10 Wisata di Tangkahan Dengan Wisata Alam Menakjubkan


Reni  September 14, 2022  0 Comment

Apa saja top 10 wisata di Tangkahan yang wajib dicicipi? Sebelumnya, Tangkahan merupakan suatu kawasan hutan tropis di kabupaten Langkat, Sumatera Utara yang populer akan ratusan gajah yang amat bersahabat dengan manusia. Tangkahan sendiri masih masuk dalam naungan Taman Nasional Gunung Leuser. Sehingga berwisata ke Tangkahan pastinya aman dan menyenangkan.

Bagi pecinta ekowisata, Tangkahan kiranya merupakan destinasi yang tidak boleh dilewatkan. The hidden paradise in Sumatera ini termasuk andalan selain Danau Toba, Bukit Lawang, atau Berastagi. Alam di sana yang masih asri, sejuk, rindang, dan memiliki beragam flora dan fauna memberi kesempatan untuk mengeksplor seru. Meski harus berkeliling seharian tidak akan bosan.

Selain bermain dengan gajah, banyak kegiatan wisata menarik di Tangkahan yang harus dicoba. Cocok dimasukkan dalam list liburan bareng keluarga ataupun sahabat. Langsung saja berikut rekomendasi seru 10 wisata di Tangkahan, diantaranya:

1. Wisata Atraksi Gajah

wisata atraksi gajah
beritasatu.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kawasan wisata Tangkahan identik dengan kawanan gajah yang uniknya sangat bersahabat dengan manusia. Wisatawan bisa mencoba berinteraksi langsung dengan kawanan gajah yang dikembangbiakan di tempat konservasi CRU (Conservation Response Unit) di Tangkahan. Wisatawan juga bisa melihat atraksi gajah-gajah yang sudah terlatih.

Gotravelly

Tangkahan : The Hidden Paradise

Mengulik Wisata Alam Kabupaten Langkat

2. Wisata Memandikan Gajah

wisata memandikan gajah
travel.detik.com

Di CRU ini kawanan gajah dirawat dengan baik, dimandikan, dan diberi makan. Bagi wisatawan yang ingin seru-seruan memandikan gajah bisa datang di pagi hari pukul 07.00 WIB atau sore hari pukul 17.00 WIB. 

Wisata di Tangkahan memandikan gajah biasanya dilakukan di sungai Sei Batang Serangan. Kawanan gajah akan digiring oleh sang pawang memasuki area sungai yang dangkal. Tanpa diperintah gajah-gajah otomatis akan berbaring seolah tahu akan dimandikan. Di sini wisatawan bisa menggosok-gosok tubuh gajah menggunakan sikat cuci yang sudah disediakan. Jangan kaget jika tiba-tiba gajah menyemburkan air dengan belalainya dan membuat tubuh wisatawan basah.

Gajah-gajah di sana memang rutin dimandikan dua kali sehari. Kegiatan wisata memandikan gajah ini diawasi langsung oleh pawang, jadi tidak perlu takut. Gajah-gajah di CRU juga sudah terlatih bahkan terlibat dalam tim patrol Taman Nasional.

3. Wisata Alam River Tubing

wisata alam river tubing
travelounge.co

Selesai memandikan gajah wisatawan bisa mencoba keseruan mengelilingi sungai wisata di Tangkahan menaiki ban. Jika saat memandikan gajah tubuh wisatawan basah, maka sekalian saja main susur sungai. Kegiatan wisata ini dikemas dalam paket river tubing.

4. Wisata Jungle Trekking

jungle trekking
masterdiskon.com

Bagi wisatawan yang tidak ingin basah-basahan atau takut menyusuri sungai hanya dengan menggunakan ban bisa memilih paket jungle trekking saja. Hanya saja memang kurang afdol jika tidak sekalian merasakan segarnya air sungai Tangkahan.

Wisata trekking bisa lebih seru jika dilakukan bersama gajah. Kegiatan wisata di Tangkahan ini bisa berlangsung selama 1 jam hingga 2 jam. Kegiatan trekking bersama gajah tentu aman karena didampingi langsung oleh pemandu gajah yang disebut sang mahout.

Wisatawan akan diajak menjelajahi hutan yang masih perawan. Pemandangan hutan tropis yang kaya akan beraneka macam tanaman hijau nan rimbun. Jika beruntung wisatawan juga bisa menjumpai kawanan fauna khas di sana seperti orang utan.

5. Wisata Air Terjun

Wisata di Tangkahan
rayadventure.com

Kawasan wisata Tangkahan populer dengan alamnya yang indah. Selain hutan dan sungai di Tangkahan juga terdapat air terjun yang masih terjaga keasriannya. Wisatawan bebas mengunjungi air terjun dan melakukan sejumlah kegiatan selama tidak menyebabkan kerusakan.

