10 Pantai di Indonesia Tawarkan Wisata Melepas Tukik di Pantai


Reni  September 10, 2022  0 Comment

Tempat wisata melepas tukik di Indonesia, apakah Anda salah satu yang tertarik mengunjunginya? Sebagai informasi tambahan, berikut berhasil kami rangkum daftar tempat wisata melepas tukik yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk menemani liburan Anda bersama keluarga!

1. Pantai Maluk 

Pantai Maluk
kompasiana.com

Pantai Maluk merupakan salah satu pantai yang berada di Sumbawa Barat. Tidak hanya menawarkan keindahan yang memanjakan mata, di tempat ini Anda juga berkesempatan berpartisipasi dalam pelepasan tukik atau bayi penyu ke lepas pantai lho!

Pantai ini memang terkenal sebagai tempat bertelur para penyu. Kondisi inilah yang membuat penduduk lokal memilih membuat sebuah rumah penangkaran untuk menetaskan telur-telur penyu. Jika sudah menetas dan mencapai usia yang cukup, pengelola  akan melepaskan tukik  tersebut ke pantai. Nah, saat inilah para pengunjung bisa ikut bergabung. Tertarik? 

Gotravelly

Nyantai Sore Di Pantai Pelangi Yang Dulunya Tempat Konservasi Penyu

Berenang Bersama Puluhan Penyu Di Pantai Meleura Raha

2. Pantai Pulau Santen 

Pantai Pulau Santen
surabaya.kompas.com

Pantai Pulau Santen berada di Karangrejo Kecamatan Banyuwangi. Pantai ini tak pernah lewat dalam list kunjungan wisata edukasi anak-anak setempat. Bagaimana tidak, salah satu aktivitas menyenangkan di tempat ini ialah aktivitas melepas tukik dari penyu jenis lekang ke laut lepas. Pada Juli 2022 lalu, pengelola bersama komunitas Homeschooling Karesidenan Besuki melepas hampir 100 ekor tukik yang disambut dengan antusias.

Sebelum melakukan pelepasan tukik, anak-anak akan dibekali pengetahuan seputar penyu dan tukik oleh pengelola. Jika Anda berkesempatan berkunjung ke Banyuwangi, jangan lupa memasukkan Pantai Pulau Santen dalam list wisata Anda. 

3. Pantai Biaung 

Pantai Biaung
kintamani.id

Pantai Biaung juga dikenal dan populer sebagai tempat wisata melepas tukik di Indonesia. Untuk Anda yang belum tahu, pantai ini berlokasi di Kota Denpasar, Bali. Selain populer dengan pesona keindahan laut yang eksotis, ternyata ada banyak aktivitas menyenangkan dan mengedukasi di tempat ini seperti pelepasan tukik contohnya.

Selain ikut serta dalam proses pelepasan tukik, pengunjung juga akan diberikan pengetahuan-pengetahuan mengenai pentingnya menjaga ekosistem dan melestarikan penyu di Indonesia. Hanya saja, pastikan Anda memilih waktu yang tepat. Pasalnya tidak setiap bulan pengelola akan membuat acara serupa. Biasanya aktivitas pelepasan tukik hanya dilakukan dalam peringatan hari-hari nasional saja.

4. Pantai Kuta 

Pantai Kuta
kintamani.id

Tidak mau ketinggalan, Pantai Kuta juga menawarkan aktivitas menarik dengan mengizinkan wisatawan ikut bergabung melepas tukik ke pantai. Bahkan pada Juli 2022 lalu aktivitas ini sudah berhasil dilakukan, di mana ada ratusan ekor tukik yang dilepas di bibir Pantai Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Setidaknya terdapat 400 ekor tukik dan 12 penyu muda yang dilepas di hari peringatan penyu sedunia tersebut. Pantai tersebut dipilih karena dianggap sebagai salah satu destinasi wisata paling banyak dikunjungi dan harus diimbangi dengan pelestarian ekosistem. Jika tertarik, pastikan Anda memilih waktu yang tepat agar bisa melihat pelepasan tukik.

5. Pantai Bugel

Pantai Bugel
genjosholiday.com

Belum lama, pantai ini dipilih sebagai lokasi terbaik untuk melepaskan 77 tukik oleh Satuan Karya Bahari Kwartir Cabang Kulon Progo, Jogja. Aktivitas ini dilakukan untuk mewujudkan kesadaran akan kepedulian menjaga konservasi penyu di Kulon Progo.

Jika Anda merupakan salah satu masyarakat setempat pastinya Anda sudah paham betul jika Pantai Bugel dijadikan tempat penetasan penyu yang dikelola Kelompok Pengawas Masyarakat Bugel Peni Panjatan bersama Dinas Kelautan dan Perikanan setempat.

