10 Pemandian Air Panas di Jawa Yang Bagus Untuk Kesehatan


Fida  November 3, 2021  0 Comment

Pemandian air panas di Jawa bisa menjadi pilihan tempat wisata di Indonesia tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa Anda coba. Tempat wisata alam menjadi salah satu pilihan menarik yang bisa Anda kunjungi. Beberapa daerah di Indonesia menawarkan adanya pemandian air panas sebagai tempat wisata. Anda dapat merasakan suasana yang alami serta banyaknya manfaat dengan berendam di pemandian air panas. Berikut daftar rekomendasi pemandian air panas di Jawa

1. Pemandian Air Panas Alami Songgoriti, Kota Batu

Pemandian Air Panas Alami Songgoriti
wisatamurahmalang.com

Salah satu pemandian air panas di Jawa yang cukup populer dan bisa anda kunjungi adalah Pemandian Air Panas Alami atau yang dikenal dengan PAPA Songgoriti. Pemandian air panas yang satu ini bisa Anda kunjungi di Jalan Raya Songgoriti Nomor 8 c, Songgokerto, Kota Batu, Jawa Timur.

Anda dapat memilih untuk berendam di kolam rendam atau kamar rendam. Kolam rendam memiliki bentuk terbuka sedangkan kamar rendam merupakan kamar mandi yang dilengkapi dengan bathup.

Gotravelly

Wisata Istana Jamur, Ngancar, Kediri

Wisata Tani Betet, Ngronggot, Nganjuk

2. Pemandian Air Panas Tiris, Probolinggo

Pemandian Air Panas Tiris
ihategreenjello.com

Pemandian Air Panas Tiris menjadi salah satu pemandian air panas di Jawa yang cukup populer dan bisa Anda kunjungi. Pemandian yang satu ini menjadi salah satu wisata favorit pengunjung dari berbagai daerah.

Pemandian Air Panas Tiris juga dikenal menggunakan sumber mata air alami. Hal itu tentu menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung dapat menikmati bersihnya kolam air hangat dan menikmati asrinya pemandangan di sekeliling kolam. Pemandian air panas yang satu ini juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa penyakit yang dapat diredakan setelah berendam di kolam ini diantaranya penyakit gatal-gatal, panu, dan lain-lain.

3. Pemandian Air Panas Gunung Kelud, Kediri

emandian Air Panas Gunung Kelud
tempatwisata.pro

Ada cukup banyak pilihan pemandian air panas di Jawa, salah satunya adalah Pemandian Air Panas Gunung Kelud yang bisa Anda kunjungi di Kediri. Air panas yang terdapat di pemandian ini bersumber dari lubang kawah dengan warna kuning kecoklatan.

Uap panas kemudian membumbung di atas sungai dan Anda dapat menikmati hangatnya kolam alami di pinggir sungai. Anda tidak perlu khawatir kepanasan karena air sungai yang panas dan dingin sudah bercampur menjadi hangat. Tidak hanya dikenal menawarkan sensasi segar pada tubuh, Anda juga dapat menikmati beberapa manfaat bagi kulit dan juga tubuh.

4. Pemandian Air Panas Pacet, Mojokerto

Pemandian Air Panas Pacet
jadwaltravel.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan Pemandian Air Panas Pacet yang menjadi salah satu pemandian air panas di Jawa. Pemandian air panas yang satu ini bisa Anda kunjungi di Kabupaten Mojokerto tepatnya berada di kaki Gunung Welirang.

Pengunjung dapat memilih salah satu dari banyaknya kolam yang ditawarkan. Kolam kolam tersebut memiliki tingkat kepanasan air yang berbeda-beda. Tidak hanya berendam air panas dan memperoleh banyak manfaat, Anda juga dapat mencoba banyaknya permainan lainnya seperti flying fox, arung jeram, paintball, hingga mendirikan tenda di kawasan camping ground.

5. The Onsen Resort, Batu

The Onsen Resort
liputan6.com

Salah satu dari banyaknya pemandian air panas di Jawa yang cukup populer, Anda dapat datang ke The Onsen Resort yang berlokasi di Batu. Pemandian air panas yang satu ini bersumber dari pegunungan di sekitar Candi Songgoriti. Anda dapat menikmati air yang kaya akan mineral dengan suhu mencapai 42 derajat celcius.