Salah satu air terjun favorit wisatawan adalah air terjun Sei Glugur. Tempat wisata di Tangkahan ini memiliki bentuk bertingkat. Air di sana begitu bening dan dingin. Air di sana yang dingin tidak lain karena lokasi air terjun berada di tengah pepohonan rindang. Wisatawan bisa menyaksikan kawanan monyet-monyet hidup bebas dan bergelantungan di pohon.

Namun, memang tidak mudah untuk bisa mencapai air terjun Sei Glugur. Wisatawan harus menyebrangi sungai-sungai kecil terlebih dulu. Meski harus bersusah payah dijamin semua akan terbayar lunas setibanya di sana.

6. Wisata Berendam Air Hangat

berendam air hangat
steemit.com

Tak hanya memiliki air terjun dengan airnya yang dingin, di Tangkahan wisatawan juga bisa memanjakan diri dengan berendam air hangat. Terdapat beberapa sumber air hangat yang dibuka sebagai tempat wisata di Tangkahan. 

Salah satu wisata pemandian air panas yang menjadi daya tarik wisatawan adalah pemandian air panas Gelugur di TNGL. Sumber mata airnya di dapat menyembur dari balik gua kecil di sisi tebing. Air panasnya kemudian bercampur dengan air di aliran sungai Sei Buluh yang membuat sungai di terasa unik karena memiliki air yang dingin dan hangat.

Lokasi wisata air hangat berada di sisi sungai yang tidak terlalu jauh dari area jungle trekking dan river tubing. Karenanya seperti paket lengkap, setelah seru-seruan dan lelah menyusuri hutan ataupun sungai wisatawan bisa memanjakan diri dengan berendam air hangat.

7. Wisata Foto-Foto di Jembatan Gantung

foto di jembatan gantung
tribunnews.com

Memang tidak lengkap jika liburan tanpa berfoto. Seperti tidak ada bukti nyata jika tidak ada foto yang diabadikan. Banyak spot foto menarik di kawasan wisata Tangkahan. Adapun salah satunya adalah berfoto di Jembatan Gantung.

Jembatan Gantung ini membentang sejauh 50 meter dan ketinggian 50 meter di atas sungai. Karena itulah Jembatan Gantung memiliki spot foto yang instagramable dan apik. Menawarkan latar pemandangan alam yang indah dan masih terjaga.

8. Wisata Danau Bah Alip

danau bah alip
medan.tribunnews.com

Opsi lainnya saat liburan ke Tangkahan yaitu menjajal wisata danau. Danau Bah Alip termasuk di kawasan konservasi wisata di Tangkahan. Danau ini memiliki air warna biru jernih yang kerap dipilih wisatawan untuk bersantai. Suasana di sana tenang dan asri. Lokasi danau sendiri dikelilingi pepohonan yang lebat dan tinggi.

9. Wisata Healing

wisata healing tangkahan
travel.kompas.com

Kawasan wisata Tangkahan didominasi lingkungan alam yang masih tenang. Pada malam hari lampu dinyalakan terbatas hanya sampai pukul 22.00 WIB saja. Setelah lampu dipadamkan hanya ada petromaks sebagai penerangan. 

Momen inilah yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk healing dan menenangkan diri. Mengajak diri sendiri merenungi dan mensyukuri setiap hal yang dimiliki. Menata hati agar lebih tenang sehingga kembali dari liburan tubuh dan pikiran pun bisa fresh siap menjalani rutinitas.

10. Wisata Belanja

wisata belanja tangkahan
tokopedia.com

Meski identik dengan tempat wisata alam jangan salah, banyak toko souvenir yang bisa wisatawan kunjungi untuk wisata belanja. Memang tidak lengkap jika liburan tanpa membeli buah tangan. Di kawasan wisata Tangkahan terdapat banyak toko souvenir yang menjual merchandise dan pernak-pernik khas Sumatera.

Seru dan menarik bukan daftar 10 wisata di Tangkahan yang direkomendasikan di atas? Mungkin untuk mencoba semua keseruan wisata Tangkahan wisatawan harus menginap beberapa hari. Meski harus tinggal beberapa hari tentu bukan masalah, pasalnya sudah tersedia banyak tempat penginapan yang bisa dipilih sesuai budget liburan. 

Jadi sudah tidak sabar ingin mengeksplor alam dan mencoba semua keseruan wisata di Tangkahan bukan? Rencanakan liburanmu mulai sekarang ya!



Leave a Reply