Jika tertarik, pastikan Anda terus mengikuti informasi terkini. Mana tau dalam waktu dekat Anda juga berkesempatan melihat proses pelepasan tukik bukan? 

6. Pantai Pulau Sangalaki

Pantai Pulau Sangalaki
celebes.co

Tempat wisata melepas tukik di Indonesia selanjutnya ialah Pantai Sangalaki yang berada di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Pulau ini merupakan rumah yang paling nyaman untuk para penyu bertelur. Di sini mereka akan melahirkan dan di sini pula penyu dewasa kembali untuk bertelur. Jika Anda memang berencana berlibur dan mengajak anggota keluarga melihat pelepasan tukik ke laut lepas, pastikan untuk mengunjungi Pantai Sangalaki.

Biasanya tukik akan dilepas pada sore hari. Pelepasan anak penyu biasanya dimulai dari tepi pantai dan tidak langsung ke dalam air. Bukan tanpa alasan, ahli menjelaskan jika para tukik memiliki kemampuan untuk merekam proses berjalannya di pasir menuju lautan. Nantinya jika ketika tukik dewasa mereka akan kembali bertelur ke tempat yang sama.

7. Pantai Trisik

Wisata Melepas Tukik di Pantai
travel.okezone.com

Pantai Trisik berada di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tidak hanya populer sebagai lokasi wisata keluarga, di tempat ini para wisatawan juga bisa menyaksikan dari jarak dekat bagaimana bentuk tukik dari proses mereka dirawat hingga kembali di lepas ke lautan.

Di tempat ini terdapat proses pelestarian penyu yang dikelola secara mandiri oleh kelompok warga setempat. Para mantan nelayan dan petani musiman bahkan menamai diri mereka sebagai Penyu Abadi Trisik. Jika tertarik datang, pantai ini berada di Dusun Sidorejo, Desa Banaran, Kecamatan Galur. Setidaknya Anda perlu waktu sekitar 30 menit dari pusat kota untuk bisa ke Pantai Trisik.

8. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara
pantainesia.com

Pantai Goa Cemara berada di Kabupaten Bantul. Begitu menginjakkan kaki di pantai ini, pengunjung akan disambut oleh sebuah goa yang terbentuk dari rimbunan ranting dan dedaunan yang menyerupai bangunan melengkung. Jadi, buang jauh pikiran Anda tentang sebuah goa besar ya. Melangkah ke depan, pengunjung bisa melihat ada penyu yang merupakan ikon Pantai Goa Cemara yang merupakan tempat pengembangbiakkan penyu.

Ikon ini sendiri dibangun oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul sebagai upaya peningkatan daya tarik wisatawan. Selain berkesempatan berpartisipasi dalam pelepasan tukik di waktu tertentu, pengunjung juga bisa mengambil selfie terbaik dengan spot unik di tempat wisata melepas tukik di Indonesia lho!

9. Pantai Yeh Gangga

Pantai Yeh Gangga
kintamani.id

Pantai Yeh Gangga berada di Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, Bali. Pesona pantai ini tidak hanya datang dari pasir hitam menggodanya saja, melainkan ada berbagai keunikan dan aktivitas menarik yang dilakukan setiap tahunnya.

Untuk Anda yang belum tahu, Pantai Yeh Gangga merupakan habitat penyu berkembangbiak. Sejak tahun 2004 silam bahkan telah dibentuk kelompok masyarakat yang bertugas mengkonservasi penyu dari penyelamatan telur hingga proses pelepasan tukik ke laut.

Pelepasan tukik berhasil menjadi salah satu daya tarik paling kuat yang memikat minat wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Yeh Gangga. Mungkin Anda salah satu yang akan berkunjung berikutnya.

 10. Pantai Pandansari

Pantai Goa Cemara
pantainesia.com

Terakhir, bagi Anda yang ingin menikmati wisata melepas tukik pastikan untuk memasukkan Pantai Pandansari dalam list wisata kunjungan bersama keluarga. Deretan pantai di Kabupaten Bantul memang sangat menawan, selain Pantai Goa Cemara Anda juga bisa mengunjungi spot pantai tak kalah unik bernama Pantai Pandansari.

Pantai ini memiliki sebuah mercusuar setinggi 40 meter. Kabarnya mercusuar tersebut telah dibangun sejak tahun 1999 sebagai rambu-rambu kapal yang berlayar di malam hari. Di bagian puncak mercusuar Anda bisa melihat pemandangan deretan pantai Bantul hingga Kulonprogo yang menawan.

Nah, itulah beberapa pantai di Indonesia yang kerap dipilih sebagai lokasi pelepasan tukik. Semoga ulasan tentang tempat wisata melepas tukik di Indonesia di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang membutuhkan ya!



Leave a Reply