10 Oleh-Oleh Unik Dari Berbagai Negara, Indonesia Paling Unik


Altesa  August 10, 2022  0 Comment

Bepergian kemanapun baik untuk urusan bisnis, liburan, atau urusan pribadi lainnya  tidak akan lengkap rasanya jika tidak membawa oleh oleh unik Dari berbagai negara saat pulang. Oleh-oleh sendiri  biasanya berupa makanan, souvenir, atau barang lainnya. Namun apapun oleh-oleh yang dipilih, biasanya memiliki ciri khas sesuai dengan tempat asalnya masing-masing. Seperti halnya jika kamu bepergian ke Daerah Istimewa Yogyakarta oleh-oleh khasnya ialah bakpia pathok, atau  saat pergi ke Malang, oleh-oleh khasnya ialah apel Malang. Untuk bepergian antar kota masih memungkinkan jika oleh-oleh yang kamu beli berupa makanan, namun bagaimana jika lokasi bepergiannya cukup jauh seperti antar negara? sepertinya akan menjadi sedikit sulit ya membawa oleh-oleh berbentuk makanan dari satu negara ke njegara lainnya, pasalnya oleh-oleh biasanya tidak dibeli dalam jumlah sedikit ini karena oleh-oleh merupakan suseatu yang biasa kita bagikan untuk beberapa orang. Selain itu,oleh-oleh berupa makanan akan habis dalam sekejap, namun jika berupa benda lainnya akan bertahan lama dan dapat menjadi sebagai sebuah kenang-kenangan untuk disimpan.  Selain benda-benda cantik, tahukah kamu bahwa beberapa Negara memiliki oleh-oleh yang cukup unik? Negara mana saja dan apa kira-kira oleh-oleh uniknya? Kamu wajib simak ya, ini dia 10 oleh-oleh unik dari berbagai Negara.

1. Boneka Daruma, Jepang

Boneka Daruma, Jepang
portaljember.pikiran-rakyat.com

Pecinta film bertema Gore tentu tidak asing dengan oleh-oleh unik dari berbagai negara yang satu ini, adalah boneka daruma, boneka yang pernah muncul dan menjadi ikon dalam film As the God Will ini adalah oleh-oleh asal Jepang. Bagi sebagian orang mungkin penampakan boneka Daruma terkesan menyeramkan karena berbentuk hanya kepala saja, namun dibalik bentuknya ini terdapat sebuah filosofi baik dimana boneka ini dianggap sebagai pembawa keberuntungan dan simbol harapan. Para pembeli bpne ini akan diminta untuk menggambar sendiri bagian mata boneka, ini mencerminkan keinginan dan harapan pembeli. Setelah harapan terkabul, mata sebelahnya akan muncul.

Gotravelly

Wisata Air Gronjong Wariti, Wisata Viral Dengan 37 Wahana!

Nyobain Katsu Ala Jepang Yang Viral Di Kimukatsu

2. Bumerang, Australia

Bumerang, Australia
dreamstime.com

Oleh-oleh unik dari berbagai negara yang selanjutnya adalah Australia dengan souvenir bumerangnya. Meski Australia sendiri identik dengan koala dan kanguru namun bumerang juga menjadi benda yang khas negara ini,  karena bumerang sendiri merupakan senjata tradisional suku Aborigin yakni suku asli penduduk Australia. Sebagai Souvenir, bumerang dapat menjadi pajangan dinding yang indah. Ada berbagai ukuran bumerang yang dapat kamu pilih, mulai dari yang kecil hingga sangat besar.

3. Boneka Matryoshka, Rusia

Boneka Matryoshka, Rusia
bobo.grid.id

Berikutnya ada boneka Matryoshka, merupakan oleh-oleh unik dari negara yang terkenal akan senjata nuklirnya, yaitu Rusia. Membicarakan oleh-oleh unik dari berbagai negara, tentu tidak pas rasanya jika boneka ini tidak ada didalamnya. Matryoshka berasal dari nama perempuan pertama di Rusia sedangkan akar katanya ialah “mater” yang berarti “ibu” sehingga matryoshka diartikan sebagai lambang keibuan, kesuburan dan keluarga.

Boneka ini akan membuat kamu gemas dengan desainnya yang tidak biasa. Boneka yang terbuat dari keramik ini dapat dibuka dan apabila kamu mebukanya, akan ada boneka yang lebih kecil didalamnya yang lgi-langi masih dapat dibuka. Dan begitulah seterusnya hingga kamu menemukan boneka terakhir.

4. Klompen, Belanda

Klompen, Belanda
kumparan.com

Belanda menjadi negara selanjutnya yang memiliki oleh-oleh unik dari berbagai negara. Jika kamu melancong ke Belanda, kamu akan banyak menemui toko cinderamata yang menjual Klompen, yaitu sepatu kayu khas Belanda. Klompen telah dibuat dari abad ke-12 dan masih diproduksi hingga sekarang. Orang Belanda jaman dulu menggunakan Klompen sebagai sepatu untuk pergi bekerja karena dirasa kuat dan dapat melindungi kaki dari berbagai kotoran, harganya pun murah. Namun untuk saat ini, kebanyakan Klompen di produksi untuk kebutuhan buah tangan bagi para turis. Ada berbagai ukuran klompen yang dapat kamu beli, mulai yang kecil sebagai gantungan kunci hingga yang besar sebagai hiasan rumah. Selain itu, motif dan coraknya juga bervariasi.

