10 Pasar Seni Terbaik di Indonesia Tawarkan Barang Khas dan Unik


prita  May 1, 2021  0 Comment

Pasar seni adalah sebuah tempat dimana pengunjung bisa berbelanja berbagai barang kerajinan khas dari suatu daerah. Terkadang kamu bisa menemukan pasar seni di masing-masing kota di Indonesia, namun tidak semua kota memiliki pasar seni ini. Jika kamu ingin berbelanja berbagai macam barang lokal yang khas dan unik dengan harga yang terjangkau, kamu bisa berkunjung ke

Pasar Seni Terbaik di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi

1. Pasar Seni Ubud, Gianyar

 Pasar Seni Ubud Gianyar
baligetaway.co.id

Pasar Seni terbaik di Indonesia yang pertama adalah Pasar Seni Ubud yang berada di Kabupaten Gianyar, Bali. Tak sulit untuk menemukan pasar yang cukup populer ini karena lokasinya berada di pusat pariwisata Ubud.

Pasar ini terbagi dalam dua wilayah, yaitu sisi barat dan timur. Di sisi barat, kamu bisa menemukan beragam hasil kerajinan tangan, seperti gelang, kain, tas anyaman dan masih banyak lagi lainnya. Sementara di sisi timur kamu bisa menemukan berbagai barang kebutuhan sehari-hari, seperti gula dan beras.

paket wisata murah

Hunting Streetfood Di Pasar Pagi Tugu Pahlawan Surabaya

Menikmati Sensasi Letupan Endog Bader, Salah Satu Kuliner Khas Gresik

2. Pasar Seni Sukawati, Gianyar

Pasar Seni Sukawati Gianyar
ayojelajah.com

Masih di kawasan Gianyar, Bali, kamu juga bisa menemukan pasar seni terbaik di Indonesia lainnya yaitu Pasar Seni Sukawati. Pasar Seni Sukawati ini juga tak kalah populer karena sering menjadi tujuan wisata belanja banyak wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Pasar Seni Sukawati ini menawarkan barang-barang unik dan khas, seperti tas, patung tradisional, kain khas Bali, lukisan dan masih banyak lagi lainnya. Pasar seni ini cukup rekomended untuk kamu kunjungi karena barang-barang yang dijual lebih murah namun kualitasnya sangat baik.

3. Pasar Seni Banyumulek, Lombok Barat

Pasar Seni Banyumulek Lombok Barat
wisata6indah.wordpress.com

Selain di Bali, Pulau Lombok juga memiliki salah satu pasar seni terbaik di Indonesia yang sayang untuk dilewatkan. Pasar Seni ini berlokasi di Desa Banyumelek, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Desa Banyumelek ini memang terkenal sebagai kawasan pengrajin gerabah yang membuat karya-karya unik. Disini kamu bisa menemukan beragam perlengkapan dapur yang dibuat oleh pengrajin, seperti piring dan mangkok. Tak hanya itu, mereka juga menawarkan ragam ukiran dinding yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau tergantung ukuran dan bentuk kerajinannya, mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 125.000.

4. Pasar Beringharjo, Yogyakarta

 Pasar Beringharjo Yogyakarta
satoriahotel.com

Beralih ke Yogyakarta, kota istimewa ini juga memiliki salah satu pasar seni terbaik di Indonesia yang wajib untuk dikunjungi, yaitu Pasar Beringharjo. Pasar Beringharjo ini merupakan pasar legendaris karena telah menjadi pusat perdagangan sejak tahun 1758.

Pasar yang menempati bangunan bersejarah ini cukup populer karena dijadikan sebagai tujuan berbelanja batik. Disini kamu bisa menemukan berbagai macam batik dengan berbagai macam model, mulai dari baju, daster, celana hingga kemeja. Harga yang ditawarkan pun juga cukup terjangkau dan bisa ditawar. Pasar Beringharjo ini berada di lokasi yang cukup strategis juga karena berada di Jalan Malioboro dan kamu bisa mengunjunginya setiap hari mulai jam 08.30 pagi sampai jam 21.00 malam.

5. Pasar Seni Gabusan, Bantul

Pasar Seni Gabusan Bantul
merahputih.com

Selain di Kota Jogja, kamu juga bisa menemukan sebuah pasar seni terbaik di Indonesia yang berada di Kabupaten Bantul. Pasar Seni Gabusan ini awalnya dibangun sebagai akses pengrajin lokal menuju pasar internasional.