Berendam di pemandian air panas tentu menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin meredakan pegal-pegal atau menjaga kesehatan kulit. Terdapat kolam terpisah yang diperuntukkan bagi pria dan wanita. Anda juga akan dimanjakan dengan fasilitas resort yang dapat dipilih untuk bermalam.

6. Pemandian Air Panas Cangar, Batu

Pemandian Air Panas Cangar
amazingmalang.id

Pemandian Air Panas Cangar menjadi salah satu pemandian air panas di Jawa yang cukup populer. Anda dapat menikmati pemandian air panas yang bersumber dari mata air Gunung Welirang.

Lokasi wisata yang berada di ketinggian 3000 meter di atas permukaan laut menjadikan pengunjung akan dimanjakan dengan suasana sejuk. Pengunjung dapat menikmati pemandian air panas sekaligus indahnya pemandangan sekeliling yang ditawarkan. Untuk menghabiskan waktu berlibur, tidak ada salahnya untuk datang dan mencoba sensasi berendam di pemandian air panas Cangar.

7. Pemandian Air Panas Cisolok, Sukabumi

 Pemandian Air Panas Cisolok
sabumiku.com

Bagi Anda yang ingin menikmati salah satu pemandian air panas di Jawa, anda dapat mengunjungi pemandian air panas Cisolok. Pemandian air panas yang satu ini berlokasi di daerah Sukabumi, Jawa Barat tepatnya sekitar 10 km dari Pantai Pelabuhan Ratu.

Salah satu hal unik dan menarik dari pemandian ini adalah sumber panas yang menyembur dari bebatuan. Di beberapa titik terdapat air dengan suhu 80 derajat celcius dan pengunjung tidak dianjurkan untuk mendekat. Menghabiskan waktu dengan berendam di pemandian air panas Cisolok tentu menjadi hal menarik yang bisa Anda coba.

8. Pemandian Air Panas Ciater, Subang

Pemandian Air Panas Ciater
rovers.id

Salah satu pemandian air panas di Jawa yang sayang untuk dilewatkan adalah pemandian air panas Ciater. Pemandian air panas yang satu ini bisa Anda kunjungi di Jalan Raya Ciater Subang, Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat.

Selain dapat memperoleh kesegaran, berendam air panas di kawasan ini juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Pengunjung juga dapat mencoba berbagai kegiatan lain yang ditawarkan seperti memancing, berenang, tenis, basket, berkuda, dan masih banyak lagi. Hanya dengan membayar tiket sekitar Rp 20.000,- per orang, pengunjung sudah bisa menikmati kolam air hangat serta berbagai fasilitas yang ditawarkan.

9. Pemandian Air Panas Baturaden, Purwokerto

Pemandian Air Panas Baturaden
travel.detik.com

Salah satu pemandian air panas di Jawa yang bisa Anda kunjungi adalah pemandian air panas Baturaden Purwokerto. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di sebelah selatan Gunung Slamet. Lokasinya yang berada di pegunungan menjadikan pengunjung dapat merasakan suasana sejuk.

Anda dapat menikmati 2 pemandian air panas yang ditawarkan yakni Pancuran Pitu dan Pancuran Telu. Suhu yang ditawarkan bisa mencapai 60 hingga 70 derajat celcius. Pancuran Pitu merupakan kolam dengan tujuh pancuran dan Pancuran Telu merupakan kolam dengan tiga pancuran.

10. Pemandian Air Panas Guci, Tegal

Pemandian Air Panas Guci
sigijateng.id

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan pemandian air panas guci, Pemandian air panas yang satu ini bisa Anda kunjungi di desa Guci, Bumijawa, Tegal.

Pengunjung dapat berendam sekaligus menikmati banyak manfaat yang ditawarkan. Suasana yang sejuk dan asri juga menjadikan pengunjung betah berlama-lama di tempat wisata yang satu ini. Pemandian Air Panas Guci juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas diantaranya lapangan tenis, kolam renang, wisata hutan, hingga penginapan.

Nah itulah daftar 10 rekomendasi pemandian air panas di Jawa yang bisa Anda kunjungi. Pemandian air panas manakah yang tampak paling menarik dan ingin Anda datangi untuk menghabiskan waktu berlibur?



Leave a Reply