Rekomendasi Untuk Muslim Traveller, 10 Restoran Halal di Berlin


prita  May 1, 2020  0 Comment

Sebagai ibu kota negara Jerman, Berlin tentunya memiliki banyak sekali wisata yang menarik untuk dikunjungi saat musim liburan tiba. Kota ini terkenal dengan bangunan tua yang menyimpan sejarah sejak Perang Dunia II. Tak hanya wisata, Berlin juga memiliki segudang sajian yang tak boleh Anda lewatkan begitu saja. Namun, jika Anda adalah wisatawan Muslim dan ingin menyantap sajian halal, tak perlu khawatir karena banyak sekali ditemukan restoran halal di kota ini. Berikut adalah daftar restoran halal di Berlin yang patut Anda kunjungi.

1. Nusantara Restaurant

nusantara restaurant
qraved.com

Restoran halal di Berlin yang pertama ada Nusantara Restaurant. Dari namanya saja sudah pasti restoran ini menyajikan aneka sajian khas Indonesia yang menggugah selera, terlebih lagi jika Anda sudah rindu kuliner khas Nusantara.

Nusantara Restaurant berada di seberang Kleiner Tiergarten dan telah berdiri sejak tahun 2011. Restoran ini didirikan oleh tiga warga Berlin dan menawarkan beragam menu khas Indonesia, mulai dari Sumatera, Jawa dan Bali, seperti Nasi Goreng, Sate, Bakmi Goreng hingga Gado-gado. Tak hanya makanan, minuman tradisional khas Indonesia juga bisa Anda temukan disini, seperti Es Cendol dan Es campu. Tak perlu khawatir karena semua hidangan yang tersaji di restoran ini telah bersertifikat halal dan tentunya rasanya cukup otentik.

Gotravelly

Menikmati Satu Mangkok Es Dawet Jabung Yang Mitosnya Bikin Geleng-Geleng

Rm Bu Parti Spesial Garang Asem Pedas Khas Ponorogo

2. Doner Turm

Doner Turm
doner-turm.business.site

Restoran halal di berlin selanjutnya adalah Doner Turm. Doner Turm bisa menjadi jujugan bagi Anda yang ingin mencicipi sajian khas Jerman yang halal. Doner Turm adalah sebuah food stall yang berlokasi di depan salah satu pintu keluar dari u-banh Turmstraße, tepatnya di Wilhelmshavener Str. 1, 10551 Berlin.

Food stall ini dimiliki oleh orang Turki karena menu yang disajikan adalah kebanyakan menu khas Turki, seperti kebab. Tapi Anda juga bisa mencicipi sajian khas Jerman yaitu curry wurst dengan porsi yang besar dan harga terjangkau.

3. Namaste Restaurant

Namaste Restaurant
delhi6.de

Namaste Restaurant juga bisa menjadi jujugan saat Anda ingin menyantap sajian halal di kota Berlin. Restoran ini menyajikan aneka menu khas India yang tentu saja telah bersertifikasi halal. Restoran Namaste berlokasi di Pariser Str. 56, 10719 Berlin dan berada tak jauh dari stasiun kereta bawah tanah Kurfürstendamm.

Di salah satu restoran halal di Berlin ini Anda bisa mencicipi hidangan dari semua wilayah di India, seperti Nasi Biryani dan Kari Domba yang rasanya sangat lezat. Hidangan lain yang patut Anda cicipi adalah Roti Bhatura yang direndam dalam saus kari dan rasanya mampu membuat siapapun merasa ketagihan.

4. Yarok Restaurant

Yarok Restaurant
veganberlin.com

Yarok Restaurant juga menjadi salah satu restoran halal di Berlin yang wajib Anda kunjungi. Restoran ini berada tak jauh dari Topography of Teror, tepatnya di Wilhelmstraße 41A, 10963 Berlin.

Restoran ini memang memiliki tampilan yang sederhana, namun untuk menu yang disajikan sangatlah luar biasa. Disini Anda bisa mencicipi ragam sajian khas Suriah yang lezat. Seperti shawarman, hummur, falafel, kebab, fattoush dan yang wajib Anda coba adalah teh peppermint yang rasanya khas. Yarok juga cukup populer dikalangan vegetarian karena menu-menu vegetarian yang mereka tawarkan berbeda setiap harinya.

5. Nil Restaurant

Nil Restaurant
hotel.de

Jika Anda penasaran dengan menu khas Sudan, Anda bisa mampir di Nil Bistro yang berlokasi di Boxhagener Str. 28, 10245 Berlin. Restoran ini tak hanya dikenal menyajikan sajian halal yang lezat, tapi harga menunya juga sangat bersahabat.

