10 Pemandian Air Panas di Sulawesi dan Sekitarnya


Reni  June 13, 2022  0 Comment

Pemandian Air Panas di Sulawesi merupakan jenis dari pemandian yang menggunakan mata air yang dihasilkan dari keluarnya air tanah yang berasal dari kerak bumi setelah dipanaskan secara geothermal. Dimana air tersebut mempunyai suhu berkisar di atas 37°C, akan tetapi sebagian mata air panas itu mengeluarkan air dengan suhu di atas titik didih. 

Di seluruh dunia terdapat banyak sumber mata air panas yang tidak terhitung, termasuk yang berada di dasar samudra. Air panas lebih bisa mengencerkan padatan mineral, sehingga air yang berasal dari mata air panas mengandung kadar mineral yang tinggi, seperti litium, kalsium, atau radium. Mandi atau hanya sekedar berendam di dalam air panas bermineral, dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang lokasi pemandian air panas di Sulawesi. Yuk, simak pembahasannya.

1. Wisata Pemandian Air Panas di wilayah Sulsel Lejja

pemandian air panas lejja
tribunnews.com

Pemandian air panas Sulawesi Selatan yang pertama ini cukup populer yaitu di Lejja yang terletak di Desa Bulu, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng. Pemandian di lokasi ini mempunyai sumber air panas dengan suhu yang mencapai 60 derajat celcius. Lejja menjadi salah satu objek wisata unggulan yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan domestik atau mancanegara. Daya tarik dari pemandian air panas ini, yakni air yang mengandung unsur belerang, wisatawan percaya dengan berendam di pemandian air panas Lejja ini dapat menyembuhkan penyakit rematik dan gatal-gatal.

Gotravelly

Sensasi Tenang Dan Sejuknya Pemandian Mata Air Fotuno Rete Di Muna

Menjelajah Sulawesi Bagian Utara, Wajib Banget Ke Danau Linow

2. Wisata Pemandian Air Panas Lemo Susu

pemandian air panas lemo susu
celebes.co

Wisata ini berada di Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Wisata ini merupakan wisata pemandian air panas terdekat bila kalian berada di daerah Pinrang dan sekitarnya. Wisata pemandian air panas di Lemo Susu ini menyediakan fasilitas seperti kolam mini khusus untuk anak-anak dengan 3 perosotan dengan panjang 6m selain kolam utama. Suhu air panas di kolam mini ini dirancang agar tidak terlalu panas serta sedikit dangkal karena diperuntukkan untuk anak-anak yang belum pandai berenang.

3. Wisata Pemandian Air Panas Pincara

pemandian air panas pincara
makassar.tribunnews.com

Wisata pemandian air ini terletak di Kabupaten Luwu Utara, Pincara tentunya di Sulawesi Selatan. Berendam di air panas ini dikenal ampuh untuk tubuh menjadi rileks. Wisata pemandian air panas Pincara ini mempunyai kualitas air yang jernih serta alami yang keluar secara langsung dari dalam perut pegunungan Desa Pincara. Kolam air panas ini lokasinya bersebelahan dengan sungai. Selain itu, pengunjung pemandian ini juga dapat menikmati relaksasi dengan berendam air panas dengan suguhan pemandangan panorama alam yang nyaman dan asri.

4. Wisata Pemandian Air Panas Sulili 

pemandian air panas sulili
makassar.tribunnews.com

Wisata pemandian air panas Sulili berlokasi di Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Terdapat beberapa wahana air, yakni sumur jodoh,waterboom, dan kolam renang dengan tangga lompat yang memiliki kedalaman hingga 8 meter. Wisata pemandian air panas di Sulili ini biasanya ramai pengunjung pada saat liburan tiba atau saat akhir pekan. Dimana pengunjung yang datang memiliki tujuan yang berbeda-beda seperti hanya sekedar liburan atau ada yang ingin mandi di kolam air belerang.

