Nggak Bikin Bokek Dan Keren! Kunjungi 10 Wisata Gratis di Berlin


prita  May 2, 2020  0 Comment

Berlin adalah ibukota negara Jerman yang dikenal memiliki banyak tempat wisata menarik. Kota ini memang dipenuhi bangunan berarsitektur modern bercampur bangunan kuno yang selamat dari perang. Berlin adalah salah satu kota yang masih menyimpan banyak bangunan bersejarah, mulai dari lubang peluru hingga taman Olimpiade yang menakutkan yang masih berdiri hingga saat ini. Negara-negara di Eropa memang dikenal sebagai destinasi yang mahal, namun jika Anda berkunjung ke Berlin Anda masih bisa menemukan sederet tempat wisata yang gratis. Berikut ini adalah daftar wisata gratis di Berlin yang wajib kamu kunjungi

1. Holocaust Memorial

holocaust memorial
virtualjerusalem.com

Wisata gratis di Berlin yang pertama adalah Holocaust Memorial. Memorial ini berada tepat di tengah kota Berlin dan sama sekali tidak dipungut biaya jika ingin mengunjunginya. Meskipun begitu, tentu saja tempat ini sangat menarik untuk Anda jelajahi.

Holocaust adalah memorial yang didedikasikan bagi kaum Yahudi yang menjadi korban Nazi. Memorial disini berupa bebatuan berbentuk balok yang kemudian disusun secara vertical dengan tinggi satu batu dan lainnya tak sama. Hal ini dimaksudkan agar orang setempat bisa merenungkan kekejaman dan tidak pernah melupakan apa yang pernah terjadi di masa lampau.

Gotravelly

Offroad Seru Dan Mengedukasi Di Merapi Lava Tour

Ayam Geprek Bu Made Di Jogja Bisa Dibilang Terenak Di Indonesia

2. Brandenburger Tor

 Brandenburger Tor
commons.wikimedia.org

Brandenburger Tor juga menjadi salah satu wisata gratis di Berlin yang wajib Anda kunjungi. Brandenburger Tor merupakan sebuah gerbang yang telah lama menjadi symbol kota Berlin, bahkan menjadi landmark negara Jerman.

Gerbang ini memiliki pilar-pilar tinggi dan patung kereta kuda diatasnya yang menjadi saksi sejarah Jerman dari masa ke masa. Mulai dari zaman Prussia, Perang Dunia II hingga saat Berlin terpecah dari Jerman. Bukan hanya menjadi landmark, gerbang ini juga memiliki nilai historis yang cukup panjang bagi warga Jerman.

3. Checkpoint Charlie

. Checkpoint Charlie
fotostrasse.com

Wisata gratis di Berlin yang patut Anda kunjungi selanjutnya adalah Checkpoint Charlie. Checkpoint Charlie adalah kawasan perbatasan antara Jerman Timur dan Jerman Barat yang lengkap dengan pos pemeriksaan yang dibangun oleh pasukan Amerika.

Dahulu, setelah perang dunia dan Jerman kalah, negara ini pun terbagi menjadi dua kekuasaan. Di bagian timur dikuasai oleh Rusia yang kemudian menjadi Negara Komunis Sosialis dan yang bagian timur dikuasai oleh sekutu Amerika yang kemudian menjadi negara kapitalis.

Saat berkunjung kesini, Anda akan bertemu dengan orang-orang yang menyamar sebagai polisi penjaga batas negara kemudian akan memberikan stempel dan berfoto kepada pengunjung. Meskipun sekilas Nampak kurang menarik, namun kawasan ini memiliki makna yang sangat penting.

4. East Side Gallery

 East Side Gallery
tripsavvy.com

East Side Gallery adalah sebuah galeri seni outdoor terbesar di dunia saat ini. Gallery ini juga menjadi salah satu wisata gratis di Berlin karena Anda sama sekali tidak dipungut biaya untuk menikmati karya seni disini.

Gallery seni ini sebenarnya adalah sisa sejarah tembok Berlin yang dilukis dengan mural yang indah. Sekitar 100 lukisan mural yang dilukis oleh 118 seniman dari 21 negara terpajang di tembok sepanjang 1,3 kilometer ini. Setelah runtuhnya tembok Berlin di Tahun 1989, para seniman tersebut datang ke Berlin dan melukis disana. Umumnya karya seni mural mereka memiliki pesan perdamaian dan harapan untuk dunia yang lebih baik.

5. Der Reichstag

Der Reichstag
german-way.com

Wisata gratis di Berlin yang satu ini adalah sebuah gedung parlementer Jerman yang dibangun di tahun 1884, yaitu Der Reichtag. Gedung ini dibangun saat masa pemerintahan Kaiser Wilhelm I dan sebelumnya Kaisar Prussia sempat tidak menyukai desain dari bangunan gedung ini. Namun kini ribuan wisatawan berkunjung ke Berlin tak ingin melewatkan untuk berkunjung ke Der Reichtag.

Biasanya pengunjung tertarik untuk mengunjungi kucah kaca yang ada di atas gedung. Dari sana Anda bisa menikmati pemandangan kota Berlin yang indah.

6. Museum Topografi Teror

Museum Topografi Teror
thewanderblogger.com

Jika Anda adalah senang berwisata sejarah dan ingin menemukan wisata gratis di Berlin, taka da salahnya untuk mampir ke Museum Topografi Teror atau Topographie des Terrors. Museum ini berada di tanah markas SS dan Third Reich.

Museum Topografi Teror ini akan membuka mata Anda terhadap apa yang terjadi sebelum dan selama Perang Dunia II. Museum ini akan membawa Anda untuk melalui kisah perang dan menguak kebenaran tentang bagaimana Nazi meneror masyarakat. Disini disediakan informasi dalam teks, dokumen hingga gambar yang diletakkan di papan untuk dibaca.

7. Kebun Istana Charlottenburg

Kebun Istana Charlottenburg
private-guide-berlin.com

Wisata gratis di Berlin selanjutnya adalah Kebun Istana Charlottenburg. Istana ini berlokasi di Distrik Charlotternburg, kota Berlin dan menjadi salah satu destinasi menarik untuk dikunjungi.

Istana Charlottenburg dikelilingi oleh taman-taman yang luas nan asri. Biasanya kebun ini digunakan wisatawan untuk bersantai selama musim panas karena pemandangannya sangat indah. Terlebih lagi, disini Anda bisa berjalan-jalan sambil menikmati indahnya isatana besar yang ada di depan Anda. Jika Anda ingin memasukinya, tentu akan ada biaya tersendiri untuk mengikuti turnya.

8. Mauerpark Karaoke

Mauerpark Karaoke
courserahmfm13.live

Anda suka karaoke? Pastikan Anda berkunjung ke Mauerpark, karena disini setiap minggunya ratusan hingga ribuan orang berkumpul untuk karaoke di luar ruangan yang sangat besar. Berkunjung kesini tentu menjadi tujuan yang seru dan menyenangkan setelah Anda menghabiskan hari menyusuri kota Berlin.

Tentu saja berkunjung kesini Anda sama sekali tidak akan dipungut biaya karena Mauerpark termasuk wisata gratis di Berlin. Biasanya karaeoke mulai di jam 3 sore waktu setempat, jika Anda cukup percaya diri taka da salahnya untuk mencoba menyanyi di tengah kerumumanan ini agar liburan Anda di Berlin akan terasa lebih menyenangkan.

9. Gendarmenmarkt

Gendarmenmarkt
glint-berlin.de

Wisata gratis di Berlin yang satu ini bernama Gendarmenmarkt. Gendarmenmarkt adalah sebuah alun-alun yang sangat menarik untuk dikunjungi saat Anda berlibur ke Berlin. Disini Anda akan merasakan suasana khas abad lalu yang sangat kental, meskipun alun-alun ini sepenuhnya telah dipugar karena kerusakan setelah perang.

Gendarmenmarkt menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Berlin karena memiliki arsitektur bangunan yang sangat menawan. Bangunan Gendarmenmarkt terdiri dari tiga bangunan yaitu Französischer Dom, Deutscher Dom dan Konzerthaus.

10. Sungai Spree

sungai spree
getyourguide.com

Wisata gratis di Berlin yang terakhir adalah Sungai Spree. Sungai ini merupakan sungai terkenal di Jerman yang melewati negara bagian Saxony, Brendenburg dan Berlin. Tak hanya itu, sungai ini juga melewati kawasan Ústí nad Labem di Republik Ceko.

Sungai Spree memiliki panjang sekitar 400 kilometer dimana wisatawan biasanya berjalan-jalan di sekitar sungai ini. Anda pun bisa bersantai di pinggir sungai sambil menikmati aneka hidangan khas yang bisa Anda temukan di café atau restoran di sekitar sungai ini. Jika Anda lelah berjalan-jalan, tersedia juga beberapa perahu untuk berkeliling menikmati indahnya pemandangan Sungai Spree ini, tentunya dengan biaya tambahan.



Leave a Reply