5. Helm Viking, Swedia

Helm Viking, swedia
shopee.co.id

Sebagai salah satu dari negara Skandinavia, Swedia tentu juga erat dengan hal-hal yang berbau Viking. Viking ialah sebutan untuk orang-orang di Skandinavia yang pernah melakukan penjelajahan dan menjarah wilayah Eropa. Dalam melakukan aksinya itu, Viking biasa menggunakan helm sebagai pelindung kepala, namun helmnya cukup unik. Dimana helm tersebut dilengkapi dengan tanduk tanduk kerbau. Hingga kemudian orang-orang Swedia memproduksi helm Viking bukan lagi sebagai kebutuhan perang atau menjelajah, namun sebagai souvenir atau hiasan untuk oleh-oleh. Jika kamu berkunjung ke Swedia jangan lupa beli oleh-oleh unik dari berbagai negara yang satu ini ya.

6. Souvenir Tengkorak , Meksiko

Souvenir Tengkorak , Meksiko
id.depositphotos.com

Oleh-oleh unik dari berbagai negara selanjutnya adalah dari Meksiko. Meksiko sangat identik dengan tengkorak. Di Meksiko terdapat satu festival atau perayaan yang bernama Dia D e Los Muerto untuk mengenang orang-orang yang telah meninggal. Salah satu perayaannya adalah parade kostum hantu dan kebanyakan mereka akan meriasi wajah menyerupai tengkorak. Penggemar film Disney “Coco” tentu mengerti akan hal yang satu ini. Karena begitu populernya hal-hal berbau tengkoran di Meksiko, hingga membuat tengkoran menjadi salah satu oleh-oleh yang terkenal negara ini. Tengkorak yang dijadikan oleh-oleh ialah souvenir yang diberi motif dan warna-warni, sehingga tidak ada kesan menyeramkan.

7. Lolok atau Souvenir Alat Kelamin Pria, Indonesia

Oleh-Oleh Unik dari Berbagai Negara
grid.id

Berbicara tentang oleh-oleh unik dari berbagai negara, sepertinya Indonesia yang dapat disebut juaranya. Bagaimana tidak, oleh-oleh yang akan kita bahas disini bahkan memiliki bentuk seperti alat kelamin pria. Oleh-oleh ini disebut dengan istilah Lolok dan berasal dari Bali. Namun jangan salah, Lolok bukan berarti memiliki maksud vulgar. Lolok sendiri berasal dari nama sebuah benda bersejarah yang disebut Lingga, dan dalam ajaran Hindu, Lingga diartikan sebagai atribut terkuat dari dewa Siwa, selain itu, Lingga juga merupakan simbol maskulinitas seorang Pria.

Lolok biasanya berupa asbak, gantungan kunci, dan souvenir lainnya. Wisatawan yang baru pertama kali datang ke Bali akan terheran-heran bahkan mungkin tertawa melihat begitu banyak toko buah tangan yang menjual benda berbentuk penis ini, meski demikian justru lolok menjadi cukup diminati di kalangan Turis terutama Turis Mancanegara.

8. Miniatur Vespa, Menara Pisa dan Colloseum, Italia

Miniatur Vespa, Menara Pisa dan Colloseum, Italia
istockphoto.com

Oleh-oleh unik dari berbagai negara berasal dari Italia. Italia sangat erat kaitannya dengan tempat-tempat ikoniknya yakni menara Pisa dan Colosseum. Yang bahkan dua ikon ini dijadikan sebagai miniatur yang dapat kamu beli di toko-toko oleh-oleh di Italia. Selain menara Pisa dan Colosseum, kamu juga dapat membeli miniatur kendaran khas negara ini yaitu Vespa.

9. Miniatur Bus Tingkat, Inggris

Miniatur Bus Tingkat, Inggris
istockphoto.com

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan jika berwisata ke Inggris ialah berkeliling London dengan menaiki bus tingkat atau biasa di sebut double decker. Namun bukan hanya menaiki, kamu juga dapat membawa pulang busnya sebagai oleh-oleh, eits tapi dalam bentuk miniatur ya. Miniatur bus tingkat ini wajib buat masuk kedalam oleh-oleh unik berbagai negara, karena bus tingkat sendiri memang identik dengan negara Inggris.

10. Souvenir Berbentuk Gajah, Thailand

Souvenir Berbentuk Gajah, Thailand
blog.elevenia.co.id

Oleh-oleh unik dari berbagai negara yang terakhir ialah berbagai souvenir dengan bentuk atau corak gajah dari Thailand. Thailand sendiri memang terkenal dengan simbol gajah bahkan disebut dengan istilah negara gajah putih. Maka tak heran jika gajah menjadi ikon untuk souvenir khasnya. Kamu dapat membeli tas, gantungan kunci, kaib, dan berbagai benda berbau gajah di setiap toko oleh-oleh di Tahiland.



Leave a Reply