12 Makanan Khas Timur Tengah, Kelezatan yang Menggoda!


Jehan  February 19, 2023  0 Comments

Makanan Khas Timur Tengah – Timur Tengah seringkali menjadi negara yang mendapat perhatian para pecinta kuliner. Terlebih untuk mereka yang sangat menyukai sajian dengan rasa rempah yang lekat, tentu tidak bisa menghindar dari beberapa menu makanan mereka.

Tak hanya itu saja, makanan khas Timur Tengah juga memiliki sajian dengan rasa light yang tak kalah menggugah selera makanmu. Mau tahu apa saja Makanan khas mereka? yuk, simak di bawah ini.

Makanan Khas Timur Tengah:

1. Falafel

falafel makanan khas timur tengah
unsplash.com

Falafalel merupakan salah satu street food khas Timur Tengah yang cukup popular dan mendunia. Bola goreng yang satu ini merupakan makanan olahan yang dibuat dari beberapa bahan, seperti buncis, kacang, bawang bombay, peterseli, jintan.

Sebagai salah satu varian makanan pokok, Falafel akan sangat dengan mudah kamu temukan hampir di setiap sisi jalanan yang ada di kawasan Timur Tengah serta Mediterania Timur.

Makanan yang memiliki rasa rempah dan bertekstur ini adalah hidangan yang berasal dari Levant, Mediterania. Ada banyak pendamping yang bisa kamu pilih untuk disandingkan dengan Falafel. Biasanya orang menikmatinya dengan hummus, baba ghannouj atau tambahan sayur segar.

2. Hummus

hummus
unsplash.com

Hummus menjadi salah satu saus atau olesan yang sangat terkenal dari Timur Tengah bahkan di dunia. Makanan tambahan ini tak hanya dikenal karena rasanya yang lezat, melainkan Hummus adalah salah satu saos yang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Saos yang melengkapi makanan khas Timur Tengah ini seringkali dinikmati sebagai olesan beragam makanan. Sebagian besar orang memilih Hummus untuk disajikan saat sarapan. Hummus sangat enak dimakan dengan sayuran atau roti pita, bahkan daging pun akan menyatu dengan saos yang lezat ini.

Baca juga :  10 Rekomendasi Kota Di Dunia Untuk Wisata Kuliner

3. Manaeesh

manaeesh makanan khas timur tengah
flickr.com

Manaeesh merupakan pizza khas Arab yang harus kamu coba! Roti ini memiliki bentuk yang pipih dan dicampur dengan keju putih lembut. Tak hanya itu saja, roti juga di bumbuin dengan racikan tradisional dan tambahan minyak zaitun.

Saat mencobanya, kamu akan menikmati rasa renyah di bagian tengah dan lembut pada tengahnya. Manaeesh biasa dinikmati sebagai salah satu sajian di pagi hari atau di waktu siang. Apa kamu tertarik mencobanya?

4. Halloumi

halloumi makanan khas timur tengah
flickr.com

Pecinta keju sepertinya harus mencoba makanan yang satu ini deh. Halloumi adalah salah satu makanan khas Timur Tengah yang terbuat dari susu domba yang diawetkan dalam air garam. Makanan yang satu ini memiliki tekstur yang cukup unik, proses masaknya yang dipanggang membuat Halloumi menjadi sedikit leleh namun masih memiliki tekstur padat yang khas.

Saat digigit, kamu akan bertemu dengan tekstur kenyal yang sangat lembut. Sajian Timur Tengah ini bisa kamu temui sebagai salah satu makanan yang dihidangkan langsung, atau juga dicampur dengan hidangan salad.

5. Shawarma

shawarma makanan timur tengah
flickr.com

Apa kamu sedang terburu-buru namun merasa lapar? Cobalah untuk memesan Shawarma yang akan disajikan dengan cepat dan bisa menjadi makanan ringkas untukmu. Shawarma adalah roti pita yang diisi dengan perpaduan irisan daging panggang dan sayuran.

Ciri khas yang akan kamu dapati saat memakan Shawarma adalah tekstur daging yang sangat empuk. Tak hanya itu, aroma smoky akan merebak sehingga membuatmu mendapatkan rasa terbaik untuk sebuah makanan cepat saji.

6. Halvah

halvah makanan khas timur tengah
flickr.com

Halvah merupakan makanan manis yang menjadi khas Timur Tengah. Saat melihat bentuknya, kamu akan mengira Halvah merupakan sebuah kue besar, namun ini adalah permen popular di sana.

Baca juga :  9 Mango Sticky Rice enak di Thailand Bikin Ketagihan

Halvah memiliki bahan dasar biji-bijian seperti gandum dan kacang. Selain itu, Halvah juga mengandung biji wijen dan tentu saja gula. Halvah dikenal sebagai permen dengan rasa khas yang spesial, kamu bisa menemui makanan ini yang tercampur dengan kacang pistachio atau bahkan cokelat. Terdengar lezat ya!