Beberapa menu yang bisa Anda cicipi saat berkunjung ke restoran ini antara lain Doner Kebab, Burgers Afrika, Tamiya, Foul dan Koshary. Tak hanya itu, Anda juga bisa menemukan ikan, ayam dan kofte pada daftar menu. Jika Anda penggemar kopi, tak ada salahnya untuk mencicipi kopi khas Sudan yang mereka buat sendiri.

6. UNI Burger

UNI Burger
weddingweiser.de

Restoran halal di Berlin yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah UNI Burger. Memang sih bisa dibilang kalau restoran ini tidak terlalu besar, bahkan hanya ada beberapa meja dan kursi saja untuk menikmati sajiannya. Pembeli yang datang biasanya untuk take away. Namun, jangan remehkan soal rasanya.

UNI Burger berada di dekat Rumah Sakit Virchow yang lokasinya diantara Wedding, Moabit dan Gesundbrunnen. Restoran ini sangat mudah diakses karena berada tepat di pintu keluar stasiun kereta bawah tanah Amrumer Straße.

Sesuai dengan namanya, restoran ini menyajikan burger sebagai menu andalannya. Burger yang disajikan disini sangatlah fresh dan tentu saja halal. Bagi Anda yang vegetarian pun tak perlu kahawatir karena disini Anda bisa memesan menu Falafe atau burger Holloumi.

7. Koshary Lux

 Koshary Lux
dreifarbenberlin.wordpress.com

Koshary Lux juga menjadi salah satu restoran halal di Berlin yang tak boleh Anda lewatkan. Restoran yang berlokasi di Grolmanstraße dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari Ku’Damm.

Koshary Lux menyajikan sajian khas Timur Tengah yang menggugah selera dan pastinya telah besertifikat halal. Salah satunya adalah Koshary, hidangan khas Mesir yang kaya karbohidrat karena terdiri dari beras, pasta, lentil dan saus tomat.

Selain itu, Anda juga bisa mencicipi Sup Freekeh Palestina, Souffle Aljazair dan bubur beetroot Israel. Jika Anda penyuka kudapan manis, mereka juga menawarkan Umm Ali, yaitu roti manis yang dipadu dengan pudding mentega yang sangat populer di Arab.

8. El Reda Restaurant

 El Reda Restaurant
berlinfoodstories.com

Jika Anda ingin mencicipi sajian khas Lebanon dan Iran, El Reda Restaurant adalah tempat yang pas untuk dikunjungi. El Reda Restaurant berlokasi di Huttenstraße 69, 10553 Berlin dan menjadi salah satu restoran favorit wisatawan Muslim dan juga mahasiswa Indonesia yang ingin menikmati sajian halal di kota Berlin.

Menu di restoran ini terkenal memiliki porsi yang besar namun harga tetap ramah di kantong. Salah satu menu favorit di restoran ini adalah Kubideh. Kubideh adalah daging domba giling dan tomat grill yang disajikan bersama nasi basmati serta salad. Nasi basmatinya memiliki rasa yang sangat gurih karena diberi mentega khusus dari restoran ini. Tentunya kombinasi ini mampu membuat siapapun ketagihan.

9. Salamat Restaurant

Salamat Restaurant
salamat.berlin

Salamat Restaurant adalah salah satu restoran halal di Berlin yang menyajikan sajian khas Arab yang berpadu dengan sajian khas Irak utara. Berlokasi di Gartenstraße 1, Berlin, restoran ini lokasinya tak jauh dari Museum Der Stille. Tentu Anda bisa menjangkaunya hanya dengan jalan kaki.

Beberapa menu favorit di restoran ini antara lain falafel, hummus, baklava dan donat dengan selai yang mereka buat sendiri sehingga rasanya lebih lezat dan otentik. Tak hanya itu, restoran ini juga menyajikan teh hijau yang menjadi minuman andalan.

10. Azzam Restaurant

Azzam Restaurant
jsmcreativedesign.com

Restoran halal di Berlin yang terakhir adalah Azzam Restaurant. Restoran ini berlokasi di Sonnenallee 54, 12045, Berlin.

Restoran ini menyajikan menu bersertifikat halal sehingga menjadi buruan Muslim di Berlin dan wisatawan Muslim yang sedang berlibur. Salah satu menu yang paling banyak digemari di restoran ini adalah Hummus. Hummus di Azzam terbuat dari kacang yang direndam soda, tahini dan beberapa bumbu khas. Selain Hummus, menu lain yang ditawarkan oleh Azzam Restaurant adalah Falafel dan Fatteh yang tak kalah menggugah selera.



Leave a Reply