Berbeda dengan pasar seni lainnya, Pasar Seni Gabusan ini memiliki desain bertaraf internasional. Disini kamu bisa berbelanja berbagai macam barang. Seperti tas anyaman rotan, tempat lilin dari berbagai macam bahan, kotak bamboo, topeng dengan berbagai bentuk dan masih banyak lagi. Pasar seni yang berlokasi di Jalan Parangtritis ini bisa kamu kunjungi mulai pukul 09.00 sampai pukul 19.00 malam.

6. Pasar Gede Harjonagoro, Surakarta

Pasar Gede Harjonagoro Surakarta
wisatasolo.id

Pasar seni terbaik di Indonesia yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Pasar Gede Harjonagoro. Pasar yang berada di Kota Surakarta ini juga memiliki nilai historis yang tinggi, ditambah lagi bentuk bangunannya masih berbentuk arsitektue Eropa klasik dengan pernak-pernik Jawa dan memiliki suasana khas Chinatown.

Kawasan Pasar Gede Harjonagoro juga terkenal sebagai pusat kuliner. Pasalnya, disini kamu bisa menikmati berbagai macam makanan tradisional dan makanan khas yang memiliki rasa nikmat dengan harga yang sangat ramah di kantong. Jadi selain bisa berbelanja, kamu juga bisa mencicipi ragam kuliner.

7. Pasar Triwindu, Surakarta

Pasar Triwindu Surakarta
pariwisatasolo.surakarta.go.id

Masih berada di Kota Surakarta, selain Pasar Gede Harjonagoro, kamu bisa berkunjung ke Pasar Triwindu. Pasar Triwindu ini juga menjadi salah satu pasar seni terbaik di Indonesia yang tak pernah sepi pengunjung.

Pasar Triwindu ini berlokasi di Banjasari, Surakarta dan pertama didirikan pada tahun 1939. Pasar ini disebut sebagai surganya barang antik karena kebanyakan barang-barang yang dijual disini adalah barang antik, meskipun begitu pasar ini memiliki daya tariknya sendiri. Kamu yang pecinta barang antic bisa menemukan berbagai macam barang antik disini, seperti perangko batik, mata uang, mesik ketik kuno, keris Jawa, dekorasi rumah hingga motor tua. Pasar ini bisa dikunjungi mulai jam 08.00 sampai jam 17.00.

8. Pasar Klewer, Surakarta

Pasar Klewer Surakarta
republika.co.id

Pasar seni terbaik di Indonesia yang satu ini juga masih berada di Kota Surakarta. Mungkin pasar seni ini cukup terkenal dibandingkan dengan pasar seni lain yang ada di Surakarta dan sering menjadi tujuan wisata belanja wisatawan saat berlibur ke Surakarta.

Pasar Klewer ini lokasinya berada di sebelah Keraton Surakarta dan sangat strategis. Disini kamu bisa menemukan berbagai macam batik, mulai dari kain, baju, rok, celana dan masih banyak lagi lainnya. Selain batik, disini kamu juga bisa menemukan berbagai jenis kerajinan yang dijual dengan kualitas ekspor.

9. Pasar Baru, Jakarta

Pasar Baru Jakarta
pingpoint.co.id

Jakarta juga memiliki sebuah pasar seni terbaik di Indonesia yang wajib untuk kamu kunjungi, yaitu Pasar Baru. Meskipun namanya Pasar Baru, namun pasar ini telah berdiri sejak tahun 1800an dan sampai saat ini tak pernah sepi pengunjung.

Pasar Baru ini merupakan salah satu pasar tradisional terlengkap dan tak pernah sepi pengunjung. Disini kamu bisa berbelanja aneka ragam tekstil, pakaian, aksesoris, elektronik hingga barang antik.

10. Pasar Terapung Lok Baintan, Banjarmasin

Pasar Terapung Lok Baintan Banjarmasin
inews.id

Pasar seni terbaik di Indonesia yang terakhir adalah Pasar Terapung Lok Baintan. Pasar yang berada di Kota Banjarmasin ini memang tergolong masih tradisional dan unik, pasalnya pasar ini terapung.

Semua pembeli dan penjualnya harus menggunakan perahu kecil untuk saling bertransaksi. Meskipun begitu, disini kamu bisa menemukan menemukan berbagai macam kebutuhan. Mulai dari bahan makanan, souvenir hingga aksesoris yang dijual di beberapa perahu. Selain bisa berbelanja, disini kamu pasti juga bisa menikmati indahnya pemandangan. Tak heran jika pasar ini menjadi favorit banyak wisatawan.

Demikianlah daftar 10 pasar seni di Indonesia yang bisa kamu jadikan tujuan wisata belanja. Pasar seni mana yang menarik perhatiamu?



Leave a Reply