang menjadi salah satu oleh-oleh khas Kota Dumai yang wajib dibeli saat berkunjung ke kota ini. Jadi Lempuk Durian ini memang teksturnya mirip banget dengan dodol nenas. Yang membuatnya berbeda adalah Lempuk Durian ini menggunakan buah durian, dan buah durian yang digunakanpun tidaklah sembarangan. Yaitu menggunakan Raja Buah Atau Durian. Sedangkan untuk tekstur dari Lempuk Durian ini memang sangat kenyal, dan rasa durian yang manis sangatlah terasa. Jadi untuk kalian pencinta camilan manis wajib banget cobain Lempuk Durian khas Kota Dumai ini.

8. Keripik Cabe

 Keripik Cabe
agrowindo.com

Jangan ngaku suka pedes kali kalian belum cobain Keripik Cabe camila khas kota Dumai ini. Karena Keripik Cabe ini rasanya pedas, asin, dan terksturnya yang super crunchy ini bikin nagih! Namun rasanya memang pedas, dan keripik ini terbuat dari singkong yang dicampur dengan bumbu bubuk cabai yang super pedas sehingga saat dimakan bikin lidah kalian terasa terbakar. Jadi dari pada kalian penasaran langsung aja yuk cobain Keripik Cabe saat berburu kuliner, dan oleh-oleh di Kota Dumai.

9. Mie Sagu

Mie Sagu
resepdapurmama.com

Tekturnya yang kenyal, dan bumbunya yang strong ini memang bikin siapa aja ketagihan dengan rasanya! Jadi mie sagu ini menjadi ini menjadi kuliner khas Kota Dumai yang terbuat dari bahan dasar sagu, dan mie sagu ini biasanya dimasak dengan sayuran, ikan teri, serta rempah-rempah tang akan membuat rasa mie sagu ini terasa sempurna! Jadi kalian yang berkunjung ke Kota Dumia wajib banget cobain kuliner khas Dumai yang satu ini. Rasanya manis, asin, gurih, dan tekstur lembutnya mie sagu ini bikin nagih.

10. Es Samudra

Es Samudra
tribunnews.com

Makanan khas Dumai yang akan kita bahas terakhir ini adalah Es Samudra. Jadi untuk kamu yang tidak ingin makanan berat, atau makanan ringan bisa banget nih cobain segarnya Es Samudra. Yang menjadi salah satu kuliner khas Dumai yang populer, dan wajib banget kalian cicipi. Es Samudra ini terdiri dari buah durian, rumput laut, gula, santan, garam, coco pandan, cincau, es batu, dan susu. Es Samudra ini sangat sempurna dinikmati saat udara panas di Kota Dumai.

Itulah beberapa kuliner khas Dumai yang wajib banget kalian cicipi, dan pastinya membuat kulineran kalian di Kota Dumai ini berkesan!



Leave a Reply