5. Wisata Pemandian Air Panas Makula

pemandian air panas makula
eunikesari.wordpress.com

Wisata pemandian air panas ini berlokasi di Makula, yakni di Kecamatan Sangalla, Kabupaten Tana Toraja. Mata air panas dari pemandian Makula ini berasal dari kantung magma di bawah Bukit Kaero. Energi panas merambat melalui bebatuan. Dimana air panas Makula ini muncul dari batu pasir dan batu gamping yang mendominasi struktur tanah di Sangalla. Temperatur tertinggi dari air pemandian ini yaitu sekitar 43,6 derajat celcius pada temperatur udara 22,1 derajat celcius.

6. Wisata Pemandian Air Panas Rea Toa

Pemandian Air Panas di Sulawesi dan Sekitarnya
ihategreenjello.com

Pemandian air panas ini merupakan wisata alam dengan panorama air terjun panas alami yang turun dari atas gunung. Ini adalah salah satu pemandian air panas di Sulawesi yang terletak di Desa Realolo, Kelurahan Samarinda, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Meskipun terkenal dengan nama Rea Toa, menurut informasi warga sekitar sekitar air terjun panas ini, mengatakan bahwa air terjun ini bernama dari tempat wisata ini yakni Realolo.

7. Wisata Pemandian Air Panas di Sulawesi Ere Bambang Pencong

pemandian air panas ere bambang pencong
makassar.tribunnews.com

Wisata pemandian air panas ini berlokasi di Kabupaten Gowa. Yang mana wisata pemandian air panas ini mempunyai fasilitas, yakni dua kolam yang dapat digunakan wisatawan untuk berendam guna melepas stress dan penat. Meskipun lokasinya lebih dekat dari Kota Makassar, tempat pemandian air panas ini masih sepi dari kunjungan wisatawan. Karena, tempat wisata ini belum cukup untuk terekspose. Selain itu, akses yang digunakan untuk menuju tempat pemandian air panas ini masih tergolong sulit untuk dilalui. Nah, yuk ramaikan wisata pemandian ini sehingga makin banyak tempat wisata alam di Indonesia ini khususnya di Sulawesi Selatan.

8. Pemandian Air Panas Bora 

pemandian air panas bora
panasbuminews.com

Pemandian air panas Bora berlokasi di desa Bora yang memiliki jarak kurang lebih 20 km dari kota Palu. Di tempat wisata pemandian air panas ini terdapat kolam renang air panas, di mana selain untuk hanya sekedar berendam pengunjung juga dapat media untuk menghilangkan rasa pegal dan juga untuk relaksasi tubuh, wisata murah meriah yang cocok kalian habiskan untuk berlibur bersama keluarga. Jika kalian mencari tiket pemandian air panas murah, wisata pemandian air panas Bora ini rekomendasi untuk kalian. Dengan harga tiket masuk sebesar Rp 6.000 untuk dewasa dan Rp 4.000 untuk anak-anak.

9. Pemandian Air Panas Mantikole

pemandian air panas mantikole
palu.tribunnews.com

Lokasi wisata dari wisata pemandian air panas ini berlokasi di Balamoa, Dolo Bar., Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Lokasinya sekitar 25 kilometer dari pusat kota Palu Sulawesi Tengah dan membutuhkan waktu sekitar 50 menit. Alternatif menuju wisata pemandian air panas Mantikole ini dapat melalui jalur darat yakni Jalan Pue Bongo II dengan titik mulai Bundaran Palupi. Berikutnya, kalian bisa melalui Jalan Poros Palu-Kulawi, dengan melalui Jalan Guru Tua yang berada di Desa Kalukubula.

10. Pemandian Air Panas Bethesda 

pemandian air panas bethesda
tripzilla.id

Pemandian air panas ini merupakan salah satu tempat pemandian yang ada di Kota Kotamobagu. Pemandian ini menjadi objek wisata yang dapat menjadi alternatif berlibur bersama dengan keluarga atau teman. Pemandian Air Panas Bethesda ini dapat menjadi tujuan wisata air yang menarik. Selain itu pemandian air panas juga dapat membawa dampak positif terhadap kesehatan tubuh kita.

Itulah informasi untuk lokasi pemandian air panasi di Sulawesi yang cocok untuk kalian kunjungi sebagai Pelepas penas setelah penat bekerja dan kesibukan yang lainnya. Sampai jumpa di pembahasan wisata alam yang lain dan semoga informasi ini bermanfaat.



Leave a Reply