Hunting Streetfood di Pasar Pagi Tugu Pahlawan Surabaya

street food di surabaya

aldilasalma | Traveler
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
22 Apr 2019


Hunting Streetfood di Pasar Pagi Tugu Pahlawan Surabaya
berburu street food di pasar pagi tugu pahlawan surabaya

Selamat hari Senin!! Jadi hari ini aku mau bikin review tentang tempat bersejarah sekaligus kuliner di Surabaya. Sebenrnya ini lebih ke kulinernya sih ya bukan wisatanya hehe. Kemarin Minggu pagi aku dan temanku Sisil sedang ada kerjaan di Krembangan, daerah Surabaya utara. Karena kami nggak hafal jalanan daerah sana jadi sepulangnya seperti biasa kami pakai maps biar nggak kesasar. Pas di daerah Jl. Pahlawan atau biasa disebut Tugu Pahlawan Surabaya kok agak macet kenapa ya? Lalu kami lanjut aja dan ternyata di depan ada pasar pagi. Iya emang setiap hari ada pasar pagi di daerah Tugu Pahlawan ini cuma kami aja yang nggak pernah explore pagi hari karena yaa tau sendiri lah kalau hari libur paling enak goler-goler di kasur hehehe.

street food di surabaya
street food di surabaya
Disana seperti pasar pagi pada umumnya gitu ada yang jual jajanan, makanan berat, baju, mainan anak, dan lainnya. Yang bikin kami berhenti karena nggak tahan lihat jajanan beginii apalagi pas banget belum sarapan jadilah kami minggir untuk parkir dan jalan untuk hunting makanan, yeayy!

Pemberhentian pertama kami melihat kakek yang berjualan lumpia lagi rame banget di kerubungi orang buat ngantri. Nah kalau yang begini nih biasanya enak, jadi kami berdua ikutan ngantri aja deh wkwkk. Beliau menjual beberapa gorengan seperti lumpia rebung, lumpia kecambah, tahu isi, bakwan weci, risoles, bika, dan masih ada lagi. Jajanan tersebut ditata didalam tempat yang ada talinya guna untuk menggendong di pundak (aku nggak tau namanya apa tapi kalian pasti pernah lihat). Aku beli satu dan Sisil juga satu untuk dimakan langsung. Kalau dimakan langsung nanti diberi di pincuk kertas lalu disiram saus khas lumpia yang sedepp itu, juga daun bawang muda dan cabe. Aku lihat ada 3 orang sampai nambah-nambah makannya. Hmm makin penasaran.

street food di surabaya
tugu pahlawan
Pertama digigit sih lumpianya masih crunchy, garing, dan ukurannya cukup besar, dengan isian rebung yang full didalam. Enak sihh dan gurih juga. Begitu kena bagian sausnya hmmm enakk bangettt beneran suerr nggak bohong! Biasanya beli lumpia rebung sausnya keasinan lah, kemanisan lah nah yang ini PASSS. Sedep bangett. Begitu habis satu aku langsung bungkus empat biji untuk dibawa pulang. Per pcs-nya dihargai Rp. 2.500,- saja, murah dan enak!

tugu pahlawan
tugu pahlawan

Lumpia rebung 2.500,-


Lanjut jalan, ada gerobak yang dikerubungi banyak orang lagi di depan mata. Dari gerobaknya sih yang paling kelihatan tulisan “udang crispy” jadi penasaran dong. Begitu aku dekati di etalase mininya ada kayak gorengan dengan tepung panir yang kelihatannya crunchy banget. Oke deh aku beli 10.000 campur. Isinya ada 2 udang, kentang, tempura, dan ikan yang semunya digoreng garing. Sekilas jadi mirip ebi furainya hokben loh wkwk. Disini aku diberi 2 saus yang di letakan di plastik berbeda. Pertama aku nyobain udangnya masih anget dan beneran garing kok, tapi emang sih udangnya kecil tepunya yang banyak hehe ya maklum lah dengan harga segitu. Selain itu kentang dan tempuranya juga enak kok kalau di tepung begini. Cukup inovatif nih penjualnya.

street food di surabaya

street food di surabaya
street food di surabaya

Udang, tempura, kentang crispy

Selanjutnya aku nyobain batagor yang nggak kalah ramai juga nih yang ngantri. Aku beli 5.000 campur yang mana isinya tentu saja ada tahu, kentang, dan puyuh. Disiram dengan bumbu kacang yang kental dan ditambah kecap juga sedikit sambal. Pertama nyobain tahunya enak potongannya cukup gede dan garing juga. Bumbu kacangnya kental dan terasa daun jeruknya jadi seger gitu dehh.

street food di surabaya
street food di surabaya
Batagor



Terakhir yang seger-seger nih aku beli es sari kedelai. Rasanya seger dan manisnya pas tapi menurut aku terlalu encer. Untuk harganya sendiri Cuma Rp. 3.000,- per plastik. Kalian bisa minta disajikan dingin atau hangat. Mantab dehhh.

street food di surabaya

street food di surabaya

street food di surabaya

Sari kedelai Rp. 3.000,-


Setelah kenyang nih kami langsung lanjut untuk pulang. Bener-bener random sih ini nggak niat jalan-jalan malah kalap sendiri lihat jajanan begini. Oke guys sekian review dari aku kalau di daerah Krembangan Surabaya bisa nih jalan pagi sambil berburu jajan di Pasar Pagi Tugu Pahlawan!

 

Opening Hours
06:00 - 09:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY