10 Dessert Khas Jerman Kelezatannya Menggoda Iman


prita  February 19, 2022  0 Comment

Dessert merupakan makanan yang biasa disajikan saat akhir makan malam dan biasanya terdiri dari makanan yang manis. Berbagai negara di dunia memang sangat akrab dengan hidangan penutup, tak hanya makanan yang manis, terkadang juga mereka menyajikan hidangan penutup ini dengan rasa yang kuat, seperti keju. Salah satu negara yang memiliki dessert khas adalah Jerman yang mana dessert khas Jerman ini jenisnya beragam. Nah, kalau kamu berencana untuk liburan ke Jerman, jangan lewatkan untuk menikmati hidangan penutup khas Jerman berikut ini ya.

1. Bethmnnchen

Bethmnnchen
stockfood.ru

Dessert khas Jerman yang pertama adalah Bethmnnchen. Bethmnnchen merupakan sebuah kue yang berasal dari kota Frankfurt dan terbuat dari adonan marzipan dan air mawar.

Bethmnnchen ini menjadi makanan wajib saat Natal di Jerman karena memiliki kisah menarik dibaliknya. Konon, Bethmnnchen ini memiliki hubungan erat dengan keluarga Bethmann yang dulu sangat berpengaruh. Koki keluarga tersebut membuat sebuah dessert serupa yang disebut sebagai Frankfurter Brenten. Ia membuat Bethmnnchen di tahun 1838 dan mendekorasinya untuk menghormati keempat putra dari Bethmann.

Sekarang, Bethmnnchen menjadi salah satu kue yang populer di Jerman dan biasa ditemukan selama musim Natal.

GoTravelly

Libreria Eatery : Cafe Yang Cocok Buat Nugas Dan Kerja. Ada Mini Library-Nya!

C FOR CUPCAKES AND COFFEE SEDIAKAN DESSERT LUCU

2. Bienenstich

Bienenstich
einfachbacken.de

Bienenstich juga menjadi salah satu dessert khas Jerman yang tak boleh untuk dilewatkan begitu saja. Bienenstich ini merupakan kue klasik Jerman yang terbuat dari adonan ragi manis dengan isian custard vanilla dan diberi topping almond karamel.

Kue yang berasal dari kota Munich ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-15 yang konon dibuat oleh seorang tukang roti yang terkena sengatan lebah karena di dapurnya terdapat madu. Untuk itulah kue ini diberi nama Bienenstich, yang berarti sengatan lebah.

3. Spaghettie

Spaghettie
thedailymeal.com

Kalau kamu mendengar nama Spaghettie, mungkin kamu akan teringat dengan salah satu makanan khas Italia. Namun, Spaghettie khas Jerman ini bukanlah terbuat dari bahan pasta, melainkan sebuah es krim yang cukup populer.

Spaghettie ini menjadi salah satu dessert khas Jerman yang wajib untuk dicoba. Jika diperhatikan, Spaghettie ini tampak seperti es krim vanilla pada umumnya. Namun, ada sesuatu yang membuatnya lebih istimewa, yaitu adanya saus stroberi segar dan krim kocok yang diletakkan di atas es krim ini sehingga terlihat sangat nikmat.

4. Stollen

Stollen
simplyrecipes.com

Dessert khas Jerman yang tak boleh untuk dilewatkan berikutnya adalah Stollen. Stollen merupakan salah satu suguhan Natal yang paling ditunggu dan cukup populer.

Stollen adalah roti yang dicampur dengan buah kering dan manisan kulit jeruk yang kemudian diberi topping gula icing yang nikmat. Roti buah ini memiliki cita rasa yang manis karena adonannya terbuat dari mentega dan ragi manis. Biasanya Stollen juga diberi rasa lemon dan hadir dalam bentuk yang bermacam-macam, namun umumnya jajanan ini berbentuk lonjong dan dilapisi dengan mentega cair juga gula bubuk.

5. Schnecken

Schnecken
chowhound.com

Schnecken adalah salah satu dessert khas Jerman yang berbentuk pastry dan memiliki tampilan mirip dengan cinnamon roll. Dalam Bahasa Jerman, Schnecken ini memiliki arti siput, hal ini karena schnecken ini memiliki bentuk seperti siput yang terdiri dari banyak gulungan.

Roti manis ini mengandung kayu manis dan dilapisi dengan glasir ringan lalu diberi kismis. Biasanya setiap gulungan Schnecken ini terdiri dari ragam isian, seperti mentega kayu manis, custard vanilla, kismis, biji poppy, buah-buahan dan marzipan. Saat dipanggang, roti ini diberi taburan gula bubuk sehingga rasanya manis.