7. Baklava

baklava makanan timur tengah
unsplash.com

Kue manis ini adalah salah satu varian makanan penutup khas Timur Tengah. Baklava dibuat dengan lapisan adonan phyllo tipis yang melekat dengan kacang cincang. Lalu bagian atasnya diberikan lapisan sirup kental yang manis.

Baklava adalah sajian yang sangat popular bahkan banyak negara lain juga mengakui keberadaan kue manis ini. Meskipun begitu, makanan ini tetap memiliki ciri yang hampir sama, hanya saja mungkin kamu akan menemukan sedikit kelembapan tekstur yang berbeda. Bagaimana, apa kamu tertarik dengan Baklava?

8. Mansaf

mansaf kuliner khas timur tengah
unsplash.com

Mansaf merupakan sajian dari Yordania yang memiliki porsi besar. Makanan berupa nasi dengan potongan daging berukuran besar ini disajikan di atas nampan besar. Daging yang disajikan dalam Mansaf adalah daging domba yang dimasak dalam kaldu Jameed khas Timur Tengah. Apabila kamu tidak terbiasa memakan porsi besar, sebaiknya memesan Mansaf untuk dinikmati beramai-ramai dan rasakan kelezatannya.

9. Foul Meddamas

foul meddamas
flickr.com

Makanan khas Timur Tengah yang satu ini terbuat dari kacang fava yang direbus dan dicampur dengan minyak zaitun, bawang putih dan bawang merah, peterseli, serta jus lemon, dan rempah-rempah tradisional.

Foul Meddamas merupakan makanan nasional Mesir yang seringkali dinikmati sebagai sajian sarapan atau jika bulan puasa, mereka menikmatinya saat berbuka. Makanan dengan tekstur kental dan sedikit tekstur ini biasa dinikmati dengan roti pita.

10. Tabbouleh

tabbouleh makanan timur tengah
flickr.com

Tabbouleh merupakan makanan khas Timur Tengah berupa salad. Sajian yang berasal dari Lebanon ini memiliki penampilan dengan warna-warni yang menyegarkan. Tabbouleh memiliki tekstur renyah sekaligus kenyal yang berasal dari berbagai macam bahan.

Baca juga :  7 Rekomendasi Restoran Makanan Khas Korea yang Endes di Jogja

Salad Timur Tengah ini menggunakan bahan dasar berupa daun peterseli segar yang dicincang dengan sangat halus lalu ditambahkan minyak zaitun, daun mint, dan gandum bulgur.

Selain itu ada potongan tomat, mentimun yang di potong dadu, dan bawang serta air lemon yang ditambahkan ke dalamnya. Salad biasa disajikan sebagai hidangan pembuka yang dinikmati dengan roti pita, hummus atau ghanoush.

11. Kofte

kofte
freepik.com

Kofte merupakan bakso goreng yang terbuat dari daging giling. Hidangan asli Turki ini dikenal sebagai salah satu makanan khas Timur Tengah yang popular. Kofte menjadi salah satu menu yang biasa disajikan saat diselenggarakannya sebuah perayaan.

Baca Juga :

10 Makanan Khas Lokal Takayama, Wajib Coba!

Makanan yang satu ini juga memiliki beberapa varian, seperti Kofte panggang atau rebus. Saat memakannya pun biasa disiram dengan saus yang memiliki rasa khas yang akan menggiurkan nafsu makanmu. Sebagai pelengkap, biasanya Kofte disajikan dengan irisan kentang.

12. Fattoush

fattoush salad khas timut tengah
flickr.com

Fattoush sajian salad sederhana yang dibuat dengan ciri khas potongan roti pita yang dikeringkan dengan digoreng atau dipanggang. Campuran sayur yang digunakan cukup sederhana, biasanya menggunakan irisan selada, mentimun, tomat ceri, paprika, bawang bombay atau bawang putih.

Baca Juga :

12 Makanan Khas Swedia yang Lezat dan Popular!

Rasa yang dimiliki oleh Fattoush cukup light, dengan campuran herba seperti mint dan peterseli yang disiram dnegna minyak zaitun, jus lemon, dan sirum delima. Sebagian variasi lain biasa menambahkan yoghurt dan keju feta.

Baca Juga :

15 Makanan Khas Austria, Varian Lengkap Manis dan Gurih!

Dari ulasan di atas mengenai makanan khas Timur Tengah tersebut, mana yang menjadi favoritmu? yuk, bagikan pengalamanmu berkuliner dan berwisata di paradise GoTravelly di sini.



Leave a Reply

One Response
  1. ssssmtss says:

    kofte kayaknya enak