6. Baumkuchen

Baumkuchen
treecakes.com

Dessert khas Jerman yang wajib untuk kamu coba berikutnya adalah Baumkuchen. Baumkuchen ini adalah lapis legit ala Jerman yang cukup populer karena memiliki cita rasa yang nikmat.

Baumkuchen ini terbuat dari tepung, telur, gula, vanila dan garam kemudian diberi mentega yang dioleh tipis di bagian atas adonan yang telah matang. Sebelum lapisan kue tersebut ditumpuk, lapisan kue tersebut harus benar-benar kering. Setelah diiris, kue tersebut akan memiliki tampilan yang indah dan mirip dengan cincin pertumbuhan. Tak heran jika kue ii disebut sebagai baumkuchen, yang memiliki arti kue pohon.

7. Gâteau Black Forest

Gâteau Black Forest
bbc.co.uk

Gâteau Black Forest merupakan salah satu dessert khas Jerman yang juga dikenal sebagai Black Forest Cake. Kue ini mungkin cukup familiar karena di Indonesia sendiri kue ini cukup mudah ditemui.

Gâteau Black Forest adalah kue sponge cokelat yang diapit dengan isian buah ceri dan krim kocok. Biasanya kue ini diberi hiasan krim kocok yang banyak, cokelat parut dan buah ceri utuh. Nama dari Gâteau Black Forest ini diambil dari nama minuman beralkohol khusus yang diberi nama Schwarzwälder Kirsch (wasser) yang berasal dari Pegunungan Black Forest di barat daya Jerman.

8. Rote Grütze

Rote Grütze
essen-und-trinken.de

Dessert khas Jerman yang tak kalah lezat selanjutnya adalah Rote Grütze. Dessert ini berasal dari Jerman utara dan enjadi salah satu hidangan penutup yang paling dicari.

Rote Grütze pada dasarnya adalah sebuah puding yang terbuat dari aneka buah berry, seperti strawberry, blackberry, blueberry, raspberry dan cery yang dipadukan dengan kismis merah lalu diberi topping saus vanola, krim kocok atau es krim. Buah-buahan tersebut kemudian dicampur dan diolah bersama gula dan tepung kentang sehingga menghasilkan konsistensi seperti agar-agar. Rote Grütze ini bisa disajikan panas atau dingin kemudian diberi tambahan saus vanila, krim kocok, es krim, susu atau puding.

9. Käsekuchen

Käsekuchen
schaer.com

Käsekuchen adalah salah satu dessert khas Jerman yang cukup populer. Käsekuchen ini memiliki tampilan yang mirip dengan cheesecake khas Amerika Serikat, bedanya cheesecake khas Jerman ini dibuat menggunakan quark, bukan dengan krim keju.

Käsekuchen memiliki crust yang berbeda karena menggunakan short-crust manis dan terkadang dibuat tanpa crust sama sekali. Käsekuchen ini bisa ditemukan di banyak toko kue, namun kamu juga bisa menemukan Käsekuchen ini di café sebagai menu pendamping kopi. Biasanya kue ini memiliki tekstur yang empuk dan sering dihidangkan dengan krim kocok yang segar, bahkan ada yang disajikan dengan campuran buah ceri, persik, kismis dan jeruk Mandarin.

10. Prinzregententorte

Dessert Khas Jerman
food52.com

Dessert khas Jerman yang terakhir adalah Prinzregententorte. Prinzregententorte ini merupakan kue cokelat yang berasal dari Bavaria, Jerman. Prinzregententorte ini terdiri dari enam lapis kue sponge tipis yang diberi lapisan krim mentega cokelat dan selai aprikot.

Biasanya Prinzregententorte juga diberi tambahan aprikot atau raspberry yang diawtkan dan biasanya diberi hiasan krim kocok atau krim cokelat juga parutan cokelat diatasnya.

Prinzregententorte ini dulunya memiliki delapan lapisan yang mana menggambarkan perwakilan delapan distrik Bavaria. Namun, sekarang hanya terdapat tujuh distrik, maka kue ini dibuat hanya terdiri dari tujuh lapisan. Prinzregententorte ini dibuat bertujuan untuk menghormati Pangeran Luitpold dari Bavaria, yang kemudian menjadi Prince Regent. Nah, dari situlah nama hidangan ini didapatkan. Sekarang, kamu bisa menemukan Prinzregententorte dengan mudah di toko kue di seluruh Jerman.



Leave a Reply